Banyak seller di platform ecommerce Shopee suka bertanya-tanya mengenai cara cek resi cargo Shopee. Memang, proses cek cargo Shopee ini perlu dipahami dengan baik sehingga seller tidak kebingungan. Namun, sebelum membahas lebih jauh mengenai cek resi cargo Shopee ini, ada baiknya kita mengerti tentang apa itu pengiriman cargo, dan yang tidak kalah penting, manfaat dari pengiriman cargo di Shopee.

Mengenal Jenis-Jenis Pengiriman di Shopee

Cek Resi Cargo Shopee

Tidak hanya menghadirkan pengiriman cargo dengan layanan cek resi cargo Shopee saja, Shopee juga menawarkan berbagai opsi pengiriman karena memahami bahwa setiap pelanggan memiliki kebutuhan pengiriman yang berbeda.

Pertama, ada jenis pengiriman reguler yang merupakan pilihan standar. Dalam pengiriman ini, barang biasanya akan tiba dalam beberapa hari, tergantung pada jaraknya. Kemudian, ada pengiriman same day, yang menawarkan pengiriman dalam waktu 1 hari. Ini cocok jika kamu ingin barangmu cepat sampai ke tangan pelanggan.

Ada juga opsi instant yang benar-benar cepat. Pengiriman ini hanya memerlukan beberapa jam dan sangat ideal untuk pengiriman darurat. Tentu saja, harga untuk jenis pengiriman yang satu ini lebih tinggi dari jenis pengiriman lainnya. Terakhir, ada pengiriman cargo. Ini adalah opsi yang bagus jika kamu menjual barang dengan ukuran besar atau perlu mengirimkan barang ke luar kota atau antarprovinsi.

Dengan berbagai pilihan pengiriman ini, kamu dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhanmu dan keinginanmu. Semua ini dirancang untuk membuat pengalaman berbelanja dan berjualan di Shopee lebih nyaman dan efisien. Jadi, jangan ragu untuk memanfaatkan berbagai jenis layanan pengiriman ini sesuai dengan skala bisnismu.

Baca juga : Admin Sales adalah: Penjelasan dan Tanggung Jawabnya

Mengenal Pengiriman Cargo

Cek Resi Cargo Shopee

Pengiriman cargo Shopee adalah salah satu opsi pengiriman yang ditawarkan oleh Shopee kepada para pelanggan. Ini adalah layanan yang sangat berguna, terutama jika kamu ingin mengirimkan barang dalam jumlah besar atau barang yang besar dan berat. Pengiriman cargo ini biasanya lebih cocok untuk keperluan bisnis atau kebutuhan pribadi yang membutuhkan kapasitas pengiriman yang lebih besar. Dalam pengiriman cargo Shopee, paketmu akan diangkut menggunakan truk atau kendaraan khusus yang memiliki kapasitas lebih besar daripada kurir reguler.

Baca Juga 
Penentuan Harga Jual Produk atau Layanan, Ini Caranya

Pengiriman Cargo dan Pengiriman Reguler yang ditawarkan Shopee punya perbedaan yang jelas, yaitu:

  1. Kapasitas: Pengiriman cargo memiliki kapasitas yang lebih besar daripada pengiriman reguler. Ini memungkinkanmu untuk mengirim barang dalam jumlah yang lebih besar atau barang-barang yang berukuran besar dan berat.
  2. Biaya: Pengiriman cargo biasanya lebih mahal daripada pengiriman reguler karena penggunaan kendaraan khusus.
  3. Kecepatan: Pengiriman cargo mungkin membutuhkan waktu lebih lama daripada pengiriman reguler karena pengaturan pengiriman yang lebih kompleks.

Kelebihan dan Kekurangan Pengiriman Cargo

Cek Resi Cargo Shopee

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih pengiriman cargo:

Kelebihan:

  1. Kapasitas Besar: Dengan pengiriman cargo, kamu dapat mengirim barang dalam jumlah besar atau barang-barang berukuran besar dan berat tanpa masalah.
  2. Keamanan: Pengiriman cargo biasanya lebih aman untuk barang-barang berharga atau rapuh karena lebih terlindungi.

Kekurangan:

  1. Biaya Lebih Tinggi: Pengiriman cargo Shopee cenderung lebih mahal daripada pengiriman reguler, sehingga bisa mempengaruhi anggaran pengiriman.
  2. Waktu Pengiriman: Pengiriman cargo membutuhkan waktu lebih lama daripada pengiriman reguler karena pengaturan pengiriman yang lebih kompleks.
  3. Batasan Layanan: Pengiriman cargo mungkin tidak tersedia di semua daerah atau untuk semua jenis barang.

