Terdapat 4 strategi pemasaran yang dapat digunakan sebagai dasar untuk menjalankan sebuah bisnis. Khususnya bagi pelaku usaha kecil hingga menengah yang mana jumlahnya semakin meningkat saat ini di Indonesia. Akan tetapi, sayangnya di antara pebisnis tersebut masih banyak yang bingung saat ingin menerapkan 4 strategi pemasaran tersebut. Simak penjelasan lengkapnya pada ulasan di bawah ini.

Mengenal Strategi Pemasaran 4P

Strategi pemasaran produk tidak hanya bermanfaat untuk perusahaan besar saja, melainkan perusahaan kecil juga harus memahami 4 strategi pemasaran tersebut. 4 strategi pemasaran atau 4P marketing mix adalah komponen dasar yang akan jadi patokan awal kamu untuk berbisnis, dengan tujuan supaya konsumen ingin membeli produk kamu. 

Mungkin kamu sudah mulai bertanya-tanya apa itu 4P pada strategi marketing ini? 4P tersebut sebenarnya terdiri dari product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi). Setiap elemen pada strategi ini sangatlah mempengaruhi perkembangan bisnis kamu ke depannya, terutama untuk para UKM di Indonesia. Apabila mereka senantiasa ingin menerapkan sekaligus mengaplikasikannya dengan baik, tentu saja bisnis akan lebih berkembang dan maju.

Konsep strategi pemasaran 4P sendiri termasuk materi yang pertama kali diajarkan setiap pelajaran marketing berlangsung. Tidak hanya itu, sejak dulu pun strategi pemasaran ini sudah digunakan. Akan tetapi, dengan era digital seperti ini tentu saja membuat strategi harus lebih tepat sasaran.

Kenapa Strategi Pemasaran Penting?

Apabila strategi pemasaran 4P seperti unsur tempat, harga, produk, dan promosi dikombinasikan dengan baik, tentu akan menghasilkan suatu koordinasi strategi pemasaran yang tepat bagi produk kamu. Selain itu, loyalitas brand atau merek kamu pun juga akan semakin meningkat. Ini karena usaha yang sedang kamu rintis berfokus pada keperluan konsumen serta dapat menciptakan kepuasan bagi konsumen.

Perlu diketahui, bahwa berbisnis ini bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Sebab itulah, kemauan yang kuat memang harus ditanamkan serta tidak lupa untuk komitmen dari awal. Setidaknya, disaat ada masalah, kamu tidak akan berhenti begitu saja di tengah jalan. Kemudian. apabila ingin bisnis kamu berjalan sesuai dengan yang diharapkan sekaligus memberikan keuntungan, maka kamu bisa coba untuk terapkan strategi pemasaran 4P ini.

Tentu saja bukan tanpa alasan, pasalnya strategi ini sudah lama diaplikasikan dan terbukti berhasil oleh pebisnis terdahulu. Akan tetapi, terlepas dari pentingnya penerapan 4 strategi pemasaran ini, maka kerja keras kamu jauh lebih penting saat berbisnis.

Strategi Pemasaran yang Dapat Diterapkan

Berikut ini merupakan penjelasan mengenai 4 elemen dari strategi pemasaran yang bisa kamu terapkan saat mulai menjalankan bisnis nantinya.

1. Menentukan jenis produk

Agar strategi pemasaran kamu berhasil, cobalah untuk menghasilkan produk yang sekiranya bisa diterima baik oleh masyarakat. Nah, caranya yaitu mengembangkan produk yang mempunyai kualitas terbaik dan memberikan kepuasan untuk pelanggan kamu nantinya. Ini karena, kualitas yang tidak baik pada suatu produk pastinya akan membuat konsumen kamu jadi lari dan kecewa. Sebagai solusinya, kamu bisa meminta saran ataupun masukan dari pelanggan saat membuat produk yang mungkin saja akan dibeli oleh mereka. 

2. Menetapkan harga

Pada umumnya, konsumen cenderung untuk menjadikan harga sebagai acuan mereka saat membandingkan produk yang satu dengan lainnya. Oleh sebab itulah, kamu harus menetapkan harga yang benar-benar sudah tepat, sesuai harga di pasaran, menguntungkan, serta tidak merugikan pihak yang lainnya.

Apabila kamu salah saat menentukan harga, tentu juga akan memengaruhi konsumen dan pendapatan kamu akan segera turun. Untuk menentukan harga ini, maka bisa merujuk pada harga pasar atau menghitung keuntungan Harga Pokok Penjualan (HPP). Jika ada cara lain untuk menetapkan harga juga bisa, asalkan harganya masih bisa diterima.

