Saat ini semakin banyak orang yang ingin tahu cara menjadi dropshipper Shopee. Hal tersebut tentunya tidak mengagetkan mengingat metode dropship semakin sering digunakan dan juga Shopee yang melambung namanya sebagai sebuah platform bagi masyarakat untuk belanja online.

Kedua hal tersebut membuat dropship di Shopee menjadi sebuah ide yang menarik dan potensial. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas mengenai cara menjadi dropshipper Shopee bagi masyarakat awa. Namun sebelum itu, mari membahas sedikit mengenai pengertian dropship.

Pengertian Dropship 

Cara Menjadi Dropshipper Shopee

Dropship sendiri artinya adalah menjual sebuah barang tanpa menyimpan barang itu sendiri. Bagaimana maksudnya? Normalnya para penjual sebuah barang akan menyimpan sebuah barang sebagai stok untuk kemudian dijual kepada pembeli. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk penjual yang menggunakan sistem dropship atau biasa disebut dropshipper.

Dropship sendiri muncul sebagai salah satu metode berjualan seiring berkembangnya teknologi. Konsep dropship sendiri sebenarnya sama dengan perantara penjual yang menjual barang yang diproduksi oleh orang lain. Bedanya adalah istilah dropship sendiri lekat dengan belanja online.

Belanja online sendiri menjadi fenomena tersendiri bagi masyarakat beberapa tahun belakangan. Hal tersebut tak lepas dari kemajuan teknologi di berbagai sektor yang juga mempengaruhi perbelanjaan. Ditambah dengan keadaan pandemi yang melanda dunia beberapa tahun belakangan, transaksi belanja online semakin jauh meningkat dibandingkan sebelumnya.

Baca Juga: Cara Menjadi Dropshipper Pemula dan Sukses

Kalau biasanya remaja dan dewasa muda yang lebih mengerti teknologi, lain halnya pada belanja online. Sebagian besar masyarakat mengerti cara untuk belanja online, tak peduli tua ataupun muda. Baik hal kecil maupun hal esensial dapat dibeli secara online. Praktis serta menghemat waktu dan tenaga menjadi dasar mengapa banyak orang memilih untuk belanja online.

Karena pasar yang begitu potensial, semakin banyak pula orang yang berjualan online. Bagaimana tidak, ratusan juta penduduk Indonesia yang bisa dijangkau dengan teknologi membuat banyak yang tergiur untuk berjualan. Terlebih, teknis untuk memulai membuka lapak jualan online terbilang mudah. Semakin banyak orang yang berusaha untuk berjualan secara online.

Baca Juga 
Mau Bisnis di Bulan Ramadhan Laris? Ini Dia Tipsnya! 

Tonton Juga: #SellerStory Bolalicious : Cara mengembangkan usaha Merchandise sepak bola.

Berjualan online juga tidak membutuhkan modal sebesar berjualan online. Salah satu penyebab utamanya adalah para penjual tidak memerlukan toko fisik untuk berjualan di platform tertentu. Mereka hanya perlu membuat akun pada platform yang ingin gunakan dan mengisi data diri. Setelah diverifikasi, kamu sudah bisa menggunakan akun tersebut.

Namun, tidak semua orang mempunyai modal atau ide untuk berjualan. Terkadang, mereka yang baru mulai berjualan tidak mempunyai pengalaman, apalagi pemilihan produk juga penting dalam berjualan. Solusi dari hal tersebut adalah dropship. Berikut adalah cara menjadi dropshipper Shopee.

Cara Menjadi Dropshipper Shopee

Cara Menjadi Dropshipper Shopee

Dropshipper Shopee juga semakin diminati oleh masyarakat. Mengingat betapa seringnya Shopee digunakan oleh masyarakat, tidak heran apabila banyak juga yang berusaha menjadi dropshipper di platform tersebut. Berikut adalah beberapa langkah atau cara menjadi dropshipper Shopee

  • Membuat Akun 

Sama seperti platform marketplace lainnya, kamu harus terlebih dahulu membuat akun. Meskipun kamu hanyalah seorang dropshipper, membuat akun akan membuatmu terverifikasi sebagai seseorang yang jelas. Isi data diri sesuai toko yang ingin kamu dirikan agar ketika dilihat orang lain, kamu dapat dipercaya.

  • Memilih Produk yang Ingin Dijual

Layaknya penjual lainnya, kamu harus memilih produk apa yang ingin kamu jual sebagai salah satu cara menjadi dropshipper Shopee. Dalam tahap ini, sebaiknya kamu melakukan hal ini dengan penuh pertimbangan. Karena bagi para penjual, penting untuk menjual produk yang tepat.

