Contoh kebutuhan pokok manusia yang bisa jadi ide jualan ada bermacam-macam. Semua kebutuhan pokok tersebut dapat dijadikan ide usaha selama memenuhi permintaan pasar dan dikemas dalam bisnis yang pas. Contoh kebutuhan pokok dasar manusia adalah sandang, pangan, dan papan. Hanya saja, di era sekarang, contoh kebutuhan pokok manusia juga sudah semakin berkembang.

Contoh Kebutuhan Pokok Manusia

Contoh Kebutuhan Pokok
Berdasarkan seorang Psikolog bernama Abraham Maslow, kebutuhan pokok manusia terdapat 7 tingkatan. Tujuh tingkatan piramida tersebut masing-masing merupakan kebutuhan pokok dari yang paling penting hingga yang bisa ditoleransi tersebut bisa menjadi ide usaha yang pas untuk banyak orang. Berikut ini adalah kebutuhan pokok manusia berdasarkan Maslow dan juga ide usaha yang bisa dibuat:

Kebutuhan Fisiologis

Kebutuhan pokok yang berada dalam tingkatan pertama adalah kebutuhan fisiologis. Menurut Maslow, kebutuhan fisiologis memiliki contoh kebutuhan pokok berupa bernafas, makan, minum, tempat tinggal, tidur dan kebutuhan lainnya yang penting.

Menurut Maslow, contoh kebutuhan pokok tersebut sudah cukup dijadikan tolak ukur jika ingin seseorang bertahan hidup. Tanpa bernapas, maka seseorang akan mati, tanpa makan dan minum maka seseorang tidak akan bisa bertahan hidup. Kebutuhan pokok fisiologis memang merupakan kebutuhan yang paling dasar dan penting untuk manusia.

Ide usaha yang bisa digunakan untuk kebutuhan fisiologis ini ada sangat banyak. Contohnya adalah usaha air mineral, usaha bahan makanan, atau menjual makanan pokok seperti nasi dan lauk pauknya, dan lainnya. Ide usaha untuk memenuhi contoh kebutuhan pokok fisiologis masih tidak terpengaruh dengan gaya hidup dan kepuasan lainnya. Cukup dasar dan sesuai dengan kebutuhan pokok tersebut maka bisa menjadi ide usaha. Contoh ide usaha lain adalah usaha produk kesehatan seperti tabung oksigen karena ini sangat dibutuhkan pihak Rumah Sakit untuk membantu pasien yang kesulitan bernapas.

Baca Juga: Membuat Bisnis Model untuk Bisnis Minuman Kekinian

Keselamatan dan Keamanan

Contoh Kebutuhan Pokok

Kebutuhan pokok yang ada di tingkat kedua menurut Maslow adalah keselamatan dan keamanan. Contoh sederhananya adalah kesehatan, pekerjaan, pendapatan, stabilitas, dan lainnya. Contoh kebutuhan pokok ini muncul ketika tingkatan kebutuhan pokok yang sebelumnya sudah terpenuhi.

Setiap orang yang berusaha memenuhi kebutuhan pokok ini pasti sudah melalui tingkatan pertama. Contoh kebutuhan pokok tersebut juga berdasarkan cara seseorang bertahan hidup. Dengan naiknya tingkatan kebutuhan pokok tersebut, maka ide usaha yang bisa dibuat berdasarkan tingkatan kedua ini juga semakin naik.

Contoh usaha yang cocok untuk kebutuhan pokok tersebut adalah membuka klinik kesehatan atau jasa asuransi kesehatan, membuka jasa pencari lowongan kerja, dan juga jasa properti. Jasa properti tidak harus tentang menjual rumah, kamu bisa saja membuat rumah kos atau membuka kontrakan rumah untuk orang yang membutuhkan tempat tinggal.

Cinta dan Kepemilikan

Contoh Kebutuhan Pokok
Kebutuhan pokok di tingkat ketiga adalah rasa cinta dan kepemilikan. Tingkatan ini juga merupakan jenis kebutuhan pokok yang muncul ketika sudah terpenuhi. Misalnya ketika seseorang sudah terpenuhi makanan dan minuman pokok sehari-hari, memiliki pekerjaan yang stabil, maka mereka akan memiliki kebutuhan pokok yang juga naik.

Contoh kebutuhan pokok yang berupa rasa cinta dan kepemilikan adalah memiliki keluarga, hubungan intim, koneksi, persahabatan, dan sebagainya. Bentuk kebutuhan pokok ini merupakan bagian dari bertahan hidup manusia. Mereka yang terpenuhi kebutuhan pokok di tingkat sebelumnya, akan menaikkan kebutuhan pokok mereka di tingkat ini.

