Bagi kamu yang sedang berencana atau tengah mengelola bisnis, ada baiknya untuk melakukan analisis peluang usaha, sebab cukup penting untuk pengembangan bisnis. Analisis peluang usaha juga menjadi salah satu strategi agar bisnis yang kamu geluti bisa berjalan lancar dan mengurangi kerugian yang ada di masa mendatang.

Analisis peluang usaha juga penting dilakukan untuk menyusun rencana ketika membangun usaha. Hal ini dikarenakan, ketika membangun sebuah usaha perlu bagi kamu untuk menciptakan ide bisnis yang segar dan sebagai upaya untuk menggali daya minat masyarakat terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan. Cara ini juga dapat digunakan sebagai ajang promosi dan menentukan kelayakan dari usaha yang kamu jalankan di kemudian hari.

Apa Itu Analisis Peluang Usaha?

Analisis peluang usaha merupakan salah satu aktivitas seseorang atau perusahaan dalam melakukan penelitian, perencanaan, perkiraan, hingga proses evaluasi dari bisnis yang sedang atau akan dijalankan. Analisis peluang usaha biasanya juga dilakukan oleh pebisnis guna menentukan apa saja yang akan dilakukan di dalam persaingan bisnis. 

Sebuah analisis peluang usaha ini dapat membantu meminimalisir risiko terburuk dan mampu meningkatkan keuntungan, serta tujuan dalam usaha yang dijalankan. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk melakukan analisis peluang usaha, apabila usaha yang kamu jalankan ingin lebih efisien dalam memperoleh target pasar.

Analisis Peluang Usaha

Selain itu, suatu analisis yang baik tentu saja akan menunjukkan data terkait seluruh aspek bisnis yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari faktor internal hingga faktor eksternal. Analisis ini juga berguna untuk memahami minat serta keinginan masyarakat terhadap suatu barang atau jasa.

Tujuan Analisis Peluang Usaha

Seperti yang sudah diketahui, salah satu tujuan dari analisis peluang usaha adalah untuk meninjau perencanaan bisnis agar usaha yang dijalankan tidak mengalami kendala di kemudian hari. Selain itu, analisis peluang usaha menjadi salah satu cara jitu yang dapat menentukan strategi bisnis yang tepat.

Baca Juga 
6 Tips Sukses Membuka Bisnis Showroom Mobil Bekas

Tak hanya itu, masih ada beberapa tujuan dari analisis peluang usaha yang perlu kamu pahami, berikut penjelasannya. 

  • Meminimalisir Kebangkrutan

Sebagai usaha rintisan baru, biasanya banyak kendala yang akan dihadapi. Bahkan yang paling parah adalah kegagalan atau bangkrut. Maka, perlu bagi kamu untuk memahami atau menganalisis pondasi yang kamu harus bangun dalam menjalankan suatu usaha. Selain itu, hal ini juga akan meminimalisir kerugian serta membantumu menghadapi risiko-risiko terburuk di kemudian hari.

  • Mempunyai Pandangan Nilai Produk

Analisis peluang usaha juga mampu memberikan kamu gambaran tentang produk atau usaha yang kamu miliki. Nantinya, dengan menganalisis hal tersebut, kamu tentu akan memahami dengan baik apa yang bisa atau tidak bisa diterima oleh masyarakat.

  • Menentukan Strategi yang Tepat

Analisis Peluang Usaha

Menentukan strategi pemasaran tentu kamu butuhkan agar dapat dikenal oleh konsumen. Nah, nantinya kamu juga akan memahami cara mempromosikan produk agar mampu menyasar target pasar yang tepat.

  • Paham Tentang Persaingan Pasar

Salah satu tujuan dari analisis peluang usaha ialah dapat membantumu memahami karakter dan sifat dari kompetitor bisnismu. Sehingga, kamu akan memahami strategi yang tepat untuk menghadapi persaingan pasar yang kompetitif tersebut.

Baca juga: Target Market adalah Hal yang Wajib Diketahui Pebisnis

  • Mampu Mengetahui Kelayakan Usaha

Tujuan dari analisis peluang usaha yang terakhir adalah mampu mengetahui kelayakan dari bisnis yang kamu jalankan. Nantinya, setelah menjalani bisnis, kamu dapat menyimpulkan usaha yang sedang kamu jalankan tersebut layak atau tidak. Sehingga, kamu bisa mencari tenaga ahli lainnya untuk membantu mengeksekusi rencana bisnis tersebut.

 

Cara Melakukan Analisis Peluang Usaha

Agar tujuan dari dilakukannya analisis peluang usaha tercapai, tentu kamu harus dapat melakukannya dengan tepat. Bagaimana caranya? Simak berikut ini. 

