Peluang bisnis bisa lahir dari mana saja. Bisa melihat dari masalah yang dialami orang-orang maupun sesuatu yang sedan tren salah satunya lewat bisnis kekinian. Selain menguntungkan karena mampu beradaptasi dengan pasar, bisnis kekinian juga cenderung mudah dieksekusi.

Saat ini ada beberapa peluang bisnis kekinian yang bisa kamu coba. Baik itu secara online maupun onsite, mengeluarkan modal sedikit, banyak, atau bahkan tidak sama sekali, dan bisnis makanan-minuman. Nah, buat kamu yang ingin membuka bisnis kekinian, berikut beberapa ide yang bisa kamu terapkan.

Peluang Bisnis Kekinian yang Menjanjikan dan Bikin Cuan

Bisnis Kekinian

Di sini, ada beberapa ide peluang bisnis kekinian yang bisa kamu contoh dengan catatan, semua ide di bawah ini tidak melulu bisa menjadi contoh pasti. Dari contoh-contoh di bawah ini, kamu bisa mengembangkannya lagi agar memiliki unique selling point agar bisa bersaing dengan yang lainnya. Berikut contoh peluang bisnis yang sedang tren saat ini.

Baca juga: Konsep Strategi Pemasaran: Pengertian dan Cara Membuat

1. Bisnis Kopi Rumahan

Bisnis Kekinian

Bisnis kopi yang sudah mencuat dari sekitar tahun 2016, hingga saat ini seperti yang kita tahu ekosistemnya belum mati. Bahkan bisnis kopi diperkirakan akan terus tumbuh setidaknya hingga tahun 2024. Tentu hal ini bisa kamu jadikan peluang untuk membuka bisnis kopi.

Namun seperti yang kamu juga tahu, membuka kedai kopi membutuhkan modal yang cukup besar. eits, namun jangan khawatir, saat ini banyak para barista yang membuka kedai kopi rumahan yang dibuka di lingkungan rumahnya.

Cukup memasang plang, mendaftarkan di Google My Business, marketplace, dan layanan pesan-antar makanan online, kamu sudah bisa membuka bisnis kopi rumahan. Kamu juga bisa membuat produk pilihan fast coffee misalnya kopi kemasan dalam botol atau kaleng.

Namun yang perlu diperhatikan adalah kemampuan sebagai peracik kopi. Sebagai pemilik bisnis kopi rumahan kamu juga harus memiliki kemampuan barista yang mumpuni sekaligus mengetahui kopi apa sih yang bisa jadi ciri khas toko kamu.

2. Jasa Titip Barang Pop Culture atau Hypebeast Impor

Mulai dari film, drama, kartun, atau intellectual property lainnya jadi hal yang cukup populer belakangan ini di mana hal itu disebut sebagai pop culture. Sehingga membuat orang-orang mengincar beberapa barang yang berhubungan dengan pop culture tersebut.

Namu sayang, barang-barang tersebut biasanya hanya bisa diperoleh di negara asalnya. Misalnya, Jepang, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea Selatan. Nah, hal ini bisa kamu jadikan peluang bisnis jasa titip barang pop culture. Bisnis kekinian satu ini pun mulai menjamur dan dilakukan oleh banyak orang-orang Indonesia.

Baca Juga 
Buat Customermu Balik Lagi dengan Tips Simple Ini

Selain membuka jasa titip barang pop culture, barang-barang hypebeast seperti kaos, jaket, parfum dari home of designer, sneakers, dan barang-barang hits lainnya juga bisa kamu jadikan sebagai peluang untuk membuka jasa titip barang.

3. Pembuat Konten Affiliate Marketing

Tahukah kamu bahwa saat ini ada bisnis yang dinamakan affiliate marketing di mana kamu berperan sebagai pihak ketiga yang membantu toko yang ada di marketplace tertentu menjual produknya melalui sebuah link atau tautan.

Nah, bisnis kekinian ini juga mulai dilakukan oleh banyak orang. Caranya mudah, kamu cukup membuat akun media sosial yang berisi konten review produk yang akan kamu promosikan tokonya dan menaruh link di kontenmu.

