Di tengah kemajuan teknologi, para pebisnis selalu mencari tahu platform penjualan terbaru, salah satunya TikTok shop seller center. Platform yang menjadi one stop untuk seller ini tengah diburu oleh para pebisnis. Lantaran, banyaknya konsumen yang berbelanja di TikTok shop. Hal ini tak lepas dari uniknya promosi yang dilakukan para penjual di TikTok. Bahkan, tren live shopping yang kerap hadir di TikTok kerap diburu oleh masyarakat.

Berbagai kemudahan berbelanja tidak hanya dihadirkan untuk konsumen saja, namun juga bagi para penjual dengan hadirnya TikTok shop seller center. Lalu bagaimana cara mendaftar dan berjualan lewat TikTok shop seller center? Yuk simak artikel di bawah ini.

Apa Itu TikTok Shop Seller Center

Sebelum mengenal apa itu TikTok shop seller center, mari berkenalan terlebih dahulu dengan TikTok shop.

Fitur social commerce yang ditawarkan oleh media sosial TikTok ini memberikan kesempatan kepada para kreator dan pengguna untuk menjual produk di TikTok, sekaligus melakukan promosi. Hal ini dapat memberikan sensasi berbelanja yang berbeda. Sebab, adanya iklan, ulasan, dan berbagai bentuk promosi lainnya di TikTok ini dapat mempengaruhi konsumen dalam membeli sebuah produk.

Banyaknya kegiatan yang harus dilakukan oleh penjual, media sosial ini hadirkan TikTok shop seller center. Platform tersebut sebagai wadah untuk memudahkan para seller di TikTok dalam mengelola lapak di TikTok. Dari platform ini, para penjual akan lebih mudah dalam menambah stok dan produk, mendapatkan notifikasi pesanan, memanfaatkan fitur penjualan yang diberikan oleh TikTok, dan lainnya. 

Baca Juga: Cara Berjualan di Marketplace dalam Satu Akun bagi Supplier

Langkah-langkah Daftar di TikTok Shop Seller Center

Sebelum membuka lapak di TikTok shop, kamu harus memiliki akun bisnis terlebih dahulu yang bisa dilakukan dengan mendaftar melalui TikTok shop seller center. Yuk simak cara daftar akun bisnis di TikTok shop seller center.

Baca Juga 
Pengertian Bisnis Ritel dan Tips Menjalankan Ritel

TikTok Shop Seller Center

  1. Buka TikTok shop seller center di link seller-id.tiktok.com atau aplikasi dan pilih sign up.
  2. Lakukan pendaftaran dengan masukan alamat email atau nomor telepon. Bisa juga dengan akun TikTok milikmu. 
  3. Lengkapi data atau informasi mengenai toko, mulai dari alamat penjemputan dan pengembalian, contact person, dan unggah dokumen yang dibutuhkan. 
  4. Tunggu verifikasi data dan dokumen. 
  5. Hubungkan rekening bank dengan akun TikTok. 
  6. Kustom profil toko dengan unggah produk dan deskripsikan. 
  7. Selanjutnya, kamu sudah bisa berjualan di TikTok Shop. 

TikTok Shop Seller Center

Cara Berjualan di TikTok Shop

Setelah siap untuk membuka toko di TikTok Shop lewat TikTok shop seller center, ada baiknya kamu mengenali bagaimana cara berjualan di TikTok Shop agar dilirik oleh pelanggan. Tentu saja, hal ini mendukung tujuanmu untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan.

Yuk simak beberapa cara berjualan di TikTok Shop yang dapat kamu ikuti. 

1. Kenali Bagaimana TikTok Bekerja

Dalam membuka lapak, tentu kamu harus mengenali bagaimana lingkungan sekitar bekerja. Hal ini untuk menentukan strategi berjualan agar tepat sasaran. Begitu pula dengan membuka toko online, kamu harus mengetahui bagaimana para pengguna di marketplace tersebut, termasuk di TikTok Shop. Oleh karena itu, kamu harus mengenali bagaimana cara TikTok bekerja dan jangan lupa untuk lengkapi definisi produk di TikTok shop seller center. Misalnya, aplikasi TikTok yang digunakan untuk membuat konten video singkat dari 15 detik hingga 30 menit dan apa saja yang sedang tren di TikTok. Dengan mengikuti alur yang ada di TikTok semakin membuka peluang video produk milikmu dilirik oleh para pengguna TikTok.

