Saat ini, ada banyak jenis-jenis bisnis rumahan yang bisa jadi inspirasimu untuk mendirikan usaha sendiri di rumah, baik itu sebagai bisnis utama atau usaha sampingan aja. Punya bisnis rumahan bisa jadi opsi lain untuk dapat mengumpulkan cuan tambahan.   

Namun, tidak bisa dipungkiri juga, pemilihan jenis bisnis yang tepat itu tidak mudah. Kamu sebagai calon pemilik bisnis perlu paham betul mengenai bisnis yang akan dijalankan. Setidaknya, dengan punya pemahaman tentang bidang bisnis tersebut, kamu bisa merencanakan strategi bisnis dan operasionalnya.

Nah, buat kamu yang masih bingung memilih jenis bisnis yang akan didirikan, yuk cari tahu jenis-jenis bisnis rumahan di dalam artikel ini! Siapa tahu setelah membaca artikel ini, kamu dapat menemukan inspirasi dan segera memulai bisnis tersebut!

 

Ide Jenis-jenis Bisnis Rumahan yang Bisa Dijadikan Inspirasi

Bukan sembarang contoh, daftar jenis-jenis bisnis rumahan berikut adalah bisnis yang selalu dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat lho!

 

Jenis-jenis Bisnis

 

  • Toko Sembako

Sembako adalah bahan-bahan pokok yang diperlukan oleh masyarakat Indonesia karena termasuk ke dalam kebutuhan primer. Sehingga, jenis-jenis bisnis ini akan terus dicari dan tentu bisa kamu jadikan prospek bisnis rumahan yang menjanjikan.

Sembako, atau sembilan bahan pokok, sendiri mencakup produk kebutuhan pangan, seperti beras, minyak goreng, telur, sayur/buah, gula pasir, garam, bumbu dapur, daging, dan gas LPG. Banyaknya jenis produk yang termasuk ke dalam daftar tersebut dapat membuka peluang target pasar yang luas pula.

Selain membuka toko sembako di rumah, kamu bisa menjualnya juga secara online di marketplace lho. Banyak orang yang mencari produk barang sembako di pasar online karena dapat dibeli dengan mudah dan harga yang lebih murah.

 

  • Reseller Skincare

Produk skincare sekarang ini ada banyak sekali jenisnya karena mulai bermunculan brandbrand baru yang merambah bisnis per-skincare-an. Apalagi ditambah dengan peminat skincare yang juga banyak di Indonesia, fakta tersebut tidak bisa dihiraukan kalau jadi reseller skincare tidak dimasukkan ke dalam jenis-jenis bisnis yang selalu dicari.

Baca Juga 
Contoh Teknik Marketing Online dan Offline yang Efektif

Memang, beberapa tahun belakang ini bisnis skincare sedang marak-maraknya. Orang-orang mulai sadar bahwa mereka harus menjaga kesehatan kulit wajah dan badan untuk menunjang penampilan. Melihat perilaku masyarakat yang sadar akan kesehatan kulit ini, kamu bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis lho.

Namun, tidak semua lapisan masyarakat punya akses mudah untuk membeli produk skincare. Dengan mengambil produk skincare dari brand-brand besar dan menjualnya kembali sebagai reseller, kamu bisa menawarkan solusi tersebut kepada target market tersebut.

 

Baca Juga: Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Buka Toko Skincare

 

Jenis-jenis Bisnis

 

  • Cemilan Import

Kalau kamu hobi ngemil dan mencoba snack dari manca negara, yuk ubah kesukaanmu tersebut jadi peluang bisnis! Menjual cemilan import termasuk jenis-jenis bisnis rumahan yang bisa memberikan keuntungan sendiri lho.

Mirip dengan alasan pada poin jadi reseller skincare, tidak semua orang punya akses ke cemilan-cemilan yang berasal dari luar negeri. Jadi, kamu bisa membuka bisnis yang jadi penjembatan target market tersebut ke cemilan import yang punya banyak jenis dan rasa.

Tentu aja, selain jualan di rumah, menjual cemilan import bisa dilakukan juga melalui media sosial. Instagram dan TikTok adalah platform yang tepat untuk menarget kawula muda yang hobi ngemil. Selain itu, kamu bisa menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan bisnismu.

 

Tonton Juga: #SellerStory Bolalicious : Cara mengembangkan usaha Merchandise sepak bola.

 

  • Franchise

Yap, bisnis franchise termasuk jenis-jenis bisnis rumahan yang bisa kamu coba selanjutnya. Bisnis franchise sendiri adalah bisnis yang kamu jalankan dengan bekerja sama dengan pemilik merek dagang atau brand untuk menjual produk dan menggunakan sistem operasional bisnis mereka.

 

Ada banyak sekali jenis-jenis bisnis franchise yang bisa kamu buka di rumah lho. Contoh-contohnya adalah sebagai berikut.

Baca Juga 
Ketahui 3 Cara Online Store Anda Bisa Menghasilkan Uang Melalui Youtube!

