Dalam memulai atau menjalankan bisnis, pastinya memerlukan motivasi untuk menambahkan semangat yang bisa didapatkan dari film inspiratif, buku motivasi bisnis, seminar, ataupun podcast. Saat ini, sudah ada banyak film inspiratif yang membawa tema tentang bisnis. Bahkan, beberapa film inspiratif ada mengangkat kisah hidup dari pebisnis terkenal yang sukses.

Film inspiratif sangat bermanfaat untuk kamu yang ingin memulai bisnis ataupun yang sudah menjalankan bisnis. Hal ini dikarenakan film inspiratif dapat membuat kamu merasa terdorong dan juga bisa membentuk banyak pemikiran yang bisa diterapkan dalam menjalankan sebuah bisnis. Ada rekomendasi film inspiratif yang patut kamu tonton untuk belajar bisnis. Yuk, langsung saja disimak!

Baca juga: 4 Strategi Pemasaran yang Cocok untuk Bisnis Online

  • The Founder (2016)

the founder

Siapa yang tidak tahu McDonald? Restoran cepat saji favorit semua orang yang memiliki jaringan terbesar di dunia. Film ini mengisahkan perjalanan hidup dua bersaudara, yaitu Richard dan Maurice McDonald dalam membangun McDonald. Pendiri McDonald ini mengajarkan untuk kerja keras, berkomitmen, dan percaya diri untuk menghadapi segala lika-liku serta resiko yang harus dihadapi. Semua ini harus dilakukan untuk mencapai sebuah kesuksesan.

  • Joy (2015)

Joy 2015

Film inspiratif Joy diperankan oleh salah satu aktris hollywood yang mempunyai jam terbang tinggi, yaitu Jennifer Lawrence. Film ini mengisahkan tentang seorang Ibu single parent tiga anak bernama Joy yang sempat terpuruk. Joy menggapai kesuksesannya dengan cara menciptakan alat pel canggih bernama Miracle Pop. Hasil ciptaannya ini membuahkan hasil yang membuat Joy berhasil menjadi seorang pengusaha kaya raya di New York. Dari Joy, kamu bisa belajar bahwa keluarkanlah semua ide brilian dan jangan berhenti berusaha untuk mewujudkannya.

  • Steve Jobs (2015)

steve jobs

Dari judulnya saja pasti kamu sudah tahu bahwa film ini mengenai Steve Jobs, sang empunya Apple. Film ini menceritakan kisah hidup Steve Jobs sebelum sesukses sekarang. Film inspiratif ini memperlihatkan cerita di balik revolusi digital yang sangat berpengaruh pada perkembangan teknologi. Berawal dari menjadi seorang mahasiswa Reed College kemudian pernah dikeluarkan dari kampus. Steve Jobs pun bangkit kembali sehingga berhasil memperkenalan iPod pada tahun 2011. Tidak hanya itu, Steve Jobs juga berhasil menjadi salah satu pengusaha paling inovatif dan dihargai pada abad ke-20

Baca Juga 
10 Item Terkeren dengan Diskon Gede-Gedean di Harbolnas

Melalui Steve Job, apabila ingin membangun kerajaan bisnis kamu sendiri maka jangan pantang menyerah. Ketekunan dan komitmen yang akan mengantarkan menuju kesuksesan yang sempurna. Apapun yang dianggap mustahil akan mempunyai jalannya sendiri untuk terwujud.

  • The Social Network (2010)

The Facebook

Film inspiratif ini dibuat berdasarkan dari kisah nyata yang sukses menjadi pebisnis dalam sosial media, yaitu Mark Zuckerberg dalam membangun Facebook. Mark Zuckerberg memiliki kecerdasan dan ketekunan yang berhasil mengantarkannya ke kesuksesan sehingga dapat menciptakan sosial media Facebook yang banyak digunakan. Film ini mampu memberikan gambaran cerita di balik bidang teknologi yang memiliki beragam permasalahan bisnis

Film The Social Network memberikan pandangan bahwa adanya teman yang setia sangat berpengaruh dalam perjalanan menuju kesuksesan. Selain itu, film juga memberi tahu tentang seberapa besar usaha, kegigihan, dan kerja keras yang diberikan dapat menghasilkan bisnis yang besar seperti Facebook. Bahkan, perusahaan Facebook sudah menguasai Instagram dan WhatsApp.

