Bisnis minuman kekinian sedang sangat populer saat ini. Banyak masyarakat Indonesia yang memulai bisnis minuman kekinian untuk mendapatkan keuntungan yang banyak. Pilihan dari bisnis minuman kekinian juga bermacam-macam. Tidak hanya minuman kaleng, tetapi juga ada minuman yang diolah secara khusus.

Contoh dari bisnis minuman kekinian yang paling sering ditemukan saat ini adalah minuman kopi. Baik minuman kopi dalam bentuk kedai maupun botol minum, kamu dapat menemukannya di sekeliling. Contoh bisnis minuman kekinian ini bisa menjadi salah satu inspirasi untuk kamu memulai bisnis minuman kekinian milikmu sendiri.

Tips Membuat Bisnis Model untuk Bisnis Minuman Kekinian

Ketika memulai bisnis minuman kekinian kamu perlu membuat perencanaan usaha yang tepat. Salah satunya adalah bisnis model. Bisnis model merupakan salah satu perencanaan bisnis yang sangat penting. Karena bisnis model mengatur dan merencanakan bagaimana bisnis minuman kekinian bisa berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah tips membuat bisnis model untuk bisnis minuman kekinian:

1. Jelaskan Visi dan Misi Usaha

Saat membuat model bisnis, penting sekali untuk menjelaskan visi dan misi dari usahamu secara jelas. Dengan adanya visi dan misi yang jelas, bisnis minuman kekinian milikmu akan mendapatkan banyak manfaat. Misalnya para investor akan lebih tertarik dengan usahamu. Kemudian kamu juga bisa melihat dan mempertimbangkan apa saja langkah penting yang perlu diambil untuk mencapai visi dan misi tersebut.

Dengan adanya visi dan misi yang jelas untuk bisnis minuman kekinian milikmu, model bisnis akan menjadi lebih kuat. Karena dasar tujuan yang juga jelas. Sehingga proses eksekusi ide untuk bisnis minuman kekinian akan menjadi lebih mudah dilakukan. Kamu juga akan mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari usaha yang kamu buat.

Langkah pertama agar bisnis minuman kekinian milikmu bisa memiliki visi dan misi yang jelas adalah dengan memahami usahamu sendiri. Mulai dari bertanya jenis minuman apa yang kamu jual, bagaimana kamu melihat bisnis minuman kekinian tersebut dalam lima tahun mendatang, dan apa saja yang kamu perlukan untuk mencapai hal tersebut?

Pertanyaan sederhana ini akan membantu proses perencanaan bisnis minuman kekinian milikmu. Sehingga bisnis model yang akan kamu buat dapat memiliki dasar yang kuat dan terlihat lebih menarik saat kamu mempresentasikannya pada investor.

2. Buat Perkenalan yang Menarik untuk Investor

Selain membuat visi dan misi yang jelas, hal lain yang mendukung sukses atau tidaknya sebuah bisnis model dari bisnis minuman kekinian adalah bagaimana seorang pengusaha memberikan perkenalan yang menarik pada investor. Perkenalan menarik akan membuat investor mengingat usaha yang kamu perkenalkan dan semakin  tertarik dengan usahamu.

Selain itu perkenalan menarik juga akan memberikan kredibilitas yang baik untuk usahamu. Perkenalan yang dirancang dengan professional dan menarik, akan memberikan kesan bahwa bisnis minuman kekinian milikmu adalah suatu bisnis yang handal. Ini akan memberikan nilai tambah bagi investor yang hendak memberikan suntikan dana untuk usahamu.

3. Hindari Kesalahan dan Masalah yang Tidak Bisa Diprediksi

Berdasarkan Small Business Administration, banyak bisnis minuman kekinian yang bangkrut dalam usia 5 tahun saja. Alasan dari kebangkrutan ini adalah karena permasalahan sepele yang sebagian tidak ada dalam prediksi bisnis model mereka.

Bisnis model yang disusun dengan tepat akan membantu bisnis minuman kekinian melihat dengan jelas apa saja potensi kesalahan yang mungkin terjadi. Misalnya seperti kompetitor yang semakin meningkat, target pasar yang berubah, harga bahan yang semakin mahal, hingga pekerja yang tidak mumpuni,

Alasan-alasan tersebut dapat membuat bisnis minuman kekinian bangkrut dalam waktu yang singkat. Maka dari itu saat membuat bisnis model, kamu perlu menuliskan apa saja kemungkinan yang bisa terjadi saat bisnis berjalan. Setiap masalah tersebut bisa membantu bisnis minuman kekinian yang kamu buat menjadi lebih berkembang selama kamu memiliki cara untuk mengatasinya.

