Cara jualan di Lazada tanpa stok barang, tentu bisa dilakukan. Di era saat ini berbisnis tanpa modal bukan lagi sekadar khayalan. Kamu bisa memulainya mulai saat ini. Sebab, salah satu platform terbesar di Asia Tenggara yakni Lazada memiliki sistem dropshipper sebagai cara jualan di Lazada tanpa stok barang.

Cara jualan di Lazada tanpa stok barang juga tidak ribet. Kamu hanya tinggal menyiapkan koneksi internet, laptop atau ponsel, dan kamu sudah bisa berjualan tanpa stok barang dengan menjadi dropshipper. Lalu, bagaimana caranya?

 

Apa Itu Dropshipper?

Sebelum mengetahui cara jualan di Lazada tanpa stok barang, sebaiknya kamu perlu mengenal apa itu dropshipper. Seperti diketahui, dropshipper adalah sistem penjualan yang melibatkan kamu untuk menjual atau mempromosikan produk tanpa harus memiliki persediaan barang dari supplier.

Ketika menjadi dropshipper, nantinya kamu bisa bekerja sama dengan toko online yang ada di Lazada. Sistem kerjanya juga tidak sulit, kamu hanya perlu mengiklankan atau memasarkan produk dari toko yang bekerja sama denganmu. Bahkan, kamu tidak perlu susah-susah mengirim barang, lho!

 

Keuntungan Bisnis Online Dropship

Seperti yang sudah dijelaskan, menjadi dropshipper tidak perlu menyetok barang. Tentu, hal tersebut menjadi salah satu keuntungan yang didapatkan. Namun ternyata, masih banyak keuntungan lainnya dengan memilih menjadi dropshipper

Yuk simak apa saja keuntungan menjadi dropshipper sebelum kamu mengetahui bagaimana cara jualan di Lazada tanpa stok barang. 

Cara Jualan di Lazada tanpa Stok Barang

  1. Tak Perlu Modal Banyak

Pelaku dropship atau dropshipper tidak perlu memiliki modal banyak. Selain karena tidak memerlukan stok barang, kamu juga dapat meminimalisir biaya operasional yang relatif rendah. Hal ini dikarenakan kamu tidak membutuhkan pengelolaan gudang dan pembelian inventaris. Kamu juga tidak perlu menyewa toko, karena bisa dilakukan di rumah dengan bermodalkan PC atau laptop, smartphone, dan tentu saja internet. 

  1. Memiliki Variasi Produk
Baca Juga 
Mengetahui Apa Itu Beban Pokok Penjualan

Menjadi seorang dropshipper akan memberikan kamu kesempatan untuk menjual berbagai macam produk. Bahkan, kamu bisa saja mengikuti produk yang sedang tren. Lantaran, dalam melakukan bisnis dropship ini, kamu tidak perlu membeli produk yang akan dijual terlebih dahulu. Dengan memiliki variasi produk, tentu tampilan toko juga akan semakin menarik karena konsumen dapat berbelanja dalam satu toko sekaligus.

Cara Jualan di Lazada tanpa Stok Barang

  1. Pilihan Tepat Memulai Bisnis

Jika kamu baru mau terjun dalam dunia bisnis online, menjadi dropshipper tentu bisa menjadi batu loncatan yang tepat. Pasalnya, bisnis dropship ini sangat mudah untuk dimulai, tidak perlu menunggu modal yang terkumpul. Selain itu, kamu juga tidak khawatir dalam mengurusi biaya dan pengelolaan sewa gudang, menyetok barang baku atau produk jadi, serta mengurusi pengemasan pelanggan. 

Tidak hanya itu, bisnis dropship ini juga mudah untuk diuji. Kamu dapat melihat selera pasar yang kemudian bisa menjadi data guna mengetahui produk yang berpotensi untuk dijual. 

 

Syarat Cara Jualan di Lazada Tanpa Stok Barang

Ketika telah memahami pengertian dropshipper, selanjutnya kamu terlebih dahulu mengetahui syarat untuk cara jualan di Lazada tanpa stok barang. 

Apa saja syaratnya? Yuk, simak informasi syarat untuk cara jualan di Lazada tanpa stok barang sebagai berikut.

Baca Juga: Ingin Menjadi Reseller Tanpa Modal? Begini Caranya!

  1. Memiliki Perangkat dengan Koneksi Internet

Syarat pertama sebagai cara jualan di Lazada tanpa stok barang, tentu harus memiliki perangkat seperti komputer (PC) atau laptop dan smartphone dengan koneksi internet. Hal ini untuk mempermudah dalam melayani pelanggan. 

