Saat ini, sebenarnya banyak sekali ide usaha modal kecil yang bisa dikembangkan menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. 

Jenis-jenis usaha inilah yang cocok untuk dijadikan usaha sampingan. Bisnis yang memiliki modal kecil tentu menarik, terutama bagi kamu yang ingin menambah pundi-pundi cuan di samping sumber pemasukan utama.

Hal tersebut tentu tidak jauh dari pemikiran bahwa modal adalah tantangan utama dalam memulai bisnis dan diperlukan jumlah yang besar agar menghasilkan keuntungan yang besar pula. Tapi, pada kenyataannya dengan modal kecil saja, kamu juga bisa meraup keuntungan besar asalkan bisnis dapat dikelola dengan benar.

Ide usaha modal kecil pada kenyataannya bisa kita dapatkan inspirasinya dari keadaan sekitar lho.

Kalau kamu perlu inspirasi untuk mendirikan bisnis dengan usaha yang minim, berikut dalam artikel ini ada beberapa ide usaha modal kecil yang bisa kamu coba. Yuk, simak sampai tuntas!

 

Ini Dia 5 Ide Usaha Modal Kecil untuk Semua Kalangan!

Semakin berkembangnya zaman, inovasi dalam bisnis pun juga semakin banyak. Berikut ini adalah beberapa ide usaha modal kecil yang muncul sebagai solusi dari permasalahan yang ada di keadaan sekitar. Tidak perlu modal banyak, yuk cek di bawah ini!

Ide Usaha Modal Kecil

  1. Jasa Konsultan

Ide usaha modal kecil pada dasarnya bisa dikembangkan dari keahlian yang kamu punya lho. Tidak menjual produk berupa barang, melainkan kamu menawarkan skill yang dipunya sebagai aset utama dalam penjualan.

Kalau kamu punya pengetahuan yang mumpuni dan seorang ahli pada suatu bidang, hal tersebut dapat diolah menjadi sebuah bisnis untuk menghasilkan keuntungan lebih lho!

Sebagai contoh, kamu paham betul soal interior rumah dan tata rumah, membuka jasa konsultasi untuk make over ruangan rumah bisa jadi bisnis yang menguntungkan. Dengan membantu orang-orang yang ingin mengubah tampilan interior rumahnya, kamu bisa mengumpulkan keuntungan.

Baca Juga 
Lakukan 3 Tips Promosi Produk di Facebook Berikut Ini!

Jadi, pada dasarnya untuk ide usaha modal kecil ini, kamu hanya memerlukan keahlianmu dan strategi untuk memasarkannya. Melalui pengetahuan yang kamu punya, kamu bisa memberikan masukan kepada kalangan yang membutuhkan bantuan. Selain berbisnis, kamu juga berbuat baik kepada sesama. Menarik, bukan?

Tonton juga: #SellerStory Haromain Dates : Dari Guru Ngaji Hingga Omset Ratusan Juta Per Hari

 

Ide Usaha Modal Kecil


  1. Sembako

Salah satu jenis usaha yang hingga saat ini masih ada dan selalu dibutuhkan oleh masyarakat adalah usaha sembako. Usaha sembako juga termasuk ide usaha modal kecil lho. Dengan modal tidak lebih dari Rp 5 juta, kamu bisa memulai usaha sembako sendiri lho.

Nah, agar modal yang kamu keluarkan tidak melebih jumlah budget tersebut, kamu bisa memanfaatkan area rumah untuk membuka bisnis sembako. Dengan begitu, modal bisa lebih dimaksimalkan untuk pembelian produk dan persiapan perlengkapan untuk jualan lainnya.

Lantas, bagaimana untuk mendapatkan produk sembako? Tentu saja kamu bisa mencarinya melalui supplier tangan pertama yang terpercaya. Mengapa supplier tangan pertama? Hal ini berguna untuk memangkas biaya pembelian produk sembako. Selain itu, biasanya supplier tangan kedua atau ketiga sudah menaikkan harganya berkali lipat.

Untuk permulaan, produk-produk sembako yang bisa kamu jual adalah beras, gula, telur, minyak goreng, tepung terigu, mie instan, perlengkapan mandi, cuci, dan kakus, makanan dan minuman ringan. Dengan produk yang dibutuhkan sehari-hari tersebut, ide usaha modal kecil ini bisa jadi pilihan yang bagus.

Baca Juga: Perkiraan Modal Usaha Sembako untuk Buka Usaha di Rumah

 

  1. Warung Indomie (Warmindo)

Di Indonesia, kebiasaan untuk nongkrong sangat digemari oleh anak muda. Tapi, kendalanya adalah umumnya harga yang harus dikeluarkan untuk nongkrong biasanya mahal. Oleh karena itu, membuka warung indomie bisa menjadi solusi bagi kalangan anak mudah yang gemar nongkrong tersebut.

