Ingin memulai bisnis tanpa modal di HP untuk penghasilan tambahan atau kamu bersiap untuk tinggalkan pekerjaan saat ini? Dengan kemajuan teknologi informasi, siapa pun kini bisa memulai bisnis online melalui HP hanya dengan beberapa klik. 

Dalam artikel ini, Smartseller akan menjelaskan ide-ide bisnis tanpa modal di HP dan beberapa pertanyaan yang sering diajukan pengusaha baru beserta jawabannya. Yuk, intip artikel di bawah ini!

 

Menjadi Afiliator

Dengan menjadi afiliator, kamu bisa memperoleh penghasilan dengan merujuk orang untuk membeli suatu produk yang kamu rekomendasikan. Kamu bisa mempromosikan produk menggunakan situs web, pemasaran media sosial, atau metode lainnya. 

Afiliator menjadi salah satu cara termudah untuk menghasilkan uang secara online karena kamu hanya membutuhkan ponsel dengan koneksi internet. Bayaran untuk afiliator sendiri berkisar 5%-40% dari penjualan dan kamu bisa mendaftar ke beberapa program afiliasi yang tersedia di internet.

 

Bisnis Bimbingan Belajar Online

Bisnis tanpa modal di HP

 

Apa yang bisa kamu ajarkan kepada dunia? Apakah kamu bisa berbahasa asing atau bermain piano? Bisakah kamu menjadi pelatih olahraga atau mengajar coding?

Kamu bisa siapkan video dan materi e-learning untuk dibagikan kepada orang yang ingin mempelajari hal yang kamu bisa. Promosikan bimbingan belajar kamu secara online melalui iklan atau media sosial dan kamu bisa meminta siswa untuk memberikan referensi kepada teman dan kerabat mereka.

 

Memulai Blog

Blogging adalah salah satu cara paling populer untuk memulai bisnis tanpa modal di hp. Kamu bisa menulis blog dan membuat iklan di dalamnya ketika blog kamu sudah memiliki pengunjung yang cukup banyak.

Saat memulai blogging, kamu membutuhkan pembuatan konten berkualitas, mendapatkan pengunjung sebanyak-banyaknya, dan pada akhirnya menawarkan produk dan informasi yang mereka butuhkan.

Meski tidak semudah melakukannya di laptop atau komputer, kamu tetap bisa melakukan blog dari HP. Sudah banyak juga artikel yang bisa kamu baca untuk mulai blog dari HP.

 

Membuat Vlog di YouTube

Bisnis tanpa modal di HP

 

Bisakah kamu membuat video menarik yang membuat penonton kembali ke saluran Youtube kamu? Maka kamu adalah pengusaha yang tepat untuk saluran YouTube.

Melalui YouTube, kamu bisa menghasilkan banyak uang. Seperti yang kamu sering dengar, ada banyak cerita setiap minggu tentang semakin banyak YouTuber yang menjadikannya sebagai karier mereka.

Baca Juga 
Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia dengan Mudah

Kamu bisa memulai bisnis tanpa modal di HP satu ini. Terlebih kini makin banyak aplikasi editor dari HP sehingga kamu bisa mengedit video tanpa komputer atau laptop dengan kualitas yang tidak jauh berbeda.

 

Bisnis Agen Real Estat

Kamu bisa mulai melakukan bisnis tanpa modal di HP sebagai agen real estat. Kamu bisa membantu orang untuk menemukan rumah impian mereka dengan harga yang sesuai dengan anggaran mereka. 

Kamu hanya perlu memperbanyak wawasan dan informasi seputar rumah, apartemen, atau lahan baru di wilayah sekitar kamu. Kamu pun bisa memasarkan berbagai properti dan lahan tersebut melalui online dari HP.

 

Baca juga: 13 Produk Frozen Food Terlaris untuk Peluang Bisnis

 

Dropshipper

Bisnis tanpa modal di HP

 

Peran kamu sebagai dropshipper adalah mengiklankan suatu produk di platform atau marketplace apa pun termasuk media sosial tanpa harus memiliki stok barang tersebut.

