Bagi pelaku usaha yang menjual makanan, tentu harus mengerti bagaimana cara mempromosikan makanan. Saat ini, akan sulit mendapatkan pembeli bila tidak melakukan promosi. Biarpun makanan yang dijual bersih dan enak, tapi akan sulit laku jika tidak mengerti cara mempromosikan makanan. Sebenarnya, sepenting apa promosi?

Promosi merupakan hal penting, terlebih dengan semakin banyaknya persaingan. Situasi pandemi beberapa tahun belakangan membuat keadaan ekonomi tidak menentu. Pemutusan hubungan kerja dan pemotongan gaji kerap terjadi. Lapangan kerja juga tidak sebanyak sebelumnya. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang mencoba beralih dengan membuka usaha sendiri ataupun sebagai sambilan.

Salah satu usaha yang dibuat adalah usaha makanan. Makanan adalah salah satu kebutuhan dasar dari setiap manusia. Tiap manusia akan membutuhkan makan. Oleh karena itu, menjual makanan menjadi salah satu ide bisnis yang kerap dilakukan. Ide bisnis makanan sendiri tanpa saingan. Seperti yang kita tahu, banyak orang yang menjual makanan. Bahkan, beberapa pelaku usaha melakukan inovasi-inovasi tertentu. Makanya rasa makanan buatan seseorang bisa saja berbeda meskipun mengacu pada resep yang sama.

Bahkan meskipun menyediakan jenis makanan yang hampir sama, setiap usaha mempunyai trik sendiri agar terlihat menarik. Mulai dari menyediakan tempat yang instagrammable hingga bentuk-bentuk unik. Semua itu tak lepas dari persaingan antar usaha makanan yang begitu ketat. Namun semua itu tidak akan cukup jika kamu tidak melakukan promosi. Kenapa bisa begitu?

Baca Juga: 9 Kata-Kata Promosi Ampuh untuk Meningkatkan Penjualan

Kenapa Promosi Penting?

Promosi adalah sebuah kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh seseorang atau lebih untuk mengenalkan produk yang dimiliki ke masyarakat luas. Promosi dilakukan dengan maksud agar masyarakat luas dapat lebih mengenal brand atau produk tersebut. Karena itu, saat melakukan usaha pastikan untuk melakukan promosi. Promosi juga tak sebatas dilakukan oleh usaha kecil saja. Usaha besar juga kerap melakukan promosi agar para calon pelanggan dapat lebih mengenal produk yang baru mereka keluarkan.

Baca Juga 
Cara Cepat Mendongkrak Omzet Bisnis Produk Fashion

Promosi bisa dilakukan dengan berbagai cara, apalagi zaman semakin maju. Kamu tidak hanya dapat melakukan promosi secara offline, namun juga offline. Platform di mana kamu melakukan promosi biasa disebut media promosi. Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan promosi.

Cara Mempromosikan Makanan

Manfaat Promosi

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan promosi baik untuk brand ataupun produk:

  • Meningkatkan Awareness

Salah satu manfaat promosi yang paling terasa adalah meningkatkan awareness. Baik usaha baru maupun lama, penting untuk melakukan promosi agar brand masih relevan di mata konsumen. Dengan melakukan promosi secara konsisten, calon pelanggan masih sadar akan keberadaan bisnis yang kamu miliki dan akan terdorong untuk melakukan pembelian.

  • Meningkatkan Penjualan

Salah satu tujuan berjualan adalah mendapatkan pendapatan. Hal tersebut tentunya berjalan seiring dengan meningkatnya penjualan. Dengan melakukan promosi yang tepat, penjualan yang kamu dapatkan bisa meningkatkan. Hal tersebut dikarenakan konsumen mengetahui produk tersebut dan tergerak untuk membelinya.

  • Membangun Komunikasi

Karena tujuan promosi sendiri adalah untuk melakukan komunikasi, kamu dapat membangun komunikasi dengan pelanggan. Jika kamu melakukan promosi untuk suatu produk, akan terbentuk komunikasi dari calon pelanggan. Ia akan bertanya mengenai produk tersebut atau malah mengenai brand. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pendekatan yang tepat sesuai dengan produk atau brand tersebut.

Cara Mempromosikan Makanan

  • Meningkatkan Loyalitas¬†

Pelanggan lama akan kembali tertarik pada produk baru, apalagi jika ada promo tertentu. Hal tersebut dikarenakan mereka sudah mengenal kualitas produk yang kamu hasilkan. Dengan melakukan promosi yang baik, pelanggan tersebut akan terdorong untuk membeli barang yang dipromosikan.

