Mengetahui cara daftar jualan di Lazada lewat HP, bisa menjadi solusi bagi kamu yang sudah memiliki produk untuk dijual tetapi bingung harus menjual di mana. Ya, memanfaatkan platform jualan online ataupun e-commerce ini tentu dapat menguntungkan juga efisien. Lantaran, kamu hanya perlu membuat akun jualan dan bisa langsung mengoperasikannya melalui smartphone kesayangan. 

Lazada menjadi salah satu platform marketplace yang menguntungkan para penjualnya. Apalagi, di era saat ini bisnis online telah menjadi momok yang menguntungkan. Maka dari itu, mengetahui cara daftar jualan di Lazada lewat HP untuk memiliki akunnya akan membantumu mengembangkan bisnis online yang tengah digeluti. 

 

Cara Daftar Jualan di Lazada lewat HP

Bagi kamu yang belum memiliki laptop atau komputer untuk berjualan, ada cara daftar jualan di Lazada lewat HP. Caranya juga tidak ribet dan dijamin bisa kamu lakukan hanya dalam hitungan menit.

Yuk, simak langkah-langkah cara daftar jualan di Lazada lewat HP berikut ini.

  1. Download Aplikasi Lazada

Cara daftar jualan di Lazada lewat HP yang pertama adalah mengunduh aplikasi Lazada melalui penyedia aplikasi seperti Play Store atau App Store. Pastikan HP yang akan kamu gunakan memiliki penyimpanan yang cukup untuk bisa mengunduh aplikasi tersebut.

  1. Buat Akun

Setelah mengunduh, cara daftar jualan di Lazada lewat HP berikutnya adalah dengan membuat akun atau daftarkan diri kamu. Kamu bisa langsung membuat akun melalui aplikasi Lazada atau juga bisa dengan aplikasi Lazada reseller center.

Berikut langkah-langkah cara daftar jualan di Lazada lewat HP:

  1. Setelah men-download aplikasi Lazada, langkah selanjutnya adalah klik tombol pendaftaran
  2. Selanjutnya, kamu perlu mengisi formulir pendaftaran dengan identitas diri
  3. Kamu perlu mengisi jenis akun, baik itu perorangan atau perusahaan
  4. Kemudian, isi lokasi toko
  5. Lalu, kamu perlu mengisi nomor telepon yang kamu gunakan untuk toko di Lazada milikmu
  6. Setelahnya, geser tombol untuk verifikasi
  7. Centang kotak kecil pada sebelah kiri pernyataan pada kalimat yang menyatakan kamu menyetujui dan memahami perjanjiannya. 
  8. Terakhir, klik ‘daftar’
Baca Juga 
Jarang Ada, Ini 5 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Tonton Juga: #SellerStory Uno Shop : Memanfaatkan era digital untuk mengembangkan bisnis

 

Cara Daftar Melalui Aplikasi Lazada Reseller Center

Selain menggunakan aplikasi Lazada, cara daftar jualan di Lazada lewat HP juga bisa dilakukan lewat aplikasi Lazada Seller Center. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Daftar Jualan di Lazada lewat HP

  1. Syarat Pendaftaran

Sebelum memulai cara daftar jualan di Lazada lewat HP, terlebih dahulu kamu perlu menyiapkan KTP, email aktif, buku tabungan (harus sesuai dengan pemilik identitas di KTP).

  1. Cara Mendaftar
  • Setelah download, buka aplikasi Lazada Seller Center
  • Lalu, klik ‘Buat Akun’
  • Selanjutnya, tentukan pilihan negara, bahasa, dan tipe toko di Lazada
  • Masukkan nomor HP yang aktif
  • Klik ‘Get Code’
  • Masukkan kode verifikasi yang diterima melalui SMS
  • Kemudian, masukkan alamat email yang aktif
  • Buat kata sandi
  • Klik kotak kecil pada bagian bawah
  • Klik ‘Daftar Akun’
  • Nanti kamu akan menerima pemberitahuan bahwa proses pendaftaran telah berhasil
  • Lalu, kamu akan dibawa untuk Sign In ke akun yang telah kamu buat. Untuk bisa masuk kamu tinggal memasukkan alamat email dan kata sandi
  1. Masukkan Alamat Toko

Setelah berhasil mendaftar, selanjutnya kamu perlu mengisi beberapa data penting, seperti mengisi alamat lengkap toko milikmu, negara, provinsi, kota, distrik atau kecamatan, alamat bisnis kantor, dan alamat pengembalian.

Baca Juga: Jadi Ladang Cuan, Ini Berbagai Manfaat Bisnis Online

  1. Pengaman Akun

Sebelum memulai berjualan, kamu perlu mengisi informasi pribadi secara lengkap di Lazada. Yuk, simak apa saja dan bagaimana cara mengisinya.

