Memulai bisnis kecil dengan modal yang kecil saat ini semakin mudah. Dengan era digital yang memudahkan akses untuk berbagai macam hal, kamu bisa memulai bisnis kecil bahkan dengan modal yang sedikit. Memanfaatkan apa yang ada secara online bisa menjadi solusi untuk memulai bisnis tersebut. Berikut ini adalah beberapa pilihan bisnis kecil dengan modal yang kecil dan bisa kamu lakukan sejak dini.

Antar Jemput Sekolah

Bisnis kecil ini bisa kamu lakukan jika kamu memiliki kendaraan pribadi. Mengantar jemput sekolah merupakan profesi yang bisa kamu tawarkan kepada orang yang sibuk dan tidak bisa menjemput anak mereka. Jenis bisnis kecil ini bisa dimulai dengan modal yang kecil dan seadanya. Kamu bisa meningkatkan kualitas dengan berinvestasi pada kendaraan baru untuk menambah jumlah anak yang bisa kamu antar jemput.

Guru Les

Menjadi guru les juga bisa dikategorikan sebagai bisnis kecil dengan modal yang kecil. Jenis usaha ini bahkan bisa kamu lakukan sejak masih di bangku kuliah. Tidak perlu modal yang tinggi untuk menjadi guru les. Kamu bisa mengandalkan pengetahuanmu dalam bidang ilmu tertentu lalu menawarkan jasamu ke area sekitar. Ini adalah cara yang paling mudah untuk memulai bisnis kecil sebagai guru les. Selanjutnya kamu bisa memperbesar usahamu dengan memulai kelas secara online dan juga menambah kelas untuk program les.

Jasa Jahit

Bisnis Kecil

Bisnis kecil selanjutnya yang sering dijumpai juga adalah menjadi tukang jahit. Untuk kamu yang memiliki keahlian menjahit, kamu bisa memulai bisnis kecil berupa jasa jahit. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Untuk meningkatkan usahamu, kamu bisa menambah kursus menjahit sebagai salah satu pemasukan usahamu. Kemudian kamu bisa scale up bisnismu dengan cara membuat pakaian unik yang dijual secara online. Cara lain yang juga bisa kamu lakukan adalah membuat pakaian khusus yang digunakan untuk acara mewah seperti pernikahan ataupun upacara lainnya.

Jasa Berbelanja dan Keperluan Lainnya

Jasa berbelanja memang tidak banyak ditemui, tapi jenis usaha ini akan sangat cocok untuk kamu yang memiliki kendaraan dan mampu melakukan keperluan tersebut. Bisnis kecil ini akan sangat membantu untuk orang yang sibuk di waktu-waktu tertentu. Pelanggan yang bisa kamu pilih adalah orang-orang di area sekitar rumahmu.

Konten Kreator

Bisnis Kecil
Bisnis kecil selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menjadi konten kreator. Bisnis ini adalah bisnis yang juga tidak memerlukan modal tinggi. Kamu hanya memerlukan smartphone dan kreativitas. Selanjutnya kamu bisa memposting kreasimu lewat sosial media seperti Instagram, Youtube, TikTok dan yang lainnya. Untuk mendapatkan penghasilan dari menjadi konten kreator, kamu bisa menggunakan adsense, afiliasi, hingga kerjasama berbayar.

Baca Juga: Tips Membuat Bisnis Model untuk Bisnis Minuman Kekinian

Day Care

Membuka jasa Day Care juga merupakan salah satu bisnis kecil yang bisa kamu mulai sejak dini. Jika kamu belum memiliki gedung sendiri, kamu bisa memulainya dari rumah dan menerima beberapa anak yang ada di area sekitar rumahmu. Jika kamu memutuskan usaha Day Care, kamu harus benar-benar memastikan bahwa kualitas dan kebersihan area tersebut terjaga dengan baik. Selain itu, kamu perlu mengetahui bagaimana mengurus anak dengan baik agar pelanggan percaya dengan jasamu.

Jual Makanan Keliling

Bisnis KecilBisnis kecil yang bisa kamu lakukan lainnya adalah berjualan makanan keliling, ini adalah jenis bisnis kecil yang paling banyak ditemui di Indonesia. Hampir setiap wilayah pasti memiliki penjual makanan keliling. Kamu juga bisa memulai bisnis kecil sebagai penjual makanan keliling. Untuk mempermudah proses jualanmu, pilihlah lokasi jualan yang sesuai dengan makanan yang kamu jual. Jika makanan yang kamu jual adalah makanan ringan, kamu bisa memilih area seperti sekolah untuk berjualan.