Bisnis tanpa modal HP satu ini, membuat kamu hanya menawarkan produk kepada calon pembeli. Setelah ada pembeli dan pembeli tersebut membayar, kamu membeli produk tersebut dari distributor atau produsen, dan distributor atau produsen tersebut yang akan mengirimkannya kepada pembeli.  

Kamu bisa menjual apa saja mulai dari sendok hingga kapal pesiar tanpa uang sepeser pun. Kamu bajkan bisa saja tidak pernah melihat produknya. Namun, perlu diingat bahwa ada beberapa kelemahan bisnis dropshipping seperti pengiriman lambat, pengembalian dana memakan waktu, dan distributor atau produsen yang tidak profesional. 

Jadi, pastikan kamu melakukan riset yang cukup dan memilih distributor atau penjual terbaik sehingga bisa mengatasi kelemahan ini dan menjalankan bisnis dropshipping dengan lebih lancar.

 

Penerjemah

Bisakah kamu membaca, menulis, dan berbicara dalam berbagai bahasa?  Bisnis yang sedang melakukan ekspansi ke wilayah lain seringkali membutuhkan penerjemah. Kamu akan mengerjakan dokumen, file transkripsi, hingga penelitian. 

Kamu juga bisa diundang untuk sesi terjemahan langsung selama rapat. Iklankan keahlian dan layanan kamu secara online melalui media sosial atau situs web lepas.

 

Konsultasi

Bisnis tanpa modal di HP

Memulai bisnis konsultasi selalu merupakan bisnis tanpa modal di HP yang populer untuk dimulai. Jenis konsultasi yang kamu pilih akan bergantung pada keahlian kamu. Apakah kamu memiliki latar belakang pemasaran media sosial, kamu memiliki pengalaman hukum, atau bisa melatih olahraga?

Lihatlah keahlian dan pengalaman kerja kamu sebelumnya dan lihat apa yang bisa kamu tawarkan ke orang lain yang mungkin tidak memiliki keahlian tersebut. 

Baca Juga 
Mengenal Apa itu Checkout & Istilah Lain Bisnis Online

 

Menjual Barang Kerajinan Tangan

Barang-barang kerajinan tangan telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Jika kamu memiliki keterampilan kerajinan tangan atau tahu cara membuat produk tertentu, kamu bisa memulai bisnis ini.

Meski ada kemungkinan kamu membutuhkan sedikit modal untuk membeli bahan-bahan, kamu juga bisa membuat bisnis tanpa modal di HP melalui penjualan kerajinan tangan. Kamu hanya perlu menawarkan produk-produk contoh kepada calon pembeli dan membuatnya saat pembeli sudah membayar uang untuk produk tersebut.

 

Penjual Barang Antik

Kamu bisa membuat bisnis tanpa modal di HP dengan mengumpulkan penjual-penjual barang antik murah dan menjualnya kembali di media sosial atau markeplace lain. Kamu bisa membuat list produk tanpa membeli terlebih dahulu barang antik dan baru membelinya saat ada pembeli yang tertarik dan membayar produk tersebut melalui kamu

Namun, memulai bisnis penjualan barang antik mengharuskan kamu untuk memiliki pengetahuan umum yang baik tentang sejarah, harga, kondisi, dan nilai jual kembali barang-barang antik tersebut.

 

Tonton video menarik berikut: #SellerStory Zalona Store : Rahasia Sukses Bisnis Online Fashion Hijab

 

Pertanyaan yang Sering Diajukan Pengusaha Baru

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang paling sering diajukan dari pemilik usaha kecil baru dan pemula, termasuk kamu yang akan memulai bisnis tanpa modal di HP.

 

“Apakah saya perlu memikirkan rencana bisnis sebelum memulai bisnis kecil?”