Baca Juga: Cara Promosi Usaha yang Menarik Agar Jualan Laris

4. Buat Gambaran Perjalanan Bisnis

Dengan membuat gambaran perjalanan bisnis mulai dari awal hingga proyeksi ke depan, bisnis model akan menjadi lebih jelas. Mulai dengan menuliskan sejarah bisnis minuman kekinian milikmu seperti alasan membangun usaha dan solusi apa yang kamu tawarkan kepada pelangganmu. Cara ini akan membantu para investor memahami alasan kemunculan bisnis minuman kekinian milikmu.

Selanjutnya kamu bisa menambahkan tujuan usaha dari visi dan misi yang sebelumnya kamu buat. Data tambahan lain yang akan membantu adalah analisa SWOT. dengan menambahkan analisa SWOT dalam bisnis model akan menjadi data tambahan untuk mengetahui kondisi bisnis minuman kekinian dan prediksi untuk langkah usaha selanjutnya.

5. Sertakan Produk Minuman

Bisnis model tidak akan lengkap tanpa adanya penjelasan produk untuk bisnis minuman kekinian. Saat menjelaskan produk, kamu juga perlu memberikan sentuhan menarik agar calon pembeli atau investor tetap tertarik. Produk yang baik adalah kunci dari bisnis minuman kekinian. Suatu bisnis akan tetap bertahan jika produk yang mereka buat benar-benar bermanfaat.

Agar penjelasan produkmu bisa lebih menarik, kamu bisa menyertakan fitur bermanfaat dari produkmu. Kamu juga bisa menambah hal-hal yang membuat produkmu berbeda dari produk kompetitor. Jika memungkinkan, kamu juga bisa menambahkan rencana produk yang akan kamu buat di masa mendatang. Ini menandakan bahwa bisnis minuman kekinian milikmu memiliki rencana bisnis yang jelas di masa mendatang.

6. Strategi Pemasaran

Membuat strategi pemasaran dalam bisnis model bisnis minuman kekinian adalah bagian yang sangat penting. Strategi pemasaran merupakan cara agar banyak orang mengetahui produkmu dan cara menarik perhatian pelanggan. Tentunya, tahap strategi pemasaran tidak bisa dilewatkan dalam bisnis model.

7. Rencana Operasional

Hal yang juga tidak bisa dilewatkan dalam bisnis model bisnis minuman kekinian adalah perencanaan operasional usaha. Kamu perlu membuat rencana tentang bagaimana bisnis minuman kekinian bisa tetap berjalan dalam waktu yang lama. Rencana operasional usaha adalah salah satu rencana yang harus diikuti oleh setiap pihak yang terlibat di dalam usaha tersebut agar usaha tetap berjalan dengan lancar.

8. Perencanaan Keuangan

Saat membuat perencanaan keuangan, kamu bisa melakukannya sendiri atau meminta bantuan dari seorang akuntan. Pada dasarnya perencanaan keuangan berisi tentang modal, pemasukan dan pengeluaran yang dibutuhkan agar usaha bisa berjalan. Saat membuat perencanaan keuangan, pastikan kamu membuat perencanaan keuangan bisnis minuman kekinian paling tidak untuk dua sampai tiga tahun ke depan.

Bisnis model untuk bisnis minuman kekinian harus direncanakan secara matang. Mulai dari perencanaan awal hingga akhir akan sangat membantu pengusaha mengetahui seputar usahanya dan menghindari masalah yang mungkin terjadi di masa mendatang. Selain itu, pengelolaan usaha juga sangat penting terutama jika kalian memutuskan untuk berjualan produk minuman secara online.

Untuk membantu proses pengelolaan usaha ini, kamu bisa menggunakan Smartseller. Smartseller akan membantu proses pengelolaan usaha dengan mudah dan lancar. Kamu juga bisa mendapatkan informasi terbaru seputar usaha dan juga ide-ide unik untuk memulai usaha hanya di Smartseller.