Ide usaha yang bisa kamu buat berdasarkan contoh kebutuhan pokok tersebut adalah membuat sosial media atau platform yang bisa mengkoneksikan satu sama lain, membuat ISP yang merupakan salah satu kebutuhan penting saat ini, serta jasa lain yang bisa membantu hubungan intimasi pasangan. Contoh sederhana yang bisa kita temui saat ini adalah aplikasi kencan hingga jasa hampers untuk orang yang tersayang.

Kepercayaan Diri

Kebutuhan pokok tingkat keempat adalah  kepercayaan diri.  Dalam tingkatan ini, seseorang sudah memenuhi kebutuhan pokok yang ada di tingkatan sebelumnya. Jadi kebutuhan pokok yang dicari semakin naik.

Menurut Maslow, contoh kebutuhan pokok untuk kepercayaan diri adalah pencapaian, rasa percaya diri, respek, serta merasa dihargai. Bentuk dari kebutuhan pokok tersebut sudah bukan kebutuhan pokok yang seperti tingkat sebelumnya. Ini adalah jenis kebutuhan pokok yang berhubungan dengan kepuasan diri dan pencapaian diri.

Ide usaha yang cocok untuk contoh kebutuhan pokok kepercayaan diri adalah jenis usaha yang bisa meningkatkan kepercayaan diri manusia. Misalnya industri kecantikan seperti makeup, skincare, bahkan yang berhubungan dengan medis seperti operasi plastik. Contoh lainnya adalah kursus atau short course bersertifikat untuk membantu pencapaian seseorang.

Jenis usaha yang berhubungan dengan kebutuhan pokok kepercayaan diri dan bisa kita temui di sekitar kita adalah salon kecantikan, klinik kecantikan, aplikasi untuk belajar, dan sebagainya.

Baca Juga: 7 Jenis E-Commerce yang Perlu Diketahui

Aktualisasi Diri

Ketika semua tingkatan kebutuhan pokok sebelumnya bisa terpenuhi dengan baik, seseorang akan menaikkan kebutuhannya ke kebutuhan untuk aktualisasi diri. Contoh kebutuhan pokok dalam aktualisasi diri adalah moralitas, kreativitas, spontanitas, penerimaan diri, pengalaman, potensi diri, dan arti hidup.

Kebutuhan pokok ini bisa terealisasi ketika seseorang mampu melengkapi kebutuhan sebelumnya. Berdasarkan Maslow, kebutuhan pokok aktualisasi diri juga berarti menemukan tujuan hidup. Ini adalah puncak dari kebutuhan pokok manusia karena menemukan tujuan hidup adalah sesuatu yang membuat seseorang merasa puas.

Ide usaha yang bisa dimulai berdasarkan contoh kebutuhan pokok aktualisasi diri adalah usaha yang berhubungan dengan hobi atau pengalaman baru. Misalnya seperti konser, agen wisata ke destinasi wisata negara lain, museum seni, dan sebagainya. Ide usaha tersebut cocok untuk memenuhi contoh kebutuhan pokok aktualisasi diri karena dapat memberikan pengalaman baru kepada seseorang.

Contoh usaha yang sering kita temui di sekeliling kita adalah di area wisata tertentu yang selalu menawarkan pengalaman baru seperti parasailing, bungee jumping, dan lainnya.

Membuat ide usaha berdasarkan contoh kebutuhan pokok di atas bisa menjadi salah satu inspirasi untuk siapapun. Jika diamati, jenis usaha berdasarkan tingkatan kebutuhan pokok juga semakin naik. Mulai dari jenis usaha yang bisa ditemui dengan mudah hingga jenis usaha yang eksklusif dilakukan di area tertentu.

Sebagai seorang pengusaha, kamu perlu mengupas tuntas tentang kebutuhan pokok tersebut. Alasannya adalah, suatu kebutuhan pokok pasti memiliki demand yang jelas. Jadi kamu bisa membuat usaha berdasarkan demand kebutuhan pokok tersebut dan mengembangkannya menjadi jenis usaha yang bisa dilakukan oleh banyak orang. Setiap kebutuhan pokok pasti memiliki rasa ingin dipenuhi sehingga kamu bisa mencari mana jenis kebutuhan pokok yang bisa kamu jadikan ide usaha.

Perlu diingat juga bahwa pengelolaan usaha juga sangat berpengaruh dalam suksesnya suatu usaha. Kamu bisa memiliki ide usaha yang hebat, ttapi tetap gagal saat menjalankannya karena kelalaian dalam mengelola usaha. Pastikan kamu menggunakan platform pengelolaan usaha yang juga mendukung usahamu seperti SmartSeller. SmartSeller memiliki fitur seperti pengelolaan pesanan dan juga stok barang. Banyak juga fitur lainnyadi SmartSeller jadi cek langsung sekarang!