Banyak usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan dapat dilakukan oleh seseorang. Hal itu dikarenakan saat ini peluang membuat usaha lebih terbuka lebar dibandingkan sebelumnya. Jangkauan seseorang ke daerah lain juga jauh lebih memungkinkan. Apalagi lapangan kerja di pedesaan jauh lebih sedikit daripada di perkotaan. 

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan karena banyak yang bisa kamu lakukan meskipun kamu masih pemula. Dengan membahas usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan, diharapkan banyak masyarakat yang kemudian mencoba membuka lapangan pekerjaannya sendiri.

Membuka Usaha

Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

Membuka usaha atau berbisnis merupakan salah satu pekerjaan yang sering dilakukan. Bahkan, tak jarang masyarakat yang lebih bergairah untuk membuka usaha sendiri dibandingkan bekerja untuk orang lain. Banyak faktor yang membuatnya lebih memilih untuk melakukan hal tersebut.

Apalagi membuka usaha di masa modern sekarang lebih mudah dibandingkan sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan banyak platform toko online tersedia. Kamu tidak hanya bisa menjual produk tersebut ke wilayah sekitar, kamu juga bahkan bisa menjual ke kota maupun propinsi lain hanya dengan mengatur pengiriman tanpa perlu bepergian atau membuka toko di sana.

Namun pada kenyataannya, membuka usaha juga tetap tidak semudah itu apalagi membuka usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Banyak langkah yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha tersebut. Berjualan online bukan berarti lebih mudah, hanya jangkauannya saja yang jauh lebih besar.

Butuh pemikiran dan persiapan yang matang agar bisnis tersebut bisa bertahan lama. Mulai dari menyiapkan konsep serta modal, hingga melakukan promosi dan kampanye perihal produk yang ingin dijual. Meskipun hal tersebut bukan jaminan suatu bisnis akan bertahan, tapi kemungkinan yang ada akan jauh lebih besar.

Baca Juga 
Checker Gudang adalah: Arti dan Skill yang Dibutuhkan

Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

Bagi para masyarakat di pedesaan, tentu lapangan pekerjaan yang ada jauh berbeda dibandingkan kota-kota besar. Baik dari segi jenis pekerjaan maupun kuantitasnya. Oleh karena itu tak ada salahnya untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri. Berikut ini adalah beberapa usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan.

1. Toko Kelontong

Toko kelontong merupakan usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan, bahkan usaha ini juga cocok untuk seorang pemula di perkotaan. Toko ini cocok karena kebutuhan dasar masyarakat sebenarnya cukup sama seperti kebutuhan sembako maupun kebutuhan pelengkap seperti gas dan air minum.

Selain itu, di pedesaan juga minimarket lebih sedikit sehingga kompetitor yang ada tidak banyak. Jika pun ada, biasanya kompetitor adalah warga lain yang membuka usaha yang serupa. Toko ini juga tidak memerlukan keahlian khusus untuk dimiliki oleh pelaku usaha tersebut. Ia hanya perlu dapat menghitung pemasukan dengan baik agar tidak merugi dan produk yang ada di tokonya terus terisi.

Baca Juga: Begini Tips Jadi Reseller Tanpa Modal, Yuk Mulai Usaha

2. Cukur Rambut

Cukur rambut juga dapat menjadi salah satu opsi usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Hal tersebut dikarenakan cukur rambut merupakan salah satu kebutuhan yang dibutuhkan oleh laki-laki. Rambut adalah mahkota tidak hanya bagi wanita, tapi juga untuk para pria. Dari muda hingga tua, cukup banyak laki-laki yang peduli pada rambutnya. 


Selain itu, cukur rambut hanya membutuhkanmu mengikuti kursus meskipun kursusnya tidak akan mudah. Dibandingkan perkotaan yang dijamuri tukang cukur rambut dari berbagai segmen, kamu bisa menyesuaikan dengan pedesaan yang kamu tempati. Selain itu, tentu tuntutannya tidak setinggi masyarakat perkotaan.

Baca Juga 
Tips Mengatasi Emosi Customer

3. Jual Pakaian

Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Oleh karena itu, bisnis tersebut merupakan salah satu usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Bahkan di perkotaan, banyak anak remaja yang sudah berjualan pakaian dengan brand miliknya sendiri. Mulai dari kaos hingga jaket pun biasanya dijual.