Cara kerjanya, ketika audience atau penonton kontenmu meng-klik link tersebut dan membeli produknya, kamu akan mendapatkan komisi. Bayangkan jika kamu sudah memiliki banyak audience dan me-review banyak produk, berapa komisi yang akan kamu dapatkan?

4. Jasa Pembuat Konten Media Sosial dan Branding

Bisnis Kekinian

Saat ini banyak usaha mikro dan kecil yang membutuhkan branding baik itu dari sisi konten media sosial, desain, hingga copywriting. Nah, buat kamu yang memiliki kemampuan desain dan komunikasi yang baik, membuat jasa pembuatan konten media sosial sekaligus branding-nya bisa jadi pilihan bisnis kekinian.

Kamu bisa menawarkan beberapa paket kepada konsumen. Mulai dari jasa desain saja, jasa konten, atau jasa handover keseluruhan. Lebih-lebih jika kamu memiliki tools-tools yang mumpuni seperti analisis atau penjadwalan posting otomatis akan menjadi nilai plus bisnis kamu.

5. Bisnis Hantaran dan Pernak-Pernik Pernikahan

Salah satu bisnis kekinian yang cukup menjanjikan adalah bisnis hantaran atau pernak-pernik pernikahan. Bisnis yang sebenarnya terlihat sepele ini ternyata cukup banyak dicari oleh para pasangan yang akan merayakan pernikahannya.

Biasanya, para pebisnis ini menyajikan berbagai jenis hantaran yang dekoratif. Mulai dari hantaran yang dibungkus dengan mika, kaca, atau dibuat sedekoratif mungkin hingga membentuk hiasan tertentu. Selain hantaran, kamu juga sekaligus bisa membuat pernak-pernik atau souvenir pernikahan. Mulai dari tas, gelas, tumbler, atau hiasan lainnya.

6. Bisnis Dekorasi Kekinian

Dekorasi rumah kini jadi bagian dari tren. Mulai dari dekorasi untuk kafe, kantor, maupun rumah dan ini bisa jadi peluang besar buat kamu yang ingin membuka bisnis kekinian. Kamu bisa menjual lukisan buatan sendiri, poster, atau hiasan-hiasan unik yang kamu buat sendiri.

Baca Juga 
Kurma Mana yang Akan Anda Pilih untuk Bulan Ramadhan Nanti?

7. Bisnis Warkop dengan Sentuhan Kekinian

Siapa bilang bisnis warkop itu ketinggalan zaman? Tentu tidak, jika kamu mengemasnya secara modern dan kekinian. Saat ini banyak pemilik warkop yang mengemas tempatnya dengan konsep unik. Mulai dari konsep swalayan dengan memilih racikannya sendiri, konsep kafe, hingga konsep ala warkop Jepang.

Selain itu kamu bisa menambahkan fasilitas lain. Misalnya, menyediakan bacaan, board game, mini stage, gitar, atau bahkan piringan hitam. Selain itu, kamu juga bisa mengkreasikan menu makanannya. Misalnya mie saus keju, mie pedas, atau makanan kekinian seperti dimsum.

Baca juga: Tips Membuat Bisnis Model untuk Bisnis Minuman Kekinian

8. Catering Sarapan dan Makan Siang

Apabila kamu saat ini sedang bekerja kantoran, bisnis catering sarapan dan makan siang bisa jadi pilihan tepat. Saat ini banyak pekerja kantoran yang tidak memiliki waktu untuk sarapan atau makan siang dan kamu bisa jadi penyelamat mereka.

Kamu bisa menyajikan berbagai catering segar. Mulai dari sarapan salad, vietnam rolls, bubur, roti lapis, sayur lontong, nasi kuning dan menu sarapan ringan lainnya yang kira-kira tidak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya. Tidak lupa juga, jika kamu memiliki banyak waktu, membuat catering makan siang dengan menu lengkap bisa jadi ide bisnis yang tidak kalah menjanjikan.

9. Bisnis Cemilan Kekinian

Selain makanan berat, bisnis cemilan kekinian yang bisa kamu jajakan saat ini. Mulai dari cemilan manis maupun cemilan asin. Kamu bisa menjual berbagai jenis cemilan kekinian mulai dari brownies, bitterballen, klapertart, dessert box, buah kering, basreng, cheese stick, atau snack jajanan asin lainnya.

