Cara cek ongkir cargo mudah untuk dilakukan. Hal ini biasanya dibutuhkan oleh pemilik bisnis baru yang masih belum terbiasa mengirim ke daerah-daerah tertentu. Bagi para pemilik yang sudah biasa, tentu mereka akan dengan mudah mengingat karena pengalamannya untuk mengirim barang ke daerah-daerah tersebut. Mulai dari ujung barat hingga ke ujung timur dari Indonesia.

Cara cek ongkir cargo sebenarnya juga tidak jauh berbeda dengan cara cek ongkir reguler. Jika harganya berbeda, yang membedakan adalah pengirimannya. Hal itu yang membuat terkadang orang lebih mengirim melalui kargo. Melalui artikel ini, kamu dapat mengetahui cara cek ongkir cargo serta pengertian dan alasan kenapa banyak yang memilih untuk menggunakan kargo dalam mengirim barang.

Definisi Kargo

Cek Ongkir Cargo

Saat ini, orang hanya paham bahwa kargo adalah salah satu model pengiriman yang digunakan oleh jasa pengiriman barang. Pada hakikatnya, kargo adalah pengiriman yang dilakukan melalui kapal. Seiring berkembangnya zaman, pengiriman kargo kini digunakan tidak hanya melalui jalur laut, tapi juga melalui jalur darat dan udara. Hal itulah mengapa pengiriman kargo selalu tersedia bagi mereka yang ingin mengirimkan barang.

Apalagi dengan berkembangnya bisnis online, penggunaan pengiriman kargo pun semakin meningkat dari sebelumnya. Malahan beberapa tahun belakangan, muncul banyak layanan jasa pengiriman baru. Hal tersebut tak lepas dari berbagai faktor, seperti orang yang suka belanja online terutama saat keadaan pandemi hingga saat ini.

Apalagi belanja online bisa digunakan oleh semua orang, bukan hanya di Indonesia tapi di dunia. Seseorang dari belahan dunia lain bisa membeli barang selama jasa pengiriman tersedia. Banyak layanan jasa pengiriman yang menyediakan jasa pengiriman untuk seluruh area Indonesia, terutama perusahaan-perusahaan layanan besar. Hal tersebut membuat masyarakat tidak perlu khawatir ketika harus mengirim barang dari suatu tempat.

Baca Juga 
Sukses Jualan di Dunia Maya, Panduan Bisnis Online untuk Pemula!

Baca Juga: Jasa Pengiriman Kargo dan Tips Kirim Barang Pakai Kargo

Belanja online juga membuat layanan pengiriman barang kini kian beragam. Mulai dari kebutuhan esensial hingga barang-barang pecah belah.Ragam yang dimaksud juga mencakup banyak hal, mulai dari waktu sampai hingga dimensi barang. Oleh karena itu, pengirim harus tahu detail apa yang diinginkan penerima. Semakin cepat barang itu sampai, ongkirnya pun semakin mahal. 

Begitu juga dimensi dan berat. Semakin berat barang tersebut, maka ongkirnya akan semakin mahal. Jadi jangan heran apabila banyak pembeli barang online lebih menggunakan jasa pengiriman kargo. Meskipun memakan waktu lebih lama, tapi jasa pengiriman kargo membutuhkan biaya yang lebih sedikit dari layanan lainnya. Berikut ini adalah beberapa barang yang sering dan sebaiknya menggunakan jasa pengiriman kargo

1. Barang dengan Dimensi Besar

Cek Ongkir Cargo

Barang yang paling utama dikirimkan melalui kargo sebaiknya adalah barang dengan dimensi besar. Jika kamu menggunakan jasa ekspedisi, biasanya barang-barang dimensi besar akan dikenakan tarif yang cukup besar karena mereka menghitung barang per kilogram. Malahan terkadang, sebuah barang tidak cukup untuk dikirim melalui jasa ekspedisi sehingga memang diharuskan dikirim melalui kargo.

Oleh karena itu sebaiknya memang pengirim sudah memilih menggunakan jasa pengiriman kargo sejak awal. Pengiriman barang dengan spesialisasi kargo biasanya sudah mematok harga minimal barang yang dikirimkan melalui kargo yang bisa dilihat jika kamu cek ongkir cargo.. Dengan begitu, biaya yang dibutuhkan untuk pengiriman tidak terlalu mahal. Itulah mengapa banyak alat dan mesin yang dikirimkan melalui pengiriman kargo.

