Dengan adanya internet, membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah, termasuk jualan online untuk pemula. Cukup dari rumah saja, kamu sudah bisa menghasilkan uang tanpa harus menyewa toko fisik. Namun, kira-kira apa saja jualan online untuk pemula yang mudah dan menguntungkan? Memang, pemula seringkali merasa kebingungan saat ingin membuka bisnis baru, apalagi secara online. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir. Cukup berkaca saja pada pebisnis online yang sudah berhasil dalam bisnisnya.

Ide Jualan Online untuk Pemula

Sebenarnya, ada banyak sekali pilihan ide jualan online untuk pemula. Untuk itu, berikut ini rekomendasi 10 ide jualan online untuk pemula.

1. Produk kecantikan

Ide jualan online untuk pemula pertama ini merupakan jualan online paling laku. Bagi wanita, produk kecantikan adalah hal terpenting untuk menunjang penampilannya lebih baik. Karena itulah, pastinya produk ini selalu dicari-cari. Namun, jika memang ingin menjual produk kecantikan, maka pastikan kamu menjual yang benar-benar sudah berizin dari BPOM. Ini sangat penting untuk menjamin kesehatan kulit pelanggan kamu nantinya.

2. Jasa titip

Jasa titip merupakan ide bisnis untuk pemula yang paling banyak dirintis oleh anak muda seperti anak sekolah ataupun anak kuliahan.  Bisnis ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang sering bepergian ke luar negeri atau tempat lainnya. Cukup mudah menjalankan bisnis ini, kamu hanya perlu menawarkan barang-barang khas dari tempat tersebut. Lalu, jangan lupa ambil keuntungan beberapa persen dari setiap barang titipan tersebut.

3. Hiasan dinding

Pastinya kamu sudah sering kan melihat banyaknya hiasan dinding yang sangat kekinian dan terdiri dari quotes serta pigura? Nah, ini sebenarnya bisa kamu jadikan sebagai peluang bisnis. Apalagi jika kamu sudah memiliki skill untuk desain dan menggambarnya sendiri, tentu saja nilai jual akan semakin mahal. Untuk quotes sendiri, kamu bisa buat menggunakan handlettering, jadi terlihat seperti tulisan-tulisan quotes yang lagi ramai diperbincangkan anak muda.

4. Aksesoris handphone

Kini, di mana pun orang-orang pastinya memerlukan handphone. Beberapa orang juga akan mempercantik handphonenya dengan menggunakan aksesoris-aksesoris yang unik dan menarik. Apalagi model smartphone dari tahun ke tahun selalu berbeda. Maka dari itu, agar jualan online kamu semakin laris, kamu bisa mengikuti tren setiap tahunnya. Akan tetapi, alangkah baiknya jika kamu memilih aksesoris yang memang dapat dijual setiap tahun tanpa bergantung pada tren. Misalnya seperti gantungan handphone, case, charger, earphone, dan kabel data.

5. Pulsa elektrik dan paket internet

Adapun bisnis pulsa elektrik dan paket internet merupakan ide usaha yang paling fenomenal digunakan. Ini karena, semua orang selalu memerlukan keduanya setiap saat agar terhubung dengan yang lainnya. Apalagi saat ini, pulsa tidak hanya diperlukan buat mengirim pesan singkat dan telepon saja. Akan tetapi, juga untuk membeli paket data internet.

6. Baju thrift

Apakah kamu memiliki banyak sekali baju yang layak pakai namun tidak lagi digunakan di rumah? Jika benar, kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk dijadikan sebagai bisnis thrift. Daripada menjadi debu dan memenuhi lemari kamu, lebih baik dijual dengan harga lebih miring. 

Bisnis ini bahkan bisa kamu lakukan tanpa harus mengeluarkan modal. Akan tetapi, meskipun jualan online tanpa modal ini menarik, tantangannya adalah masalah kejujuran yang harus dipertimbangkan. Kejujuran yang dimaksud berkaitan dengan kondisi baju yang pastinya tidak akan sebagus saat pertama kali kamu membelinya. Untuk itu, cantumkan harga yang sesuai.

7. Perlengkapan hewan peliharaan

Meskipun bukan digunakan untuk manusia, siapa sangka perlengkapan buat hewan peliharaan justru bisa jadi ide bisnis yang menarik untuk kamu coba.  Sebelumnya, kamu harus tentukan dulu hewan mana yang akan jadi fokus bisnis kamu. beberapa perlengkapan tersebut mungkin bisa berupa keranjang, makanan, mainan, baju, dan sebagainya.

