Membangun usaha menjadi reseller baju import merupakan usaha yang sangat potensial di masa sekarang. Soalnya, seperti yang kita tahu kalau baju adalah kebutuhan pokok setiap orang. Dengan itu, usaha reseller baju import menjadi usaha yang tidak ada matinya dan cukup menjanjikan. Ditambah dengan target pasar yang tinggi membuat usaha reseller baju import selalu dicari-cari. Makanya, tidak heran kalau banyak keuntungan yang bisa didapatkan dalam menjadi reseller baju import.

Apalagi didukung dengan sistem reseller yang lebih mudah dan dianggap lebih menguntungkan. Soalnya, kamu tidak perlu untuk stok produk dan kamu bisa berjualan dengan fleksibel di manapun dan kapanpun. Teruntuk kamu yang ingin menjadi reseller baju import, simak ulasannya di bawah ini!

Baca juga: 7 Tips Sukses Menjadi Reseller Makanan untuk Pemula

Cara Menjadi Reseller Baju Import

Menentukan Skala Importir

Reseller Baju Import

Cara menjadi reseller baju import adalah menentukan jumlah atau skala importir terlebih dahulu. Skala importir yang bisa kamu pilih di antaranya dalam bentuk eceran atau satuan, skala kecil, dan skala besar. Skala besar yang dimaksud adalah dalam bentuk grosiran. Skala importir ini bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu. Apabila kamu ingin mencoba berjualan terlebih dahulu dan tidak ingin ambil terlalu banyak, maka kamu bisa ambil yang skala kecil. Namun, apabila kamu ingin langsung menjual dalam dan stok baju import yang banyak, maka kamu bisa mengambil yang skala besar.

Menentukan Supplier

Reseller Baju Import

Salah satu cara menjadi reseller baju import, yaitu dengan pintar-pintar menentukan supplier. Dalam menentukan supplier, kamu tidak bisa sembarang pilih karena supplier akan berpengaruh terhadap kualitas produk dan usaha kamu. Pilihlah supplier yang tepat, terpercaya, dan menyediakan produk-produk berkualitas yang sesuai dengan keinginan kamu.

Baca Juga 
Ini Dia, 7 Produk yang Berpotensi Laris Manis di Tahun 2020!

Sebelum menentukan supplier, kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu reputasi supplier tersebut. Apakah supplier tersebut memiliki reputasi yang baik atau tidak. Kamu bisa mengeceknya dengan cara melihat review dari reseller lainnya. Hal ini penting dilakukan untuk meminimalisir terjadinya penipuan dan hal yang tidak diinginkan lainnya. Soalnya, apabila ada terjadi masalah, pastinya akan sulit untuk mengatasinya.

Cara cek review dari reseller lainnya, yaitu kamu bisa cek di marketplace lokal China. Soalnya, marketplace China terkenal menjadi pengimpor produk. Di bawah ini terdapat beberapa rekomendasi deretan marketplace China untuk reseller baju import, yaitu sebagai berikut.

  • Alibaba

Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan marketplace terbesar dari China ini. Bahkan, Alibaba mengalahkan Amazon dan eBay yang merupakan marketplace dari Amerika, lho! Alibaba menawarkan banyak produk dari berbagai kategori yang lengkap, murah, dan berkualitas. Marketplace Alibaba ini juga sudah terkoneksi dengan banyak supplier dari seluruh dunia.

  • AliExpress

AliExpress masih satu grup dengan Alibaba yang juga merupakan marketplace internasional. AliExpress memang sudah terkenal menjadi marketplace untuk menjual produk ke konsumen dan importir seluruh dunia. Kamu bisa beli produk di AliExpress dengan skala besar atau skala kecil. Produk yang dijual juga tidak kalah banyak yang dilengkapi dengan garansi. Selain itu, terdapat banyak metode pembayaran dan gratis ongkir ke seluruh dunia.

  • Tmall

Kalau marketplace satu ini merupakan platform khusus Business to Business (B2B) yang dikembangkan oleh Alibaba. Tmall ini punya layanan yang premium dan banyak merek-merek asing sehingga produknya dijamin original.

