Email adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki manusia jaman sekarang. Bagaimana tidak? Di era digitalisasi ini, email dibutuhkan untuk login smartphone, login aplikasi, melamar pekerjaan, mendaftarkan diri dalam suatu website, dan lain-lain. Dengan hanya memiliki 1 email, Anda bisa melakukan banyak hal. Tak terkecuali memanfaatkan email untuk pemasaran toko online Anda serta menjalin komunikasi dengan konsumen.

Tahukah Anda bagaimana cara membuat konten yang sesuai untuk konsumen melalui email dan email tersebut tidak dianggap “spam”? Karena kita tahu, kebanyakan konsumen mungkin malas membaca email dari toko online dan banyak dianggap sebagai spam saja. Sebelum mantab dalam melakukan marketing via email, ada baiknya Anda mempersiapkan segalanya terlebih dahulu.

Nah, berikut ini 3 hal penting sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan email dalam strategi pemasaran Anda.

Siapa Customer Anda?

Sebelum merancang sebuah email marketing, hal pertama yang perlu Anda tentukan adalah siapa audiens yang akan menerima email Anda. Ketahui bagaimana karakteristik mereka, mulai dari umur, lokasi, profesi, hobi, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui apakah mereka sudah menjadi pelanggan Anda atau mereka tak lebih dari khalayak umum yang sekedar ingin mengetahui tentang list produk Anda. Dengan mengetahui informasi tersebut, Anda bisa lebih mudah dalam menentukan kalimat pada email marketing Anda.

Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui mengenai customer Anda:

  • Umur
  • Tanggal lahir
  • Lokasi
  • Pekerjaan
  • Penghasilan mereka
  • Hobi
  • Promo apa yang mereka sukai? Flash Sale, diskon, buy 1 get 1, atau yang mana?
  • Apa yang tidak disukai oleh mereka?
  • Mereka sering berbelanja online melalui smartphone atau komputer?
  • Hari apa saja saat Anda mendapat paling banyak tanggapan?
  • Dan lain-lain.
Baca Juga  Cara Membuat Template Keren di Unggahan Instagram Bisnis!

Tentukan Karakter Email sesuai dengan Brand Anda

Setelah Anda mengetahui siapa audiens yang akan menerima email Anda, sekarang Anda perlu menentukan karakter email yang menjadi ciri khas email marketing Anda. Sebuah email marketing hendaknya menggambarkan personalisasi dari sebuah brand. Mengapa? Sebuah email marketing yang memiliki ciri khas tersendiri akan mudah diingat oleh audiensnya. Hal ini juga bisa disebut sebagai teknik branding melalui email marketing.

Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan:

  • Pemilihan bahasa
  • Bagaimana ciri khas email dari toko online Anda?
  • Bagaimana Anda membuat kesan tersendiri saat customer membuka email dari toko Anda?
  • Bagaimana nuansa email toko Anda?
  • Bagaimana cara agar email Anda berbeda dari toko online lainnya?
  • Ketahui mengapa customer Anda membeli lebih dari satu kali di toko Anda.
  • Dan lain-lain.

Apa Tujuan Anda Membuat Email Marketing?

Jika Anda memilih email sebagai salah satu strategi pemasaran Anda, sebaiknya Anda mengetahui dengan baik apa tujuan Anda sebenarnya. Dengan mengetahui tujuan, Anda dapat menentukan konten email yang akan dikirim sehingga dapat tersampaikan dengan baik.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Apakah meningkatkan penjualan?
  • Apakah untuk meningkatkan kesadaran merk?
  • Apakah pemberitahuan produk baru?
  • Dan lain-lain.

Nah, setelah mengetahui langkah-langkah dalam melakukan pemasaran via email. Apakah Anda sudah siap untuk memulainya? Semoga berhasil! 🙂

Sumber : A Better Lemonade Stand