Memasuki usia 1 tahun, anak semakin berkembang sehingga rasa ingin tahunya akan lebih tinggi ketimbang sebelumnya. Pada fase ini, orang tua diharapkan mampu memberi edukasi yang tepat dan menyenangkan untuk menemani tumbuh kembangnya. Salah satu media yang bisa digunakan para orang tua dalam hal ini adalah dengan menyediakan mainan edukasi anak 1 tahun.

Nah, kamu yang saat ini sedang menjalankan bisnis dengan berjualan mainan anak, berikut rekomendasi mainan edukasi untuk anak usia 1 tahun yang bisa kamu jual.

1. Mainan musik

Saat ini, para orang tua sudah mulai menyadari pentingnya musik bagi perkembangan motorik halus, koordinasi gerak, kemampuan berbicara, sampai manajemen emosi bagi anak. Oleh karena itu, mainan edukasi berupa alat musik bisa jadi produk yang tepat untuk dijual di pasaran.

2. Ring donat

Mainan edukasi untuk anak 1 tahun lainnya yang bisa kamu jual adalah ring donat. Mainan berbentuk donat dengan beragam ukuran dan warna ini sangat cocok digunakan untuk melatih gerak motorik anak berusia 1 tahun yang sedang aktif dan memiliki rasa penasaran yang tinggi untuk menyentuh benda-benda di sekitarnya.

Mainan ini banyak dicari para orang tua karena bermanfaat untuk meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak, mengenalkan anak pada warna-warna primer, dan melatih koordinasi tangan dan mata anak.

3. Meja belajar mainan

Mainan berbentuk meja belajar ini biasanya memiliki berbagai macam bentuk, mulai dari bulat, persegi, sampai bentuk bintang. Di atasnya, terdapat beberapa mainan yang bisa digunakan anak untuk bermain. Mainan edukasi ini bermanfaat untuk melatih gerak motorik kasar dan halus pada anak berusia 1 tahun secara bersamaan.

4. Crawl tunnel

Mainan anak usia 1 tahun lain yang cukup banyak peminatnya adalah crawl tunnel, yaitu terowongan yang bisa digunakan oleh anak untuk belajar merangkak. Konsep permainan ini akan terasa menyenangkan bagi anak karena mereka bisa belajar keluar masuk terowongan dengan menggunakan kemampuan mereka. Terowongan mainan ini dirancang khusus untuk merangsang kecerdasan visual spasial anak.

5. Dimpl duo

Rekomendasi mainan edukasi anak 1 tahun selanjutnya adalah dimpl duo, yaitu mainan yang dirancang untuk melatih motorik halus dan koordinasi gerak anak. Mainan ini bekerja dengan cara memasukkan berbagai macam bentuk benda, seperti bundar, kotak, segitiga, oval, persegi panjang, dan diamond sesuai dengan template yang sudah disediakan.

Selain bermanfaat untuk mengenal bentuk, mainan ini juga biasanya didesain dengan berbagai warna supaya anak bisa mengenalnya.

6. Buku bantal

Saat ini, sudah banyak orang tua yang menyadari pentingnya mendidik anak untuk belajar membaca sejak dini. Oleh karena itu, banyak produsen mainan anak yang kemudian menghadirkan buku bantal untuk menemani anak-anak berusia 1 tahun dalam mengenal buku.

Mengajak anak belajar membaca akan mengasah kemampuannya dalam mengingat. Dengan buku bantal yang bertekstur empuk dan tidak mudah sobek, anak akan senang belajar sekaligus bermain.

7. Puzzle

Permainan menyusun gambar alias puzzle tentu sudah tidak asing lagi karena hampir semua orang tua mengenalkan permainan yang satu ini kepada anak-anak mereka. Melalui permainan puzzle, anak-anak akan dilatih untuk mengingat sebuah bentuk atau gambar dan menyusunnya dengan tepat.

Mainan edukasi ini bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat anak, mengenalkan beragam bentuk, melatih motorik, dan kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah.

