Saat ini, bisnis dan belanja online adalah kegiatan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia karena beberapa kemudahan yang ditawarkan. Salah satu marketplace yang banyak digunakan oleh penjual untuk membuka online shop dan pembeli untuk berbelanja yaitu Lazada. Jadi, cara mengetahui Lazada cek order tracking adalah hal yang harus kamu pahami. 

Mengetahui keberadaan paket adalah hal yang sangat penting, baik itu sebagai penjual atau pembeli. Jika paket tidak terkirim, baik penjual atau pembeli sama-sama akan mendapatkan kerugian. Dengan Lazada cek order tracking, kamu tidak perlu khawatir akan update terkini dari paket yang telah dikirimkan. Oleh karena itu, tahu tentang Lazada cek order tracking adalah hal yang penting.

Pertanyaannya, apakah ribet untuk melakukan Lazada cek order tracking Jawabannya tidak, malah sangat mudah! Bagaimana caranya? Nah, kamu ada di laman yang tepat! Yuk, scroll sampai habis supaya kamu paham cara mengetahui Lazada cek order tracking agar bisa tahu kiriman atau pesanan paketmu sendiri sampai mana!

Lazada Cek Order

Cara Mengetahui Lazada Cek Order Tracking

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, untuk mengetahui Lazada cek order tracking tidaklah sulit. Namun, banyak yang masih bingung bagaimana caranya. Cara mengetahui Lazada cek order tracking ini dapat kamu lakukan dengan simpel, baik kamu yang merupakan seller di Lazada ataupun buyer. Berikut ini penjelasannya.

1. Menggunakan Lazada Seller Center

Cara mengetahui Lazada cek order tracking yang pertama yaitu dengan aplikasi Lazada Seller Center. Perlu diingat, aplikasi ini dikhususkan untuk seller yang mempunyai toko di Lazada. Jadi, kamu sebagai seller bisa mengetahui sampai mana paket yang telah kamu kirimkan. Hal ini berguna jika ada pembeli yang komplain mengenai kedatangan paket yang lama.

Mengoperasikan Lazada Seller Center untuk mengetahui Lazada cek order tracking juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Lazada Seller Center melalui Google Play Store atau Apps Store. Setelah itu, terdapat beberapa step yang dapat kamu lakukan. Berikut penjelasannya.

Baca Juga 
6 Cara Mudah untuk Bisa Kerja dengan Maksimal Meski sedang Puasa!

Baca juga : Ini Langkah Cara Jualan di Lazada Tanpa Stok Barang

Lazada Cek Order

a. Dengan Menginput Nomor Pesanan

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk tahu Lazada cek order tracking dengan Lazada Seller Center yaitu dengan menginput nomor pesanan. Caranya yaitu sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Lazada Seller Center di smartphone, atau kamu dapat mengaksesnya melalui website. Lalu, jangan lupa login
  2. Setelah itu, pilih opsi pesanan dan ulasan. Lalu, akan muncul beberapa pilihan seperti ulasan, pesanan, dan pengembalian barang. Pilihlah opsi pesanan
  3. Pada opsi pesanan, nantinya akan muncul beberapa pesanan. Lalu, pilih pesanan yang ingin kamu lihat lokasi terkininya sudah sampai mana
  4. Lalu, pilih opsi tinjau pesanan dan masukkan nomor pesanan 
  5. Lokasi terkini dari paket yang kamu kirimkan nantinya akan muncul.

b. Dengan Cek Nomor Pesanan

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk tahu Lazada cek order tracking dengan Lazada Seller Center yaitu mengecek nomor pesanan secara langsung. Ini cara-caranya.

  1. Buka aplikasi Lazada Seller Center di smartphone, atau kamu juga bisa membukanya melalui browser. Setelah itu, log in dengan akun tokomu
  2. Ketika sudah login, nantinya akan muncul seluruh pesanan yang sudah kamu kirim melalui jasa ekspedisi. Kamu bisa klik nomor pesanan pada salah satu paket
  3. Setelah itu, akan muncul laman baru yang berisi detail pesanan untuk no pesanan. Nah, disitu akan tertulis informasi sampai mana paket yang sedang kamu kirim.

Tonton juga : Cerita SmartSeller Bersama ALLBABYNEEDS #JadiSellerPintar

c. Dengan Melihat History Paket

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan untuk tahu Lazada cek order tracking dengan Lazada Seller Center yaitu dengan melihat history dari paket yang telah kamu kirim. Berikut ini cara-caranya.

