Eksistensi TikTok ditambah kehadiran TikTok Shop, membuat para pebisnis mulai memperluas pasarnya dan mencari tahu bagaimana cara berjualan di TikTok Shop. Memang, bukan sebuah rahasia jika TikTok saat ini menjadi salah satu media sosial yang tengah populer dan dijajal oleh kawula muda hingga orang tua. Apalagi, saat ini aplikasi buatan Cina tersebut bukan hanya berisikan video saja, namun juga memiliki fitur jualan TikTok Shop. 

Dianggap sebagai lahan basah untuk mendapatkan keuntungan, tak heran banyak pebisnis yang mulai berbondong-bondong memanfaatkan fitur jualan tersebut. Terlebih, cara berjualan di TikTok shop juga cukup mudah. Hampir sama dengan layanan jual beli online lainnya. Hanya saja, kamu perlu pintar-pintar mengatur strategi bisnis agar produkmu memiliki peluang masuk FYP (For Your Page) atau halaman TikTok agar semakin dikenal oleh pengguna TikTok.

Apa Itu TikTok Shop?

TikTok Shop merupakan salah satu platform e-commerce yang memungkinkan pebisnis bisa menawarkan produk yang dijualnya secara langsung kepada pembeli. Umumnya, penjual bisa menawarkan produknya melalui feed, tab katalog produk, hingga bisa lewat Live atau siaran langsung.

Tidak jauh berbeda dengan e-commerce lainnya, TikTok Shop juga menerapkan sistem jual beli yang sama dengan layanan online lainnya, penjual mendapat pesanan dan menyelesaikan proses jual beli dengan pembeli. Konsumen juga bisa melacak proses pengiriman dari produk yang mereka beli.

Untuk cara berjualan di TikTok shop, kamu tidak harus memiliki barang atau produk yang dijual, lho. Kamu bisa menjual produk orang lain dengan menjadi TikTok Affiliate. Nantinya, kamu tinggal mencantumkan tap katalog atau link produk dalam video yang kamu buat. Kemudian, kamu bisa mendapatkan komisi dari barang yang terbeli melalui link yang dicantumkan.

Mudah bukan cara berjualan di TikTok Shop? Lalu bagaimana cara memulai dan membuka tokonya? 

Cara Berjualan di TikTok Shop

Cara berjualan di TikTok shop cukup mudah. Kamu hanya tinggal mendaftar sebagai akun bisnis dan bisa langsung mulai berjualan. Bahkan, bagi kamu yang masih pemula, TikTok Shop cukup ramah dan memungkinkan kamu untuk bisa menjalankan bisnis dengan mudah.

Baca Juga 
Yuk, Mari Mulai Analisis Peluang Usaha pada Bisnismu!

Baca Juga: 10 Cara Jualan di Marketplace Online, Dijamin Dilirik Pelanggan!

Lalu, seperti apa dan bagaimana cara berjualan di TikTok shop? Yuk, simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Ubah ke Akun Bisnis

Langkah pertama cara berjualan di TikTok shop yakni dengan mengubah akun yang kamu miliki menjadi akun bisnis. Namun, bagi kamu yang belum memiliki akun TikTok, sebaiknya mulai mendaftar terlebih dahulu dengan mengisi data diri seperti email, nomor hp, username, dan password.

Setelah memiliki akun TikTok, kamu perlu mendaftarkan diri di TikTok Shop Seller enter agar data dirimu terverifikasi sebagai pebisnis. Cara berjualan di TikTok Shop ini memulainya dengan membuka situs TikTok Shop Seller Center Indonesia di https://seller-id.tiktok.com, kemudian isi data diri, dan simpan.

2. Lengkapi Data dan Verifikasi Akun Jualan

Cara berjualan di TikTok shop selanjutnya adalah dengan melengkapi data. Nantinya, kamu akan diminta untuk melengkapi informasi seperti alamat, contact person, hingga rekening bank. Lalu, jika sudah melengkapi data yang tersedia, langkah berikutnya lakukan verifikasi akun dengan melengkapi data pada bagian ‘Verify documents’ yang ada di halaman depan. Kemudian, pilih tipe akun, yakni individu atau korporasi. Terakhir, kamu tinggal mengunggah foto KTP.

Cara Berjualan di TikTok Shop

3. Tambahkan Produk Jualan ke TikTok Shop

Setelah akun berhasil terverifikasi, kamu bisa mulai menambahkan produk yang kamu jual di akun TikTok Shop milikmu. Caranya sebagai berikut:

  • Masuk ke halaman TikTok Seller Shop
  • Pastikan produk tidak melanggar kebijakan TikTok
  • Kemudian tekan ‘Add First Product’ dan ‘Upload Now’
  • Masukkan nama produk dan isi detail produk
  • Pilih kategori produk
  • Upload minimal tiga foto produk atau maksimal sembilan gambar. Pastikan juga dimensi gambar 1:1 dan memiliki resolusi yang jelas
  • Upload video produk (jika ada)
  • Periksa kembali, lalu klik ‘Publish’
Baca Juga 
Distributor adalah: Pengertian dan Bedanya dengan Supplier serta Vendor

4. Buat Konten Menarik

Langkah selanjutnya dari cara berjualan di TikTok shop adalah bikin konten menarik untuk menjangkau banyak audiens. Pastikan konten yang kamu buat menarik dan kreatif. Jangan lupa untuk menggunakan musik yang sedang viral dan berikan hashtag.

