kamu untuk mengetahui cara import produk Tokopedia lewat fitur impor produk. Dengan memahami fitur ini kamu akan lebih mudah dalam memasarkan produk-produk dan bisnismu serta menjangkau masyarakat yang lebih luas. Kamu bingung bagaimana cara memanfaatkan fiturnya? Tenang, artikel ini akan menjelaskan cara import produk Tokopedia lewat fitur import produk dan apa saja manfaat fitur tersebut bagi bisnis kamu.

Alasan Menjadikan Tokopedia Sebagai Mitra Bisnis

Cara Import Produk Tokopedia

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara import produk Tokopedia,  kamu harus mengetahui terlebih dahulu alasan kenapa harus menjadikan platform satu ini sebagai mitra bisnis kamu. Tokopedia merupakan salah satu platform marketplace terbesar di Indonesia yang dapat memudahkan para pelaku usaha untuk memulai bisnis online. Selain dapat memasarkan produk-produk yang kamu jual dengan cepat, Tokopedia juga menawarkan berbagai fitur yang bisa membantu kelancaran bisnis kamu. Berikut beberapa kelebihan Tokopedia sebagai mitra bisnis:

1. Proses Pendaftaran Cepat

Cara Import Produk Tokopedia

Salah satu keuntungan berbisnis online di Tokopedia adalah seluruh proses pendaftaran dapat dilakukan secara online dengan cepat lewat beberapa kali klik saja. Kamu tinggal mengunjungi aplikasi atau situs web Tokopedia untuk melakukan pendaftaran. Sebelum mendaftarkan, siapkan data seperti alamat email atau nomor telepon yang aktif untuk proses verifikasi.

2. Tampilan Mudah Dipahami

Kelebihan Tokopedia yang selanjutnya adalah tampilan yang disediakan mudah dipahami. Poin ini sangat penting mengingat penjual di Tokopedia bisa berasal dari berbagai kalangan dan usia. Tampilan Tokopedia sangat sederhana dan memudahkan pengguna, lalu desain yang digunakan juga minimalis. Sehingga, bagi pemula yang baru bergabung dengan platform ini pasti akan langsung bisa mengoperasikannya tanpa ribet.

3. Biaya Administrasi Gratis

Untuk bisa menjalankan bisnis online di Tokopedia, kamu nggak usah khawatir soal biaya administrasi yang dikeluarkan. Pasalnya, seluruh proses pendaftaran gratis dan keuntungan yang didapatkan dari hasil jualan juga akan sepenuhnya menjadi milik penjual alias tidak ada pemotongan. Nggak cuma itu, Tokopedia juga kerap melakukan promosi gratis lewat layanan khusus untuk menarik banyak pengunjung ke toko online kamu secara berkala. Jadi yang perlu kamu lakukan hanya mempersiapkan tokomu sebaik mungkin agar dilirik oleh konsumen.

4. Jangkauan Pasar Luas

Tokopedia sebagai salah satu platform terbesar memiliki 135 juta pengunjung yang tersebar di berbagai wilayah. Dengan jumlah pengguna sebanyak ini, tentu saja jangkauan pasar Tokopedia pun luas, yang juga berdampak terhadap potensi penjualan yang akan kamu terima.

Baca Juga 
Alasan Metode FIFO adalah Solusi Pengelolaan Stok

5. Banyak Pilihan Pengiriman

Cara Import Produk Tokopedia

Kemudahan lain yang ditawarkan oleh Tokopedia adalah banyak pilihan pengiriman dari yang instan, same-day hingga kargo. Hal ini tentunya memudahkan konsumen untuk memilih jasa kirim yang diinginkan sesuai dengan ketersediaan budget, tingkat urgensi dan kebutuhan. Selain itu, baik seller maupun pembeli akan mendapatkan fasilitas untuk melacak keberadaan paket yang dikirimkan.

6. Opsi Pembayaran Bervariasi

Selain pilihan pengiriman, Tokopedia juga menyediakan berbagai opsi pembayaran. Terdapat puluhan metode pembayaran dan produk digital yang akan memberikan kemudahan bagi konsumen maupun seller saat melakukan transaksi. Pembayarannya ini nantinya akan otomatis masuk saldo Tokopedia  yang bisa ditransfer ke rekening pribadi.

7. Fitur-fitur Canggih dan Efisien

Tokopedia juga menyediakan berbagai fitur-fitur canggih yang dapat memperlancar transaksi bisnis antara penjual dan pembeli. Misalnya fitur dekorasi toko yang memungkinkan kamu menghias etalase toko online-mu semenarik mungkin, mulai dari menentukan foto profil, tema warna, hingga video dan banner produk. Ada pula juga fitur yang memudahkan cara import produk Tokopedia seperti fitur import produk yang akan dibahas nanti. Selain canggih, fitur-fitur di Tokopedia juga efisien dan menghemat waktu. Salah satunya adalah fitur hitung ongkir otomatis. Ongkos kirim setiap pesanan tidak perlu dihitung satu per satu oleh penjual karena sudah ada sistem yang langsung terhubung dengan layanan pengiriman dan konsumen guna menghitung ongkos kirim ke seluruh Indonesia.

8. Aman dan Tepercaya

Kelebihan terakhir adalah Tokopedia merupakan mitra bisnis yang aman dan tepercaya.  Untuk mencegah terjadinya kecurangan dalam proses transaksi, pesanan pembeli hanya akan diproses setelah Tokopedia mengonfirmasi pembayaran. Tokopedia juga menyediakan asuransi khusus untuk melindungi produk selama proses kirim. Jika sewaktu-waktu ada masalah yang berasal dari kesalahan pembeli atau kurir, maka seller di Tokopedia tidak harus mengganti rugi. Pencairan dana ke penjual pun tergolong cepat, yakni hanya terhitung 1-2 jam saat konsumen menerima paket. 