  1. Cari Supplier Terpercaya untuk Bekerja Sama

Cara jualan di Lazada tanpa stok barang dengan sistem dropship mengharuskan kamu mencari supplier yang mau diajak bekerja sama. Namun, dalam memilihnya perlu kehatian-hatian, usahakan supplier tersebut telah terpercaya. Hal ini akan memengaruhi kualitas produk yang kamu jual dan testimoni dari para pelanggan. 

Baca Juga 
Alasan Niche Market adalah Salah Satu Solusi Pada Bisnis

Cara Jualan di Lazada tanpa Stok Barang

  1. Cari Toko di Lazada yang Bekerja Sama dengan Dropshipper

Setelah mengetahui supplier tersebut terpercaya, pastikan jika toko yang ada di Lazada ini bersedia untuk melakukan kerja sama dengan dropshipper. Jangan malu untuk bertanya, ya!

 

Cara Jualan di Lazada Tanpa Stok Barang

Sebelum mengetahui cara jualan di Lazada tanpa stok barang, pastikan kamu sudah tahu bahwa Lazada akan menarik biaya admin bagi seller maupun dropshipper sebesar 1,8 persen. Tapi tenang, sebab biaya yang ditarik oleh Lazada ini merupakan biaya paling murah dibandingkan dengan marketplace lainnya.

Cara jualan di Lazada tanpa stok barang cukup mudah. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya.

  1. Riset Produk

Langkah cara jualan di Lazada tanpa stok barang yang pertama adalah melakukan riset untuk mengetahui produk apa yang akan kamu jual nantinya, sebelum memiliki kerja sama dengan toko di Lazada. Tak hanya itu, dengan melakukan riset, kamu juga bisa mengetahui seberapa banyak pesaing yang menjual barang serupa.

  1. Cari Supplier

Setelah melakukan riset, cara jualan di Lazada tanpa stok barang berikutnya adalah mencari supplier yang menguntungkan bagi kamu di Lazada. Carilah supplier atau penyetok yang memiliki barang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Kedua hal ini tentu saja menjadi salah satu yang dicari oleh para konsumen. 

Baca Juga: Tips Menjadi Supplier Dropship Tangan Pertama

  1. Buka Toko di Lazada

Untuk memulai jualan atau menjadi dropshipper di Lazada, kamu harus memiliki toko online. Mulailah dengan membuat akun Lazada, kemudian tulis nama toko, deskripsi, hingga alamat toko. Jangan lupa untuk menuliskan informasi produk atapun toko secara detail. 

  1. Promosikan Toko Milikmu!

Meski hanya menjadi dropshipper, Lazada memiliki beberapa fitur yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan toko milikmu. Salah satunya adalah fitur ‘Promosi’ yang tersedia pada Seller Center. Karena itu, manfaatkan fitur yang disediakan oleh Lazada sebaik mungkin guna memperkenalkan toko online milikmu. 

Baca Juga 
Tips Meningkatkan Produktivitas Karyawan saat Puasa Ramadan!

Cara Jualan di Lazada tanpa Stok Barang

  1. Jika Ada Transaksi, Lanjutkan ke Supplier

Kemudian, ketika ada pembeli yang berbelanja di toko online milikmu, segera konfirmasi kepada supplier yang bekerja sama dengan kamu. Jangan lupa untuk segera memberikan informasi secara detail terkait barang apa yang dipesan oleh konsumen.

  1. Input Resi

Setelah terjadi transaksi, kamu hanya perlu menginput resi pengiriman. Jangan lupa untuk mencatat konfirmasi rincian dari barang yang dipesan, serta kode resi pengiriman. Langkah ini bisa menjadi bukti penjualan pada pembukuan ataupun kebutuhan dokumen lainnya. 

Tonton Juga: SmartSeller : Integrasi dengan Marketplace

  1. Berikan Layanan Terbaik

Ketika menjadi dropshipper, kamu perlu memberikan kesan terbaik saat melayani konsumen. Jika pelanggan puas dengan pelayanan yang kamu berikan, tidak menutup kemungkinan mereka akan kembali berbelanja di toko milikmu. Dengan begitu, kamu telah membuka peluang untuk memiliki pelanggan tetap atau pelanggan setia. 

Mudahkan mengikuti cara jualan di Lazada tanpa stok barang? Apalagi banyak keuntungan yang bisa didapat. Jangan takut tidak bisa mengelola toko online-mu dengan baik, karena saat ini sudah ada platform SmartSeller yang akan membantumu dalam mengelola orderan di berbagai marketplace. Selain itu, di platform satu ini juga banyak reseller terpercaya yang dapat membantu kembangkan bisnis dengan berbagai fitur yang ditawarkan. Jangan ragu, coba sekarang juga karena SmartSeller lagi memiliki promo gratis tiga bulan, lho. Yuk klik di sini