  1. Pada tampilan awal Sign In, pilih opsi ‘Amankan Akun’
  2. Lalu, isi kolom ‘Nama Akun’ sesuai data diri di KTP
  3. Selanjutnya, isi informasi diri pada menu ‘ID Tipe’
  4. Tulis Nama Depan dan Nama Belakang di kolom yang tersedia
  5. Isi nomor rekening Bank pada kolom ‘Nomor Akun’
  6. Klik kolom Bank dan Nama Bank yang kamu gunakan
  7. Masukkan nomor KTP
  8. Unggah foto buku rekening dan KTP bagian depan serta belakang
  9. Terakhir, klik ‘save’ dan proses pengamanan akun selesai
Baca Juga 
Contoh Promosi yang Menarik untuk Dipakai di Bisnismu!

Cara Daftar Jualan di Lazada lewat HP

  1. Unggah Produk

Setelah keseluruhan data dilengkapi, kamu sudah bisa langsung menggunakan akun untuk berjualan. Kamu juga perlu mengunggah foto produk yang akan kamu jual. Hal ini  menjadi salah satu langkah cara daftar jualan di Lazada lewat HP. Bahkan, kamu bisa langsung sekaligus tanpa perlu memindahkan file pada laptop. 

Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Klik ‘Unggah Produk’ untuk memasukkan foto produk ke akun Lazada
  • Masukkan informasi produk seperti Nama Produk, Kategori, Merek, dan Deskripsi produk
  • Klik ‘Mempublikasikan’

 

Tips agar Toko Online Dilirik

Setelah selesai melakukan cara daftar jualan di Lazada lewat HP, kini saatnya kamu memikirkan bagaimana cara agar toko online dapat dilirik oleh para pengguna marketplace tersebut. Simak tips berikut.

Cara Daftar Jualan di Lazada lewat HP

  1. Buat Profil Toko Menarik

Selain mengetahui cara daftar jualan di Lazada lewat HP, kamu juga perlu mengeksplor membuat profil toko agar terlihat menarik. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan nama toko yang menarik, lengkapi informasi toko, dan unggah foto produk semenarik mungkin dengan informasi detail. Cara tersebut tentu akan memudahkan para konsumen saat akan melakukan pesanan. 

  1. Banderol Harga dan Berikan Promo

Harga miring kerap menjadi alasan konsumen berbelanja di marketplace. Oleh sebab itu, jangan sampai kamu membanderol produk dengan harga tinggi. Untuk menghindarinya, kamu bisa melakukan riset pasar dan mencari tahu kisaran harga jual dari produk yang kamu jajaki. 

Selain itu, cobalah untuk melakukan promo di toko online. Hal ini dapat disiasati dengan memberikan voucher potongan harga untuk pembelian pertama, sistem bundling, memberikan cashback, dan gratis ongkir. Bisa juga dengan mengikuti kampanye yang dilakukan oleh marketplace, misal promo angka kembar, harbolnas, maupun pada momen-momen tertentu. 

Baca Juga 
5 Cara Mudah Mencatat Dokumen Transaksi Secara Online

Pasalnya, semakin banyak kunjungan pada toko online maka kemungkinan jumlah penjual pun dapat meningkat. 

Cara Daftar Jualan di Lazada lewat HP

  1. Berikan Pilihan Jasa Pengiriman dan Metode Pembayaran

Untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan pada pelanggan, kamu bisa memberikan banyak pilihan jasa pengiriman. Sebab setiap jasa pengiriman memiliki beragam jenis pengiriman yang dapat dipilih oleh konsumen sesuai dengan kebutuhannya. Apalagi, tarif yang ditawarkan oleh jasa pengiriman pun kerap kali berbeda-beda. 

Begitu pun dengan metode pembayaran. Berikan pilihan metode pembayaran yang beragam agar konsumen dapat memilih sesuai dengan kenyamanannya. 

Baca Juga: 5 Tips Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Melalui CS

  1. Testimoni Pelanggan 

Untuk membuat toko kamu semakin dipercaya, testimoni dari pelanggan menjadi hal yang paling penting. Lantaran, banyak pelanggan yang akan melihat testimoni atau review sebelum membeli. Tentu, hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan pelanggan pada tokomu. 

  1. Pelayanan Toko 

Dengan mengetahui cara daftar jualan di Lazada lewat HP, tentu kamu sudah harus siap untuk membalas berbagai pertanyaan dari para konsumen. Usahakan untuk membalas pesannya dengan cepat atau jangan terlalu lama. 

Tidak hanya pertanyaan, kamu juga harus siap memberikan solusi dengan bijak dan ramah pada setiap komplain dari para pelanggan. Hal ini nantinya dapat mempengaruhi rating dan review toko. 

Nah, itulah sederet cara daftar jualan di Lazada lewat HP. Jika merasa kesulitan untuk mengelola toko online, kamu bisa menggunakan jasa SmartSeller. Sebab, platform ini dapat membantumu mengelola bisnis online dengan berbagai fitur yang mereka miliki, seperti marketplace integration, manajemen order, manajemen inventori, dan lainnya. Untuk kamu yang baru memulai, bisa coba sekarang karena ada promo gratis coba tiga bulan. Cek di sini ya!