Bagaimana cara jualan di Lazada untuk pemula? Mungkin pertanyaan inilah yang ada di benak para pebisnis yang ingin membuka toko onlinenya di platform e-Commerce dari Alibaba Group ini. Lazada adalah salah satu e-Commerce di Indonesia yang punya nama besar di Indonesia dan hal ini yang membuat platform ini bisa jadi pilihan untuk melebarkan bisnismu secara online.

Dari data yang ditemukan, Lazada menduduki peringkat ke-4 sebagai e-Commerce yang banyak dikunjungi di Indonesia dengan jumlah rata-rata 83 juta kunjungan setiap bulannya. Jadi, buat para pebisnis, kamu perlu mempertimbangkan untuk menambah channel penjualan di Lazada!

Sama halnya dengan platform e-Commerce lainnya, Lazada juga menaungi ribuan bahkan lebih Seller di Indonesia dan kamu pun bisa menjadi salah satu Seller di Lazada juga lho. Tapi, bagaimana untuk jadi Seller di Lazada dan cara jualan di Lazada untuk pemula?

Jangan khawatir! Di artikel ini, kami sudah merangkum panduan lengkap mendaftar Seller Lazada dan juga cara jualan di Lazada untuk pemula. Yuk, simak sampai tuntas!

Cara Jualan di Lazada untuk Pemula

Cara Daftar Jadi Seller di Lazada

Cara jualan di Lazada untuk pemula sebenarnya mirip dengan saat kamu mendaftar di platform e-Commerce lainnya. Langkah pertama yang perlu dilakukan tentu saja adalah membuat akun sebagai Seller di Lazada. Bagaimana caranya agar bisa terdaftar jadi seller Lazada? Berikut di bawah ini adalah panduan lengkapnya!

1. Buat Akun Seller

Cara jualan di Lazada untuk pemula mudah kok. Sama halnya dengan berjualan di aplikasi TikTok Shop, kamu perlu membuat akun sebagai seller atau penjual di Lazada., kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka situs web resmi Lazada Seller Center di https://sellercenter.lazada.co.id/.
  • Klik  “Daftar Sekarang”.
  • Masukkan nomor handphone untuk melakukan verifikasi kode OTP melalui WhatsApp atau SMS. 
  • Kalau kamu sudah menerima kode OTP, masukkan kode OTP tersebut.
  • Pilih jenis akun.
  • Masukkan email dan password.
  • Terdapat pilihan lain untuk daftar, yaitu masuk dengan menggunakan Facebook, Google, atau aplikasi pembeli Lazada. Kalau kamu memilih cara ini, kamu hanya perlu berikan otorisasi dan ikuti alur pembuatan akunnya.
  • Kalau sudah, pastikan kamu baca syarat dan ketentuan yang berlaku sebagai Seller Lazada dan ketika berjualan pada platform ini.
  • Akun Seller Lazada pun sudah bisa digunakan.
Baca Juga 
Praktis, Ini Cara Membuat Invoice Penjualan Pakai Excel

Tonton Juga: #SellerStory Bolalicious : Cara mengembangkan usaha Merchandise sepak bola.

Cara Jualan di Lazada untuk Pemula

2. Isi Informasi Lengkap Toko

Setelah kamu berhasil memiliki akun Seller Lazada, cara jualan di Lazada untuk pemula selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan melengkapi informasi mengenai tokomu. Cara jualan di Lazada untuk pemula ini perlu kamu lakukan demi kredibilitas bisnismu. Kamu tidak ingin kalau pembeli tidak percaya dengan bisnismu? 

Nah, berikut ini adalah panduan lengkapnya.

  • Buka akun Seller Lazada-mu.
  • Masukkan nama toko dan nama untuk URL tokomu.
  • Unggah foto atau logo tokomu. Usahakan foto atau logo tersebut dibuat secara profesional.
  • Isi deskripsi singkat mengenai toko.
  • Isi alamat atau lokasi toko.
  • Lakukan verifikasi dokumen identitas diri, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan lainnya.
  • Lengkapi informasi rekening bank. Pastikan nama pemilik rekening sesuai dengan nama pemilik identitas.
  • Isi informasi lain yang sekiranya dibutuhkan oleh Lazada.

Cara Jualan di Lazada untuk Pemula

3. Upload Foto Produk Jualan

Cara jualan di Lazada untuk pemula yang berikutnya adalah melakukan upload foto produk ke tokomu. Nah, tentu foto produk yang diperbolehkan dan patut dipertontonkan kepada pelanggan Lazada. Kalau foto produk yang kamu upload tidak jelas dan tidak sesuai dengan ketentuan Lazada, hal ini akan berdampak negatif pada kredibilitas toko.