Baca Juga 
Begini Contoh Transaksi Jualan di Tiktok Shop untuk Penjual

Ide usaha modal kecil juga bisa dimulai dengan modal sekitar Rp 5 jutaan, tapi perkiraan ini belum termasuk biaya sewa bangunan jika kamu membukanya di tempat lain. Untuk itu, demi menekan anggaran modal, memanfaatkan area rumahmu adalah opsi yang menguntungkan, jika ada.

Jadi, kamu bisa mengeluarkan modal hanya untuk perlengkapan jualan, seperti meja, kursi, piring, dan alat makan, dan bahan utama wamindo, yaitu mie instan. Selain itu, menggunakan modal untuk menambah WiFi juga mampu meningkatkan kenyamanan pelanggan nantinya.

Ide Usaha Modal Kecil

  1. Kaos Custom

Selanjutnya dalam contoh ide usaha modal kecil adalah bisnis kaos dengan desain gambar yang bisa dikostumisasi. 

Kebutuhan akan sandang akan terus ada, terutama kaos. Apalagi kita hidup di Indonesia dengan iklim tropisnya yang membuat kaos adalah jenis pakaian yang nyaman untuk digunakan sehari-hari. Kaos juga bisa digunakan dalam berbagai aktivitas. 

Nah, kamu bisa melihat fakta tersebut dari sudut pandang pengusaha dan mengubahnya jadi bisnis yang menguntungkan. Kaos punya banyak jenisnya, hal ini yang membuat banyak pula segmen pasar yang bisa kamu targetkan. Kamu bisa menyesuaikan jenis kaos apa yang akan dijual berdasarkan segmen pasar.

Sebagai contohnya, kamu ingin menargetkan secara spesifik kepada fans-fans K-Pop. Salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah dengan membuat desain kaos tersebut memiliki gambar dari anggota girlband atau boyband Korea.

Agar ide usaha modal kecil ini mampu lebih punya alur pengeluaran anggaran yang hemat, kamu bisa membuka opsi sistem pre-order untuk pembeliannya. 

Untuk memulai bisnis kaos custom, carilah supplier kaos oblong tangan pertama. Kamu bisa mencarinya secara online dan offline. Pastikan pilih kaos dengan bahan dan kualitas yang sesuai. Lalu, untuk customnya sendiri kamu bisa mencari penyedia jasa print kaos secara terpisah.

Baca Juga 
Cara Meningkatkan Penjualan Online untuk Kesuksesan Bisnis

Ide Usaha Modal Kecil

 

  1. Pakaian Pre-loved

Ide usaha modal kecil selanjutnya adalah berjualan pakaian yang sudah digunakan lagi atau pre-loved

Membuka usaha ini tentu tidak memerlukan modal yang besar karena pada dasarnya kamu menjual pakaian yang masih layak tapi sudah tidak dipakai. Nah, kalau kamu punya banyak pakaian, mulai dari atasan, bawahan, hingga aksesoris seperti ini, menjualnya kembali bisa jadi peluang bisnis yang menguntungkan lho.

Selain pakaian dari lemarimu, bisnismu nantinya bisa dikembangkan lebih untuk  menjembatani orang-orang yang ingin menjual pakaian serupa dengan sistem bagi hasil. 

Kamu bisa memanfaatkan platform media sosial untuk menjual pakaian pre-loved. Jangan lupa untuk double check kualitas pakaian yang hendak dijual. Situs marketplace atau e-Commerce juga merupakan opsi platform jualan yang efektif lho!

Baca Juga: Ini 7 Jenis-jenis Bisnis Rumahan yang Selalu Dicari!

Demikian, itulah beberapa ide usaha modal kecil yang bisa kamu coba. Memulai bisnis memang memerlukan modal. Tapi, bukan berarti kamu perlu modal dalam jumlah besar lho. Dengan memanfaatkan dan melihat kondisi permasalahan sekitar, kamu bisa mengubahnya menjadi bisnis yang menguntungkan.

Nah, kalau kamu sudah menemukan ide usaha modal kecil yang cocok dengan kemampuanmu, jangan lupa untuk mengelolanya dengan teratur ya! Terutama kalau kamu berjualan di banyak platform marketplace. Pasti perlu kemampuan manajemen inventori yang teliti, seperti mengupdate harga dan ketersediaan produk secara berkala.

Untuk pengelolaan dan manajemen inventori yang lebih mudah, pakai aja aplikasi SmartSeller! Melalui satu dashboard aja, kamu bisa mengatur penggantian harga dan katalog produk di semua marketplace tempat kamu berjualan. Yuk, download aplikasi SmartSeller sekarang!