Cara membuat rekap orderan untuk setiap online shop memiliki konsep yang sama. Setiap rekap orderan yang dibuat harus tepat dan akurat karena berhubungan dengan proses pembuatan laporan keuangan yang nantinya secara rutin dilakukan oleh perusahaan. Jika rekap orderan tidak sesuai dengan pemasukan yang diterima usaha, maka kemungkinan proses pencatatan laporan keuangan akan berantakan dan tidak sesuai dengan kondisi di lapangan.

Tidak hanya itu saja, mengetahui cara membuat rekap orderan juga akan mempermudah proses pelayanan kepada pelanggan. Melayani pesanan pelanggan akan jauh lebih cepat dan mudah dengan adanya rekap orderan yang akurat. Dalam artikel berikut ini, kamu akan mengetahui bagaimana cara membuat rekap orderan yang mudah dan akurat serta apa saja keuntungan membuat rekap orderan bagi bisnis.

Cara Membuat Rekap Orderan untuk Bisnis Online

Cara Membuat Rekap Orderan

Secara akuntansi, terdapat 4 langkah untuk cara membuat rekap orderan yang bisa diikuti oleh bisnis online. Keempat langkah tersebut merupakan bisa diterapkan untuk mendapatkan rekap orderan yang sesuai dengan kebutuhan akuntansi atau pencatatan keuangan usaha. Berikut adalah 4 langkah cara membuat rekap orderan secara akuntansi:

  • Identifikasi Jenis Transaksi

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengidentifikasi jenis transaksi. Dalam suatu bisnis, terdapat beragam jenis transaksi yang terjadi. Penting sekali untuk mengidentifikasi jenis transaksi yang terjadi agar tidak salah dalam proses rekap. Misalnya jika transaksi yang terjadi adalah transaksi pelunasan, maka tidak bisa disamakan dengan jenis transaksi cicilan. Keduanya merupakan jenis pembayaran yang berbeda, sehingga perlu pengelompokan yang berbeda juga.

  • Buat Catatan Transaksi pada Jurnal

Setelah mengidentifikasi jenis transaksi tersebut, kamu perlu membuat catatan transaksi yang ada pada jurnal. Membuat pembukuan transaksi tersebut perlu dilakukan dengan tepat dan akurat agar tidak ada kekeliruan yang terjadi. Transaksi yang ditulis di jurnal harus sesuai dengan jenis transaksi serta harus akurat jumlahnya. Ini karena jurnal akan dijadikan patokan untuk membuat laporan keuangan usaha selanjutnya.

Baca Juga 
Aneka Model Baju Anak Perempuan untuk Jualan Online

Cara Membuat Rekap Orderan

  • Memasukkan Jurnal ke Neraca Keuangan

Setelah setiap transaksi selesai dimasukkan ke dalam jurnal, langkah selanjutnya adalah memasukkannya pada neraca keuangan. Dari tahap ini bisa diketahui apakah rekap orderan sudah tepat dilaksanakan atau belum. Jika neraca sesuai, maka rekap orderan tepat dilakukan. Sebaliknya, jika neraca tidak seimbang maka terjadi kesalahan pada prosesnya. Penting sekali untuk mencatat setiap data transaksi dan orderan agar tidak terjadi kesalahan yang bisa merugikan usaha.

  • Analisa Laporan

Jika pada langkah sebelumnya terdapat perbedaan data, maka kamu perlu melakukan analisa yang lebih dalam lagi. Perhatikan setiap transaksi masuk dan setiap transaksi keluar yang terjadi dalam periode waktu tertentu. Inilah pentingnya mengetahui bagaimana cara membuat rekap orderan agar bisa membuat laporan yang akurat dan sesuai dengan keperluan usaha.

Baca Juga: Tips Agar Dagangan Laris Banyak Pembeli

Ada juga cara lain untuk membuat rekap orderan untuk setiap bisnis online. Cara berikutnya memanfaatkan penggunaan teknologi yang praktis sehingga membuat proses pencatatan rekap orderan menjadi lebih praktis dan mudah. Cara ini juga akan lebih memudahkan bisnis online yang memiliki banyak toko di marketplace. Jadi kamu tidak perlu khawatir kerepotan mengelola catatan orderan dari berbagai marketplace yang ada.

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi pengelolaan pesanan atau bisa juga disebut dengan order management. Menggunakan aplikasi adalah salah satu cara membuat rekap orderan yang akan sangat membantu siapa pun pemilik bisnis online. Terutama untuk setiap bisnis yang memiliki banyak toko di marketplace. Dengan menggunakan aplikasi tentunya proses pencatatan orderan kan lebih praktis dan otomatis.