  • 1688.com

Marketplace 1688.com menghadirkan produk yang harganya jauh lebih murah, lengkap, dan terpercaya. Dikarenakan harganya yang murah, kamu jadinya bisa menjual barang dengan harga yang jauh lebih tinggi. Apalagi kalau kamu membeli dalam jumlah yang banyak, pastinya harganya akan semakin murah.

  • Taobao
Baca Juga 
5 Jenis Produk yang Cocok dengan Bisnis Konsinyasi

Marketplace Taobao ini mirip banget dengan 1688.com yang masih satu grup dengan Alibaba. Metode pembayaran yang digunakan adalah Alipay. Marketplace Taobao ini bisa dijadikan pilihan lain selain 1688.com.

Periksa Kualitas Produk dan Metode Pembayaran

Reseller Baju Import

Walaupun produk-produk yang dijual dikatakan produk berkualitas, kamu tetap harus cek kembali kualitas produknya, ya! Kamu bisa cek kualitas baju tersebut dengan cara membaca review dari reseller lainnya juga. Soalnya, apabila kamu mendapatkan produk yang berkualitas tinggi dengan harga yang murah, maka kamu bisa menjualnya di Indonesia dengan harga yang jauh lebih tinggi. Untuk itu, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Selain itu, kamu juga perlu metode pembayaran yang disediakan oleh supplier. Pastikan kalau supplier menyediakan metode pembayaran yang aman dan mudah agar kamu tidak perlu kerepotan saat proses transaksi pembayaran.

Perhitungkan Ongkos Kirim dan Pajak Barang

Reseller Baju Import

Baju-baju import memang banyak yang berkualitas, tapi harganya murah-murah banget. Eits, tapi jangan sampai lapar mata dulu, ya! Soalnya, kamu juga perlu tahu apakah baju yang kamu beli ada terkena pajak atau tidak. Kamu juga perlu memperhitungkan berat dan volume dari jumlah produk yang kamu beli. Hal ini akan mempengaruhi jumlah ongkos kirim yang akan kamu bayar. Sebisa mungkin untuk mencari supplier yang menyediakan gratis ongkos kirim sehingga kamu akan lebih hemat.

Menentukan Jasa Forwarder

Reseller Baju Import

Langkah selanjutnya dalam cara menjadi reseller baju import, yaitu menentukan jasa forwarder. Apa itu jasa forwarder? Jasa forwarder adalah sebuah perusahaan yang membantu penjual import atau importir untuk mengurusi pengiriman barang dari antar negara. Selain itu, jasa forwarder juga akan membantu untuk mengurusi bea cukai, izin impor, dan lain sebagainya. Jadinya, jasa forwarder ini akan sangat membantu buat kamu yang baru jadi reseller baju import. Kamu tinggal terima bersih dan tunggu produk kamu sampai tujuan dengan selamat. 

Baca Juga 
6 Tips Sukses Membuka Bisnis Showroom Mobil Bekas

Namun, perlu diketahui kalau jasa forwarder ini hanya dibutuhkan untuk reseller baju import yang mengambil produk dalam skala besar, ya! Buat reseller baju import yang mengambil dalam jumlah satuan atau skala kecil, kamu tidak perlu menggunakan jasa forwarder ini.

Baca juga: Cara Menjadi Pengusaha Reseller Skincare untuk Pemula

Agar usaha kamu sebagai reseller baju import dapat dikenal oleh banyak calon konsumen. kamu bisa memanfaatkan media sosial dan membangun website toko online. Dengan ini, kamu bisa memperluas jangkauan pasar kamu dan bisa dijangkau dengan mudah oleh konsumen. Tidak perlu takut ribet untuk membuat website toko online karena sekarang ini kamu bisa memanfaatkan Smartseller Storefront. Jadinya, kamu bisa lebih mudah dan cepat untuk membuat website toko online. Apalagi dengan adanya fitur Shipping Management yang bisa terhubung ke berbagai ekspedisi favorit kamu. Yuk, pakai aplikasi SmartSeller sekarang juga!