Untuk itu, kamu bisa ikuti tips dan cara untuk urusan foto produk di bawah ini.

  • Pastikan ambil foto produk dengan angle dan pencahayaan yang cukup. Hal ini patut kamu lakukan agar produk terlihat jelas secara keseluruhan. Ambil beberapa foto yang menampilkan setiap sisi dari produk tersebut. Pastikan foto hanya fokus terhadap produk.
  • Edit foto jika diperlukan. Mengedit foto tidak hanya soal membersihkan foto, seperti cropping atau retouch. Tapi, kamu juga bisa menambahkan watermark atau nama toko pada foto untuk mencegah penggunaan foto oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.
  • Mulai upload foto satu persatu sesuai dengan ketentuan dan arahan yang diberikan oleh Lazada.
  • Isi informasi terkait produk, seperti deskripsi singkat, harga, varian, dan informasi lain yang sekiranya kamu berikan kepada pelanggan.
Baca Juga 
7 Syarat Jualan di TikTok Shop dan Cara Mendaftarnya!

Sebagai salah satu tips dalam cara jualan di Lazada untuk pemula, setidaknya kamu memiliki produk yang berjumlah lebih dari 1. Hal ini dilakukan agar bisnis dapat terlihat lebih profesional di mata pelanggan. Setidaknya, kamu memiliki 5 atau lebih produk yang dipasang di etalase toko Lazada-mu.

Baca Juga: Inilah 7 Smartphone Terbaik untuk Fotografi Produk UKM dan Startup!

4. Mulai Jualan

Kalau sudah menerapkan cara jualan di Lazada untuk pemula di atas, ini artinya bahwa kamu sudah bisa mulai membuka toko onlinemu untuk berjualan! Nah, untuk alur transaksi jual beli di Lazada sendiri sebenarnya juga tidak jauh berbeda dengan platform e-Commerce lainnya kok.

Cara Jualan di Lazada untuk Pemula

Tips Agar Jualan di Lazada Laris Manis untuk Pemula

Gimana? Cara jualan di Lazada untuk pemula di atas cukup mudah buat dilakukan? Meskipun cara jualan di Lazada untuk pemula ini mudah, tapi ketika pertama kali menjalankan jualan pasti belum bisa mendapatkan pembeli yang banyak. Hal ini wajar terjadi kok.

Oleh karena itu, memang diperlukan adaptasi di mana kamu perlu mempelajari bagaimana cara promosi di Lazada dengan maksimal. Pasalnya, tiap platform e-Commerce punya fiturnya masing-masing, begitu pula dengan Lazada. Nah, di bawah ini adalah tips yang bisa kamu lakukan agar jualanmu laris manis di Lazada.

    • Optimalkan konten produk jualanmu. Hal ini bisa kamu lakukan melalui pemilihan foto yang menarik dan terlihat profesional. Selain itu, tulis deskripsi produk yang lengkap dengan bahasa yang mudah dimengerti. Masukkan informasi yang sekiranya akan ditanya oleh pelanggan.
    • Menggunakan fitur promo di Lazada. Terdapat banyak pilihan fitur promo di Lazada, antara lain:
      1. Gratis ongkir: Promo yang memanjakan pelanggan agar tidak membayar ongkos kirim
      2. Voucher penjual: Voucher yang diberikan kepada pelanggan yang memberikan potongan harga.
      3. Flexi Combo: Promo yang berupa penawaran diskon berdasarkan konsep ‘beli lebih diskon lebih’.
      4. Bundles: Promo yang berupa penawaran diskon dengan konsep ‘beli 1 gratis 1
      5. Voucher pengikut: Voucher yang diberikan kepada pengikut tokomu.
      6. Share voucher: Voucher yang didapatkan ketika pelanggan membagikan voucher kepada orang lain melalui media sosial.
Baca Juga 
4 Cara Optimalkan Penjualan Online Selama Ramadhan

Baca Juga: Cara dan Contoh Deskripsi Produk Agar Jualanmu Laris!

Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai cara jualan di Lazada untuk pemula. Cara jualan di Lazada untuk pemula mudah dan masih punya langkah-langkah yang mirip dengan e-Commerce lainnya. Pada intinya, dengan menerapkan cara jualan di Lazada untuk pemula di atas, kamu bisa mulai buka toko online di Lazada!

Kalau sudah berhasil buka toko di Lazada, jangan lupa dengan urusan pengelolaannya. Pakai aja SmartSeller untuk pengelolaan berbagai e-Commerce yang mudah dalam satu dashboard! Selain itu, ada banyak Seller dengan produk berkualitas jika kamu tertarik jadi resellernya. Yuk, pakai SmartSeller sekarang!