Bulan puasa adalah waktu yang tepat jika kamu ingin mencoba untuk membuka usaha. Mengapa demikian? Karena membuka usaha di bulan puasa dapat mendatangkan keuntungan yang besar. Terlebih lagi, kebutuhan akan suatu komoditi di bulan puasa selalu meningkat. Jadi, membuka usaha di bulan puasa merupakan peluang besar untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang tidak boleh kamu lewatkan. 

Ketika mendirikan sebuah usaha, kamu wajib melakukan kegiatan pemasaran agar produk atau jasa yang ditawarkan bisa dikenal oleh banyak orang. Hal yang perlu diingat, kegiatan pemasaran pada usaha di bulan puasa tentunya tidak akan sama dengan bulan lainnya. Mengapa? Karena usaha di bulan puasa merupakan usaha musiman setahun sekali, yang tentunya butuh beberapa penyesuaian. 

Penyesuaian tersebut terjadi karena saat berpuasa, orang akan cenderung memilih untuk melakukan aktivitas di dalam ruangan. Oleh karena itu, kamu harus menerapkan strategi pemasaran yang tepat agar usaha di bulan puasa yang kamu jalankan bisa lancar dan laris pembeli. Pada artikel ini, akan dijelaskan beberapa tips pemasaran untuk usaha di bulan puasa supaya sukses. Yuk, baca sampai bawah, ya! 

Usaha di Bulan Puasa

 

Beberapa Tips Pemasaran yang Jitu untuk Usaha di Bulan Puasa

Terdapat beberapa tips pemasaran untuk usaha di bulan puasa yang kamu jalankan agar bisa lebih maksimal dan meningkatkan penjualan. Sebisa mungkin kamu harus menerapkan tips ini agar dapat bersaing dengan kompetitor usaha sejenis lainnya. Berikut penjelasannya. 

  • Buatlah Produk Spesial Bulan Puasa

Tips pemasaran pertama agar usaha di bulan puasa lancar yaitu jangan lupa untuk membuat produk spesial ketika bulan puasa tiba. Hal ini harus dilakukan oleh pengusaha sebagai salah satu cara untuk menarik minat calon pelanggan. Apapun produk yang kamu jual, baik itu kuliner, fashion, peralatan rumah tangga, dan produk lainnya, sangat disarankan untuk memanfaatkan momentum bulan puasa ini dengan menjual produk spesial yang limited edition.

Baca Juga 
Cost Control adalah: Penjelasan dan Panduan untuk UMKM

Misalnya, jika usahamu bergerak di bidang fashion baju muslim, kamu bisa meluncurkan baju muslim keluaran terbaru untuk persiapan bulan puasa dan hari raya. Contoh lainnya, jika usahamu bergerak di bidang kuliner, kamu bisa menjual beberapa kuliner yang identik dengan bulan puasa, seperti kolak pisang, bubur manis, dan hidangan lainnya. 

Usaha di Bulan Puasa

  • Sediakan Paket Bundling

Tips pemasaran kedua agar usaha di bulan puasa lancar yaitu dengan menawarkan paket bundling dalam setiap produk yang kamu jual. Untuk kamu yang belum tahu, paket bundling adalah dua atau lebih jenis produk yang berbeda disajikan dalam satu kemasan menarik dengan harga yang terjangkau. 

Misalnya, jika usaha di bulan puasa yang kamu jalankan adalah usaha frozen food, kamu bisa membuat paket bundling yang terdiri dari satu bungkus chicken nugget, satu bungkus sosis, dan satu bungkus cireng frozen. Lalu, kamu menawarkan paket bundling tersebut dengan potongan harga. 

Paket bundling merupakan salah satu strategi pemasaran yang dapat menarik minat pembeli karena harga yang ditawarkan biasanya lebih murah, tapi bisa mendapat jenis barang yang berbeda. Oleh karena itu, cobalah untuk menawarkan paket bundling pada usaha di bulan puasa yang kamu jalankan, ya! 

Usaha di Bulan Puasa

  • Beri Layanan Pesan Antar

Tips pemasaran selanjutnya agar usaha di bulan puasa lancar yaitu dengan menyediakan layanan pesan antar. Layanan ini akan sangat menguntungkan untuk usahamu di bulan puasa, lho! Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pada bulan puasa, orang akan cenderung malas untuk keluar terutama di siang hari. 

Baca juga: Temukan Jasa Pengiriman Terdekat Hanya di SmartSeller

Dengan adanya layanan pesan antar pada usahamu, akan lebih memudahkan pelanggan jika ingin memesan produk. Selain itu, layanan pesan antar juga dapat menambah omset usaha, lho! Jadi, jika sebelumnya hanya pelanggan yang datang ke tokomu untuk membeli produk, kamu bisa memberikan layanan pesan antar selama bulan puasa. 

