Insight marketing perlu dimiliki oleh pelaku bisnis. Insight yang satu ini juga muncul bukan karena bakat atau hal lainnya. Pelaku bisnis harus terjun langsung dan jeli melihat insight-insight atau wawasan yang nantinya bisa digunakan untuk membantu pemasaran bisnis beserta produk yang dijual.

Masih banyak insight lainnya yang harus dimiliki pelaku bisnis agar dapat berkembang. Namun, artikel ini akan membahas mengenai insight marketing yang dimiliki oleh pelaku bisnis serta manfaat yang akan dirasakan oleh pelaku bisnis. Sebelum itu, kamu juga harus mengerti pemasaran dalam bisnis.

 

Pemasaran dalam Bisnis

Insight Marketing

Pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan ketika berbisnis. Kamu bisa melihat bagaimana perusahaan besar mempunyai divisi marketing yang bertugas untuk memasarkan layanan atau produknya. Hal itu sedikit banyak seberapa pentingnya pemasaran bagi sebuah layanan produk atau jasa.

Kegiatan pemasaran juga sudah dilakukan. Persiapan yang sudah kamu lakukan bisa saja tidak mendapatkan hasil yang efektif. Karena itu, kamu juga harus mempunyai insight seperti yang disebutkan sebelumnya. Insight tersebut dapat menjadi bekal untuk mendukung dan membuat kegiatan pemasaran bisnis tersebut. 

Dengan pemasaran yang efektif dan tepat, kamu dapat meningkatkan penjualan. Namun hal tersebut tidak mudah. Dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat selain kualitas produk yang baik. Karenanya, sebuah bisnis harus mengerti cara memasarkan produk dan layanan yang mereka sediakan, serta bagaimana memasarkannya kepada target yang sesuai.

Kalaupun berjalan dengan baik, semua tidak berhenti di situ. Sebuah bisnis harus secara konsisten memasarkan produk dengan efektif serta beradaptasi dengan situasi yang ada. Hal itu yang menyebabkan marketing insight menjadi penting. Namun sebelumnya, apakah kamu mengetahui apa itu insight marketing dan kenapa penting untuk sebuah bisnis.

Baca Juga 
Tips Membuat Label Pengiriman Menjadi Lebih Efektif

Baca Juga: Tips Pemasaran untuk Usaha di Bulan Puasa agar Lancar

 

Mengenal Insight Marketing

Insight marketing atau wawasan pemasaran merupakan komponen yang dibutuhkan dalam kegiatan pemasaran. Dengan mempunyai wawasan pemasaran, kegiatan pemasaran yang dilakukan bisa dilakukan secara efektif. Bisa dibilang insight atau wawasan merupakan salah satu fondasi untuk membangun kegiatan marketing yang dilakukan sebuah bisnis.

Dengan mempunyai marketing insight, sebuah bisnis mempunyai dasar berpikir untuk melakukan kegiatan pemasaran. Semakin bersaingnya dunia bisnis membuat setiap bisnis tidak hanya harus menawarkan produk berkualitas, tapi juga mampu memasarkan produk dengan baik dan menarik hati para calon pelanggan.

Banyak kasus di mana sebuah bisnis mempunyai produk dengan kualitas bagus tapi sepi pengunjung. Begitu juga sebaliknya, di mana sebuah bisnis dengan produk dengan kualitas yang tidak lebih baik tapi sangat diminati pelanggan. Marketing yang baik menjadi salah satu alasan hal itu terjadi. Marketing tersebut juga didasari dari keputusan-keputusan yang menggunakan wawasan pemasaran.

Insight Marketing

Wawasan pemasaran atau insight marketing sendiri bisa dibilang wawasan mengenai tren ataupun perilaku konsumen yang kemudian diolah menjadi data yang digunakan untuk mengambil keputusan-keputusan terkait kegiatan pemasaran, baik itu promosi, kampanye pemasaran dan sebagainya.

 

Manfaat dari Insight Marketing

Pengertian insight marketing di atas cukup menjelaskan pentingnya wawasan pemasaran bagi para pelaku bisnis. Masih banyak beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh sebuah pelaku bisnis dengan mempunyai wawasan pemasaran. Berikut ini adalah manfaat-manfaat dari insight marketing terhadap bisnis

Tonton Juga: #SellerStory Uno Shop : Memanfaatkan era digital untuk mengembangkan bisnis.

  • Menentukan Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran setiap bisnis berbeda-beda. Hal tersebut bisa berbeda-beda disebabkan oleh beberapa hal. Di antaranya adalah target pasar yang berbeda, produk yang dijual, dan lain-lain. Oleh karena itu, sebuah bisnis harus menentukan strategi pemasaran yang baik agar tujuan yang diinginkan bisa tercapai.