Contohnya, menggunakan program akuntansi sederhana untuk menghitung sekaligus menentukan harga produk kamu. Tentu saja, program akuntansi ini jauh lebih akurat ketimbang kamu harus melakukan perhitungan secara manual.

Kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut ini saat melakukan penetapan harga.

  • Perbandingan harga dengan kompetitor
  • Nilai produk atau jasa
  • Promo dan pemberian diskon
  • Keuntungan yang akan diperoleh

3. Memilih lokasi yang cocok

Unsur 4P strategi pemasaran lainnya adalah tempat atau lokasi. Ini pun juga akan jadi salah satu faktor penentu dalam suksesnya bisnis kamu. Oleh sebab itulah, penting bagi kamu untuk memikirkan dulu manakah kira-kira lokasi yang cocok dengan target dari bisnis kamu.  Pertimbangkan juga untuk memilih lokasi yang strategis, artinya lokasi yang ramai dan dilalui banyak orang. Jadi, konsumen pun dapat mencari lokasinya dengan mudah dan peluang untuk mereka tertarik juga lebih besar.

Akan tetapi, selain tempat yang strategis, terdapat beberapa komponen yang seharusnya tidak luput dari perhatian kamu saat memilih strategi pemasaran yang efektif, antara lain:

  • Saluran distribusi
  • Jenis tempat
  • Logistik
  • Penanganan produk
  • Mempelajari produk kompetitor

4. Jangan lewatkan promosi

Kegiatan promosi mempunyai dua tujuan utama. Pertama, meningkatkan brand awareness bisnis kamu serta memberi tahu masyarakat mengenai bisnis kamu. Lalu kedua, membujuk masyarakat agar mau membeli produk dan jasa yang sedang ditawarkan.

Adapun fokus dari strategi marketing 4P sendiri adalah komunikasi yang tepat, artinya cara kamu dengan audiens berkomunikasi supaya saling terhubung dan bisa menciptakan sesuatu yang menguntungkan. Apalagi sekarang ini, kegiatan pemasaran dan promosi semakin mudah untuk lakukan. Strategi pemasaran online bisa dilakukan hanya dengan memanfaatkan media sosial seperti instagram, facebook, tiktok, dan sebagainya, lalu memasang iklan, sponsorship, dan kerja sama. 

Di samping itu, jangan lewatkan untuk mengikuti bazar yang diadakan oleh komunitas tersebut. Akan tetapi, sebelum melakukan promosi, ada baiknya untuk tahu dulu beberapa hal saat menentukan kegiatan promosi yang tepat tersebut, seperti:

  • Waktu pelaksanaan promosi
  • Pelajari kompetitor saat melaksanakan promosi

Agar semakin mantap dalam berbisnis, kamu juga bisa melihat contoh strategi pemasaran yang sudah sering diterapkan oleh pebisnis sukses. Cerita indahnya pun dapat ditemukan dengan mudah di media sosial. Jadi begitulah cara menerapkan 4 strategi pemasaran ini. Pada beberapa pebisnis, mungkin akan terlihat sangat mudah. 

Jangan ragu untuk memulai bisnis dengan 4 strategi pemasaran ini, sebab tidak hanya diperuntukkan bagi pengusaha besar saja, pebisnis yang baru saja terjun pun harusnya sudah menerapkan strategi ini. Perlu diingat, kamu harus tetap menyesuaikan kondisi, target promosi, hingga produk dengan situasi sekitarnya. Jangan memaksakan untuk menaikkan atau menurunkan standar hanya karena ingin mengikuti bisnis lain yang sudah terkenal.

Sekarang sudah saatnya bagi kamu untuk mencoba 4 strategi pemasaran berikut ini. Mungkin ini tidak akan berlangsung mudah, sebab akan ada proses trial dan error yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa 4 strategi pemasaran tersebut benar-benar sudah pas dengan bisnis kamu. Akan tetapi, sekiranya kamu bingung saat memulai bisnis online ini, cobalah untuk bergabung bersama SmartSeller. Semua orderan kamu pastinya akan dikelola dengan baik dan kamu pun juga dengan mudahnya untuk memantau produk kapan pun mau.

Dengan adanya sistem manajemen yang terbaik dan terpercaya dari SmartSeller, dijamin bisnis kamu bisa bertahan dan tidak akan berhenti di tengah jalan nantinya.