Aplikasi catatan keuangan adalah salah satu investasi yang cukup baik untuk usaha kecil menengah. Dengan menggunakan aplikasi catatan keuangan kamu bisa mengelola keuangan dari usahamu. Karena aplikasi catatan keuangan memberikan fitur lengkap agar kamu bisa mengelola keuangan usahamu.

Tahukah kamu bahwa sebagian besar usaha kecil mengalami kegagalan karena kurangnya pengelolaan keuangan. Padahal mengelola keuangan adalah hal yang sangat penting agar suatu usaha bisa berjalan dalam waktu yang cukup lama. Kegagalan dalam mengelola keuangan akan berdampak buruk bagi suatu usaha.

Beberapa dampak buruk dari gagal mengelola keuangan adalah usaha mengalami bangkrut. Dengan tidak adanya pengelolaan keuangan yang tepat, kamu akan kesulitan memprediksi berapa pemasukan dan modal yang diperlukan agar satu usaha dapat berjalan.

Maka dari itu, disarankan untuk para pemilik usaha menggunakan aplikasi catatan keuangan agar proses pencatatan lebih mudah dan nyaman.

Aplikasi Catatan Keuangan Gratis

Aplikasi catatan keuangan gratis adalah solusi bagi usaha kecil dan menengah. Jika kamu masih belum memiliki budget untuk menyewa jasa akuntan, kamu bisa menggunakan aplikasi catatan keuangan yang gratis. Berikut ini adalah pilihan aplikasi catatan keuangan:

1. Wave

Wave Accounting adalah salah satu aplikasi catatan keuangan gratis yang memiliki fitur memadai. Fitur-fitur yang ada di dalam Wave Accounting sangat cocok digunakan untuk usaha perorangan maupun UKM sekalipun.

Wave Accounting menyediakan fitur akuntansi secara gratis. Termasuk di dalamnya fitur pencatatan keuangan seperti pemasukan dan pengeluaran. Dengan Wave Accounting, kamu juga bisa membuat catatan keuangan untuk lebih dari satu usaha dalam satu akun. 

Sayangnya Wave Accounting adalah aplikasi catatan keuangan yang tidak terlalu mudah diakses melalui smartphone. Terutama untuk fitur-fitur pencatatan keuangan yang cukup detail. Tetapi, Wave Accounting tetap menjadi salah satu aplikasi catatan keuangan yang sangat membantu para pemilik usaha.

2. BukuWarung

Aplikasi catatan keuangan selanjutnya adalah BukuWarung. BukuWarung dibuat secara khusus untuk UKM dan juga UMKM. dengan BukuWarung, kamu bisa mencatat setiap penjualan dan pembelian yang terjadi pada usaha. Tidak hanya itu saja, BukuWarung juga membantumu mencatat hutang dan piutang, pengeluaran, jumlah stok produk, sekaligus fitur kasir online.

Aplikasi catatan keuangan yang juga memiliki fitur kasir online akan sangat bermanfaat jika kamu memiliki toko atau gerai secara offline. Kamu tidak perlu membangun infrastruktur untuk sistem kasir usahamu. Kamu hanya tinggal menggunakan smartphone dan menyediakan koneksi internet yang cukup. Jadi BukuWarung merupakan aplikasi catatan keuangan yang sangat membantu UKM dan UMKM.

3. ZipBooks

ZipBooks merupakan aplikasi catatan keuangan yang lebih expert. ZipBooks dapat diakses melalui web dan memiliki fitur akuntansi yang lebih lengkap untuk kebutuhan usaha. ZipBook menawarkan fitur akuntansi secara gratis dengan fitur lengkap seperti pencatatan keuangan usaha, pemasukan, pengeluaran, dan juga laporan keuangan secara rutin.

Aplikasi catatan keuangan ZipBooks yang dapat diakses secara gratis juga menyediakan fitur invoice dan juga quotation. ZipBooks juga membantu transaksi internasional karena memiliki fitur pembayaran via PayPal. Jika kamu ingin menambah fitur, kamu perlu mengakses fitur berbayar dari ZipBooks.

4. BukuKas

BukuKas adalah salah satu aplikasi catatan keuangan yang membantu usaha mencatat alur keuangan sehari-hari. Di dalam BukuKas terdapat fitur-fitur lengkap yang bisa diakses secara gratis oleh pemilik usaha. Mulai dari fitur seperti pencatatan setiap transaksi penjualan usaha, pengelolaan stok barang, dan fitur akuntansi dasar lainnya.

