Saat ini sudah banyak contoh laporan stock opname persediaan dari sebuah bisnis. Contoh ini banyak sekali tersedia mengingat banyak sekali bagian masyarakat yang masih belum mengerti dan ingin mempelajari hal ini. Namun hal tersebut tidak mengherankan mengingat Indonesia merupakan negara yang luas dengan berbagai lini bisnis. Hal ini bermanfaat untuk dipelajari apalagi jika kamu bekerja di bagian gudang.

Mempelajari contoh laporan stock opname persediaan tentu mempunyai banyak manfaat bagi bisnis itu sendiri. Banyak sekali laporan yang perlu kamu pelajari jika bisnis kamu sudah mulai berkembang. Artikel ini bertujuan untuk membantu mempelajari tentang stock opname serta contoh laporan stock opname persediaan.

Stock Opname

Sebagian besar masyarakat pasti sudah familiar dengan istilah stock persediaan. Namun, bagaimana dengan stock opname? Meskipun istilah tersebut bukan merupakan istilah yang asing bagi bisnis yang mempunyai gudang beserta karyawan yang bekerja di dalam gudang tersebut.

Stock opname sendiri adalah kegiatan penghitungan stok barang yang ada di gudang sebelum akhirnya dijual ke pasaran. Kegiatan yang ada juga bermacam-macam, mulai dari memeriksa barang yang ada di gudang, mencocokkan catatan yang ada dengan keadaan barang yang sesungguhnya di gudang, menentukan posisi barang hingga menulis contoh laporan stock opname persediaan.

Baca Juga: Deskripsi Pekerjaan dan Tugas Staff Gudang dalam Bisnis

 

Manfaat Stock Opname

Stock opname sendiri biasanya dilakukan secara periodik. Hal tersebut tentunya dilakukan bukan tanpa alasan.  Ada berbagai alasan mengapa stock opname dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari stock opname yang dilakukan oleh perusahaan dalam suatu bisnis

  • Menyesuaikan Data yang Tertulis

Data barang yang masuk sendiri biasanya pasti tertulis dalam suatu laporan yang tertulis, baik itu digital atau tidak. Namun hal tersebut bisa saja tidak sama dengan kenyataan sebenarnya. Bisa saja terjadi kesalahan yang disengaja ataupun tidak disengaja saat menuliskan laporan stock barang di gudang. Oleh karena itu, dengan melakukan stock opname suatu perusahaan dapat menyesuaikan data yang ada dengan keadaan yang sebenarnya terjadi.

  • Meningkatkan Pelayanan untuk Pelanggan

Kegiatan stock opname sendiri juga dapat membantu sebuah bisnis untuk meningkatkan pelayanan untuk pelanggan. Bagaimana caranya? Salah satu kegiatan stock opname adalah menentukan alur keluar masuknya suatu barang. Jika stock opname dilakukan dengan baik, maka akan terlihat pada periode waktu tersebut apakah alur sudah berjalan dengan baik dan efektif. Jika tidak, perubahan bisa cepat dilakukan untuk meningkatkan pelayanan bagi para pelanggan.

Baca Juga 
Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah? Lakukan Cara-cara Berikut!

Contoh Laporan Stock Opname Persediaan

  • Meningkatkan Pendapatan

Sebuah bisnis juga bisa meningkatkan pendapatan dengan melakukan kegiatan stock opname yang tepat. Hal tersebut bisa dilakukan karena ketika terjadi stock opname, kamu bisa melihat kualitas stock barang yang tersedia. Kualitas bahan yang tersimpan dapat dilihat secara berkala sehingga perusahaan tersebut bisa terus memantau kondisi dan kualitasnya. Ketika kualitasnya terus membaik, pendapatan yang didapatkan oleh perusahaan juga bisa meningkat.

  • Mengantisipasi Kekurangan Stok

Stock opname juga membantu perusahaan untuk mengantisipasi kekurangan stock barang yang ada di gudang. Apalagi jika ditunjang dengan contoh laporan stock opname persediaan yang baik, kekurangan stock barang yang ada bisa diminimalisir. Hal tersebut cukup penting apalagi jika kekurangan tersebut terjadi pada bahan baku yang merupakan hal paling esensial dalam proses produksi tersebut. Kekurangan tersebut pun bisa diketahui sebelum proses produksi berjalan.