  • Berikanlah Ramadhan Vibes pada Tokomu

Tips pemasaran keempat agar usaha di bulan puasa lancar yaitu dengan memberikan nuansa Ramadhan pada usaha yang kamu jalankan. Terlebih lagi, jika memiliki toko offline, kamu bisa mendekorasi ulang toko dengan atribut-atribut bulan Ramadhan agar vibes nya semakin terasa.

Baca Juga 
5 Langkah Memilih Social Media Influencer yang Sesuai dengan Brand Anda Di Tahun 2020!

Tidak hanya toko saja yang perlu di dekorasi ulang dengan nuansa Ramadhan, kamu juga bisa menerapkan SOP baru kepada karyawan yang bekerja di toko. Misalnya, seperti mengharuskan karyawan untuk menggunakan busana muslim agar nuansa Ramadhan semakin kental. Selain itu, kamu juga bisa menyetel musik religi sebagai pilihan lain.  

Usaha di Bulan Puasa

  • Berikan Promo dan Diskon Selama Bulan Puasa

Tips pemasaran kelima agar usaha di bulan puasa lancar yaitu jangan lupa untuk memberikan potongan harga dan promo pada produk yang kamu jual. Bulan puasa biasanya identik dengan potongan harga yang diberikan oleh pelaku usaha agar laris dibeli oleh pelanggan. Jadi, kamu juga bisa menerapkan potongan harga tersebut pada produk yang kamu jual.

Selain potongan harga, kamu juga bisa memberikan promo untuk menarik pelanggan. Misal, usaha di bulan puasa yang kamu jalankan adalah usaha fashion baju muslim. Kamu bisa memberikan promosi setiap pembelian satu baju muslim, gratis satu kopiah. Dengan begitu, akan menimbulkan keinginan pelanggan untuk membeli dengan kuantitas banyak agar mendapat bonus item yang lain. 

Tonton juga: #SellerStory Batik Bayong : Kisah Sukses Bisnis Hijab Fashion Designer

 

  • Jalin Kerja Sama dengan Bisnis Lain

Tips pemasaran yang terakhir agar usaha di bulan puasa berjalan lancar yaitu jalinlah kerja sama dengan bisnis lain. Kalau begitu, berarti harus mendukung usaha kompetitor dong? Eits, bukan begitu! Jalin kerja sama di sini maksudnya yaitu harus menjalin kerja sama dengan usaha yang dapat membantu untuk memudahkan bisnismu.

Misalnya, usaha di bulan puasa yang kamu jalankan adalah usaha hampers yang pengirimannya dengan menggunakan layanan ekspedisi. Nah, pada saat bulan puasa, kamu bisa menjalin kerja sama dengan ojek online agar barang cepat sampai untuk pelanggan yang masih satu kota dengan usaha yang kamu jalankan. 

Baca Juga 
Manfaat Sosial Media untuk Bisnis Daring!

Baca juga: Estimasi Pengiriman adalah: Faktor, Cara, dan Ketahuinya

Menjalin kerja sama dengan bisnis lain yang dapat membantu kelancaran usahamu adalah salah satu strategi pemasaran yang tepat, terutama saat bulan puasa. Dengan begitu, opsi yang ditawarkan ke pelanggan semakin banyak. Hal ini membuat pelanggan akan senang saat berbelanja produk yang kamu jual. 

Nah, itu tadi beberapa tips pemasaran untuk usaha di bulan puasa agar dapat berjalan dengan lancar. Menerapkan tips pemasaran selama bulan puasa dengan tepat akan membantu usaha untuk meraup omset yang banyak. Selain itu, menerapkan strategi pemasaran yang tepat juga akan meningkatkan softskill sebagai bekal jika nantinya kamu ingin mendirikan usaha yang lain di luar bulan puasa.

Hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan sebuah usaha, jangan lupa untuk mengelolanya dengan baik, ya! Salah satu caranya yaitu kamu bisa menggunakan SmartSeller. SmartSeller akan membantu pengelolaan usahamu dengan baik, terutama jika usaha yang kamu jalankan berbasis online shop

Dengan SmartSeller, kamu bisa mengatur orderan, pengiriman, update harga dan atur stok barang sekaligus dalam satu dashboard saja. Jadi, kamu tidak perlu multitasking lagi untuk mengatur itu semua. Terdapat potongan harga untuk kamu yang baru pertama kali menggunakan SmartSeller, sehingga tidak perlu membayar full, tapi akan tetap mendapat benefit dalam pengelolaan bisnis sesuai dengan paket yang kamu pilih. Tunggu apalagi? Yuk, cobain SmartSeller sekarang juga!