8. Produk kesehatan

Dengan kondisi pandemi seperti ini, maka membuat orang sadar bahwa kesehatan merupakan hal terpenting. Untuk saat ini, produk kesehatan sangat mendukung sekali kamu jadikan sebagai ide barang jualan online untuk pelajar, kuliahan, dan pekerja kantoran. Berbagai produk kesehatan pastinya sedang banyak diincar-incar oleh masyarakat, terutama masker, hand sanitizer, dan vitamin.

9. Produk buatan tangan

Pada dasarnya, orang-orang cenderung lebih menyukai sesuatu yang berbau unik. Contohnya hasil dari tangan kamu sendiri, sebab ini pastinya tidak akan dijual di tempat yang lain. Meskipun demikian, kamu tetap perlu merujuk pada harga-harga yang tersedia di pasaran. Hal ini jika lebih mahal, maka orang pun juga tidak mau membelinya.

10. Buket bunga, snack, atau uang

Saat ini, hadiah berupa bucket sedang gencar-gencarnya diperjual-belikan. Terdapat bermacam-macam buket bunga yang dijual orang. Misalnya seperti buket bunga, uang, snack, dan bahkan makeup. Biasanya buket sangat diperlukan saat ada perayaan atau hari besar seperti ketika wisuda, nikahan, tunangan, ulang tahun, dan acara penting lainnya.

Tips Sukses Jualan Online bagi Pemula

Nah, sebelum memulai tantangan baru kamu, ada baiknya untuk tahu dulu apa saja tips sukses jualan online untuk pemula. Tujuannya tidak lain adalah untuk memudahkan kamu saat ditemukan masalah di tengah berbisnis.

Berikut beberapa tips jualan online yang dapat kamu terapkan saat memulai bisnis.

1. Menyusun strategi pemasaran online

Saat merintis bisnis secara online, maka strategi marketing atau pemasaran secara online merupakan hal yang paling penting untuk bisa dipahami oleh pebisnis. Hal ini karena, hampir semua kalangan kini membeli sesuatu hanya dengan akses internet saja. Alasannya sangat sederhana, jauh lebih efisien terhadap waktu dan biaya. Maka dari itu, sebagai pebisnis online, mungkin kamu perlu belajar bagaimanakan menyusun strategi pemasaran secara online untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Sebagai solusinya, cara jual online agar cepat laku yang paling banyak digunakan pebisnis online yang telah sukses adalah menggunakan Search Engine Marketing (SEM).

2. Menetapkan harga yang sesuai

Memang penting bagi kamu agar menetapkan harga yang sesuai, tujuannya supaya barang bisnis kamu terjual tepat waktu. Nah, strategi paling mudah dalam menentukan harga adalah dengan melihat kompetitor bisnis kamu.  Apabila ingin dijual lebih cepat, strategi potongan harga (diskon) mungkin dapat dipertimbangkan.

3. Mengambil foto berkualitas tinggi

Cara jualan online agar banyak yang minat adalah menyediakan foto dengan kualitas yang tinggi. Dengan begitu, pembeli pun merasa benar-benar menjadi raja saat membeli produk di toko kamu. Apabila memungkinkan, kamu juga bisa mengatur foto produk dengan latar belakang, depan, samping yang unik. Kemudian tidak lupa untuk meminimalkan gangguan supaya fokusnya terletak pada produk tersebut.

4. Memberikan deskripsi produk yang jelas

Pembeli sangat menyukai deskripsi produk yang dibuat dengan sangat jelas. Mereka pun juga akan mudah mengerti apa maksud dari caption tersebut mengenai produknya.

Kamu bisa sertakan detail lengkapnya seperti pabrikan, nomor model, merek, kondisi barang, ukuran, tempat asal, dan kegunaan barang.

5. Membalas pertanyaan konsumen dengan cepat

Pastinya siapa pun tidak mau jika harus menunggu lama, apalagi jika kita sudah menginginkan produk tersebut.

Jika kamu berniat merintis ide bisnis online, maka harus siap siaga untuk menjawab seluruh pertanyaan konsumen nantinya.

Ini karena transaksi lewat media sosial sendiri bergerak dengan sangat cepat. Untuk itu, penting bagi kamu agar selalu memantau setiap pesan yang masuk.

Biasanya, jika toko tersebut belum menanggapi pertanyaan mereka hingga 24 jam, maka kemungkinan besar akan beralih ke toko lain, apalagi jika barang yang dijual serupa dengan kamu.

Apabila kamu butuh sesuatu untuk mengelola bisnis kamu dengan baik, bisa kunjungi website smartseller yang siap membantu berkembangnya bisnis kamu jadi lebih baik. 

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, seperti memudahkan kamu memantau orderan dari mana saja dan kapan saja.

Selain itu, kamu bisa terhubung dengan puluhan kurir dan barang yang akan dikirim bisa dijemput di rumah. Jadi, kamu tak perlu repot harus datang ke ekspedisi.