 

  • Coffee shop. Salah satu jenis-jenis bisnis franchise yang marak di kalangan pebisnis anak muda dengan melihat opportunity yang besar dari kebiasaan nongkrong dan tren work from home belakangan ini.
  • Makanan. Terdapat banyak franchise makanan saat ini lho, mulai dari makanan berat, seperti ayam goreng, ayam geprek, angkringan, taichan, hingga makanan ringan, seperti kebab, takoyaki, tteokbokki, corn dog, dan lainnya. Kamu bisa menyesuaikan jenis-jenis bisnis franchise yang ingin kamu buka sesuai dengan seleramu.
  • Minuman kekinian. Boba, teh, minuman rasa-rasa, sekarang ini juga banyak dicari oleh masyarakat. Bisnis franchise minuman kekinian bisa menjadi peluang bisnis rumahan yang menjanjikan karena hal tersebut dan luasnya target market anak mudah yang ada sekarang ini.
  • Kurir ekspedisi. Yap, jasa ekspedisi ini juga termasuk jenis-jenis bisnis franchise yang dibuka di rumah lho. Kalau kamu perhatikan ada agen-agen pengiriman di dekat lokasi rumahmu, nah itu adalah contohnya. Bisnis ini termasuk menjanjikan karena banyaknya toko online yang mengirimkan paketnya.

 

Baca Juga: Besarnya Peluang Jualan Online Makanan dan Snack

 

Jenis-jenis Bisnis

 

  • Cuci Motor atau Mobil

Beralih ke produk yang menawarkan jasa, jenis-jenis bisnis rumahan yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat adalah jasa cuci motor atau mobil. Coba kamu perhatikan tempat cuci motor atau mobil yang pernah kamu lewati, pasti selalu ada saja pelanggan yang mencuci kendaraannya di situ ‘kan? 

Nah, hal tersebut menunjukan kalau membuka jasa cuci motor atau mobil adalah peluang yang bagus. Tapi, tentu kamu harus jeli dalam menentukan lokasi bisnis tersebut. Kalau area rumahmu memungkinkan dan tidak ada bisnis serupa di sekitarnya, membuka usaha ini mungkin bisa jadi pilihan.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui dasar-dasar dan metode atau teknik mencuci kendaraan, misalnya cuci steam atau snow wash. Hal tersebut penting untuk kelancaran bisnis kedepannya.

Baca Juga 
Dapatkan 1000 Followers Instagram Tertarget Tanpa Aplikasi Dengan 7 Cara Berikut!

 

  • Laundry Kiloan

Jenis-jenis bisnis rumahan yang bisa kamu coba selanjutnya adalah membuka usaha jasa laundry. Bisnis jasa laundry ini cocok kalau lokasi tempat tinggalmu berada di dekat area kampus atau perkantoran.

Untuk mahasiswa dan karyawan-karyawan, jasa laundry adalah solusi bagi mereka yang sibuk dan tidak punya waktu banyak untuk mencuci baju. Sehingga, membuka bisnis ini tentu jadi peluang yang bagus untuk dicoba. 

Agar bisnismu dapat menjangkau calon pelanggan lebih luas, kamu bisa memanfaatkan WhatsApp untuk dapat menerima pesanan. Kamu juga bisa sediakan opsi pilihan layanan kirim dan antar cucian ke lokasi pelanggan.

 

Jenis-jenis Bisnis

 

  • Fotocopy dan Print

Hingga sampai saat ini, jasa fotocopy dan print nyatanya masih diperlukan dan dicari oleh orang-orang, di tengah perkembangan zaman yang mulai beralih ke sistem digital. Yap, untuk beberapa kepentingan, misalnya dokumen untuk mengurus administrasi, masih membutuhkan salinan asli atau hard copy.

Beberapa orang juga masih butuh  jasa print, misalnya kalangan mahasiswa yang perlu untuk mencetak tugas, atau orang-orang yang ingin mencetak foto pas photo untuk kepentingan melamar kerja. 

Hal tersebutlah yang menjadi alasan kenapa jasa fotocopy dan print termasuk dalam jenis-jenis bisnis rumahan yang bisa kamu coba. Tapi, sama seperti poin sebelumnya, penentuan lokasi juga sangatlah krusial ketika menjalankan bisnis ini. Pastikan area tempat tinggalmu dekat lokasi yang umum.

Demikian beberapa jenis-jenis bisnis yang bisa jadi inspirasimu untuk mulai membuka bisnis sendiri di rumah! Mana pun jenis-jenis bisnis yang akan kamu pilih nantinya, pastikan kamu telah mempelajari area bisnis tersebut agar mampu menyusun strategi bisnis kedepannya.

Nah, kalau masalah operasional bisnis, agar makin mudah kamu bisa manfaatkan aplikasi SmartSeller! Terutama kalau kamu memutuskan untuk jualan di berbagai marketplace, ada fitur integrasi marketplace yang bisa bikin pengelolaannya makin mudah! Penasaran? Yuk, download SmarSeller sekarang!