Mengelola manajemen persediaan akan membantu lancarnya proses bisnis. Ini karena persediaan sangat berpengaruh pada bagaimana proses jual beli dalam bisnis. Selain itu, persediaan juga berperan besar untuk memudahkan proses stok barang. Jadi kamu tidak kebingungan dengan pengelolaan gudang dengan adanya manajemen persediaan yang baik.

 

Pengertian Manajemen Persediaan

Manajemen Persediaan Adalah

 

Manajemen persediaan adalah salah satu cara untuk mengelola stok barang yang ada di gudang bisnismu. Ini merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan oleh setiap bisnis karena tanpa adanya manajemen persediaan yang baik, bisnis tidak akan mampu beroperasi dengan lancar.

Secara garis besar, pengertian dari manajemen persediaan adalah serangkaian aktivitas mulai dari memesan, menyimpan, melacak, hingga mengelola stok barang. Manajemen persediaan berlaku pada setiap perusahaan apa pun bidang usahanya. Setiap stok barang yang ada dalam perusahaan bisa tergolong ke dalam stok persediaan mulai dari bahan mentah yang belum diproses hingga barang jadi yang siap dijual.

Adanya manajemen persediaan adalah untuk memastikan bahwa stok barang tetap ada dan cukup untuk penjualan. Jadi perusahaan tidak kehabisan produk yang siap dijual dan bisa memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan. Tidak hanya itu saja, manajemen persediaan juga akan membantu pengelolaan stok barang sehingga perusahaan akan langsung tahu jika ada barang yang hampir habis atau bahan yang perlu dibeli.

 

Persediaan akan berubah menjadi pendapatan setelah stok persediaan tersebut terjual. Manajemen persedian juga perlu mengelola jumlah stok agar cukup dan juga tidak menumpuk. Jika persediaan terlalu banyak dan mengakibatkan penumpukan stok, hal tersebut akan mengakibatkan kerugian pada perusahaan juga.

Pentingnya Manajemen Persediaan dalam Bisnis

Manajemen Persediaan Adalah

 

Kesalahan fatal saat memulai bisnis adalah tidak memperhatikan dengan jelas manajemen persediaan dalam bisnis. Padahal manajemen persediaan adalah salah satu kunci lancarnya proses bisnis. Banyak sekali aspek bisnis yang bisa lebih mudah dilakukan dengan adanya manajemen persediaan yang teratur. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa manajemen persediaan sangat penting dalam bisnis. 

  • Mengetahui Jumlah Stok


    Stok barang jadi bisa lebih diketahui jumlahnya. Tanpa adanya informasi jumlah stok yang jelas, proses penjualan dalam bisnis bisa terganggu. Kerugian bisa muncul jika perusahaan kehabisan stok barang untuk penjualan. Inilah alasan penting untuk secara berkala melakukan manajemen persediaan dan menghindari masalah kehabisan stok yang merugikan bisnis.

     

  • Meningkatkan Pemasukan


    Manajemen persediaan secara tidak langsung akan meningkatkan pemasukan juga. Kamu bisa mengetahui berapa banyak stok yang perlu dijual dan tentunya bisa melihat perkembangan bisnis. Membandingkan dengan jumlah stok bulan sebelumnya adalah salah satu cara untuk melihat apakah strategi penjualan dan pemasaran bisnis sukses.

    Manajemen persediaan juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pemasukan. Evaluasi bisnis bisa dilakukan dengan melakukan manajemen persediaan secara rutin dan berkala. Kamu bisa menilai mana produk yang paling laku dan mana yang kurang diminati. Selanjutnya kamu juga bisa melihat kualitas produk sebelum dikirim. Jadi kamu tetap bisa memberikan pelayanan terbaik kepada pembeli agar bisa meningkatkan pemasukan.

     

  • Menghemat Pengeluaran


    Terlalu banyak stok barang dapat mengakibatkan kerugian pada bisnis. Stok barang tersebut bisa rusak dan tidak terpakai yang akhirnya menjadi kerugian besar pada bisnis. Kamu bisa menghindari terjadinya hal tersebut dengan secara berkala melakukan manajemen persediaan. Tanpa adanya persediaan kamu tidak akan bisa melihat jika masih ada sisa stok produk yang harus dijual di gudang. Manajemen persediaan juga akan membantu bisnis melihat apa saja barang yang diperlukan dan berapa banyak jumlahnya. Jadi kamu tidak akan membeli stok barang terlalu banyak yang berakhir merugikan bisnis.

