Dalam era berjualan online saat ini, sudah tidak sedikit toko online yang kelola banyak akun marketplace sekaligus. Hal ini dikarenakan berjualan di berbagai marketplace sangat populer bagi para penjual. Dengan begitu, berjualan di banyak akun marketplace dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas. Namun, kelola banyak akun marketplace bisa menjadi tantangan tersendiri. Nah, buat kamu yang berencana untuk memiliki banyak akun jualan di berbagai marketplace, kamu harus tahu terlebih dahulu cara kelola banyak akun marketplace dengan efektif. Hal ini agar kamu dapat meningkatkan penjualan dan mengoptimalkan bisnis online kamu. Yuk, disimak!

Cara Kelola banyak akun marketplace Sekaligus

Cara Kelola Banyak Akun Marketplace

1. Prioritaskan Pemilihan Marketplace yang Tepat

Sebelum membuka banyak akun, pertimbangkan platform mana yang paling sesuai dengan jenis produk atau layanan kamu. Setiap marketplace memiliki audiens yang berbeda-beda, jadi penting untuk memahami target pasar kamu. Periksa juga biaya dan kebijakan setiap marketplace untuk memastikan kecocokan dengan bisnis kamu.

2. Gunakan Alat Manajemen Akun

Kelola banyak akun marketplace bisa sangat rumit jika kamu mencoba melakukannya secara manual. Sebagai gantinya, pertimbangkan untuk menggunakan alat manajemen akun atau perangkat lunak e-commerce yang dapat membantu kamu kelola banyak akun marketplace dari satu tempat. Beberapa alat bahkan dapat mengotomatisasi proses, seperti pembaruan inventaris dan penjadwalan posting produk.

3. Pertahankan Konsistensi Branding

Dalam mengelola banyak akun marketplace, penting untuk mempertahankan konsistensi branding di seluruh marketplace kamu. Ini mencakup penggunaan logo yang sama, deskripsi produk yang seragam, dan citra merek yang konsisten. Dengan cara ini, pelanggan akan dengan mudah mengenali bisnis kamu di berbagai platform.

Cara Kelola Banyak Akun Marketplace

4. Pantau Stok Produk dengan Cermat

Jika kamu menjual produk fisik, pastikan untuk memantau stok produk kamu dengan cermat. Salah satu masalah yang sering muncul adalah ketika stok produk sudah habis, tetapi di beberapa marketplace masih tertera stok tersedia. Hal ini dapat mengarah pada masalah pengiriman dan kekecewaan pelanggan. Gunakan sistem manajemen inventaris untuk membantu kamu menghindari masalah ini.

Baca Juga 
Percobaan Pengiriman Paket Gagal? Ini Cara Meminimalisirnya

Baca juga: Harus Tahu! Ini Aplikasi Stok Gudang untuk Kelola Bisnis

5. Atur Sistem Pengiriman yang Efisien

Pengiriman adalah bagian penting dari bisnis online. Pastikan kamu memiliki sistem pengiriman yang efisien yang dapat menangani pengiriman dari berbagai marketplace. Kamu juga dapat mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan kurir atau layanan pengiriman untuk membantu kamu mengelola pengiriman dengan lebih baik.

6. Terlibat dalam Interaksi dengan Pelanggan

Sosial media dan fitur komentar di marketplace adalah cara yang baik untuk berinteraksi dengan pelanggan. Pastikan kamu merespons pertanyaan, ulasan, dan komentar dengan cepat. Hal ini akan membantu membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan kamu.

7. Analisis Data dan Kinerja

Setiap marketplace biasanya menyediakan data analitik yang dapat membantu kamu memahami kinerja produk kamu. Gunakan data ini untuk kelola banyak akun marketplace dalam mengidentifikasi produk yang paling sukses, tren penjualan, dan perilaku pelanggan. Dengan informasi ini, kamu dapat membuat keputusan yang lebih baik untuk bisnis kamu.

Cara Kelola Banyak Akun Marketplace

8. Tetap Patuhi Hukum dan Kebijakan Marketplace

Pastikan untuk selalu mematuhi hukum dan kebijakan setiap marketplace. Pelanggaran dapat mengakibatkan penangguhan atau penutupan akun kamu yang akan merugikan bisnis kamu secara serius.

9. Pertimbangkan Outsourcing

Jika kamu merasa kesulitan kelola banyak akun marketplace, pertimbangkan untuk outsourcing beberapa tugas, seperti manajemen inventaris, pengelolaan akun, atau dukungan pelanggan. Ini dapat memberi kamu lebih banyak waktu untuk fokus pada aspek lain dari bisnis kamu.

10. Evaluasi Terus-menerus

Terakhir, tetaplah fleksibel dan terbuka terhadap perubahan. Evaluasi terus-menerus tentang apa yang berfungsi dan apa yang tidak, serta selalu mencari cara untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam kelola banyak akun marketplace.