Laundry

Jasa laundry juga merupakan jenis bisnis kecil yang bisa dimulai dengan modal yang kecil. Memulai usaha laundry hanya memerlukan mesin cuci dan beberapa sabun cuci lainnya. Jika kamu juga menawarkan jasa setrika, maka pastikan kamu menggunakan cara setrika yang aman dan tidak merusak bahan pakaian. Agar memudahkan usahamu berkembang, kamu bisa mempromosikan usaha laundry milikmu di area sekitar perumahan. Pemukiman penduduk yang padat lebih berpotensi untuk usaha laundry.

Blogging atau Vlogging

Blogging dan Vlogging bisa menjadi alternatif bisnis kecil yang juga dilakukan oleh anak muda. Dengan blogging dan vlogging, kamu tidak memerlukan biaya yang tinggi. Kemudian kamu bisa mendapatkan penghasilan dari adsense dan juga iklan. Bisnis kecil ini juga memiliki keuntungan yang besar jika memang kamu ahli melakukannya.

Event Organizer

Jasa event organizer juga merupakan jenis bisnis kecil yang tidak memerlukan modal tinggi. Mengatur acara sederhana bisa kamu lakukan sebagai permulaan usaha ini. Selain itu agar usahamu semakin berkembang, kamu bisa meningkatkan kualitas dengan menyewa lebih banyak pegawai dan bekerja sama dengan banyak pihak lain.

Baca Juga: Macam-Macam Bukti Transaksi Dalam Bisnis

Jasa Percetakan

Bisnis Kecil

Membuat jasa percetakan merupakan jenis bisnis kecil yang juga bisa dimulai sejak dini. Kamu bisa memulai dengan printer sederhana, kemudian meningkatkan kualitas usahamu dengan printer yang berkualitas tinggi. Perlu diperhatikan juga, saat kamu memulai jasa percetakan akan ada banyak orang yang berharap kamu bisa membuat desain juga. Jadi membuat desain juga bisa menjadi salah satu pemasukan dari usahamu.

Katering Harian

Bisnis kecil yang juga sedang naik daun saat ini adalah jasa katering harian. Jasa katering harian bisa memudahkan banyak orang yang tidak sempat memasak untuk sehari-hari, ttapi tetap ingin masakan sehat untuk sehari-hari. Jika kamu ingin memulai jasa katering harian, kamu perlu menyiapkan perencanaan menu yang terstruktur dan kotak makanan untuk pelangganmu. Pastikan proses memasak dan pengolahan juga bersih dan aman.

Dropshipper

Dropshipper adalah jenis usaha yang bisa dilakukan oleh siapa pun. Dropshipper juga tidak memerlukan pelaku usahanya menyetok barang sehingga memudahkan proses usaha karena tidak memakan banyak tempat. Kamu perlu menyeleksi mana barang yang sangat cocok untuk digunakan sebagai dropship. Misalnya pakaian rumahan yang banyak peminatnya atau alat rumah tangga yang banyak diminati.

Ternak Lele

Bisnis kecil yang juga menghasilkan banyak keuntungan adalah ternak lele. Memulai usaha ternak lele tidak memerlukan kolam yang besar dan perawatan yang sangat ekstra. Lele adalah ikan air tawar yang tidak membutuhkan perawatan berlebihan. Kamu tetap harus memastikan bibit lele dalam keadaan sehat dengan sirkulasi air yang baik, makanan bernutrisi, serta rajin membersihkan kolam lele.

Freelance

Freelance atau pekerja lepas adalah jenis usaha yang juga bisa dikategorikan sebagai bisnis kecil dengan modal kecil. Kamu bisa memulai kerja lepas tentang apa pun bidang yang kamu kuasai. Misalnya saja freelance content writer, freelance accountant, freelance consultant, dan lainnya.

Contoh bisnis kecil dengan modal yang juga kecil di atas bisa kamu ikuti dan coba sejak dini. Kamu bisa memilih mana usaha yang paling cocok untuk situasimu saat ini. Agar proses usaha semakin lancar, kamu juga bisa menggunakan SmartSeller. SmartSeller merupakan platform yang membantu penjual mengelola usahanya. Salah satu fiturnya adalah integrasi dengan marketplace. Jadi usaha apa un yang kamu buat, kamu bisa jual juga secara online. Langsung coba SmartSeller sekarang!