     

  • Meningkatkan Pelayanan Pelanggan


    Karena manajemen persediaan adalah cara untuk mengelola stok, kamu bisa memeriksa produk secara rutin dan berkala. Jadi produk yang rusak segera diketahui dan bisa langsung diatasi. Hanya produk berkualitas yang akan dikirimkan ke pelanggan. Selain itu manajemen persediaan juga akan membantu bisnis tetap menyediakan stok yang cukup. Bisnis tidak akan kekurangan stok produk yang dijual dan barang akan bisa dikirimkan dengan tepat waktu kepada pelanggan.

 

Baca juga: Cara Bisnis Tas Branded yang Menguntungkan

 

Tips Manajemen Persediaan yang Efektif

Manajemen Persediaan Adalah

Bagaimana cara melakukan manajemen persediaan yang efektif dalam bisnis?

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu jalankan untuk manajemen persediaan dalam bisnis yang tentunya akan membuat prosesnya lebih efektif dalam bisnismu.

 

  • Prioritas Persediaan


    Manajemen persediaan adalah serangkaian aktivitas untuk mengelola persediaan barang sehingga di dalamnya termasuk juga memprioritaskan persediaan. Kamu perlu menggolongkan mana persediaan yang paling penting dan mana yang bisa ditunda. Ini akan membantu mengelola stok barang berdasarkan prioritas mereka. Jadi kamu tidak akan melewatkan stok barang yang paling penting. Dengan manajemen persediaan, kamu juga akan terbantu untuk memeriksa mana stok barang yang harus segera dibeli ulang dan mana yang perlu tindakan lain.

     

  • Mencatat Informasi Produk


    Salah satu tips sederhana tapi sangat berpengaruh pada manajemen produk adalah dengan mencatat setiap detail informasi produk. Mulai dari tanggal produk masuk, jenis, warna, hingga informasi kecil seperti kode produk. Ini akan memudahkan proses masuk dan keluar barang. Kamu bisa mendahulukan barang yang masuk lebih awal untuk dijual terlebih dahulu.

     

  • Lakukan Audit Secara Rutin


    Penting sekali untuk melakukan audit secara rutin. Meskipun manajemen persediaan adalah proses pengelolaan stok, tetap diperlukan sistem audit yang mumpuni dan akurat untuk melihat kondisi stok produk. Audit juga akan memeriksa jika terdapat barang yang hilang dari gudang atau jika ada produk yang rusak. Jadi masalah yang akan merugikan bisnis bisa diatasi dengan cepat.

     

  • Analisa Kualitas Supplier

    Manajemen Persediaan Adalah
    Pastikan kamu juga menganalisa bagaimana kinerja supplier. Supplier yang profesional dan tepat akan memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggannya. Stok barang bisa tetap sampai tepat waktu dengan adanya supplier yang tepat. Jika supplier bermasalah, maka kamu akan mendapatkan kerugian yang besar juga. Jadi pastikan memilih mana supplier yang paling tepat untuk usahamu.

    Baca Juga: 6 Sifat Wirausaha yang Wajib Dimiliki Wirausahawan

     

  • Aturan Persediaan 80/20


    Aturan umum dalam manajemen persediaan adalah keuntungan bisnis didapat dari 20% stok barang bisnismu. Jadi pastikan kamu memprioritaskan 20% barang tersebut agar bisa memaksimalkan pendapatan usahamu.

     

  • Lacak Penjualan


    Melacak penjualan sangat penting untuk memeriksa keadaan persediaan barang. Dengan melakukan pelacakan penjualan, kamu bisa mengetahui produk dan stok yang habis dan berapa banyak jumlah yang terjual. Meskipun manajemen persediaan adalah pengelolaan stok saja, penting sekali untuk mensinkronisasi dengan penjualan agar terdapat data akurat berapa banyak barang yang terjual.

     

  • Manfaatkan Teknologi


    Memanfaatkan teknologi untuk manajemen persediaan adalah salah satu cara yang paling efektif agar proses manajemen persediaan lebih mudah, cepat dan akurat. Saat ini sudah banyak teknologi yang bisa digunakan perusahaan secara langsung dan mudah. Jadi kamu hanya perlu memasukkan data yang diperlukan dan mengintregasikannya dengan penjualan saja.

 

Setelah mengetahui bahwa manajemen persediaan adalah hal yang sangat penting dalam bisnis, kamu bisa memanfaatkan penggunaan aplikasi untuk memaksimalkan prosesnya. Misalnya dengan menggunakan SmartSeller yang memiliki fitur Inventory Management lengkap dengan kelola stok dan peringatan jika stok habis. Jadi, angsung saja yuk coba SmartSeller untuk bisnismu sekarang!

 

Baca Juga 
Manajemen Stock Sesuai dengan Barang yang Dijual