Seller Center Shopee bukanlah istilah yang asing lagi bagi pebisnis online yang ingin menawarkan produk jualannya di salah satu marketplace terbesar di Indonesia, Shopee. Untuk mempermudah pengelolaan toko online di Shopee, maka disediakan layanan yang disebut Seller Center Shopee. Tidak hanya memberi kemudahan saja, fitur ini juga menawarkan banyak keuntungan bagi para seller, khususnya yang ingin membangun dan merintis bisnis online secara maksimal. Namun sayangnya masih banyak yang belum paham cara memanfaatkan  fitur Seller Center Shopee ini. Artikel berikut akan membahas lebih lanjut mengenai Seller Center Shopee serta bagaimana cara memanfaatkannya.

Apa itu Seller Center Shopee

Seller Center Shopee

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Seller Center Shopee, maka para seller harus memahami terlebih dulu, apa itu fitur Seller Center Shopee. Seperti yang kamu tahu, Shopee merupakan salah satu marketplace atau platform belanja online terbesar yang ada di Indonesia. Shopee sangat memudahkan konsumen untuk berbelanja secara online lantaran dapat diakses di mana saja dan kapan saja melalui smartphone. Namun tidak hanya pembeli saja yang diberikan kemudahan para seller di Shopee pun dapat meninjau konsumen dan mengelola toko online mereka di Shopee dengan maksimal melalui fitur khusus yang disebut Seller Center.

Seller center Shopee pada dasarnya merupakan layanan terpisah dari platform di Shopee yang dirancang khusus bagi para seller atau penjual untuk mengelola toko online dan produk-produk yang dijual dengan lebih mudah melalui laptop atau komputer. Fitur ini akan sangat membantu apabila kamu memiliki pesanan dalam jumlah yang banyak. Dengan demikian operasional bisnis kamu akan menjadi lebih efisien dan kamu mendapatkan peluang untuk meningkatkan penjualan setiap harinya. Untuk mempermudah seller dalam pengelolaan toko online secara efektif, terdapat beberapa fitur unggulan di Seller Center Shopee ini. 

Baca juga: Cara Mudah Kelola banyak akun marketplace Sekaligus

Fitur-Fitur Unggulan di Seller Center Shopee

Seller Center Shopee

Sebagai seller di Shopee, tentunya kamu harus memanfaatkan dengan baik fitur-fitur yang tersedia pada Seller Center Shopee agar kamu dapat mengembangkan bisnis memaksimalkan strategi bisnis, serta meningkatkan penjualan produk. Adapun fitur-fitur unggulannya adalah berikut ini:

1. Produk

Fitur pertama yang tersedia di Seller Center Shopee adalah adalah fitur produk. Fitur ini akan memudahkan seller untuk mengelola dan mengatur semua produk yang ada di toko online-nya. Lewat fitur ini, kamu bisa menambahkan produk baru bahkan secara massal, menambahkan deskripsi produk yang jelas dan lengkap, mengarsipkan produk yang sudah diunggah, lalu menghapus produk yang sudah tidak relevan lagi. Intinya fitur ini dapat membuat tampilan toko online-mu menjadi lebih baik dan ter-update sehingga para pembeli lebih nyaman untuk berbelanja.

Baca Juga 
5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Pemilik Online Shop

2. Pesanan 

Fitur unggulan kedua di Seller Center Shopee adalah fitur pesanan. Fitur ini berfungsi untuk melihat status pesanan pelanggan. Berikut adalah beberapa status pesanan yang ada:

  • Belum bayar: Pelanggan sudah melakukan checkout namun belum melakukan pembayaran.
  • Perlu dikirim: Pelanggan sudah melakukan pembayaran dan penjual harus melakukan proses pengiriman.
  • Dikirim: Penjualan sudah menyerahkan pesanan kepada kurir dan paket sedang dalam proses pengiriman sesuai alamat yang tertera.
  • Selesai: Barang yang dikirimkan sudah sampai di tangan pelanggan dan sudah dikonfirmasi oleh pelanggan.
  • Pembatalan: Pesanan yang dibatalkan oleh pelanggan atau yang melebihi batas waktu pengiriman yang telah ditentukan.
  • Pengembalian: Pesanan yang dibatalkan atau dikembalikan oleh pelanggan dengan alasan tertentu.

3. Pengiriman

Seller Center Shopee

Fitur selanjutnya yang ada di Seller Center Shopee adalah fitur pengiriman. Fitur ini digunakan untuk memantau atau mengawasi status pengiriman yang sedang dilakukan, perlu dikirim, dikembalikan, serta sudah selesai dilakukan. Selain itu, pada fitur tersedia juga opsi pengiriman massal yang dapat memudahkan seller untuk mengirim produk sekaligus banyak sehingga dapat menghemat waktu dan lebih efisien dibanding mengirimkannya satu per satu setiap harinya. Biasanya akan ada momen di mana terjadi lonjakan pesanan dan seller dapat terbantu dengan fitur pengiriman ketika harus memproses pesanan dalam jumlah yang banyak. Dengan begitu, pesanan akan tiba di tangan pelanggan dengan tepat waktu.

4. Promosi Saya

Fitur keempat di Seller Center Shopee adalah fitur promosi saya. Fitur ini dipergunakan seller untuk mengatur kegiatan promosi secara maksimal. Hal ini mencakup mengatur promo yang diberlakukan di toko online, seperti penerapan gratis ongkos kirim, pemberian cashback, diskon pembelian dalam jumlah tertentu. Dalam kasus seperti gratis ongkir, penjual bisa menentukan nilai gratis ongkir, apakah seluruhnya atau berapa persen saja. Penjual juga bisa menentukan syarat agar para pelanggan mendapatkan gratis ongkir, dengan menentukan jumlah minimal pembelian produk.

