Kalau kamu pergi ke daerah lain, pasti kamu menemui makanan unik yang jarang ditemui sebelumnya. Mencari makanan unik di suatu daerah baru biasanya dijadikan salah satu rencana ketika bepergian. Biasanya, setiap daerah mempunyai makanan unik yang jarang ditemui di kota-kota lain. 

Makanan adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Manusia tidak mungkin hidup tanpa makanan. Jadi, tidak heran jika banyak orang yang berjualan makanan. Karena manusia akan membutuhkan makanan tiap harinya. Dibanding barang-barang ya tidak habis dipakai, makanan tentunya akan habis jika digunakan.

Apalagi sekarang berjualan online sedang ramai-ramainya. Ditambah aplikasi pemesanan makanan melalui ojek online juga marak digunakan. Seorang ibu rumah tangga bisa berjualan di rumah dan mengirimkannya ke pelanggan tanpa perlu menyewa sebuah toko. Dengan kebutuhan manusia akan makanan, penjual makanan secara online semakin banyak adanya.

 

Makanan unik yang jarang ditemui

 

Tapi kemudahan tersebut bisa digunakan semua orang sehingga banyak juga orang yang berjualan makanan secara online. Bahkan tidak jarang sebuah jenis makanan dijual oleh berbagai toko dengan harga dan varian yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk memiliki keunikan, di samping rasa yang tentu harus terjaga.

Jadi jika kamu ingin menjual makanan tertentu, pastikan kamu bisa menawarkan sesuatu yang lebih dari penjual lainnya. Baik dari segi rasa, pelayanan, atau hal-hal lainnya. Atau jika kamu ingin sedikit lebih berbeda, kamu bisa menjual makanan yang jarang dijual. Makanan unik yang jarang ditemui biasanya dapat kamu temui hanya di daerah tertentu.

Makanan unik tersebut biasanya hanya dapat ditemui di daerah tertentu, jadi kalau kamu tinggal di daerah lain pasti kamu merindukannya. Tapi bisa saja kamu mereplikasinya agar bisa dijual. Namun kamu tetap harus menjaga keaslian rasa makanan tersebut. Berikut adalah makanan unik yang jarang ditemui:

Baca Juga 
Tips Membuat Eco Friendly Packaging buat Bisnismu

 

Bubur Bassang

 

Makanan unik yang jarang ditemui

Sumber: Cookpad.com

 

Bubur adalah salah satu makanan yang digemari oleh masyarakat. Bubur biasanya bisa dimakan di pagi hari, ataupun dimakan di malam hari. Selain itu, ketika seseorang sakit juga biasanya disajikan makanan berupa bubur. Nah, makanan yang satu ini berasal dari Sulawesi Selatan. Bubur ini juga berbeda karena berasal dari jagung pulut. 

Biasanya, bubur bassang dijadikan sarapan atau bahkan cemilan di pagi hari. Makanan yang satu ini juga berbeda dengan bubur biasanya. Jika bubur biasanya disajikan dengan ayam, bubur yang satu ini biasanya dicampurkan dengan yang manis-manis seperti gula atau topping manis lainnya. 

 

Baca Juga: Tips Pemula bagi yang Ingin Buka Bisnis Makanan Ringan

 

Grontol

 

Cemilan selalu mempunyai peminatnya tersendiri. Banyak sekali orang-orang yang menjual cemilan di pasaran. Nah, kalau kamu mencari cemilan ala Indonesia, Grontol bisa menjadi salah satu alternatif cemilan buat kamu. Grontol adalah cemilan asal Jawa Tengah yang bisa menjadi teman kamu menonton tv.

Grontol adalah makanan yang terdiri dari jagung dan kelapa parut yang disajikan bersama dengan garam. Cemilan yang satu ini juga cukup sehat karena dimasak dengan rebus. Makanan yang satu ini kaya akan rasa karena tidak hanya terasa manis, namun kamu juga dapat merasakan gurihnya.

 

Tonton Juga: #SellerStory Batik Bayong : Kisah Sukses Bisnis Hijab Fashion Designer

 

Clorot

 

Ada juga makanan yang berasal dari Purworejo, yaitu Clorot. Kue tradisional yang satu ini juga sudah cukup sulit didapatkan sehingga menjadi makanan unik yang jarang ditemui. Bahkan clorot juga mempunyai bentuk yang cukup unik. Dengan berwadahkan daun kelapa yang masih muda, isinya bisa kamu makan. Meskipun kebanyakan orang memakan layaknya memakan es krim, namun sebenarnya memakannya adalah dengan menusuk bagian bawahnya dengan satu jari agar isinya bisa kamu makan.