Baca Juga 
5 Tips Menghadapi Harbolnas #1212Sale untuk Online Seller

Dengan mempunyai insight marketing, sebuah bisnis dapat terbantu untuk menyusun serta menentukan strategi pemasaran yang tepat dan efektif. Wawasan tersebut akan membantu sebuah bisnis mendapatkan data yang kemudian bisa digunakan untuk menentukan strategi pemasaran apa yang harus dilakukan. Seperti contoh, dengan mempunyai wawasan marketing tentang tren pada target pasar membuat strategi tersebut menjadi tepat sasaran dan relatable.

  • Membantu Bisnis Beradaptasi

Adaptasi menjadi salah satu sifat yang harus dimiliki oleh sebuah bisnis. Mengingat saat ini kemajuan terjadi secara cepat, perubahan di berbagai sektor kerap terjadi tak terkecuali bisnis. Jika tidak mampu beradaptasi, bisnis yang awalnya besar pun bisa runtuh. Namun, tak semudah itu bagi sebuah bisnis untuk beradaptasi.

Mempunyai insight marketing akan sangat membantu sebuah bisnis untuk beradaptasi. Karena wawasan pemasaran harus terus diperbarui untuk menjadi data yang valid dan relevan, sebuah bisnis bisa beradaptasi dengan tren. Waktu untuk beradaptasi pun sangat esensial mengingat jika ketinggalan sedikit saja, sebuah bisnis tidak bisa menikmati manfaatnya.

Insight Marketing

  • Menganalisis Kompetitor

Saat ini semakin banyak orang yang berbisnis. Baik bisnis kecil maupun menengah kini semakin bersaing ketat dalam berjualan dan menarik hati pelanggan. Oleh karena itu, penting bagi sebuah bisnis untuk berada di atas kompetitor. Salah satu cara untuk melakukan hal tersebut adalah dengan selalu mengawasi kompetitor.

Insight marketing akan membantu kamu dalam menganalisis kompetitor yang bersaing dengan kamu. Selayaknya kamu menganalisis pergerakan pemasaran bisnis kamu, kamu juga bisa menganalisis kompetitor. Kamu dapat melihat pemasaran seperti apa yang digunakan kompetitor. Dengan begitu, kamu bisa melihat target pasar yang mereka tuju, serta efektivitas strategi pemasaran mereka.

Baca Juga: Konsep Strategi Pemasaran: Pengertian dan Cara Membuat

  • Menentukan Harga yang Sesuai

Karena saat ini dunia bisnis semakin ketat, nominal harga pun menjadi detail yang berpengaruh pada penjualan. Tentu kamu tidak ingin memberi harga yang terlalu murah karena hanya akan memberikan sedikit keuntungan. Namun, memberi harga yang mahal justru dapat menjadi bumerang karena dapat menurunkan penjualan. Lalu bagaimana sebaiknya menentukan harga yang sesuai?

Baca Juga 
Bingung Jualan di Marketplace atau Toko Online? Simak Rahasianya di Sini!

Untuk menentukan harga produk yang sesuai, banyak aspek yang harus kamu pikirkan. Insight marketing dapat membantumu untuk menentukan harga yang sesuai bagi produk kamu. Wawasan tersebut akan memberikanmu harga yang efektif berdasarkan pengetahuan mengenai daya beli target pelanggan yang kamu setuju serta bagaimana kompetitor memberi harga pada produk yang bersaing dengan produkmu.

Insight Marketing

Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian insight marketing serta manfaat yang bisa kamu dapatkan darinya. Wawasan tersebut penting untuk kamu ketahui dan perbarui secara berkala sehingga kamu bisa terus beradaptasi dengan pasar. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui insight lainnya seperti insight pelanggan maupun karyawan. Dengan mempunyai wawasan tentang keputusan yang akan diambil, lebih besar kemungkinan keputusan tersebut berjalan dengan efektif.

Sedangkan untuk masalah berjualan online, kamu bisa memilih menggunakan SmartSeller. Dengan SmartSeller, kamu bisa mendapatkan fitur menarik seperti SmartSeller Storefront serta manajemen pesanan untuk membantumu berjualan lebih terorganisir. Para seller di SmartSeller juga terpercaya sehingga tidak perlu untuk mencari reseller di SmartSeller. Belum lagi fitur untuk mengetahui insight yang terdapat di RichBuyer. Bisnismu bisa jadi semakin berkembang dengan bantuan analisanya. Tunggu apa lagi? Langsung saja kunjungi RichBuyer untuk mengetahui info lebih lanjut!