Ide usaha sampingan karyawan ternyata tidak semuanya memerlukan kamu untuk mengeluarkan modal yang banyak lho.  Penasaran ada apa saja?

Tidak dapat dipungkiri, modal adalah salah satu hal yang bisa jadi permasalahan bagi orang-orang yang ingin memulai bisnisnya sendiri. Apalagi bagi kalangan karyawan, masalah modal mungkin perlu untuk diperhitungkan secara matang. Pasalnya, tidak sedikit orang-orang yang salah kaprah bahwa agar bisnis tersebut dapat menghasilkan profit besar maka diperlukan modal yang besar pula. 

Nah, hal yang perlu pebisnis awam ketahui sebenarnya adalah banyak bisnis yang sukses besar di luar sana yang awalnya berasal dari usaha sampingan yang modal awalnya pun tidak banyak. Selain itu, disamping modal, kamu perlu memiliki ide bisnis yang unik agar usaha sampingan tersebut mampu bertahan di tengah persaingan bisnis saat ini.

Yuk, buat kamu para karyawan yang ingin punya usaha sampingan, baca artikel ini sampai habis untuk ketahui beberapa ide usaha sampingan karyawan yang minim modal!

Tonton Juga: #SellerStory Uno Shop : Memanfaatkan era digital untuk mengembangkan bisnis.

Beberapa Rekomendasi Ide Usaha Sampingan Karyawan yang Bisa Dicoba

Memang sih, kalau hanya mengandalkan satu sumber pemasukan pada zaman seperti sekarang ini, kita tidak bisa memenuhi kebutuhan yang ingin kita capai. Bahkan ada perkataan bahwa setidaknya kita memiliki tujuh sumber pemasukan. 

Kamu adalah seorang karyawan dan ingin punya sumber pemasukan lain? Berikut adalah 5 ide usaha sampingan karyawan untuk dicoba!

Usaha Sampingan Karyawan

  • Jasa Top-Up

Hidup di zaman yang serba cepat ini, kita tidak bisa jauh dari yang namanya pembayaran digital. Sebenarnya, adanya pembayaran digital dapat membuat alur pembelian sesuatu jadi makin cepat, praktis, dan bisa dilakukan kapanpun dan di mana pun. Nah, kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut jadi usaha sampingan karyawan.

Baca Juga 
Tanpa Ribet dan Praktis, Ini 5 Cara Jualan Online di HP

Top-up atau pengisian ulang untuk pembayaran digital merupakan jasa yang selalu dicari oleh masyarakat untuk dapat melakukan pembelian suatu barang, layanan, atau jasa. Menarik, bukan? Bisnis ini dapat menjadi solusi bagi kalangan masyarakat yang tidak ingin repot-repot untuk melakukan hal tersebut.

Selain itu, belum tentu semua kalangan masyarakat mempunyai akses untuk melakukan top-up secara mandiri, sehingga mereka perlu menggunakan jasa oleh karenanya. 

Sebenarnya, terdapat beberapa niche atau pasar-pasar tertentu untuk jasa top-up ini. Ide usaha sampingan karyawan jasa top-up yang bisa kamu coba adalah, antara lain, top-up token listrik, pulsa, voucher game, langganan aplikasi berbayar, dan sebagainya.

Untuk masalah modal, pastinya kamu membutuhkan koneksi internet yang memadai. Kalau bisa buatlah juga akun kartu kredit yang bisa digunakan untuk pembelian internasional. Hal ini diperlukan agar kamu dapat membeli voucher top-up seperti game dan aplikasi lainnya.

 

Usaha Sampingan Karyawan

  • Katering untuk Karyawan

Ada banyak ide usaha sampingan karyawan yang peluangnya berasal dari lingkungan sekitar. Sebagai contoh, kalau kamu saat ini sedang bekerja di kantor, tidak sedikit melihat pemandangan sesama karyawan yang harus bepergian jarak jauh untuk dapat sampai ke kantor. Hal tersebut membuat mereka kesusahan untuk membawa bekal makanan ke kantor untuk makan siang. Tak jarang juga ada karyawan yang tidak sempat sarapan.

Maka dari itu, kamu bisa mendirikan usaha katering untuk kalangan karyawan-karyawan yang memiliki permasalahan tersebut. Usaha sampingan karyawan ini dapat dijalankan dengan memberikan layanan katering untuk sarapan dan makan siang. Kalau tidak, kamu bisa sesuaikan sendiri dengan jam kerja di masing-masing kantor, misalnya jika kantormu memberlakukan kerja dengan sistem shift.