Tonton Juga: #SellerStory Zalona Store : Rahasia Sukses Bisnis Online Fashion Hijab

2. Kendaraan

Dengan luasnya wilayah Indonesia, hampir semua orang memiliki kendaraan pribadi. Namun, apa yang terjadi jika seseorang harus berpindah ke wilayah lain yang berbeda kota atau bahkan pulau? Salah satu solusi yang sering digunakan adalah dengan mengirimkan kendaraan melalui kargo. Apalagi saat ini, sudah banyak jasa pengiriman kargo yang menyediakan layanan khusus untuk mengirimkan kendaraan dan kamu bisa cek ongkir cargo untuk kendaraan.

Baca Juga 
Contoh Strategi Harga yang Bisa Diterapkan di Bisnis!

Dengan mengirimkan kendaraan melalui kargo, pemilik kendaraan tidak perlu kerepotan membawa kendaraan ke tempat tujuan. Apalagi resiko dari membawa kendaraan jauh cukup besar. Pengiriman kendaraan melalui kargo juga memberi jaminan bahwa kendaraan tersebut akan dikemas dengan baik sehingga pemilik kendaraan tidak perlu merasa khawatir.

3. Furniture

Cek Ongkir Cargo

Furnitur juga menjadi barang yang cukup sering dikirimkan melalui kargo. Hal tersebut dikarenakan ketika mengirimkan furnitur ketika pindah rumah, akan cukup merepotkan menggunakan layanan biasa karena pengirim ingin agar barang-barang yang dikirim akan sampai bersamaan. Hal tersebut belum tentu bisa terjadi menggunakan layanan biasa karena layanan biasa hanya dapat memuat beberapa barang besar saja. Kamu juga bisa cek ongkir cargo untuk layanan tersebut. 

Baca Juga: 5 Tanda Pengiriman Kargo adalah Ekspedisi yang Pas Buatmu

Cek Ongkir Cargo

Selain menggunakan layanan yang berbeda, ongkos kirim yang dihabiskan untuk mengirim barang melalui kargo juga berbeda. Jadi, treatment yang kamu gunakan ketika membawa barang juga berbeda. Akan cukup merepotkan apabila kamu harus membawa barang dengan dimensi besar ke jasa pengiriman kargo tersebut hanya untuk mengetahui ongkos kirim.

Salah satu yang kamu bisa lakukan untuk mengetahui ongkos kirim yang dibutuhkan adalah dengan cek ongkir cargo secara online. Dengan begitu, kamu tidak kerepotan membawa barang tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk cek ongkir kargo untuk barang yang ingin kamu kirimkan

  • Ukur panjang, lebar, tinggi serta berat dari barang tersebut
  • Buka website layanan pengiriman kargo yang ingin kamu gunakan
  • Masukkan alamat lokasi pengirim
  • Masukkan alamat lokasi penerima
  • Lihat estimasi dan harga yang dibutuhkan
  • Jika tertarik, cari outlet terdekat
Baca Juga 
Kenali Tahapan dan Manfaat Tujuan Perencanaan Usaha

Cek Ongkir Cargo

Ketika menggunakan jasa pengiriman kargo, banyak layanan yang bisa kamu dapatkan. Cukup banyak layanan pengiriman kargo yang menyediakan jasa jemput barang sehingga kamu tidak perlu bingung membawa barang tersebut. Selain itu, cara cek ongkir cargo untuk layanan tersebut biasanya tidak jauh berbeda antar perusahaan. Komponen yang perlu kamu ketahui untuk cek ongkir kargo adalah berat dan ukuran barang dan lokasi pengirim serta penerima.

 

Salah satu jasa pengiriman kargo yang cukup sering digunakan adalah J&T Cargo, Shipper, dan Wahana. Kamu bisa memilih yang menyediakan layanan di area penerima. Saat mengirim melalui kargo, kamu juga harus memperhitungkan durasi waktu. Pengiriman melalui kargo biasanya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Kalau kamu ingin mengirim melalui kargo, pastikan kamu tidak membutuhkannya untuk waktu yang cepat.

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai definisi kargo serta cara cek ongkir kargo yang bisa kamu gunakan secara online. Cek ongkir cargo akan membantumu mempermudah dalam mengetahui estimasi waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk mengirim barang tersebut. Dengan cek ongkir kargo sebelum mengirima barang, kamu bisa mempersiapkan uang yang dibutuhkan untuk mengirim barang tersebut.

Kalau kamu ingin menggunakan jasa pengiriman barang untuk online shop milikmu, kamu bisa menggunakan fitur shipping management milik SmartSeller. Selain itu, SmartSeller juga menyediakan layanan seperti order management serta inventory management. Ketiga fitur tersebut merupakan beberapa contoh dari layanan yang disediakan oleh SmartSeller. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi SmartSeller untuk membantu bisnis onlinemu!