Divisi operasional dalam sebuah bisnis atau perusahaan merupakan divisi yang wajib ada untuk memastikan kegiatan operasional bisnis berjalan dengan lancar. Divisi operasional sendiri terdiri dari banyak divisi, tergantung dari jenis bisnis yang dijalankan. Nah, checker gudang adalah salah satu divisi operasional yang mempunyai peran penting.

Checker gudang adalah bagian operasional yang sangat penting dalam sebuah bisnis, terutama bisnis pada bidang ekspedisi barang, manufaktur, retail, dan bisnis lainnya yang membutuhkan gudang sebagai tempat meletakkan barang. Sederhananya, tugas dari checker gudang adalah memastikan proses keluar masuknya barang berjalan dengan lancar dan sesuai.

Tidak hanya itu saja, checker gudang juga bertanggung jawab atas proses operasional yang terjadi di dalam gudang. Karena sifatnya yang multitasking, checker gudang adalah pekerjaan yang dituntut untuk memiliki berbagai macam skill demi menunjang kelancaran dalam bekerja. Pada artikel ini, akan dijelaskan tentang pekerjaan checker gudang adalah seperti apa, tugas yang dikerjakan, serta apa saja skill yang dibutuhkan. Yuk, scroll sampai bawah, ya! 

Checker Gudang adalah

Sekilas Tentang Checker Gudang

Sebelum membahas tentang checker gudang adalah pekerjaan seperti apa, kamu harus paham dulu dengan istilah checker. Checker sendiri adalah kata dalam bahasa Inggris yang mempunyai arti pemeriksa atau pengontrol. Jadi, checker merupakan salah satu divisi dalam sebuah bisnis atau perusahaan yang keberadaannya akan selalu ada, terutama dalam bisnis manufaktur, retail, dan bisnis sejenis lainnya. Checker memiliki posisi yang beragam dalam setiap bisnis, seperti QC (Quality Control), checker produksi, gudang, dan lain-lain. 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, checker gudang adalah sebuah pekerjaan yang tugasnya yaitu mengecek proses barang yang masuk dan keluar. Karena harus mengecek keluar masuknya barang, maka seorang checker gudang harus memiliki tingkat ketelitian dan kehati-hatian yang tinggi karena mereka bertanggung jawab atas keadaan barang.

Baca Juga 
Ingin Bisnis Dropshipping Menguntungkan? Yuk Ketahui Hal-hal Berikut!

Contoh sederhananya dalam perusahaan retail, seorang checker gudang yang ingin mengeluarkan produk untuk di display di etalase harus memastikan kondisi produk tersebut masih baik dan layak untuk digunakan. Hal ini wajib untuk diperhatikan untuk menghindari komplain dari pelanggan. 

Baca juga: Apa Saja yang Diperlukan untuk Management Warehouse?

Memastikan kondisi barang dan mengecek dengan teliti merupakan hal yang wajib diterapkan oleh seorang checker gudang. Checker gudang juga harus memastikan keakuratan data yang diinput apakah sudah sesuai dengan keadaan riil yang ada di lapangan atau belum. Jika melakukan kesalahan, maka dapat menimbulkan kerugian yang cukup fatal untuk bisnis. Oleh karena itu, checker gudang adalah pekerjaan yang tidak boleh disepelekan.  

 

Checker Gudang adalah

Beberapa Tugas dari Checker Gudang

Seorang checker gudang memiliki beberapa tugas yang harus dikerjakan. Jadi, tidak hanya sebatas mengecek proses keluar masuknya barang saja. Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Memastikan Kualitas Barang Aman

Tugas pertama dari seorang checker gudang adalah memastikan kualitas barang agar terhindar dari kerusakan, cacat pada bagian tertentu, dan hilang. Hal ini harus diperhatikan agar sebuah bisnis tidak memberikan produk yang kurang baik kepada pelanggan.

Checker gudang harus memeriksa kondisi barang secara menyeluruh, mulai dari isi, packaging, sampai tanggal kadaluarsa jika barang tersebut berupa makanan atau minuman. Mengapa harus sedetail itu? Karena jika terdapat kerusakan atau cacat pada barang, maka barang tersebut akan dikembalikan lagi ke gudang. Jika kejadian tersebut terus menerus terjadi, maka bisnis bisa mengalami kerugian. 

 

Checker Gudang adalah

  • Menyusun Laporan

Tugas selanjutnya dari seorang checker gudang adalah menyusun laporan sebelum jadwal shift selesai. Hal ini bertujuan agar memudahkan untuk penginputan data, seperti berapa barang yang keluar, masuk, terjual, yang ada di dalam gudang, yang sedang di display, dan lain sebagainya. Selain itu, menyusun laporan juga dapat memudahkan pegawai yang masuk selanjutnya untuk melanjutkan pekerjaan. 