Jawabannya, tidak. Kenapa? meluangkan waktu untuk mengembangkan rencana bisnis sebelum memulai bisnis kecil memang bisa bantu kamu memastikan peluang untuk membangun bisnis yang sukses. 

Namun, jauh lebih penting untuk menginvestasikan waktu kamu untuk mengenal calon pelanggan, mempelajari cara terbaik untuk memecahkan masalah mereka yang relevan (daripada membuat asumsi).

Alih-alih membuat rencana bisnis sebelum memulai bisnis kamu, lebih baik kamu fokus pada masalah-masalah nyata yang dialami oleh calon pelanggan.  Setelah kamu memvalidasi ide bisnis tersebut bahwa bisa memecahkan masalah pelanggan, kamu baru bisa membuat rencana bisnis & mencari tahu cara menyampaikan solusi bisnis kamu ke lebih banyak orang.

 

Baca juga: Contoh Strategi Harga yang Bisa Diterapkan di Bisnis!

 

“Saya sudah mempunyai ide bisnis, tetapi tidak tahu cara memulainya. Saya perlu apa?”

Sederhanakan dan ambil langkah kecil ke depan. Daripada khawatir tentang bagaimana bisnis kamu akan menghasilkan satu juta dolar atau produk-produk kamu berada di rak-rak toko di seluruh dunia, fokuslah pada hal-hal kecil yang bisa kamu lakukan.

Baca Juga 
Arti Purchase Order yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

 

“Bagaimana cara memulai bisnis?”

Memulai bisnis termasuk bisnis tanpa modal di HP sebenarnya tidak terlalu sulit. Jika kamu memecah “bisnis” menjadi bentuk yang paling sederhana, sebenarnya bisnis benar-benar hanya sarana untuk membantu orang (atau bisnis lain) memecahkan masalah yang mereka hadapi. Jika kamu bisa memecahkan masalah, kamu sudahmemiliki dasar ide bisnis yang akan sukses.

 

“Bagaimana jika saya merasa salah menentukan ide bisnis & berubah pikiran?”

Keindahan menjadi seorang pengusaha adalah bahwa kamu tidak perlu berkomitmen untuk bertahan dengan ide bisnis kecil yang ternyata tidak tepat untuk kamu. Saat proses membangun bisnis yang sukses, kamu akan belajar banyak, banyak pengalaman dan banyak pelajaran.

Terkadang, beberapa pebisnis pemula akan merasa bahwa bisnis yang mereka bangun tidak tepat untuk mereka. Hal ini wajar  dan kamu selalu bisa menutup bisnis atau beralih ke pemecahan masalah lain yang sama sekali berbeda dengan bisnis sebelumnya. 

 

“Kesalahan yang sering dilakukan oleh pebisnis baru?”

Kesalahan terbesar yang dilakukan oleh sebagian besar pemilik usaha kecil baru adalah menghabiskan terlalu banyak waktu dalam tahap brainstorming, perencanaan & persiapan. Hal terpenting yang bisa kamu lakukan ketika memulai bisnis tanpa modal di HP adalah terhubung dengan calon pelanggan kamu dan mendengarkan mereka. Ajukan pertanyaan, pelajari apa masalah terbesar mereka & berikan solusi nyata untuk mereka.

Jika kamu memulai bisnis tanpa modal di HP dan memutuskan untuk memilih bisnis untuk menjual produk dibandingkan dengan menawarkan jasa, kamu bisa memanfaatkan aplikasi SmartSeller. Melalui fitur Private Order, kamu bisa membuat katalog untuk produk-produk kamu yang stoknya otomatis ter-update secara real-time. 

 

Fitur unggulan SmartSeller ini juga bisa membantu reseller bisnis kamu sehingga bisa memesan produk langsung via web Private Order dan bisa membayar dengan berbagai metode pembayaran. Kalau bisa dibikin otomatis, kenapa nggak? Justru kamu malah bisa berfokus pada hal-hal yang lebih strategis! Yuk, semangat memulai bisnis tanpa modal di HP dan Daftar Gratis SmartSeller sekarang.