  • Lakukan Analisis SWOT

Analisis Peluang Usaha

Cara yang mudah dalam melakukan analisis peluang usaha ialah dengan analisis SWOT. Adapun SWOT merupakan singkatan dari strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (kesempatan), dan threat (ancaman). Analisis ini dilakukan guna mengetahui apa saja kekuatan atau potensi, serta kesempatan untuk mengembangkan usaha yang kamu geluti. 

Baca Juga 
Panduan Lengkap dan Cara Jualan di Lazada untuk Pemula

Selain itu, dengan analisis SWOT ini juga dapat mengetahui apa kelemahan atau kekurangan dari perusahaan, serta adanya hambatan atau ancaman yang ada untuk usaha mu. 

Maka dari itu, dengan dilakukannya analisis SWOT ini, kamu bisa mendapatkan jawaban terkait, kekuatan (strength) yang dimiliki untuk memecah hambatan (threat) yang ada. Lalu, bagaimana cara mencari kesempatan (opportunity) untuk jalan keluar dari kelemahan (weakness) yang dimiliki. 

  • Buatlah Inovasi Produk

Setelah mengetahui jawaban dari analisis SWOT tersebut, kamu bisa membuat inovasi produk sebagai jawaban untuk ancaman ataupun kesempatan yang ada. Hal ini juga dilakukan guna mencegah risiko yang akan terjadi pada usaha yang kamu geluti. Tidak hanya itu, dengan membuat inovasi produk ini bermaksud sebagai cara bisnis kamu bertahan dalam berbagai kondisi. 

  • Target Pasar

Dalam memasarkan produk yang kamu buat, tentu alangkah baiknya kamu memiliki target pasar yang bisa dikategorikan berdasarkan usia, gender, minat konsumen, pekerjaan, dan lain-lain. Dengan adanya target pasar ini, kamu bisa menentukan cara untuk melakukan promosi yang tepat sasaran. 

  • Susun Anggaran Dana 

Dana menjadi hal yang patut diperhatikan untuk memulai ataupun menjalani bisnis. Untuk itu, susunlah rincian anggaran dana guna menghindari kerugian. 

Susunan anggaran dana ini dimulai dari proses produksi sampai barang tersebut jadi dan tiba di tangan konsumen. Adapun rincian anggaran dana tersebut di antaranya, bahan baku produksi, gaji karyawan, biaya operasional selama pra sampai pascaproduksi, biaya pengiriman dan perawatan, serta perhitungan laba rugi. 

Anggaran dana ini dapat dilakukan dengan menggunakan model akuntansi untuk memudahkan perhitungan. 

  • Rencanakan Promosi yang akan Dilakukan

Analisis Peluang Usaha

Setelah mengetahui target pasar, kamu bisa memulai untuk merencanakan promosi seperti apa yang akan dilakukan secara matang, agar pemasaran menjadi lebih efektif. Agenda promosi menjadi salah satu yang patut diperhatikan, lantaran dapat membantu dalam meningkatkan pendapatan bisnismu. Jika salah dalam mengambil tindakan promosi, hal ini justru bisa merugikan brand usaha yang tengah kamu geluti. 

  • Perhitungkan Kritik dan Saran dari Pelanggan

Untuk mengetahui apa yang kurang dan kelebihan dari produk bisnis kamu, jangan ragu untuk meminta dan membaca kritik serta saran dari para konsumen. Selain akan memberikan penilaian jujur usahamu, juga dapat meningkatkan hubungan dengan konsumen. Jika hubungan dengan konsumen meningkat, brand awareness pun ikut meningkat. Oleh karena itu, jangan ragu untuk meminta kritik dan saran dari pelanggan. 

  • Evaluasi

Evaluasi menjadi salah satu cara terpenting untuk menganalisis peluang usaha. Sebab, dengan adanya evaluasi ini, kamu jadi mengetahui seberapa efektif yang telah dilakukan dalam melakukan proses bisnis. Adapun proses bisnis ini di antaranya, produksi, pemasaran, penjualan, dan distribusi. Evaluasi ini bisa dilakukan setiap bulannya untuk mengetahui perkembangan apa yang terjadi pada bisnismu. 

Baca Juga 
Tips Mudah Pilih Jasa Digital Marketing, Bisnis Moncer Keuntungan Lancar!

Baca juga: Evaluasi Usaha adalah Apa di Bisnis? Ini Penjelasannya

Analisis peluang usaha ini juga bisa dilakukan melalui platform Smartseller Sebab, platform satu bisa membantu kamu dalam memberikan insight dan laporan bisnis secara mendetail lewat fitur analisis bisnis. Selain itu, ada juga fitur manajemen order agar pesanan kamu lebih mudah terkendali. Untuk informasi lebih lanjut, klik di sini, ya!