8. Buku mewarnai

Pada usia 1 tahun, mewarnai gambar menjadi salah satu kegiatan yang sangat disukai oleh anak-anak. Itulah sebabnya, mainan edukasi ini penting untuk dimiliki oleh para orang tua yang memiliki anak berusia 1 tahun.

Selain mengenalkan anak cara mewarnai gambar, mainan edukasi ini juga biasanya memiliki cerita yang bisa memberikan nilai-nilai tertentu bagi anak. Misalnya, buku mewarnai berjudul “Menggosok Gigi” yang mengajarkan anak untuk rajin sikat gigi.

9. Lego

(freepik)

Lego adalah permainan bongkah plastik yang bisa digunakan untuk membentuk sesuatu. Dengan permainan ini, anak-anak akan belajar bagaimana mengenal bentuk, menyelesaikan masalah, berkomunikasi, dan mencapai suatu tujuan. Selain itu, permainan ini juga bisa digunakan oleh lebih dari seorang sehingga anak bisa belajar bekerja sama dengan anak lainnya.

10. Mainan profesi

Ada banyak mainan yang diciptakan sesuai dengan beragam profesi yang ada. Misalnya, mainan dokter-dokteran, masak-masakan, cangkul, dan lainnya. Mainan edukasi jenis ini bermanfaat untuk mengenalkan anak pada berbagai macam bentuk benda dan profesi yang ada.

Cara memulai bisnis mainan edukasi anak 1 tahun

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mainan edukasi anak memang cukup menjanjikan karena sudah banyak orang tua yang menyadari pentingnya media edukasi sekaligus bermain tersebut. Nah, kalau kamu baru akan memulai bisnis ini, berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

1. Survei supplier dan harga

Sebelum mulai berjualan, pastikan kamu sudah melakukan survei untuk mengetahui di mana kamu bisa mendapatkan produk yang akan dijual. Selain mengetahui supplier, kamu juga perlu melakukan survei terkait harga produk yang dijual oleh kompetitor. Dengan begitu, kamu bisa menghitung secara tepat berapa jumlah modal yang harus dikeluarkan, harga produk, beserta keuntungan yang nantinya akan didapat.

2. Daftar mainan yang akan dijual

Langkah selanjutnya adalah buatlah daftar mainan apa saja yang akan dijual, lalu tentukan berapa harganya. Untuk meminimalisasi kerugian, sebaiknya belilah beberapa produk terlebih dulu sebelum membelinya secara massal. Misalnya, beli masing-masing produk sebanyak 5 buah supaya jumlah dan variasi mainan yang dijual lebih berimbang.

3. Siapkan modal

Setelah mengetahui berapa banyak modal yang diperlukan untuk membeli mainan dari supplier, siapkan juga modal yang diperlukan untuk gudang atau toko. Meski kamu berniat untuk jualan online, ada baiknya kamu juga menyiapkan gudang atau toko khusus untuk menyimpan barang jualanmu. Selain lebih rapi, hal ini juga bisa membantumu dalam menyusun daftar barang yang masuk dan keluar.

4. Pasarkan lewat berbagai kanal

Jangan cuma berjualan di satu media saja! Kamu juga sebaiknya memasarkan barang jualanmu di berbagai kanal, seperti media sosial atau marketplace. Hal ini penting untuk dilakukan supaya kamu bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan dari berbagai daerah. Apalagi jika kamu berjualan mainan secara online.

5. Tawarkan promo menarik

Salah satu kunci sukses berjualan adalah mengambil hati pelanggan. Dengan menawarkan berbagai promo menarik, orang yang tadinya tidak niat membeli bisa saja mengubah keputusannya sehingga membeli barang yang kamu jual. Selain menyediakan promo berupa diskon, kamu juga bisa menyediakan jenis promo lainnya seperti gratis ongkir atau hadiah spesial untuk beberapa pelanggan pertama.

Itulah 10 rekomendasi mainan edukasi anak 1 tahun yang banyak diminati saat ini dan cara memulai usaha jualan mainan edukasi agar barang yang kamu jual bisa laris di pasaran. Selamat berbisnis mainan edukasi untuk anak!

Baca Juga 
Promo Akhir Tahun Menyambut 2021 Bersama Ngorder