Baca Juga 
Ingin Mulai Berbisnis? Ini 5 Ide Usaha Online Modal Kecil!

5. Optimasi Toko

Seller Center Shopee

Fitur kelima adalah fitur optimasi toko. Fitur ini memungkinkan para seller mengatur dan melakukan perubahan pada tokonya sesuai yang dia inginkan. Misalnya kamu bisa mengganti nama toko, foto toko, mengubah deskripsi toko. Hal-hal ini dilakukan agar toko online kamu dapat menjadi lebih menarik, sehingga banyak pula pelanggan yang berkunjung ke tokomu.

6. Keuangan

Fitur keuangan merupakan salah satu fitur penting yang ada di layanan Seller Center Shopee. Dengan fitur ini para seller dapat melihat penghasilan yang didapatkan toko online secara berkala, mingguan atau bulanan dengan memilih menu “penghasilan saya”. Lalu fitur ini juga bisa membantu seller untuk mengecek saldo terakhir seller yang ada di toko, dan melakukan penarikan saldo dengan mudah ke rekening atau e-wallet yang sudah didaftarkan.

7. Data

Fitur satu ini memungkinkan para seller melihat data terkini terkait penjualan atau transaksi yang terjadi di toko online. Dengan fitur data, seller juga mengecek performa toko online dalam kurun waktu tertentu serta melakukan evaluasi agar bisnis semakin berkembang.

8. Pengaturan

Fitur pengaturan merupakan fitur yang berfungsi untuk melakukan berbagai pengaturan terkait toko online. Misalnya, mengatur bahasa yang digunakan, mengatur jadwal libur atau tutup toko, mengatur notifikasi, mengatur privasi toko, mengatur PIN untuk menarik saldo, dan lain sebagainya. 

9. Layanan Pembeli

Fitur layanan pembeli merupakan salah satu fitur yang paling membantu seller untuk berkomunikasi dengan pelanggan agar proses transaksi jual beli menjadi lebih mudah. Dalam fitur ini terdapat beberapa menu yang bisa dimanfaatkan, yakni Auto Reply, Asisten FAQ, template pesan, dan lain sebagainya. Dengan adanya layanan ini, seller tidak perlu aktif  online berjualan di toko selama 24 jam dalam sehari. 

10. Perkembangan Penjual

Fitur terakhir yang ada di Seller Center Shopee adalah fitur perkembangan penjual. Fitur ini memungkinkan para seller memantau progres penjualan di toko online miliknya. Informasi dari fitur perkembangan penjual dapat kamu gunakan untuk meningkatkan kinerja toko, khususnya jika performa toko sedang kendor atau mengalami penurunan.

Baca Juga 
Harus Tahu! Ini Aplikasi Stok Gudang untuk Kelola Bisnis

Baca juga: Cara Berjualan di Marketplace dalam Satu Akun bagi Supplier

Cara Mendaftar Seller Center Shopee

Seller Center Shopee

Untuk dapat mengakses layanan Seller Center Shopee dan menikmati semua kemudahan yang ditawarkannya, tentunya kamu harus memiliki akun Shopee terlebih dahulu. Cara membuat akun Shopee adalah sebagai berikut:

  1. Download aplikasi Shopee atau buka situs web Shopee.
  2. Lalu Klik Daftar.
  3. Masukkan nomor telepon yang aktif
  4. Klik Lanjut, dan tunggu SMS/ WhatsApp atau email berupa kode OTP.
  5. Masukkan kode OTP tersebut dan klik Verifikasi.
  6. Kemudian buatlah username dan password untuk akunmu.
  7. Terakhir, lengkapi foto profil untuk toko online milikmu supaya lebih mudah dikenali.

Kalau sudah memiliki akun Shopee, barulah kamu bisa mendaftar untuk layanan Seller Center Shopee. Berikut langkah-langkah untuk mendaftar Seller Center Shopee:

  1. Kunjungi situs web Seller Center Shopee https://seller.shopee.co.id 
  2. Setelah itu, login menggunakan akun yang sudah kamu daftarkan.
  3. Masukkan username, nomor telepon atau email dan password, lalu klik Login.
  4. Kemudian layar akan diarahkan ke tampilan akun seller dan data terkait informasi tentang toko, produk, pesanan, pengirimam yang sudah tersedia.

Jika akun Seller Center Shopee sudah terdaftar, maka kamu bisa langsung melengkapi profil toko online, memilih nama toko serta menulis deskripsi toko yang berisi keunggulan tokomu dibanding toko online lainnya. Tidak lupa juga cantumkan alamat tokomu. 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Seller Center Shopee yang wajib diketahui dan dipelajari oleh seller agar pengelolaan toko online di marketplace menjadi lebih mudah dan efisien.

Jika kamu memiliki banyak akun marketplace dan bingung cara mengelolanya, tenang! Kamu bisa memanfaatkan platform SmartSeller! Dengan fitur Marketplace Integration yang ada di SmartSeller, kamu bisa kelola banyak akun marketplace sekaligus dengan cara memproses orderan dalam satu platform. Selain itu kamu juga bisa mengatur stok antar marketplace, menyinkronkan order dari berbagai marketplace serta mendapatkan laporan penjualan terperinci di setiap marketplace. Tak hanya itu, ada pula fitur Inventory Management yang bisa menyesuaikan stok yang ada di sistem dan di gudang sehingga stok tetap akurat di setiap marketplace. Penasaran? Yuk, kunjungi layanan MarketPlace Integration untuk pengelolaan toko online yang lebih simpel dan hemat waktu.