TikTok Shop Seller Center

2. Buat Video Produk 

Di TikTok shop, calon konsumen tidak hanya melihat definisi produk yang kamu tuliskan di TikTok shop seller center, tapi juga dapat melihat konten video produk yang kamu buat. Maka dari itu, berjualan di TikTok ini bukan hanya fokus dengan menjelaskan produk dan stok produk yang dikelola melalui TikTok shop seller center saja, namun juga membuat konten video produk yang menarik para pelanggan. Salah satu caranya, kamu bisa mengikuti tren yang sedang berkembang di TikTok.

Baca Juga 
Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Cafe Kekinian

Selain itu, jangan lupa untuk tambahkan hashtag terkait konten video yang kamu buat agar masuk dalam pencarian. Penambahan tagar ini juga sebagai salah satu cara agar masuk dalam halaman For Your Page (FYP) sehingga video konten produkmu dapat dilihat oleh banyak orang dan akan meningkatkan brand awareness usahamu. Apalagi, jika pada akhirnya banyak yang memberikan komentar dan menyukai hingga membagikan videomu, maka akan semakin banyak orang yang mengenali. Lakukan secara konsisten dan rutin dalam mengunggah konten video.

3. Maksimalkan Tampilan Produk

TikTok Shop sama halnya dengan marketplace lainnya. Tampilan toko online milikmu akan memiliki laman kategori produk. Karenanya, kamu juga harus memerhatikan foto produk yang diunggah agar menarik para calon konsumen yang sudah mengunjungi akun bisnismu. Tidak hanya itu, tampilan produk ini juga harus didukung dengan definisi produk yang detail dan jujur saat menuliskannya di TikTok shop seller center. Lantaran untuk meyakinkan dan memudahkan konsumen dalam memilih produk yang sesuai. Selain itu, juga meminimalisir ekspektasi mengenai produk yang kamu tawarkan. 

4. Kerja Sama dengan Affiliator

Nama TikTok Affiliate sudah bukan hal yang asing lagi. Sebab, banyaknya kreator TikTok yang kini menjadi seorang affiliator. Hal ini dikarenakan, untuk menjadi seorang affiliator, kamu tidak memerlukan stok barang, hanya perlu menambahkan ikon keranjang kuning pada video konten yang dibuat dan tentu mendapat keuntungan. Bahkan, tampaknya tak sedikit yang membeli produk dari seorang affiliator. Untuk itu, kamu bisa melakukan kerja sama dengan affiliator untuk memperluas jangkauan pasar. Dengan begitu, baik kamu sebagai pebisnis maupun affiliator akan sama-sama mendapat keuntungan. 

TikTok Shop Seller Center

5. Manfaatkan TikTok Ads yang Tersedia

TikTok shop seller center tidak hanya memudahkan dalam mengelola akun toko online saja, namun juga memberikan informasi promo dan menyediakan berbagai fitur menarik guna meningkatkan penjualan. Dukungan TikTok shop ini juga terlihat dengan adanya beberapa jenis iklan atau TikTok Ads yang bisa kamu gunakan untuk memperluas audiens video sehingga dapat memperluas target pasar. Adapun ketiga jenis iklan di TikTok Shop adalah lead generation, collection ads, dan dynamic showcase ads. Pemanfaatan TikTok Ads ini cocok bagi para pebisnis pemula yang memiliki bujet cukup besar. 

Baca Juga 
Ini Lho Manfaat Membuat Email dengan Nama Brand Sendiri!

Baca Juga: Perluas Pasar, Cara Mempromosikan Produk di Era Digital

Nah itulah sederet informasi dan cara berjualan di TikTok Shop melalui TikTok shop seller center. Ada juga cara mudah untuk mengelola toko online di marketplace, yaitu melalui fitur Marketplace Integration dari SmartSeller. Fitur satu ini dapat mengelola toko online di berbagai marketplace yang kamu miliki, mulai dari atur dan update stok, sinkronisasi order, sampai laporan penjualan. Kamu juga bisa menggunakan fitur lainnya, seperti manajemen order, SmartChat, dan fitur menarik lainnya untuk membantu mengelola toko online. Selain itu, SmartSeller memiliki reseller terpercaya guna mengembangkan bisnis online. Cek di sini, yuk!