  • Menarik Pelanggan Baru

Selain pelanggan lama, kamu juga bisa menarik pelanggan baru dengan promosi. Mungkin selama ini ada calon pelanggan yang sudah memantau produk-produk yang kamu jual. Dengan adanya promo, alasan mereka untuk membeli produk yang kamu jual semakin kuat dan akhirnya bisa saja mereka memutuskan untuk membeli produk.

Baca Juga 
Ternyata IGTV Bisa Dimanfaatkan untuk Bisnis! Sudah Tahu Caranya?

Baca Juga: Contoh Promosi yang Menarik untuk Dipakai di Bisnismu!

Cara Mempromosikan Makanan

Setelah mengerti banyaknya manfaat melakukan promosi, tentu kamu ingin mengetahui cara melakukan promosi. Contoh kali ini akan menggunakan makanan serta cara mempromosikan makanan dengan beberapa tips sebagai berikut:

  • Menggunakan Foto Makanan Asli

Kamu dapat menjual makanan di berbagai kanal. Kamu tidak hanya bisa menjual secara fisik namun juga melalui online. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan foto asli sebagai cara mempromosikan makanan. Alasannya adalah agar para pembeli tidak merasa tertipu. Dengan menggunakan foto asli, calon pelanggan mengetahui apa yang mereka beli. Apalagi kalau membeli secara online mereka tidak bisa melihat secara langsung.

  • Gunakan Media Sosial

Cara Mempromosikan Makanan

Teknologi yang semakin maju membuat banyak dampak baik yang diberikan ke berbagai sektor. Salah satu hasilnya adalah media sosial. Kamu dapat memanfaatkan media sosial untuk cara mempromosikan makanan jualan kamu. Apalagi beberapa media sosial sudah menyediakan fitur bisnis. Namun secara umum, promosi menggunakan media sosial tidak mengeluarkan biaya alias gratis. Pengguna media sosial di Indonesia yang hingga ratusan juta bisa kamu manfaatkan. Apalagi jangkauan yang dapat diraih melalui media sosial sangatlah luas. Kamu tidak perlu jauh datang-datang ke pulau lain agar mereka membeli produk kamu.

Namun, penggunaannya juga harus tepat sasaran. Kamu dapat memberikan promo menarik sebagai cara mempromosikan makanan di media sosial. Kamu juga perlu memiliki konten-konten yang menarik agar dapat meraih perhatian para pelanggan. Efek yang diberikan dari sosial media sangat masif apalagi jika kontennya tepat sasaran.

  • Menggunakan Influencer

Influencer adalah salah satu hal yang bisa disebut sebagai pekerjaan yang lahir dari media sosial. Pada masa sekarang, para influencer mempunyai pengikut yang banyak. Tak heran bila bahkan brand terkenal sudah menggunakan jasa influencer. Kamu juga dapat menggunakan influencer sebagai salah satu cara mempromosikan makanan yang kamu jual.

Baca Juga 
6 Merek Dompet Wanita Branded yang Bisa Jadi Peluang Bisnis

Pengikut yang banyak membuat dampak yang dihasilkan juga cukup besar. Apalagi harga endorsement influencer cenderung jauh lebih murah dibanding menggunakan iklan di tv. Oleh karena itu, profesi ini juga semakin besar peminatnya. Termasuk influencer makanan. Kamu perlu memilih influencer makanan yang tetap dan sesuai dengan makanan yang kamu jual. Jika tepat sasaran, bukan tidak mungkin makanan yang kamu jual akan banjir peminat.

  • Memberikan Potongan maupun Bonus

Kamu dapat memberikan potongan sebagai salah satu cara mempromosikan makanan yang kamu jual. Dengan begitu, kamu dapat menarik perhatian calon pelanggan maupun pelanggan lama. Biar bagaimanapun, semua orang menyenangi harga murah ataupun bonus. Kamu bisa melakukannya untuk jangka waktu tertentu hanya agar para pelanggan merasa familiar dengan brand ataupun produk yang kamu jual. Setelah itu kamu dapat kembali menggunakan harga normal.

Cara Mempromosikan Makanan

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai promosi dan cara mempromosikan makanan yang bisa kamu lakukan. Satu hal yang harus diingat adalah promosi yang baik akan percuma jika kamu tidak mempunyai manajemen yang baik. Terutama manajemen order dan manajemen pengiriman. Hal tersebut sangatlah penting bagi pelanggan. Dengan SmartSeller, hal tersebut tidak perlu kamu khawatirkan. Langsung aja coba gunakan SmartSeller biar tahu manfaatnya bagi bisnis kamu!