Bisnis jualan baju online sudah jadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Ya, di zaman modern sekarang ini, berbisnis online banyak dilakukan oleh orang-orang, mulai dari remaja hingga dewasa, dan salah satunya adalah bisnis jualan baju online.

Baju atau pakaian adalah salah satu produk yang banyak digemari dari dulu hingga sekarang. Hal ini juga karena faktor baju merupakan salah satu kebutuhan primer dalam kehidupan kita. Berbagai macam style atau model baju pun pasti akan terus berkembang, yang pastinya mengundang minat banyak orang untuk mengikuti tren yang sedang berjalan.

Karena itulah, dengan memulai jualan baju online, pastinya akan membawa keuntungan yang lumayan buat kamu. Kenapa? Karena permintaan terhadap produk baju pasti nggak akan pernah habis, seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk memulai bisnis jualan baju online, kamu perlu simak dulu keuntungan dan cara mudah memulai bisnis yang satu ini dalam pembahasan berikut! 

 

Keuntungan Bisnis Jualan Baju Online

  • Nggak Perlu Modal Banyak

Saat baru memulai bisnis jualan baju online, kamu nggak perlu memiliki stok terlalu banyak. Kamu bisa gunakan sistem pre-order supaya bisa cepat balik modal. Nah, setelah memiliki modal yang banyak, barulah kamu bisa menambah stok barang lebih banyak.

 

  • Banyak yang Minat

Seperti yang sudah disebut di atas, produk pakaian atau baju pasti akan selalu dibutuhkan. Selain itu, produk ini juga bervariasi, kamu bisa menjual banyak tipe baju dalam satu toko sekaligus, dengan begitu kamu jadi bisa menjaring lebih banyak calon konsumen. Pada waktu-waktu tertentu pun produk ini bisa laku keras, misalnya menawarkan produk baju Lebaran saat momen Ramadan tiba. Pastinya, ini bisa jadi peluang besar bagi kamu untuk meraih untung banyak.

 

  • Menyalurkan Hobi

Bagi yang suka mendesain baju, maka kamu bisa menyalurkan hobi kamu dengan berbisnis jualan baju online. Dengan membuat produk dari desain yang kamu buat, kamu pun bisa menghasilkan untung. Pasti hal ini juga memberikan kesenangan tersendiri, bukan? Seperti ibarat sambil menyelam minum air.

 

  • Produk Nggak Akan Expired

Beda halnya dengan bisnis makanan, bisnis jualan baju online bisa dibilang lebih aman karena nggak akan expired, alias bisa dipakai kapanpun. Dengan begitu, risiko kerugian pun bisa berkurang. Kalau beberapa produkmu kurang laku, kamu bisa menjualnya kembali dengan menawarkan promo diskon, buy 1 get 1, atau promo lainnya. Dengan begitu, kamu bisa menghabiskan stok barang sekaligus juga menjaring konsumen baru yang tertarik untuk melakukan pembelian ulang.

 

Baca juga: 7 Cara Jualan Online Laris Manis Buat Pemula

 

  • Mudah Dijalankan

Kalau kamu ingin fokus jualan baju online sebagai distributor saja, pasti akan lebih mudah dijalankan dan minim risiko. Kamu cukup menjual produknya di media sosial atau marketplace dan begitu ada orderan masuk, kamu cukup meneruskan orderan tersebut ke pemilik produk.

 

  • Mengisi Waktu Luang

Bisnis jualan baju online juga bisa dipilih untuk kamu yang memiliki banyak waktu luang. Kamu bisa menjalankan bisnis ini untuk mengisi waktu tapi tetap menghasilkan uang.

 

  • Harga yang Fleksibel

Harga produk baju biasanya lebih mudah untuk dinaikan atau diturunkan. Hal ini bisa jadi keuntungan bagi kamu yang ingin jualan baju online untuk meraih untung lebih. Misalnya, kamu menjual suatu model baju yang nggak dijual di toko lain, nah kamu bisa menaikkan harganya karena model tersebut langka. Begitu pula sebaliknya. 

 

Cara Mudah Memulai Jualan Baju Online

Masih bingung mau memulai bisnisnya dari mana? Berikut cara-cara memulai bisnis jualan baju online untuk pemula yang perlu kamu catat.

