Pada saat ingin membangun bisnis, hal yang pertama harus dilakukan adalah mencari stok produk terlebih dahulu ke supplier tangan pertama. Kenapa harus ke supplier tangan pertama? Soalnya, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dengan membeli produk secara langsung ke supplier tangan pertama, salah satunya, yaitu mendapatkan harga yang lebih murah. Emang apa, sih supplier tangan pertama itu? Supplier tangan pertama adalah pihak produsen yang memproduksi suatu produk secara langsung.

Dalam rantai bisnis, supplier berada di tingkat pertama yang memproduksi produk tersebut dalam jumlah yang besar. Selanjutnya, produsen akan menjual produk mereka ke dropshipper dan reseller dengan harga khusus yang kemudian dijual ke konsumen. Makanya, tidak heran kalau membeli barang di supplier tangan pertama bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah. Namun, tidak jarang juga kalau produsen tersebut juga menjual secara langsung ke konsumen.

Sebenarnya, mencari supplier tangan pertama bisa dikatakan gampang-gampang sulit dan memiliki tantangannya tersendiri. Hal ini dikarenakan sudah ada banyak reseller dan dropshipper yang menjalankan bisnis ini terlebih dahulu. Tidak cuma itu, hal sulit lainnya adalah mencari produsen yang terpercaya, harganya miring, dan kualitasnya bagus. Untuk itu, kan

 

Cara Mencari Supplier Tangan Pertama

Supplier Tangan Pertama

Sebelum mencari supplier tangan pertama, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan produk apa yang ingin kamu jual. Hal ini akan memudahkan kamu dalam proses mencari produsen. Jika kamu tidak tahu ingin menjual produk apa maka kamu akan kesulitan mencari produsen. Kalau sudah menentukan produk apa yang ingin dijual, selanjutnya kamu bisa mencari toko atau produsen yang menjual produk sesuai dengan kebutuhan kamu.

 

  • Datang Ke Bazar

Cara yang bisa kamu lakukan untuk mencari supplier tangan pertama adalah dengan datang ke bazar atau kumpulan sentra industri. Kamu akan menemukan banyak produsen yang memperkenalkan produknya di bazar atau sentra industri ini. Dengan mendatanginya, kamu bisa memilih produsen dan kualitas produknya secara langsung. Selain itu, kamu juga bisa melihat mana saja produsen yang terpercaya dan sesuai dengan misi kamu. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi resiko kerugian dan hal yang tidak diinginkan. Bahkan, kemungkinan besar kamu juga bisa mendapatkan harga yang lebih rendah

Baca Juga 
Dapatkan 1000 Followers Instagram Tertarget Tanpa Aplikasi Dengan 7 Cara Berikut!

 

  • Cari Di Website atau Toko Online

Cara lain untuk mendapatkan produsen tangan pertama, yaitu dengan mencari melalui website atau toko online. Kamu bisa survey dan mencari daftar nama produsennya terlebih dahulu melalui website atau toko online ini. Setelah mendapatkannya, kamu bisa langsung mengunjungi tokonya secara langsung. Hal ini bisa dilakukan kalau kamu tidak ingin berkeliling untuk mencari produsen dan ingin yang sudah pasti-pasti saja. Kamu bisa mencarinya di Google dengan berbagai keyword yang memungkinkan dapat banyak pilihan, misalnya Supplier tangan pertama (nama produk yang ingin kamu jual)”.

 

  • Melalui Marketplace

Selain cari di website atau toko online, kamu juga bisa cari supplier tangan pertama melalui marketplace. Sekarang ini, ada banyak banget produsen yang juga berjualan secara langsung di marketplace. Kamu bisa mencari daftar nama produsennya terlebih dahulu kemudian kamu membandingkan harganya. Dengan cara ini, kamu berpeluang besar untuk mendapatkan harga yang murah dan produk yang berkualitas.