Baca juga: 8 Ide Usaha di Rumah yang Lagi Tren Tahun 2022

  • Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar

Merry Riana

Film inspiratif kali ini berasal dari Indonesia dan diangkat dari kisah nyata seorang motivator yang berhasil meraih satu juta Dolar di umur 26 tahun. Yap, film ini menceritakan tentang perjuangan Merry Riana yang dituangkan dalam film berjudul Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar. Film ini diperankan oleh Chelsea Islan dan Dion Wiyoko.

Melalui film Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar ini, dapat belajar bahwa apapun rintangan dan kendalanya, kamu harus tetap berusaha dalam hidup. Walaupun kelihatannya seperti mustahil, tetapi apabila dijalankan dengan penuh usaha dan semangat maka selalu akan ada jalan keluarnya.

  • The Greatest Showman (2017)

Film inspiratif satu ini sempat viral pada tahun 2017 karena menceritakan kisah yang sangat bagus. Film ini menceritakan kisah Barnum, seorang pebisnis sirkus yang dianggap aneh oleh orang-orang karena mempunyai ide pemikiran yang unik. Walaupun film ini memiliki genre drama musikal, The Greatest Showman tetap dapat memberikan pesan yang menyentuh. Film ini mengajarkan untuk tetap semangat mewujudkan ide dan membuktikan bahwa kamu bisa walaupun dianggap aneh oleh orang-orang.

  • Moneyball (2011)

Moneyball

Film Moneyball adalah film inspiratif yang wajib ditonton karena memberikan banyak motivasi untuk meraih kesuksesan. Moneyball diperankan oleh aktor hollywood Brad Pitt yang menceritakan tentang tim baseball dan manajernya. Billy Beane, manajer tim baseball kehilangan sebuah pemain hebat dikarenakan dibeli oleh klub kaya. Dengan pantang menyerah, Billy Beane mencari pemain kelas dua untuk mewujudkan mimpinya.

Baca Juga 
Bisnis Itu Nekad, Tekad, atau Bakat??

Film ini mengajarkan bahwa kesuksesan tidak hanya datang dari uang saja. Dalam membangun bisnis memang membutuhkan uang, tetapi uang bukan segalanya. Ketekunan dan disiplin bisa mengalahkan uang dan bisa mengantarkan ke sebuah bisnis yang sukses.

  • The Pursuit of Happyness (2006)

Film inspiratif satu ini diperankan oleh ayah dan anak, yaitu Will Smith dan Jaden Smith. Will Smith berperan sebagai Chris Gardner, seorang salesman yang berjuang untuk keluar dari keterpurukan ekonomi. Chris Gardner menjadi single parent yang harus mengurus anak semata wayangnya, Christopher Jr. Chris Gardner berjuang dengan cara menawarkan alat kedokteran secara door-to-door. Namun, Chris Gardner gagal menjadi salesman sehingga dia harus berjuang mencari cara lain untuk menyambung kehidupannya.

Semua cara dilakukan oleh Chris Gardner untuk bisa membangun bisnis dengan cara kerja keras dan memanfaatkan peluang yang ada. Film yang diangkat dari kisah nyata ini memberikan pesan moral bahwa harus bersyukur ketika masih mempunyai keluarga yang lengkap dan kasih sayang yang melimpah. Selain itu, film ini juga mengajarkan bahwa kesuksesan tidak bisa didapatkan secara instan.

Itu dia beberapa film inspiratif yang dapat memberikan motivasi tentang mengejar kesuksesan. Kamu juga bisa loh meningkatkan bisnis kamu seperti film inspiratif di atas dengan menggunakan Smartseller karena bisa membantu kamu untuk mengelola orderan. Tidak hanya itu, Smartseller juga dapat membantu mengatur semua kebutuhan bisnis kamu hanya dalam satu dashboard, bahkan bisa mengatur stok barang juga, lho!