Contoh Laporan Stock Opname Persediaan

  • Mengelola Pengaturan Barang dalam Gudang

Salah satu manfaat stock opname lainnya adalah mengelola peraturan barang dalam gudang. Hal tersebut tentu dapat terjadi karena ketika melakukan stock opname, petugas yang berwenang akan melakukan evaluasi berdasarkan contoh laporan stock opname persediaan yang ada. Jadi ketika ada suatu produk yang lebih laku dan lebih sering digunakan dibanding sebelumnya, produk tersebut akan diletakkan di tempat yang mudah dijangkau.

Baca Juga: Contoh Laporan Stok Barang Gudang dan Fungsinya dalam Bisnis

 

Langkah-langkah Membuat Laporan Stock Opname

Setelah mengetahui bagaimana manfaat stock opname bagi bisnis, kamu juga harus mengetahui cara membuat contoh laporan stock opname persediaan. Namun sebelum membuat laporan tersebut, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan. Berikut adalah beberapa langkah yang dimaksud:

  • Membagi Tim

Gudang yang digunakan untuk menyimpan stok barang tentu bukan gudang yang kecil. Jadi, kamu harus membuat tim yang terdiri dari beberapa orang untuk melakukan stock opname. Terlebih, jika terdapat beragam bahan yang tersimpan dari gudang. Kamu harus membagi pekerjaan agar stock opname bisa dilakukan secara efektif dan efisien. 

Baca Juga 
Tips-tips Mencari Nama Toko Modern untuk Usaha Kamu

Begitu pun pada saat proses mencatat stock. Jika tidak menggunakan metode yang efektif, kamu akan memakan banyak waktu untuk mencatat semua persediaan barang yang ada. Dengan mengelompokkan berdasarkan kategori serta menggunakan barcode, kamu bisa melakukan pencatatan stock opname persediaan lebih cepat.

Contoh Laporan Stock Opname Persediaan

  • Menghentikan Sementara Arus Keluar Masuk Barang

Ketika melakukan pencatatan stock opname di gudang besar, tentu kamu akan menemui hambatan mengingat cepatnya arus keluar masuk barang. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menghentikan sementara arus keluar masuk barang agar bisa menulis contoh laporan stock opname persediaan. Dengan begitu, barang-barang yang sedang berada di gudang bisa tercatat dengan sempurna.

  • Melakukan Perhitungan Fisik

Salah satu kegiatan utama yang dilakukan pada stock opname adalah melakukan perhitungan fisik. Oleh karena itu, kamu harus melakukan perhitungan dengan teliti agar stock opname yang diinginkan bisa berjalan dengan baik. Jangan terburu-buru dan jangan dulu membandingkannya dengan laporan yang tersedia.

Contoh Laporan Stock Opname Persediaan

  • Membandingkan Laporan dengan Perhitungan Fisik

Setelah kamu selesai melakukan perhitungan fisik, kamu sudah siap untuk menulis contoh laporan stock opname persediaan. Kamu bisa membandingkannya secara kasar, tapi juga kamu bisa melakukannya selagi menuliskan contoh laporan fisik di excel. Dari situ, akan terlihat margin atau selisih yang ada, atau justru stok sudah sesuai dengan laporan.

  • Menuliskan Contoh Laporan Stock Opname Persediaan

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, kamu bisa melakukan penulisan contoh laporan stock opname persediaan. Ada beberapa komponen yang perlu diisi dalam contoh laporan stock opname persediaan. Berikut ini adalah contoh sederhana dari tabel contoh laporan stock opname persediaan.

Nama Barang Kode Barang Stock Awal Stok Akhir Selisih Catatan  Tanggal Opname
Kaos F0001 100 90 -10 Barang Sedikit Rusak 14-5-2023
Jaket C0001 60 70 10 14-5-2023
Kemeja D0001 80 85 5 14-5-2023
Celana E0001 90 90 14-5-2023
Baca Juga 
Pilihan Model Baju Koko Pria Terbaru, dari Gaya Kurta sampai Kasual

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai stock opname, manfaatnya serta contoh laporan stock opname persediaan. Tentu dengan mempelajari hal tersebut, kamu dapat mengingat bahwa stock opname untuk persediaan sangat penting untuk dilakukan agar stok dapat terjaga dengan baik.

Kamu juga dapat menggunakan aplikasi untuk membantumu mengelola bisnis menjadi lebih mudah. Melalui SmartSeller, kamu bisa mengelola pesanan yang masuk melalui manajemen order atau mengelola pengiriman barang ke pelanggan melalui manajemen shipping. Lalu, fitur manajemen inventori juga tak kalah penting. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi SmartSeller.