Baca Juga 
Bagaimana Cara Membuat Rekap Orderan yang Mudah dan Akurat?

Baca juga: Pengertian dan Contoh Laporan Stock Opname Persediaan

Hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun laporan, laporan harus dibuat dengan teliti dan hati-hati agar terhindar dari kesalahan yang fatal. Laporan tersebut juga digunakan sebagai landasan kinerja seorang checker gudang. Jadi, jika terdapat kendala yang harus disampaikan, maka harus dicantumkan dalam laporan tersebut agar bisa didiskusikan dengan pegawai lain atau atasan. 

  • Memperhatikan Kebersihan Gudang

Tugas terakhir dari seorang checker gudang adalah ikut bertanggung jawab atas kebersihan gudang. Karena banyaknya barang yang masuk dan keluar, belum lagi jika kendaraan juga ikut masuk ke gudang, maka akan menimbulkan beberapa kotoran terutama debu. Oleh karena itu, seorang checker gudang wajib menjaga kebersihan gudang agar tetap bersih, bebas dari polusi, dan tidak pengap. 

 

Beberapa Skill yang Dibutuhkan Checker Gudang

Menjadi seorang checker gudang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Terdapat beberapa skill yang diperlukan agar pekerjaan dapat berjalan dengan lancar. Berikut penjelasannya.

  • Komunikasi yang Baik

Skill pertama yang dibutuhkan oleh seorang checker gudang adalah kemampuan komunikasi yang mumpuni. Karena checker gudang adalah pekerjaan yang butuh koordinasi dengan banyak pihak, maka wajib untuk bisa berkomunikasi dengan baik. Komunikasi yang baik ini seperti dapat menyampaikan pesan dengan jelas dan detail terkait pekerjaan agar tidak salah persepsi.

  • Berpikir Kritis

Skill kedua yang dibutuhkan oleh seorang checker gudang adalah kemampuan untuk berpikir kritis. Kemampuan ini harus dimiliki agar bisa menemukan solusi dari berbagai permasalahan yang timbul saat melakukan checker atau tugas lainnya. Dengan begitu, checker gudang tidak selalu bergantung kepada pegawai lain atau atasan dalam memecahkan masalah. 

Tonton juga: Cerita SmartSeller bersama ALLBABYNEEDS #JadiSellerPintar

  • Pengetahuan Dasar Tentang Pengoperasian Sistem Gudang

Skill ketiga yang dibutuhkan oleh seorang checker gudang adalah memiliki basic knowledge tentang pengoperasian sistem gudang. Mengapa diharuskan? Karena saat ini, operasional gudang telah didukung oleh beberapa teknologi canggih agar pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih efisien. Jadi, sebisa mungkin checker gudang harus sudah familiar dengan tools yang ada dalam sistem gudang. 

Baca Juga 
Tips Digital Marketing saat Ramadan, Ibadah Jalan Bisnis Makin Berkembang!

 

Checker Gudang adalah

  • Kerjasama Tim

Skill selanjutnya yang dibutuhkan oleh seorang checker gudang adalah dapat bekerjasama dalam tim. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, checker gudang merupakan pekerjaan yang butuh untuk berkoordinasi dengan banyak pihak. Jadi, kerja sama tim sangat dibutuhkan agar pekerjaan bisa berjalan dengan lebih optimal. 

  • Skill Analisa yang Baik

Skill terakhir yang dibutuhkan oleh seorang checker gudang adalah memiliki kemampuan analisa dengan baik. Dalam gudang, segala perubahan bisa saja terjadi dengan cepat. Jadi, checker gudang harus memiliki kemampuan analisa yang baik agar dapat mengatasi perubahan tersebut dan tetap bisa mengerjakan pekerjaannya dengan maksimal. 

Nah, itu tadi penjelasan mengenai checker gudang adalah pekerjaan yang seperti apa, apa saja tugasnya, dan beberapa skill yang dibutuhkan. Checker gudang merupakan pekerjaan yang harus dilakukan dengan teliti agar terhindar dari komplain pelanggan dan kerugian bisnis. 

Checker gudang memang punya peran penting dalam memastikan kondisi suatu barang dalam bisnis. Namun, pengelolaan bisnis juga merupakan hal penting lainnya yang harus diperhatikan agar bisnis bisa berjalan dengan lancar.

Dengan SmartSeller, kamu bisa menjalankan bisnis dengan lebih praktis, lho! Terdapat fitur order management yang memudahkan kamu untuk mengelola aktivitas penjualan di online shop, seperti mampu membuat order dari mana saja, menghitung ongkir secara otomatis, cetak invoice otomatis, sampai support pembayaran digital. Selain itu, terdapat beberapa fitur lainnya yang memudahkan dalam pengelolaan bisnis. Yuk, coba pakai SmartSeller sekarang juga!