Baca Juga 
Simpel tapi Cuan! Beginilah Cara Jualan Online di HP

Keuntungan Berjualan di Banyak Akun Marketplace

Cara Kelola Banyak Akun Marketplace

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tiap marketplace memiliki audiens yang berbeda-beda. Pastinya, setiap pelanggan memiliki marketplace favoritnya tersendiri. Dengan berjualan di banyak akun marketplace, otomatis toko online kamu dapat menjangkau lebih banyak calon pelanggan sehingga dapat meningkatkan pendapatan. Ada banyak keuntungan dari berjualan di berbagai akun marketplace yang perlu kamu ketahui di bawah sini!

1. Jangkauan yang Lebih Luas

Salah satu keuntungan paling jelas dari berjualan di banyak marketplace adalah meningkatkannya jangkauan bisnis kamu. Setiap marketplace memiliki basis pelanggan yang berbeda dan dengan hadir di beberapa platform, kamu dapat menjangkau lebih banyak calon pembeli dari berbagai latar belakang. Hal ini memungkinkan kamu untuk mencapai pelanggan yang mungkin tidak akan kamu dapatkan jika kamu hanya berjualan di satu tempat.

Misalnya, seseorang mungkin lebih suka berbelanja di marketplace ini, sementara yang lain mungkin lebih suka berbelanja di marketplace yang satu lagi. Dengan berjualan di kedua platform ini, kamu memberi pelanggan lebih banyak pilihan di mana mereka bisa membeli produk kamu.

2. Diversifikasi Pendapatan

Ketergantungan pada satu platform bisa meningkatkan risiko. Jika platform tersebut mengalami masalah teknis atau perubahan kebijakan yang merugikan, bisnis kamu bisa terpukul. Dengan berjualan di banyak marketplace, kamu dapat mengurangi risiko tersebut. Jadinya, kamu memiliki sumber pendapatan yang lebih beragam sehingga bisnis kamu menjadi lebih tahan terhadap perubahan pasar atau masalah yang mungkin timbul di satu platform. Diversifikasi pendapatan ini juga membantu kamu lebih baik dalam menghadapi musim liburan atau fluktuasi permintaan karena penjualan di berbagai marketplace dapat berperilaku berbeda pada waktu yang sama.

Cara Kelola Banyak Akun Marketplace

3. Persaingan yang Lebih Rendah

Di beberapa marketplace, persaingan mungkin lebih rendah daripada di lainnya. Ini terutama berlaku untuk produk atau niche yang mungkin kurang dikenal atau kurang bersaing di beberapa platform. Dengan berjualan di tempat-tempat seperti ini, kamu memiliki peluang untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan dengan relatif lebih sedikit persaingan. Tetapi, pastikan kamu tetap memantau persaingan dan menjalankan strategi pemasaran yang efektif untuk tetap bersaing.

Baca Juga 
Tips Mengatasi Emosi Customer

4. Pemasaran dan Promosi yang Mudah

Banyak marketplace menawarkan alat pemasaran dan promosi yang dapat membantu kamu meningkatkan visibilitas produk kamu. Hal ini termasuk opsi, seperti iklan berbayar, penawaran khusus, dan program afiliasi. Dengan memanfaatkan fitur-fitur ini, kamu dapat lebih mudah menjangkau pelanggan baru dan meningkatkan penjualan kamu.

Baca juga: Ini Cara Mempromosikan Produk agar Usaha Laris Manis

5. Kredibilitas dan Kepercayaan Pelanggan

Berjualan di beberapa marketplace dapat meningkatkan kredibilitas bisnis kamu di mata pelanggan. Pelanggan mungkin merasa lebih percaya diri untuk berbelanja dari penjual yang ada di marketplace yang sudah dikenal. Mereka tahu bahwa mereka dapat mengandalkan platform tersebut untuk menangani transaksi dengan baik.

Dengan mengikuti cara di atas, kamu dapat kelola banyak akun marketplace dengan lebih efektif. Hal ini akan membantu kamu meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan bisnis kamu, dan mencapai kesuksesan dalam berjualan online. Kelola banyak akun marketplace sekaligus memang membutuhkan waktu, usaha, dan perencanaan yang baik. Namun, tenang saja, kamu bisa kelola banyak akun marketplace dari satu platform saja menggunakan SmartSeller!

SmartSeller memiliki fitur Marketplace Integration yang dapat kelola banyak akun marketplace sekaligus dengan cara proses orderan di satu platform, bebas atur stok antar marketplace, serta adanya laporan penjualan di setiap marketplace. Ditambah dengan adanya fitur Inventory Management yang dapat melakukan penyesuaian stok antara sistem dan gudang sehingga stok tetap akurat. Masih banyak fitur SmartSeller lainnya yang bisa kamu gunakan. Penasaran apa saja? Cek SmartSeller sekarang juga!