 

Usaha Sampingan Karyawan

  • Toko Sembako di Rumah

Membuka toko yang menjual barang-barang sembako juga bisa jadi opsi buat usaha sampingan karyawan. Hingga saat ini, masyarakat masih terus membutuhkan sembako untuk dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Adapun produk yang termasuk dalam sembako adalah beras, minyak goreng, gula, garam, daging, telur, susu, sayur/buah, dan gas/LPG.

Baca Juga 
Mengenal Pentingnya Pembukuan Usaha dan Cara Membuatnya

Bagaimana dengan modal untuk membuka toko sembako? Riset mengatakan bahwa untuk memulai usaha sampingan karyawan ini adalah setidaknya 5 juta. Kalau di kamu mempunyai area di rumah yang bisa diubah menjadi toko, tentu akan menghemat biaya juga.

Selain itu, terdapat banyak supplier produk sembako. Kamu bisa membeli produk tersebut dalam kuantitas yang besar untuk mendapatkan harga yang murah.

Baca Juga: 7 Cara Jitu Membuat Toko Kelontong Modern, Cek di Sini

  • Jasa Foto Produk

Kalau kamu punya selera dan mata yang bagus soal desain dan keterampilan di bidang fotografi, mengapa tidak coba untuk membuatnya jadi usaha sampingan? Usaha sampingan karyawan yang satu ini adalah membuka jasa foto produk untuk bisnis-bisnis kecil yang membutuhkannya. 

Dengan banyaknya pebisnis online yang berjualan di situs e-Commerce, marketplace, atau media sosial, dibutuhkan pula strategi cemerlang untuk dapat berlomba menarik perhatian pelanggan. Salah satunya dengan memiliki foto produk yang bagus. Foto produk yang bagus dapat menjaga image bisnis sekaligus menumbuhkan kepercayaan calon pelanggan yang melihatnya.

Untuk memulai usaha sampingan karyawan ini, kamu bisa memulainya dengan peralatan seadanya, seperti kamera dari handphone-mu. Tapi, pastinya kamu perlu memiliki studio untuk dapat memberikan foto produk yang ciamik. Eits, jangan khawatir, peralatan foto produk, seperti lighting, background, dan lainya serta set studio dapat dibeli secara online kok. Nah, kamu tinggal sesuaikan saja dengan seleramu sendiri ya!

 

Baca Juga: Inilah 7 Smartphone Terbaik untuk Fotografi Produk UKM dan Startup!

 

Usaha Sampingan Karyawan

  • Bisnis yang Berasal dari Hobi dan Minat

Percaya tidak kalau semua orang bisa mendirikan usaha sampingan? Hobi dan minatmu adalah peluang usaha sampingan yang sebenarnya minim modal, karena pada dasarnya kamu sudah memiliki kemampuan yang mumpuni pada bidang tersebut. Kamu perlu mengubah kesempatan emas tersebut sebagai mata pencaharian lainnya

Baca Juga 
7 Rahasia Sukses Menjadi Reseller

Begitu pula, dengan usaha sampingan karyawan. Usaha sampingan karyawan juga bisa berasal dari minat dan hobi karyawan itu sendiri. Sudah ada banyak contoh lho kalau kamu perhatikan dengan seksama. Misalnya, kalau kamu hobi membuat kue atau jajanan, dalam bidang tersebut dan kemudian ubah menjadi peluang usaha sampingan yang menjanjikan. 

Contoh lain dari usaha sampingan lain yang berasal dari hobi dan minat adalah, antara lain, jasa push rank game, penulisan artikel, bisnis makanan ringan, membuka coffee shop, penyanyi, buka jasa titip atau jastip, tour guide, mengajar, jasa konsultasi, dan sebagainya.

Jadi, ide usaha sampingan sebenarnya bisa jadi tidak jauh dari kesukaan yang kamu punya dan geluti lho!

Nah, itulah lima ide usaha sampingan karyawan yang minim modal dan bisa kamu coba. Usaha sampingan memang diperlukan kalau kamu ingin memiliki sumber pemasukan yang lebih. Tapi, apa pun itu usaha sampingan yang nantinya dijalankan, pastikan tidak lupa untuk membangun strategi bisnis yang menyeluruh ya!

Jangan lupa juga untuk memberikan pelayanan yang tokcer kepada pelanggan. Salah satu cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui pelayanan adalah dengan membuat situs toko online jualanmu. 

Mau tau cara membuat situs toko online dengan cara yang mudah dan praktis? Pakai aja aplikasi SmartSeller! SmartSeller bisa kamu download melalui smartphone dan digunakan langsung lho! Yuk, download dan cobain aplikasi SmartSeller sekarang!