Dengan menjual pakaian, terutama dengan desain yang tidak mudah didapatkan di desa, akan membuatnya menarik. Kamu juga bisa menerapkan sistem pre order jika modal yang kamu miliki tidak begitu banyak. Jangan lupa juga untuk mendengarkan masukkan dari masyarakat sekitar untuk membantu bisnismu berkembang.

4. Jajanan Kekinian

Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

Jajanan kekinian bisa juga jadi opsi usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Jajanan merupakan sesuatu yang dinikmati segala usia. Sebagai bagian dari kebutuhan dasar, tidak heran apabila banyak masyarakat yang membuka usaha makanan. Begitu pula dengan jajanan kekinian yang biasanya ramai di kota-kota besar.

Baca Juga: Macam-macam Peluang Usaha Makanan yang Cukup Potensial!

Ketika kamu berada di pedesaan, tentu kompetitor tidak sebanyak di perkotaan. Sebaiknya pilih jajanan kekinian yang bahan bakunya mudah dicari di desa tempatmu berjualan. Masyarakat akan penasaran tentang jajanan tersebut yang mungkin asing di desa tersebut. Selain itu, masyarakat akan lebih memilih jajanan kekinianmu dibanding harus pergi membeli jajanan tersebut di perkotaan.

5. Jasa Print dan Fotokopi

Jasa print dan fotokopi juga bisa kamu jadikan pilihan usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Hal tersebut tak lepas dari perbedaan yang cukup mencolok. Perbedaan tersebut adalah meskipun sudah banyak sistem paperless di seluruh dunia, tidak begitu di Indonesia terutama pedesaan. Beberapa daerah di Indonesia belum bisa menggunakan sistem tersebut karena aksesnya belum semudah itu.

Baca Juga 
Cara Menjadi Pengusaha Reseller Skincare untuk Pemula

Apalagi di perkotaan besar, banyak masyarakat yang sudah memiliki printernya sendiri. Kamu bisa membeli mesin fotokopi dan printer sekaligus menjual alat-alat tulis dan aksesoris menarik untuk membantumu menambah omset. Toko-toko yang memiliki bisnis sama denganmu juga tidak akan sebanyak itu di pedesaan. 

6. Warung Kopi

Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

Saat ini, perkotaan ramai dipenuhi oleh cafe maupun coffee shop. Apalagi masyarakat di Indonesia mayoritas menyukai kopi. Membuka warung kopi rasanya merupakan usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Tentu kamu tidak perlu membuka warkop besar dengan desain yang mewah. Kamu bisa memulainya dengan kecil-kecilan sesuai modal yang dimiliki serta mempunyai konsep yang jelas.

Kopi-kopi yang kamu sediakan juga sebaiknya sesuai dengan preferensi masyarakat. Jangan lupa untuk menyesuaikan harga tersebut agar kamu tetap bisa balik modal. Konsep warkop yang homey serta menjual cemilan-cemilan ringan pendamping minum kopi bisa jadi tambahan bagimu. Apalagi dengan banyaknya tempat kopi di Jakarta, kamu bisa menjadikannya sebagai referensi bagi warung kopimu.

Demikian adalah beberapa contoh singkat usaha yang cocok bagi pemula di pedesaan. Masih ada bisnis-bisnis lainnya yang bisa kamu jalankan di pedesaan. Salah satu yang bisa kamu jalankan juga bisnis online. Namun, kamu harus memperhatikan dengan baik tren dan preferensi target pasar yang kamu tuju untuk membantumu berjualan. 

Selain itu, kamu tidak hanya bisa mengandalkan bisnis offline saja. Saat ini, bisnis online lebih digemari oleh masyarakat. Jangkauan yang luas serta kemudahan mengakses membuatnya menjadi preferensi. Dengan Storefront di SmartSeller, kamu bisa mendapatkannya dalam waktu singkat tanpa ribet. Belum lagi web tokonya dapat terhubung dengan stok penjualan secara langsung. Penasaran caranya? Langsung saja kunjungi SmartSeller!