Dalam kehidupan sehari-hari, manusia memiliki berbagai kebutuhan untuk memenuhi contoh kebutuhan pokok hidupnya. Kebutuhan setiap individu, seperti anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia sangatlah berbeda. Makanya, tidak heran apabila kebutuhan pokok manusia tidak ada habisnya dan justru selalu bertambah. Umumnya, kebutuhan pokok tersebut dikategorikan menjadi tiga jenis, yaitu kebutuhan pokok primer, kebutuhan pokok sekunder, dan kebutuhan pokok tersier. Pemahaman yang baik tentang jenis-jenis kebutuhan ini ternyata dapat membuka peluang ide usaha yang menjanjikan, lho. Di bawah ini akan membahas tentang contoh-contoh kebutuhan pokok primer, sekunder, dan tersier yang dapat dijadikan inspirasi untuk memulai usaha. Yuk, disimak!

Contoh Kebutuhan Pokok Primer

Contoh Kebutuhan Pokok

Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah sandang, pangan, atau papan, bukan? Yap, ketiga kategori tersebut termasuk ke dalam kebutuhan primer yang menjadi dasar bagi kehidupan manusia. Kebutuhan pokok primer adalah kebutuhan dasar yang wajib dipenuhi oleh setiap manusia untuk mempertahankan hidup serta memenuhi kebutuhan fisiknya. Pemenuhan kebutuhan pokok primer menjadi prioritas utama dalam hierarki kebutuhan manusia dan bersifat fundamental. Beberapa contoh kebutuhan pokok primer yang bisa dijadikan ide usaha, meliputi:

1. Sandang atau Pakaian

Pakaian merupakan salah satu contoh kebutuhan pokok primer yang sangat krusial. Hal ini dikarenakan manusia membutuhkan pakaian untuk melindungi tubuh dan menjaga kehangatan selama berkegiatan. Usaha yang dapat berhubungan dengan pakaian, meliputi toko pakaian, desain dan produksi pakaian, atau laundry.

2. Pangan atau Makanan

Kebutuhan akan makanan adalah salah satu contoh kebutuhan pokok primer lainnya yang paling mendasar untuk bertahan hidup . Usaha yang dapat dijalankan berhubungan dengan makanan meliputi restoran, warung makan, katering, produksi makanan olahan, atau menjual bahan-bahan sembako, seperti beras, sayuran, daging, susu, dan buah-buahan.

Baca Juga 
5 Pilihan Variasi Produk untuk Mulai Jualan Helm

3. Papan atau Tempat Tinggal

Kebutuhan akan tempat tinggal adalah kebutuhan primer yang penting sebagai tempat berteduh dan berlindung. Usaha yang dapat terkait dengan kebutuhan ini meliputi agen properti, kontraktor, kontrakan rumah, atau penyewaan apartemen.

4. Pendidikan

Memperoleh pendidikan adalah kebutuhan penting untuk pengembangan individu dan memperoleh pengetahuan yang lebih luas. Usaha yang dapat terkait dengan kebutuhan pendidikan meliputi pembukaan sekolah, kursus, atau lembaga pendidikan.

Baca juga: Contoh Perencanaan Usaha untuk Kedai Minuman Kekinian

Contoh Kebutuhan Pokok Sekunder

Contoh Kebutuhan Pokok

Kebutuhan pokok sekunder adalah kebutuhan yang timbul sebagai hasil dari kebutuhan pokok primer yang sudah terpenuhi. Kebutuhan ini berhubungan dengan kenyamanan, keamanan, kebahagiaan, dan kebutuhan sosial individu. Pemenuhan kebutuhan pokok sekunder dapat memberikan kepuasan dan meningkatkan kualitas hidup seseorang. Contoh-contoh kebutuhan pokok sekunder yang dapat menjadi ide usaha adalah sebagai berikut.

1. Peralatan Rumah Tangga

Setelah kebutuhan primer dalam memiliki tempat tinggal sudah terpenuhi maka kamu bisa melengkapi dengan peralatan rumah tangga sebagai kebutuhan sekunder. Usaha yang bisa kamu lakukan, seperti menjual peralatan rumah tangga, meliputi mesin cuci, kulkas, televisi, serta peralatan dapur.

2. Transportasi

Dalam masyarakat yang semakin mobilitasnya tinggi, transportasi menjadi kebutuhan sekunder yang penting. Usaha yang terkait dengan transportasi bisa berupa penyediaan jasa rental mobil, motor, angkutan umum, atau bis pariwisata.

3. Komunikasi

Contoh Kebutuhan Pokok

Kebutuhan akan komunikasi semakin penting dengan semakin berkembangnya teknologi. Ide usaha yang dapat muncul dari kebutuhan ini, meliputi usaha penyedia layanan telekomunikasi, toko HP, atau penyedia layanan internet.