Baca Juga: 7 Cara Menjadi Dropshipper yang Harus Diperhatikan

Tepat sendiri bukan hanya untuk pelanggan, tapi juga untukmu dropshipper. Kamu perlu mengerti produk yang ingin kamu jual agar bisa menjual produk tersebut. Selain itu, kamu juga harus memilih produk dengan potensi terjual cukup banyak karena keuntungan yang kamu dapatkan tentu tidak akan sebanyak seperti para produsen yang menjual langsung.

Baca Juga 
Wajib Tahu, Ini 5 Cara Berjualan Online agar Cepat Laku

Produk yang ingin kamu jual pun sebaiknya berkaitan mengingat kamu hanyalah seorang dropshipper. Supplier yang dipilih nantinya juga sebaiknya dari toko yang sama agar mempermudah dalam urusan pengiriman. Jika memilih dari berbagai toko tentu akan menyulitkan perihal ongkir.

  • Memilih Supplier

Cara Menjadi Dropshipper Shopee

Hal yang satu ini sama pentingnya seperti memilih produk yang ingin kamu jual. Mengingat kamu hanyalah perantara supplier dan pembeli, wajib hukumnya memilih supplier yang dapat dipercaya dalam rangka cara menjadi dropshipper Shopee. Ini penting sekali karena menyangkut dengan kepercayaan pelanggan. Terlebih, seorang dropshipper tidak bisa melakukan cek kualitas produk. 

Oleh karena itu, sebelum memilih sebaiknya kamu juga mencoba membeli produk tersebut untuk melihat kualitasnya. Kamu juga bisa melihat rating supplier tersebut di Shopee, serta review produk yang tersedia pada toko mereka. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk menentukan supplier mana yang ingin kamu pilih.

  • Isi Alamat Pengirim

Pada tahap ini, sebaiknya kamu mengisi alamat dengan alamat supplier. Hal tersebut sebaiknya jangan kamu lupakan karena berkaitan dengan ongkos kirim. Tentu saja ongkos kirim produk tersebut akan berbeda dan nantinya dapat merugikanmu jika kamu tidak melakukan perhitungan yang jelas.

Inilah sebaiknya mengapa kamu tidak menggunakan beberapa supplier menjadi bagian dari proses dropship kamu sebagai penjual. Nantinya ongkos kirim yang tertera akan bisa berbeda-beda dan hal tersebut tentu akan membingungkan bagi para pelanggan yang ingin membeli produk.

  • Mengunggah Produk yang Dijual

Meskipun kamu hanyalah seorang dropshipper, tapi penting untuk mengunggah produk yang ingin kamu jual. Kamu tidak perlu menjelaskan bahwa kamu seorang dropshipper. Yang harus kamu letakkan adalah foto produk yang ingin kamu jual, serta informasi produk yang detail dan juga harga produk tersebut. Kamu harus memberikan informasi-informasi tersebut secara detail karena pembeli menyukai informasi yang jelas.

Baca Juga 
Bagaimana Cara Berjualan Online agar Cepat Laku Dibeli?

Kamu bisa menggunakan foto dari supplier sebagai foto produk. Kamu juga bisa membeli produk dari supplier untuk kemudian berkreasi sesukamu. Pastikan juga harga yang kamu pasang pada produk tersebut tidaklah kemahalan ataupun kemurahan karena berhubungan dengan keuntungan bisnismu.

  • Melakukan Dropship

Cara Menjadi Dropshipper Shopee

Proses terakhir dalam cara menjadi dropshipper Shopee adalah melakukan dropship. Proses dropship pada Shopee juga terbilang cukup mudah dan didukung oleh Shopee itu sendiri. Sejatinya kolom proses pengiriman dropship Shopee sama seperti kolom pengiriman yang dilakukan oleh pembeli.

Yang membedakan adalah terdapat kolom kosong yang menandakan kamu mengirim sebagai dropshipper. Kamu harus memberi centang pada kolom tersebut. Pada kolom tersebut, kamu diharuskan mengisi nama pengirim dan nomor telepon pengirim. Isi kolom tersebut dengan data diri kamu. Jangan lupa gunakan promo ongkos kirim yang biasanya bisa kamu dapatkan di Shopee.

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai apa itu dropship serta sedikit penjelasan cara menjadi dropshipper Shopee. Sebenarnya, ada beberapa cara lain menjadi dropshipper di berbagai platform, salah satunya adalah layanan Private Order dari SmartSeller yang bisa memudahkanmu dalam proses dropship. Smartseller sendiri mempunyai produk lain seperti SmartSeller Storefront dan Manajemen Order yang nantinya akan sangat berguna jika kamu sudah mempunyai toko sendiri. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, kunjungi SmartSeller sekarang juga!