Baca juga: Tips Mengembangkan Bisnis jadi Supplier Daster Tangan Pertama

 

Tips Memilih Supplier Tangan Pertama

Supplier Tangan Pertama

Pada saat mencari produsen tangan pertama, jangan cuma fokus ke harganya yang murah saja, tapi juga harus melihat dari segi kualitas produk dan produsen. Hal ini harus dilakukan agar kamu terhindar dari penipuan. Untuk itu, kamu harus memperhatikan tips memilih supplier tangan pertama di bawah ini.

  • Alamat dan Kontak Produsen yang Jelas

Tips pertama yang harus kamu perhatikan adalah meminta alamat dan kontak mereka yang jelas. Produsen yang terpercaya pastinya akan memberikan alamat dan kontaknya tanpa ada kesan menutup-nutupi.

 

  • Kualitas Produk

Dalam menjalankan bisnis, kualitas produk adalah nomor satu. Akan sangat percuma apabila kamu menjual produk dengan harga murah, tapi kualitasnya tidak bagus. Hal ini dikarenakan konsumen mencari kualitas yang bagus. Apabila kualitas produk bagus maka kemungkinan besar konsumen akan kembali membeli di toko kamu. Akan menjadi nilai tambahan kalau kualitas yang diberikan bagus sekaligus harganya murah.

Baca Juga 
Daftar Film tentang Bisnis yang Dapat Memberi Motivasi!

 

  • Feedback dari Dropshipper, Reseller, dan Konsumen

Setelah membahas kualitas produk, mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana caranya mengetahui kualitas produk dari produsen. Nah, caranya adalah dengan melihat feedback yang diberikan dari dropshipper, reseller, dan konsumen. Biasanya, produsen yang mempunyai website, toko online, ataupun marketplace akan mengunggah testimoni dari dropshipper, reseller, dan konsumen di kolom penilaian. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui kualitas dari produk yang dijual apakah bagus atau tidak.

Tidak cuma kualitas produk, kamu juga harus mencari tahu kualitas dari produsennya sendiri. Carilah produsen yang fast response dan bertanggung jawab apabila ada komplen. Sebisa mungkin untuk hindari produsen yang bermalas-malasan merespon dan susah untuk dihubungi.

 

  • Jumlah Stok Produk

Umumnya, supplier memiliki stok yang tidak terbatas sehingga kamu bisa memesan produk sebanyak-banyaknya. Sebisa mungkin untuk tidak memesan produk ke produsen yang tidak menyediakan stok produk yang banyak. Hal ini agar kamu tidak ganti-ganti produsen dan untuk menghindari adanya perubahan kualitas produk.

 

  • Menanyakan Term and Conditions dari Produsen

Sebelum memesan produk ke produsen, kamu harus menanyakan terkait term and conditions atau peraturan dari produsen terlebih dahulu. Contohnya, seperti peraturan refund, retur, produk reject, proses pengiriman produk, sistem pembayaran, sistem diskon, dan lainnya. Hal ini perlu ditanyakan secara detail dan jelas dengan tujuan kenyamanan kedua belah pihak.

 

Baca juga: Tips Kelola Toko Make Up Secara Online

 

Nah, itu dia cara memilih supplier tangan pertama beserta tips memilihnya untuk kamu yang ingin menjalankan bisnis. Selain memilih supplier tangan pertama, hal lain yang perlu kamu siapkan adalah sistem proses bisnis kamu, seperti atur transaksi, atur stok barang, dan proses pengiriman produk. Nah, agar memudahkan kamu, kamu bisa banget menggunakan SmartSeller! 

Baca Juga 
25 Contoh Produk Jasa di Indonesia dan Penjelasannya

Yap, SmartSeller adalah aplikasi pengelola orderan online yang memiliki berbagai macam fitur. Fitur-fitur yang ada di SmartSeller, seperti Private Order yang bisa membantuk cek stok produk secara real time dan menampilkan katalog produk kamu. Selain itu, ada pula fitur Shipping Management yang terhubung ke puluhan kurir sehingga memudahkan kamu dalam mengirim produk jualan. SmartSeller benar-benar solusi yang tepat dan mudah untuk membantu bisnis jualan online kamu. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, pakai SmartSeller sekarang juga!