  1. Seperti biasa, kamu bisa login Lazada Seller Center terlebih dahulu atau bisa mengaksesnya lewat website
  2. Ketika sudah masuk ke dashboard, kamu bisa melihat seluruh pesanan yang telah kamu kirimkan. Lalu, kamu bisa memilih pesanan random untuk dilacak
  3. Setelah itu, kamu bisa scroll ke bawah dan memilih opsi riwayat pesanan
  4. Nah, kamu sudah bisa melihat update terkini sampai mana paket yang kamu kirimkan berada.
Baca Juga 
Tips untuk Retailer Online Supaya Bisnis Bisa Bertahan saat Ramadan!

Lazada Cek Order

2. Melalui Pelacakan dari Jasa Ekspedisi

Cara selanjutnya untuk mengetahui Lazada cek order tracking yaitu kamu dapat mengeceknya langsung lewat jasa ekspedisi. Jika Lazada Seller Center hanya dikhususkan untuk penjual saja, beda halnya dengan pengecekan lewat jasa ekspedisi. Baik sebagai penjual maupun pembeli, kamu dapat melakukan pengecekan update lokasi terkini dari paket lewat jasa ekspedisi.

Caranya pun tidak susah, kamu hanya perlu memastikan seller mengirim paket lewat jasa ekspedisi apa. Setelah itu, kamu bisa menuju ke website atau aplikasi dari jasa ekspedisi tersebut dan memasukkan nomor resi. Nah, nantinya akan muncul update terkini paketmu sudah sampai mana.

Baca juga : Simpel, Begini Cara Daftar Jualan di Lazada lewat HP

3. Melalui Web dan Aplikasi Lazada 

Cara berikutnya untuk mengetahui Lazada cek order tracking yang paling mudah yaitu kamu dapat mengecek secara langsung di aplikasi atau web Lazada. Caranya pun sangat simpel. Jika kamu ingin mengecek lewat aplikasi Lazada, buka aplikasi Lazada terlebih dahulu. Pada bagian pojok bawah, klik opsi akun. Nanti akan diarahkan ke laman lain. Setelah itu, klik pada bagian dalam pengiriman. Jika kamu hanya checkout satu barang, klik pada barang tersebut. Nantinya akan muncul status pesanan dan kamu akan melihat update lokasi terkini dari barang tersebut.

Jika kamu ingin mengecek lewat web Lazada, kamu bisa buka di browser yang biasa kamu gunakan. Lalu, tuliskan www.lazada.co.id di address. Jika kamu belum login, login terlebih dahulu. Setelah berhasil login, di bagian kanan atas terdapat opsi lacak pesanan. Di situ, kamu bisa langsung menginput nomor resi yang telah diberikan. Lalu, klik bagian tanda panah. Nanti akan muncul detail sudah sampai mana paketmu berada.

Baca Juga 
Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang, Pilihan Tepat

Lazada Cek Order

4. Melalui CS Lazada Langsung

Cara terakhir untuk mengetahui Lazada cek order tracking yaitu dengan bertanya langsung ke CS Lazada. Bagaimana caranya? Kamu bisa buka aplikasi Lazada terlebih dahulu. Setelah itu di bagian kanan bawah, terdapat opsi chat. Nantinya kamu akan terhubung langsung dengan CS Lazada. Di situ, kamu bisa menanyakan apapun terkait pesanan yang telah kamu checkout di Lazada. 

Nah, itu tadi penjelasan tentang bagaimana cara mengetahui Lazada cek order tracking yang dapat kamu lakukan agar tahu sampai di mana paketmu saat ini. Cek update terkini paket adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan untuk menghindari paket yang telah kamu beli tidak sampai ke rumah. Untuk seller, hal ini juga sangat penting untuk dilakukan demi bisa menjawab komplain dari pembeli.

Sebagai seller, menerapkan pengelolaan toko yang baik adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan agar kedepannya bisnis bisa berjalan dengan baik. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan agar pengelolaan toko jadi lebih maksimal yaitu dengan menggunakan SmartSeller.

Di SmartSeller, terdapat fitur order management yang memudahkan kamu untuk merekap orderan, membalas chat customer, dan menghitung ongkir, kini dapat dilakukan dalam satu dashboard saja meski kamu punya beberapa toko di marketplace yang berbeda, lho! Selain itu, untuk kamu yang ingin mencoba bisnis lain dengan menjadi reseller, SmartSeller merupakan tempat yang tepat karena menyediakan banyak seller berkualitas. Yuk, cari tahu SmartSeller sekarang juga!