4. Kesehatan

Kebutuhan akan kesehatan juga menjadi kebutuhan sekunder yang penting bagi banyak orang. Usaha yang terkait dengan kesehatan dapat berupa klinik, apotek, asuransi kesehatan, atau pusat kebugaran.

Baca Juga 
Marketer Wajib Tahu 7 Tren Strategi Pemasaran Online Saat Ini!

5. Rekreasi

Setelah memenuhi kebutuhan pokok, pastinya banyak orang yang ingin mencari hiburan dan rekreasi. Usaha yang terkait dengan rekreasi meliputi penyediaan tempat wisata, bioskop, atau taman bermain.

Tonton juga: #SellerStory Zalona Store : Rahasia Sukses Bisnis Online Fashion Hijab

Contoh Kebutuhan Pokok Tersier

Contoh Kebutuhan Pokok

Kebutuhan pokok tersier merupakan contoh kebutuhan pokok yang paling terakhir. Kebutuhan pokok tersier dapat timbul apabila kebutuhan pokok primer dan sekunder sudah terpenuhi dengan baik. Kebutuhan ini berhubungan dengan keinginan individu untuk pemenuhan kebutuhan lebih tinggi yang bersifat non-esensial. Kebutuhan pokok tersier terkait dengan keinginan untuk kesenangan pribadi, mengembangkan gaya hidup, mengejar hobi, atau memenuhi keinginan khusus. Contoh-contoh kebutuhan pokok tersier yang dapat menjadi ide usaha adalah sebagai berikut.

1. Mode dan Gaya Hidup

Ketika kebutuhan dasar terpenuhi, banyak orang akan mencari produk atau jasa yang berkaitan dengan mode dan gaya hidup. Usaha yang terkait dengan contoh kebutuhan pokok gaya hidup, seperti toko barang-barang branded, perhiasan dan aksesoris mewah, mobil mewah, serta produk eksklusif.

2. Pariwisata

Kebutuhan akan liburan dan pengalaman baru juga menjadi kebutuhan tersier yang penting. Usaha yang berhubungan dengan pariwisata, meliputi agen perjalanan, restoran wisata, hotel, atau objek wisata.

3. Teknologi

Seiring dengan perkembangan teknologi, kebutuhan akan perangkat elektronik dan inovasi teknologi semakin tinggi. Ide usaha yang dapat muncul dari kebutuhan ini adalah toko elektronik, perusahaan pengembangan perangkat lunak, atau penyedia jasa IT.

4. Hiburan dan Kesenian

Kebutuhan untuk hiburan dan kesenian juga menjadi kebutuhan tersier yang signifikan. Usaha yang terkait dengan ini, meliputi konser music,  penyediaan jasa musik, galeri seni, atau perusahaan produksi film.

Baca Juga 
Penentuan Harga Jual Produk atau Layanan, Ini Caranya

Baca juga: Cara Analisa Peluang Usaha untuk Tingkatkan Kesuksesan Bisnis

Contoh-contoh kebutuhan pokok primer, sekunder, dan tersier adalah bagian integral dari kehidupan manusia dalam memperoleh kualitas hidup yang baik. Dalam pemenuhan kebutuhan tersebut, terdapat peluang besar untuk mengembangkan usaha dan inovasi yang sukses untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Contoh-contoh kebutuhan pokok tersebut memberikan banyak ide usaha yang dapat dieksplorasi dan menjadi potensi bisnis yang menjanjikan. Penting bagi para calon pengusaha untuk memahami dan mengidentifikasi kebutuhan ini serta melihat peluang yang dapat diambil. Dengan kreativitas, inovasi, dan pengetahuan yang tepat, siapa pun dapat menciptakan usaha yang sukses dalam memenuhi contoh kebutuhan pokok primer, sekunder, dan tersier dalam masyarakat.

Namun, perlu diingat juga bahwa dalam menjalankan sebuah usaha diperlukan pengelolaan usaha yang tepat agar bisa berjalan dengan lancar. Sekarang ini ada banyak platform pengelolaan usaha yang bisa mendukung usaha kamu, salah satunya, yaitu SmartSeller. Platform ini terdapat fitur Order Management yang memungkinkan kamu untuk mengelola orderan di mana saja dan kapan saja. Adapun fitur Inventory Management yang memudahkan kamu dalam mengatur stok barang di satu tempat serta mudah dalam melacak setiap inventori produk. Masih ada banyak fitur lainnya yang tidak kalah menarik, yuk, cek SmartSeller sekarang juga!