Cara Memulai Rekap Orderan

Tentunya kamu perlu memilih aplikasi yang memiliki fitur berkualitas dan terpercaya. Pastikan aplikasi tersebut juga memiliki fitur lengkap untuk mengelola setiap data pesanan dan penjualanmu. Akan lebih baik lagi jika aplikasi tersebut dilengkapi dengan fitur integrasi dengan setiap marketplace yang kamu gunakan agar mencatat orderan menjadi lebih baik.

Baca Juga 
Aneka Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan yang Dapat Dicoba

Saat ini sudah ada bermacam-macam aplikasi pencatatan pesanan yang bisa digunakan oleh setiap usahu, sehingga kamu tidak perlu khawatir tentang bagaimana cara membuat rekap orderan. Setiap orderan yang masuk di marketplace akan terintegrasi dengan baik tanpa terlewat. Dengan demikian, proses pembuatan laporan akan menjadi lebih mudah dilakukan.

Manfaat Menggunakan Aplikasi untuk Mencatat Orderan

Cara Membuat Rekap Orderan

Aplikasi pencatatan orderan untuk bisnis online saat ini sudah semakin banyak. Dikarenakan cara membuat rekap orderan adalah hal yang penting untuk bisnis online, maka banyak sekali usaha kecil yang memilih untuk menggunakan aplikasi pencatatan order pelanggan. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh bisnis online yang menggunakan aplikasi untuk mencatat order dari pelanggan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Pengontrolan Arus Kas yang Lebih Baik

Mencatat order adalah salah satu langkah awal yang penting untuk dilakukan. Dengan mencatat setiap transaksi, kamu bisa mendapatkan informasi seputar arus kas yang akurat. Alurnya sama seperti yang dijelaskan pada langkah pencatatan order secara akuntansi yang telah dijelaskan di atas. Dengan pemasukan dan pengeluaran yang tercatat dengan akurat, arus kas akan lebih teratur dan bisnis juga tidak akan boros pengeluaran.

  • Pelaporan Pajak Lebih Mudah

Rekap orderan berarti mencatat setiap transaksi masuk yang diterima usaha dari hasil penjualan. Setiap pembayaran tersebut tentunya dikenakan pajak yang wajib dilaporkan oleh usaha yang berjalan. Dengan rekap order yang akurat, proses pelaporan pajak juga lebih mudah. Perusahaan tidak akan mengalami kesalahan saat melaporkan pajak dan bisa tetap menjadi bisnis yang taat pajak.

Baca Juga: Hal yang Wajib Diketahui Pebisnis seputar Target Market

 

  • Menilai Keuntungan Usaha

Jika ingin melihat berapa besar keuntungan bersih yang didapatkan oleh suatu usaha, kamu bisa mulai dari mencatat setiap transaksi yang terjadi. Dari setiap rekap orderan tersebut, kamu akan lebih mudah mengkalkulasi berapa pemasukan dan pengeluaran usahamu. Selanjutnya perhitungan keuntungan bersih usaha akan jauh lebih mudah dihitung.

  • Perusahaan Menjadi Lebih Sehat

Salah satu penyebab banyaknya usaha yang mengalami kerugian adalah pengelolaan keuangan yang berantakan. Maka dari itu membuat laporan keuangan dan mengatur kondisi keuangan secara bijak adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Laporan keuangan yang sehat tentunya akan memberikan dampak yang baik untuk usaha. Usaha kecil utamanya perlu mengelola kondisi keuangannya dengan teratur agar bisnis bisa bertahan dalam waktu yang lama. Kondisi keuangan usaha yang sehat juga akan membuat perusahaan berjalan lebih lancar.

Baca Juga 
Mengenal Pengertian Impor dan Ekspor, Beserta Tujuannya!

Dengan membuat rekapan untuk setiap orderan yang masuk, artinya kamu memulai langkah awal untuk pengelolaan keuangan usaha yang sehat. Kamu bisa menggunakan cara manual untuk membuat rekapan order atau memanfaatkan aplikasi yang memiliki fitur order management. Salah satu contoh aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah SmartSeller. Dengan fitur order management, shipping management yang akan mengelola pengiriman pesanan usahamu, dan juga integrasi marketplace yang akan mempermudah pengelolaan toko online milikmu. Yuk, langsung saja cek SmartSeller!