10. Bisnis Parfum

Bisnis Kekinian

Apabila kamu ingin serius membuka usaha dengan brand sendiri dan mengeluarkan sedikit modal, bisnis parfum jadi ide yang cukup menjanjikan. Pasalnya, parfum-parfum lokal kini semakin banyak dijual dengan berbagai kemasan dan brand identity yang beragam.

Mulai dari dengan menjual cerita, keunikan wangi, hingga orisinalitas dengan harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Jangan khawatir, saat ini banyak orang-orang Indonesia yang sudah sadar akan penggunaan parfum yang sesuai dengan kualitas.

11. Jasa Fotografi Event

Jasa fotografi event juga bisa jadi ide bisnis yang cukup menjanjikan apalagi jika kamu sudah memiliki peralatan dan tentunya skill fotografi yang mumpuni. Saat ini banyak orang-orang yang membutuhkan jasa fotografi mulai dari perhelatan olahraga seperti sepak bola, futsal, basket, konser, dan tentunya pernikahan.

Baca Juga 
Risiko Usaha yang Bisa Terjadi dan Cara Menghindarinya

12. Jasa Penulis Blog

Saat ini banyak pelaku usaha mikro dan kecil yang menyadari pentingnya sebuah landing page dan website. Sehingga tidak sedikit dari mereka yang membutuhkan jasa penulis blog untuk mengoptimalkan website mereka agar mudah dicari oleh mesin pencarian Google atau yang sering disebut Search Engine Optimization (SEO).

Untuk membuka bisnis ini, kamu bisa mengerjakannya sendiri atau menggunakan jasa outsourcing. Selain itu, untuk menambah nilai plus, apabila kamu memiliki banyak blog, kamu bisa menawarkan jasa placement atau backlink untuk website mereka.

Baca juga: Ide-Ide Usaha Makanan Kekinian yang Bikin Bisnis Cuan

13. Jualan Desain di Website Open Source seperti Freepik dan Canva

Poin ini sebenarnya masih berkaitan dengan poin-poin sebelumnya yaitu bisnis jasa fotografi dan desain. Namun apabila kamu orang yang malas berinteraksi dengan orang lain, menjajakan karyamu ke website open source seperti Freepik dan Canva juga jadi bisnis kekinian yang cukup menguntungkan.

Seperti yang kamu tahu, bahwa kedua website open source tersebut cukup populer digunakan di samping software desain yang sudah populer saat ini. Nah, ini bisa jadi peluang besar buat kamu untuk menjual aset desain dan fotografi yang kamu miliki di situs tersebut.

14. Bisnis Hampers Kekinian

Bisnis Kekinian

Hampers, jadi satu dari sekian banyak bisnis yang bisa kamu jajaki. Tidak hanya untuk kebutuhan okasional seperti kelulusan, pernikahan, ulang tahun, atau lamaran, kamu bisa menjual hampers ke perusahaan-perusahaan. Kamu bisa menjual berbagai bentuk hampers mulai dari dengan hiasan fancy hingga bentuk simpel.

15. Jasa Merchandise K-Pop

Terakhir, bisnis jualan merchandise K-pop. Gelombang K-pop di Indonesia mulai dari musik, film, variety show, hingga drama memang tidak pernah berhenti berhembus. Tentu, ini bisa jadi kesempatan besar untuk masuk ke dalam pusara tersebut. Kamu bisa menjual CD musik Kpop, kaos, pernak-pernik, booklet, bahkan photocard K-pop.

Baca juga: 6 Aplikasi Stok barang yang Pemilik Bisnis Wajib Pakai

Itu lah dia peluang bisnis kekinian yang bisa kamu jadikan inspirasi. Nah, jangan lupa apabila kamu memutuskan untuk menjual barang, menggunakan software manajemen penjualan yang terintegrasi salah satunya SmartSeller.

Melalui SmartSeller kamu bisa melacak dan memantau orderan, mengatur stok dari berbagai channel penjualan, dan kamu pun bisa menghubungkan SmartSeller dengan marketplace dan website. Saatnya kembangkan bisnismu bersama Smartseller dan daftar gratis di sini!