 

  • Lakukan Riset Secara Menyeluruh Terlebih Dahulu

Sebelum terjun dalam dunia bisnis, kamu perlu paham betul tentang produk yang akan dijual dan kepada siapa kamu akan menjualnya. Selain itu, dalam berbisnis jualan baju, kamu juga perlu mempelajari tentang bahan pakaian, dan juga mencari tahu siapa pesaing dalam bisnismu, dan lainnya.

Di sinilah kamu perlu melakukan riset ke dalam pasar dari semua kelas. Mulai dari brand kelas atas sampai ke brand kelas bawah untuk mendapatkan inspirasi yang tepat untuk bisnis kamu. Kamu juga jadi tahu produk seperti apa yang berpotensi laris di pasar

 

  • Tentukan Sumber Pasokan Produk

Setelah perencanaanmu sudah matang, maka langkah selanjutnya dalam bisnis jualan baju online adalah menentukan pemasok produk, alias mencari dan memilih supplier. Fungsi supplier di sini adalah untuk membantu kamu dalam menyediakan baju yang akan kamu jual.

Ada dua cara untuk mendapatkan supplier yang tepat dalam bisnis jualan baju online, yakni dengan sistem dropshipper atau reseller. Sistem dropshipper adalah sistem yang bisa dibilang nggak memerlukan modal. Di sini, kamu perlu mencari supplier yang bisa diajak kerja sama untuk dropship, di mana nantinya kamu cukup perlu memajang dan menjual produknya, kemudian menerima pembayaran. Kamu juga nggak perlu memikirkan tentang pengadaan dan pengiriman barang ke konsumen, karena semua urusan tersebut akan diurus oleh supplier

Sedangkan untuk sistem reseller, kamu harus rela mengeluarkan modal terlebih dahulu dan membeli produk dari supplier, yang kemudian kamu jual kembali ke konsumen dengan harga yang sesuai dengan keinginan kamu sendiri.

 

  • Gunakan Foto yang Bagus dan Menarik

Bisnis jualan baju online pastinya mengedepankan tampilan. Karena itu, kamu perlu memberikan tampilan yang bagus dan menarik dalam tiap produk yang kamu jual.

Gunakan perangkat kamera atau smartphone yang memadai untuk mengambil foto, cari angle yang tepat, lengkapi dengan lighting yang pas, dan lakukan editing untuk membuat tampilan foto produkmu lebih cantik. Bila perlu, lakukan sesi foto khusus di studio dengan fotografer profesional.

 

  • Lakukan Promosi di Media Sosial

Berbagai platform media sosial bisa kamu manfaatkan sebagai media pendukung untuk melakukan promosi produk dalam bisnis jualan baju online kamu. Tampilkan hasil foto dengan kualitas yang bagus yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Manfaatkan beragam fitur yang ada pada media sosial untuk meningkatkan awareness pada calon konsumen.

Pastikan tampilan media sosialmu juga bagus dan enak dilihat, jika perlu buat terlebih dahulu konsep tertentu sebelum mulai mengelolanya. Jangan lupa buat juga promosi yang menarik untuk mendatangkan pembeli.

 

  • Terus Berinovasi

Namanya berbisnis jualan baju online, tentu kamu harus terus mengikuti tren dan perkembangan yang ada. Di sinilah kamu perlu untuk terus melakukan riset untuk mengetahuinya. Mengikuti perkembangan tren juga akan membantu kamu untuk menjaga pasar yang sudah terbentuk sekaligus juga menarik pasar baru.

Namun, nggak semua tren harus kamu ikuti, kok. Kamu cuma perlu memilih tren apa yang paling sesuai dengan identitas brand yang sudah dibangun sebelumnya.

 

  • Manfaatkan Platform Pengelolaan Bisnis

Mengelola bisnis memang bisa jadi tantangan tersendiri bagi kamu yang baru memulainya. Nah, untuk mempermudah pengelolaan bisnis jualan baju online-mu, kamu bisa memanfaatkan sistem yang baik untuk membantu pengelolaan bisnis, lho.

Di sinilah kamu bisa menggunakan platform SmartSeller untuk membantu mengelola bisnismu. Dengan menggunakan platform yang satu ini, kamu bisa mengelola pesanan, melakukan pengaturan stok, pembuatan katalog produk, pengiriman, serta analisa bisnis sekaligus dalam satu sistem.

Nggak perlu ragu lagi, simak info lebih lengkapnya disini agar bisnis jualan baju online kamu berjalan lancar!