Dalam memilih pengiriman cargo Shopee, penting untuk mempertimbangkan kebutuhanmu, anggaran, dan jenis barang yang akan dikirimkan. Jika kamu memiliki barang dalam jumlah besar atau barang berukuran besar, pengiriman cargo bisa menjadi pilihan yang baik. Namun, jika kamu membutuhkan pengiriman yang cepat dan hemat biaya, pengiriman reguler mungkin lebih cocok.

Kamu juga penasaran tentang cara cek resi cargo Shopee? Yuk, lanjut simak artikel di bawah!

Baca Juga: Apa Perbedaan Reseller dan Dropship di Bisnis Online?

Langkah Cek Resi Cargo Shopee

Cek Resi Cargo Shopee

Berikut adalah cara cek resi cargo Shopee yang bisa kamu ikuti dengan mudah:

Baca Juga 
Cara Menjadi Supplier Baju Import dan Hal yang Disiapkan

1. Masuk ke Akun Shopee Kamu

Untuk melakukan cek resi cargo Shopee, pastikan kamu sudah masuk ke akun Shopee kamu. Ini penting karena kamu perlu akses ke akunmu untuk melakukan cek resi cargo Shopee. Jika kamu menggunakan versi desktop, pastikan kamu membuka situs web Shopee.

2. Pilih “Pesanan Saya”

Di halaman utama aplikasi Shopee, cari dan klik pada opsi “Pesanan Saya.” Langkah cek resi cargo Shopee ini akan mengalihkanmu ke halaman yang berisi semua pesanan yang pernah kamu buat, termasuk pesanan yang ingin kamu cek resinya.

3. Cari Pesanan yang Ingin Dicek

Selanjutnya, cari pesanan yang ingin kamu cek resinya. Kamu akan melihat daftar semua pesanan yang pernah kamu buat di sini. Cari pesanan yang sesuai dengan pengiriman cargo, dan lakukan cek resi cargo Shopee di sana.

4. Klik “Lacak Pengiriman” atau “Cek Resi”

Setelah kamu menemukan pesanan yang tepat, klik opsi “Lacak Pengiriman” atau “Cek Resi.” Dengan melakukan ini, kamu akan dialihkan ke halaman yang berisi informasi lebih lanjut tentang pengirimanmu.

5. Lihat Informasi Pengiriman

Sekarang kamu dapat melihat informasi lengkap tentang pengirimanmu, termasuk status pengiriman, lokasi terakhir, dan perkiraan waktu kedatangan. Ini akan memberikan gambaran yang jelas tentang keberadaan paketmu.

6. Pantau Pengiriman

Terakhir, pantau pengirimanmu secara berkala untuk mendapatkan pembaruan terbaru. Kamu juga akan menerima notifikasi jika ada perubahan status penting dalam pengirimanmu.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu akan dapat dengan mudah menerapkan cara cek resi cargo Shopee dan melacak status pengirimanmu dengan cepat. Jadi, tidak perlu khawatir tentang keberadaan pesananmu, karena kamu akan selalu memiliki informasi terbaru tentang pengirimannya.

Baca Juga 
Tips Jualan Online Laris untuk Usaha di Bidang Makanan

Kelola Bisnis Online bersama SmartSeller

Cek Resi Cargo Shopee

Nah, bagaimana, sudah paham soal cek resi cargo Shopee, kan? Bagi para penjual, memeriksa pesanan itu penting banget buat memastikan kalau barang yang dikirim ke pelanggan sesuai pesanan dan kondisinya prima. Ini hal yang sederhana, tapi punya pengaruh besar, lho. Kalo pesanan tiba dengan selamat dan sesuai, pelanggan jadi senang, puas, dan pasti akan kembali lagi belanja di toko online-mu.

Tapi nih, kamu pasti penasaran gimana caranya cek resi cargo Shopee dengan lebih efisien, kan? tenang saja, solusinya ada di SmartSeller! SmartSeller akan menjadi sahabat pintar untuk mengurus bisnis online-mu di berbagai marketplace. Dengan SmartSeller, kamu bisa mengintegrasikan semua marketplace tempat kamu berjualan dalam satu dashboard yang super praktis. Jadi, kamu bisa melihat semua pesanan dari berbagai sumber di satu layar. Nggak perlu repot untuk login ke berbagai akun marketplace, semua ada di sini!

Kamu juga bisa mengatur stok barang, atur harga, sampai melihat laporan penjualan dari tiap-tiap marketplace dengan gampang. Benar-benar hemat waktu dan tenaga, kan? jadinya, kamu bisa fokus ke hal-hal lain yang juga penting buat bisnismu. Penasaran? Yuk, download dan pakai SmartSeller sekarang! Dengan SmartSeller, kamu bakal jadi lebih siap dan efisien dalam mengurus pesanan dan bisnismu. Jadi, jangan ragu buat mencoba!