BukuKas juga menawarkan transfer gratis antar bank. Kamu juga bisa mengunduh laporan keuangan dari BukuKas secara gratis. Aplikasi catatan keuangan BukuKas sangat mudah diakses untuk para pemilik usaha. Ukuran aplikasinya pun tidak terlalu besar sehingga memudahkan pengguna mengakses BukuKas.

Baca Juga: 7 Tips Sukses Menjadi Reseller Makanan untuk Pemula

5. GnuCash

GnuCash merupakan salah satu aplikasi catatan keuangan yang bisa diunduh oleh pengguna Linux, Windows, dan Mac OS X. aplikasi catatan keuangan saat ini memiliki fitur akuntansi yang juga lengkap. Kamu bisa memasukkan data-data keuangan yang dibutuhkan dan mengelola keuangan usahamu secara gratis dengan fitur lengkap di GnuCash.

Sayangnya, GnuCash memiliki sistem yang sedikit rumit. Tidak hanya itu saja, tampilan dari GnuCash juga tidak cukup menarik seperti sebagian besar aplikasi catatan keuangan. Tetapi, jika kamu mau menyampingkan hal tersebut, kamu bisa mendapatkan fitur akuntansi yang lengkap secara gratis untuk mengelola keuangan usahamu.

6. Teman Bisnis

Aplikasi catatan keuangan yang juga sangat cocok untuk digunakan oleh UKM dan UMKM adalah Teman Bisnis. Fitur – fitur Teman Bisnis yang dapat diakses secara gratis merupakan fitur dasar akuntansi keuangan seperti pencatatan setiap pemasukan, pengeluaran, stok barang, hutang dan piutang, analisa keuangan usaha, serta kontak pelanggan.

Teman Bisnis akan menjadi pilihan yang tepat jika kamu mengelola bisnis dan setiap aktivitas usahamu menggunakan Android. Karena aplikasi Teman Bisnis hanya bisa diakses melalui Android.

7. CloudBooks 

CloudBooks merupakan aplikasi catatan keuangan yang sangat cocok untuk digunakan oleh freelancer dan juga usaha kecil. Di dalamnya terdapat fitur dasar akuntansi yang bisa diakses secara gratis seperti invoice, laporan keuangan, time-tracking, serta pengelolaan tagihan. Karena CloudBooks adalah aplikasi yang fokus pada pembuatan invoice, kamu bisa mengambil manfaat yang sesuai kebutuhanmu.

Tetapi, karena CloudBooks merupakan aplikasi yang fokus pada pembuatan invoice, fitur akuntansi pada CloudBook tidak terlalu mumpuni seperti aplikasi catatan keuangan lainnya. Jadi jika kamu mencari aplikasi catatan keuangan yang fokus pada pengelolaan dan pembuatan invoice, kamu bisa memilih CloudBooks sebagai solusi.

8. Moodah

Moodah adalah salah satu aplikasi catatan keuangan yang berasal dari Indonesia. Kamu bisa mengakses fitur-fitur Moodah secara gratis untuk usahamu. Di dalamnya terdapat beberapa fitur akuntansi seperti pencatatan pemasukan, pengeluaran, pencatatan hutang dan piutang, dan laporan keuangan.

Aplikasi catatan keuangan Moodah menyediakan fitur unduh laporan keuangan secara gratis untuk penggunanya. Kamu bisa mengunduh laporan keuanganmu baik dengan format PDF maupun format Excel. Tentunya fitur ini akan sangat memudahkan proses pengelolaan keuangan. Apalagi tidak semua aplikasi pencatatan keuangan menyediakan fitur unduh laporan keuangan secara gratis. Sayangnya, Moodah hanya tersedia untuk Android. Jadi jika kamu adalah pengguna iOS, kamu tidak bisa menggunakan Moodah.

 

Delapan aplikasi catatan keuangan di atas bisa kamu coba secara gratis untuk menentukan mana aplikasi yang paling cocok untuk kebutuhanmu. Semua aplikasi di atas memiliki fitur akuntansi dasar yang sangat bermanfaat baik untuk usaha kecil dan menengah, maupun perorangan seperti freelancer. Dengan menggunakan aplikasi catatan keuangan yang terpercaya, kamu bisa mengelola keuangan usahamu dengan mudah dan akurat.

Agar proses jualanmu lebih mudah dan lancar, kamu bisa menggunakan SmartSeller. SmartSeller menawarkan sistem pengelolaan usaha agar prosesnya menjadi lebih mudah. Tidak hanya itu saja, kamu bisa mendapatkan informasi lengkap seputar usaha mulai dari ide-ide usaha hingga tips dan cara mengelola usaha hanya di SmartSeller.