Saat ini, jasa ekspedisi di Indonesia semakin banyak mengingat tren belanja online dan mengirim barang juga semakin tinggi. Saking banyaknya, terkadang kamu pasti bingung ingin menggunakan jasa ekspedisi yang mana. Salah satu hal yang dapat dijadikan pertimbangan yaitu ongkos kirim. Jadi, penting untuk mengetahui cara cek ongkir semua ekspedisi.

Cara cek ongkir semua ekspedisi merupakan hal yang wajib kamu tahu. Terlebih lagi, jika kamu adalah pebisnis online shop, maka paham cara cek ongkir semua ekspedisi adalah hal yang seharusnya sudah hafal di luar kepala. Mengapa demikian? Karena nantinya kamu akan berurusan dengan pengiriman barang ke pelanggan, di mana kamu harus tahu berapa ongkir yang dikeluarkan untuk mengirim barang ke suatu daerah.

Tidak hanya untuk pebisnis online shop saja, untuk kamu yang ingin mengirim barang ke teman terdekat misalnya, yang rumahnya berada di luar kota, kamu juga harus tahu estimasi biaya yang akan kamu keluarkan nantinya. Maka dari itu, kamu juga harus tahu bagaimana cara cek ongkir semua ekspedisi agar mendapat harga terbaik.

Pertanyaannya, bagaimana cara cek ongkir semua ekspedisi? Nah, kamu berada di laman yang tepat! Yuk, scroll sampai bawah agar kamu tahu kisaran harga pengiriman yang ditawarkan dari setiap jasa ekspedisi.

Cek Ongkir Semua Ekspedisi

Beberapa Faktor Penentu Ongkir

Sebelum mengetahui cara cek ongkir semua ekspedisi, kamu juga harus paham beberapa faktor yang menentukan ongkir itu sendiri. Berikut ini penjelasannya.

1. Berat dan Ukuran Barang

Faktor penentu ongkir yang pertama yaitu berat dan ukuran barang. Hal yang perlu diingat, semakin berat suatu barang dan semakin besar ukurannya, maka ongkir yang akan dikeluarkan juga semakin besar. Maka dari itu, untuk kamu para pebisnis online shop, kamu harus memperhatikan berat dan ukuran barang. Hal ini harus kamu pastikan dengan benar agar tidak salah menyampaikan informasi tentang ongkir kepada pelanggan.

Baca Juga 
Intip 3 Contoh Promosi yang Menarik di TikTok Shop

Baca juga : 7 Tips dan Cara Jualan di TikTok Shop untuk Pemula

2. Kurir

Faktor penentu ongkir selanjutnya yaitu ada pada pemilihan kurir. Setiap jasa ekspedisi tentunya menawarkan harga yang berbeda. Begitupun juga dengan kurir yang ada di dalam jasa ekspedisi tersebut. Harga yang ditawarkan antara transportasi darat, laut, dan udara pastinya berbeda. Jadi, kamu harus bisa membaca dengan detail tentang pemilihan kurir yang akan digunakan.

3. Additional Charge

Cek Ongkir Semua Ekspedisi

Faktor penentu ongkir terakhir yaitu additional charge atau biaya tambahan. Apa maksud dari biaya tambahan? Misalnya seperti jika kamu mengirimkan makanan yang mudah remuk, maka kamu akan butuh proteksi tambahan atau treatment barang khusus yang ditawarkan oleh jasa ekspedisi. Jadi, jangan lupa siapkan biaya tambahan agar barang yang hendak dikirim aman selama dalam perjalanan.

Ini Cara Cek Ongkir Semua Ekspedisi

Cek Ongkir Semua Ekspedisi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Indonesia memiliki banyak jasa ekspedisi yang dapat menjadi pilihan untuk mengirimkan barang. Contoh jasa ekspedisi yang ada di Indonesia yaitu JNE, J&T, Pos Indonesia, SiCepat, AnterAja, dan Wahana.

Tonton juga : Cerita SmartSeller Bersama Summer Minibar #JadiSellerPintar

Bagaimana cara cek ongkir semua ekspedisi di atas? Ini penjelasannya.

1. Ekspedisi JNE

Cara cek ongkir semua ekspedisi yang pertama yaitu ekspedisi JNE. Cara cek ongkir JNE yaitu sebagai berikut.

  1. Jika kamu ingin mengecek lewat browser, kamu bisa buka www.jne.co.id . Namun, jika kamu ingin menggunakan aplikasi, kamu bisa download aplikasi My JNE
  2. Baik lewat browser atau aplikasi My JNE, nantinya ada ada opsi tarif kiriman
  3. Setelah itu, kamu bisa tuliskan pada kolom origin (daerah asal) dan destination (daerah yang dituju). Selain itu, kamu juga harus menuliskan berat barang yang akan dikirim
  4. Setelah semuanya dilengkapi, jangan lupa klik check. Nanti, ongkir akan tampil secara otomatis.
Baca Juga 
Tips dan Cara Jualan di TikTok Shop untuk Para Pemula

2. Ekspedisi J&T

Cara cek ongkir semua ekspedisi selanjutnya yaitu ekspedisi J&T. berikut ini cara cek ongkir di J&T.