Baca Juga 
Perlukah Bisnis Online Memiliki Aplikasi Pencatatan Transaksi?

Makanan yang satu ini terdiri dari tepung beras, gula merah, daun pandan, garam serta kapur sirih. Setelah direbus, nanti hasilnya akan dimasukkan dalam daun janur kelapa muda sebagai wadahnya. Cemilan yang satu ini juga rasanya manis dan legit, cocok bagi kamu yang menyenangi cemilan manis apalagi ditambah teksturnya yang kenyal.

 

Wedang Tahu

 

Makanan unik yang jarang ditemui

Source: dapurkintamani.com

Kamu pasti sering melihat atau malah mencoba wedang ronde. Tapi apakah kamu pernah mencoba wedang tahu? Makanan unik yang jarang ditemui ini berasal dari Semarang meskipun konon katanya dibawa oleh orang Tiongkok beberapa abad silam. Makanan yang satu ini sedap sekali disantap saat malam hari atau saat cuaca sedang dingin-dinginnya.

Makanan ini berbahan dasar kembang tahu serta jahe dan beberapa rempah-rempah lainnya. Kembang tahu yang hancur ketika di lidah bercampur dengan kuah pedas manis membuat wedang tahu kaya akan rasa. Kamu bisa mencoba berjualan wedang tahu untuk membantu masyarakat yang mencintai wedang tahu mengobati kerinduan.

 

Mie Lethek

 

Mie adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Sebut saja mie ayam, bakmie, mie goreng hingga mie instan kerap dimakan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Tapi ada juga nih mie yang jarang ditemui, yaitu mie lethek. Mie tradisional yang satu ini berasal dari Bantul, Jogjakarta.

Lethek sendiri berarti kusam. Hal tersebut merujuk kepada warna mie yang terlihat berwarna coklat pucat. Mie yang satu ini berbahan dasar tepung tapioka dan gaplek yang merupakan tepung dari singkong yang dikeringkan. 

 

Kue Lontar

 

Makanan unik yang jarang ditemui

Source:resepkoki.id

 

Sekarang saatnya berpindah ke Tanah Papua. Daerah Papua mempunyai cemilan manis yang bisa kamu santap saat kamu sedang santai sambil ngopi atau ngeteh. Cemilan tersebut adalah kue lontar. Penampilan kue lontar tidak berbeda jauh dengan pie susu yang ramai di pasaran, namun ada rasa khasnya sendiri.

Baca Juga 
6 Cara Menghitung Harga Jual per Unit dalam Bisnis

 

Kue yang satu ini biasanya disajikan saat hari raya. Karena itu kue ini dibuat spesial dengan piring keramik khusus hingga terbentuklah kue lontar yang bisa disantap. Kue lontar biasanya dibuat cukup besar hingga cukup dimakan 4 sampai 6 orang. Berbahan dasar margarin, vanili dan susu ini membuat makanan yang satu ini sangat menggugah selera.

 

Baca Juga: Bagaimana Cara Mempromosikan Makanan untuk Bisnis?

 

Gulo Puan

 

Beralih ke daerah Sumatera, tepatnya Ogan Komering Ilir di Sumatera Selatan. Jika biasanya lebih dikenal dengan hidangan pempek yang khas, ternyata ada juga makanan unik yang jarang ditemui yaitu gulo puan. Konon katanya, cemilan yang satu ini pada zaman dulu hanya disajikan untuk kaum bangsawan maupun anggota kerajaan.

Makanan yang terbuat dari susu kerbau ini mempunyai nama gulo puan yang artinya adalah gula susu.  Makanan ini juga cukup jarang ditemui karena bahan dasar susu kerbau cukup sulit didapat. Cemilan manis yang satu ini lezat dimakan bagi kamu yang menginginkan cemilan tanpa pemanis buatan.

Demikian adalah beberapa contoh dari makanan unik yang jarang ditemui. Masih banyak contoh lainnya yang bisa kamu temui kalau kamu berkeliling Indonesia. Oleh karena itu, pastikan saat traveling selalu mencoba kuliner lokal agar tidak menyesal nantinya. 

Kalau kamu mempunyai bisnis, jangan takut kewalahan untuk mengirimkannya ke pelanggan. Ada shipping management dari SmartSeller yang bisa membantu memudahkan kamu. Selain itu, ada juga marketplace integration dan storefront yang bisa bantu kamu jualan secara online. Tunggu apalagi, yuk pakai SmartSeller!