Cara Berjualan di TikTok Shop

5. Jangan Lupa Berikan Promo

Cara berjualan di TikTok shop terakhir berkaitan dengan promosi atau strategi pemasaran. Kamu bisa memberikan promo menarik seperti diskon produk, buy one get one, atau adakan giveaway. Kamu juga bisa berkolaborasi dengan influencer di TikTok yang sedang hits. Jangan lupa untuk konsisten mengadakan live streaming. Promo ini nantinya dapat menarik minat para pengguna TikTok shop, sehingga nama tokomu sebagai affiliate ataupun owner bisa dikenal lebih luas. 

Tonton Juga: SmartSeller – Aktivasi Shipping COD

Kelebihan Jualan di TikTok Shop

Selain karena cara berjualan di TikTok shop itu mudah, kamu akan merasakan beberapa kelebihan dengan berjualan di TikTok Shop. Simak yuk apa saja kelebihan yang bisa dirasakan dari membuka lapak di TikTok Shop. 

1. Calon Pelanggan Semakin Banyak

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, jika TikTok saat ini menjadi salah satu media sosial terpopuler, bahkan Indonesia sendiri menjadi salah satu negara teratas yang memiliki jumlah pengguna TikTok. Dengan jumlah pengguna aktif yang cukup banyak, tentu hal tersebut menguntungkan para seller maupun affiliate karena akan semakin banyak yang tahu tentang produk yang kamu jual atau tawarkan. Mudahnya, kamu dapat meningkatkan brand awareness

Cara Berjualan di TikTok Shop

2. Peluang Perluas Jangkauan Pasar

Banyaknya pengguna TikTok dengan rentang usia, wilayah, dan kelas ekonomi yang sangat beragam, tentu menjadi sebuah peluang bagi bisnis untuk memperluas jangkauan pasar. Hal ini bisa dimaksimalkan dengan menyusun strategi bagaimana cara berjualan di TikTok shop dengan tepat. 

Baca Juga 
Apa itu Rumus Laba Rugi dan Bagaimana Menghitungnya?

3. Aman dan Banyak Promosi

Cara Berjualan di TikTok Shop

Maraknya penipuan pada proses jual beli, membuat TikTok mengantisipasi terjadinya hal tersebut dengan adanya filtrasi. Dengan begitu, penjual dan pembeli lebih merasa secure saat melakukan proses jual beli. Walaupun demikian, kamu tetap harus berjaga-jaga saat melakukan proses jual beli. 

Selain merasa aman, TikTok shop ini juga mudah menarik para penggunanya untuk berbelanja dengan memberikan penawaran promo yang menarik. Tidak hanya gratis ongkir, TikTok shop juga kerap memberikan potongan harga yang dapat dinikmati. Lalu, untuk para penjualnya, TikTok shop hanya memotong sekitar 1,8 persen. 

Baca Juga: Optimalkan Bisnismu dengan Metode Pemasaran Efektif

4. Kemudahan Lakukan Promosi

TikTok sebagai aplikasi untuk membagikan berbagai macam konten video ini ternyata dapat menguntungkan para seller dan affiliate. Sebab, kamu dapat melakukan promosi dengan membuat konten maupun iklan organik. Dengan begitu, mudahnya melakukan promosi dan menggaet calon pembeli. Lantaran, kamu bisa melakukannya dengan membuat video bersama produk yang ditawarkan. Adanya kemudahan dalam melakukan promosi ini tentu dapat meningkatkan jumlah pengunjung toko, tak menutup kemungkinan pendapatan juga akan semakin melonjak. 

Berbagai kelebihan jualan di TikTok Shop ini bisa semakin maksimal jika kamu dapat mengetahui cara berjualan di TikTok shop dengan tepat. Oleh karenanya, selain mengetahui langkah awal cara berjualan di TikTok Shop, kamu juga harus mempelajari berbagai strategi dan mengelolanya dengan baik. Jika bingung bagaimana caranya, kamu bisa menggunakan layanan SmartSeller yang memiliki fitur marketplace integration sehingga toko online milikmu dapat dikelola dalam satu waktu. SmartSeller juga memiliki fitur analisa bisnis yang memudahkanmu untuk mengetahui perkembangan usaha. Keren bukan? Klik di sini yuk.