  1. Pertama, kamu bisa buka website resmi J&T, yaitu www.jet.co.id . Setelah itu, pilih opsi shipping rate
  2. Di pilihan shipping rate, jangan lupa input lokasi pengirim dan penerima. Jangan lupa untuk mengisi kolom berat barang
  3. Lalu, klik tombol search. Sebelum perkiraan ongkir muncul, biasanya akan ada kode captcha yang muncul. Lalu, ongkir otomatis akan muncul.

3. Ekspedisi Pos Indonesia

Cara cek ongkir semua ekspedisi yang ketiga yaitu ekspedisi Pos Indonesia. Cara mengecek ongkirnya adalah sebagai berikut.

  1. Buka website resmi Pos Indonesia, yaitu www.posindonesia.co.id
  2. Setelah laman utama terbuka, kamu bisa scroll ke bawah sampai menemukan tulisan hitung tarif pengiriman. Setelah itu, input daerah asal dan daerah tujuan
  3. Jika sudah, nanti akan muncul ongkir yang ditawarkan
  4. Jika ingin mengetahui ongkir dengan spesifikasi lebih detail, kamu dapat melengkapinya di bagian detail pencarian, lalu lengkapi detailnya. Nantinya, ongkir akan keluar dengan otomatis.

Cek Ongkir Semua Ekspedisi

4. Ekspedisi AnterAja

Cara cek ongkir semua ekspedisi yang keempat yaitu ekspedisi AnterAja. Cara mengeceknya yaitu sebagai berikut.

  1. Buka website official AnterAja, yaitu www.anteraja.id
  2. Seperti biasa, di halaman utama akan ada pilihan cek ongkir. Kamu bisa menginput daerah asal, daerah tujuan, berat, serta dimensi
  3. Setelah itu, klik opsi cek ongkir. Nanti, ongkir akan otomatis keluar.

Baca juga : Safety Stock adalah: Pengertian dan Cara Hitungnya

5. Ekspedisi Wahana

Cara cek ongkir semua ekspedisi yang kelima yaitu ekspedisi Wahana. Berikut ini cara cek ongkir di Wahana.

  1. Buka official website Wahana, yaitu www.wahana.com
  2. Di laman utama, akan ada opsi cek tarif. Lalu, masukan kota asal dan kota tujuan pengiriman barang. Jangan lupa untuk memasukkan berat barang
  3. Setelah itu klik cek. Nantinya, ongkir akan otomatis keluar.
Baca Juga 
Yuk, Mari Mulai Analisis Peluang Usaha pada Bisnismu!

6. Ekspedisi SiCepat

Cara cek ongkir semua ekspedisi yang terakhir yaitu ekspedisi SiCepat. Berikut ini cara mengetahui tarif kirim di SiCepat.

  1. Buka website resmi SiCepat terlebih dahulu, yaitu www.sicepat.com
  2. Di laman utama, akan ada opsi cek ongkir. Lalu, kamu bisa melakukan cek tarif dengan menginput daerah asal, daerah tujuan, serta berat barang
  3. Setelah itu, klik opsi cek harga. Tarif ongkir akan otomatis keluar.

Nah, itu tadi beberapa cara cek ongkir semua ekspedisi seperti SiCepat, Wahana, Pos Indonesia, JNE, J&T, dan AnterAja. Kamu bisa memilih jasa ekspedisi untuk pengiriman barang sesuai dengan yang kamu inginkan, tentunya dengan tarif pengiriman yang terjangkau. 

Dalam berbisnis online shop, menentukan jasa ekspedisi untuk pengiriman barang adalah hal yang sangat penting demi keamanan barang pelanggan. Namun, pengelolaan bisnis juga merupakan hal yang harus kamu perhatikan jika ingin bisnis bisa lebih berkembang kedepannya. Salah satu cara agar kamu dapat mengelola bisnis dengan baik yaitu dengan SmartSeller.

Di SmartSeller, terdapat fitur order management, di mana fitur ini dapat membantu bisnismu untuk merekap orderan, menghitung ongkir, dan membalas chat pelanggan hanya dengan satu dashboard saja tanpa harus berpindah-pindah aplikasi. Selain itu, jika kamu ingin mengembangkan bisnis dengan menjadi reseller, SmartSeller adalah tempat yang tepat karena di sini menyediakan banyak seller berkualitas! Yuk, cobain SmartSeller sekarang juga!