Baca juga: 4 Manfaat Kelola Banyak Akun Marketplace di Satu Platform

Baca Juga 
Contribution Margin adalah: Penjelasan Lengkap dan Mudah

Fitur Import Produk di Tokopedia

Cara Import Produk Tokopedia

Untuk memulai bisnis toko online, tentu kamu harus mempelajari berbagai fitur yang tersedia di Tokopedia. Salah satunya adalah fitur import produk. Fitur import produk ini memungkinkan kamu mengimpor berbagai produk beserta informasi produk yang akan kamu pasarkan nantinya.  Mengetahui cara import produk Tokopedia akan mendatang manfaat bagi kamu dan bisnismu. Pertama, kamu bisa memperluas jangkauan pasar dan calon pembeli. Dengan demikian, potensi penjualan toko online-mu juga akan meningkat, yang akan berdampak pada semakin berkembangnya bisnis kamu. 

Kedua, dengan memahami cara import produk Tokopedia, kamu dapat melakukan pengelolaan produk dengan lebih rapi dan sistematis. Kamu bisa mengatur produk, data produk, deskripsi produk, foto produk, harga produk beserta stok produk dengan mudah. Selain itu, fitur ini juga membantu kamu melakukan pembaruan jika ada update soal produk serta menyesuaikannya secara massal . Ingat, etalase toko yang berkualitas dan informatif akan lebih menarik lho bagi pengunjung. 

Ketiga, fitur ini sangat efisien dan menghemat waktu. Bayangkan, dengan satu klik saja kamu sudah bisa mengimpor banyak produk sekaligus dalam waktu yang sebentar. Caranya pun gampang, hanya tinggal mengunggah file Excel atau CSV yang berisi data produk kamu saja. Simpel bukan?

Cara Import Produk Tokopedia

Cara Import Produk Tokopedia

Setelah tahu manfaat fitur import Tokopedia, sekarang saatnya mencari tahu cara import produk Tokopedia. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Cara import produk Tokopedia yang pertama, kamu harus memiliki akun Tokopedia yang aktif dan terdaftar. Pastikan alamat emailmu sudah diverifikasi agar nantinya bisa mengakses semua fitur yang tersedia di Tokopedia.
  2. Setelah memiliki akun Tokopedia yang terdaftar, cara import produk Tokopedia selanjutnya adalah kamu harus menyiapkan data-data yang penting untuk produk yang akan kamu import. Misalnya seperti nama produk, foto produk, kategori produk, deskripsi produk, harga produk dan lain sebagainya. Persiapkan dari sebelumnya untuk menghemat waktu.
  3. Lalu selanjutnya, buka halaman Tokopedia Seller, di menu pengaturan toko. Lalu di-klik “produk” dan pilih fitur “import produk” di sebelah fitur “tambah produk”.
  4. Cara import produk Tokopedia setelah itu adalah menentukan sumber import-nya. Ada beberapa pilihan yang tersedia, yakni dari Excel atau CSV. Pastikan formatnya sesuai ya.
  5. Jika sudah menentukan format file yang sesuai, unggah file dari sumber import. Apabila kamu ingin mengkoneksikannya dengan platform lain silakan ikuti petunjuknya.
  6. Kalau produk sudah berhasil diimpor, daftar akan ditampilkan di Tokopedia, Cek kembali keakuratan semua data. Jika ada kesalahan, kamu bisa menyunting datanya di lama import produk.
  7. Kemudian, jika datanya sudah dipastikan benar dan akurat, kamu bisa mengatur dan menentukan varian produk. Misalnya seperti kategori produk, ukuran, warna, dan lain sebagainya. Informasi seperti ini akan membantu konsumen mendapatkan produk yang dia inginkan dengan lebih mudah dan cepat.
  8. Cara import produk Tokopedia kedelapan, kamu tinggal mengatur harga dan stok produk. Pastikan harganya kompetitif di pasar. Sementar untuk stok, bisa kamu pantau dan update secara rutin.
  9. Setelah harga dan stok diatur, kamu bisa menambahkan foto produk. Demi pelayanan yang lebih baik di mata konsumen, kamu harus mengunggah gambar yang berkualitas tinggi dan menarik untuk produk-produk yang diimpor. Jangan lupa pula untuk menyesuaikan format gambar yang sudah disediakan ya.
  10. Cara import produk Tokopedia yang terakhir adalah memublikasikan produk-produk yang kamu impor tadi di Tokopedia. Periksa sekali lagi soal detail tentang produk. Jika sudah, klik opsi “Publikasikan”. Produk-produk kamu akan terpajang di etalase dan bisa langsung dilihat oleh konsumen.
Baca Juga 
Jangan Salah Pilih, Ini Tips Cari Jasa Buat Website

Baca juga: Cara Jualan di Tokopedia Lewat HP yang Gampang Banget

Demikianlah beberapa cara import produk Tokopedia yang harus kamu ketahui jika ingin merintis bisnis toko online di platform terkait. Dengan mengimpor produk-produk kamu di Tokopedia, artinya kamu siap untuk memperluas pasar dan mengembangkan skala bisnismu. Jangan lupa selalu perbarui informasi produk dan pantau stoknya secara berkala ya. 

Untuk pengelolaan bisnis online yang tepat dan efektif, kamu bisa menggunakan SmartSeller.  Platform ini menyediakan berbagai fitur menarik yang dapat membantu penjualan tokomu, seperti fitur marketplace integration untuk mengontrol produk dan stok produk di marketplace secara terpusat. Selain itu ada pula fitur order management yang mengelola orderan dari konsumen agar operasional bisnis lebih efisien. Penasaran? Klik di sini sekarang juga!