Belakangan ini, bisnis supplier thrift shop sedang naik daun dikarenakan kalangan anak muda milenial suka untuk membeli baju di thrift shop. Malahan membeli baju di thrift shop sudah menjadi salah satu hobi yang sering dilakukan oleh kalangan anak muda milenial. Sebelumnya, apakah kamu pernah mendengar istilah supplier thrift shop? Atau apakah kamu tahu apa itu thrift shop?

Thrift shop berasal dari bahasa Inggris, yaitu thrift artinya hemat dan shop artinya toko. Dengan demikian, thrift shop adalah bisnis toko yang menjual produk bekas masih layak untuk dipakai. Umumnya, produk yang dijual di thrift shop adalah baju, tapi tidak menutup kemungkinan ada produk lain yang dapat dijual di supplier thrift shop.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Fashion Online yang Pasti Untung!

Baju yang dijual bukan hanya baju biasa, melainkan baju bermerek bekas dari dalam negeri maupun luar negeri. Baju yang didapatkan dari luar negeri adalah baju sisa-sisa ekspor yang terdapat sedikit cacat di bajunya atau tidak laku dijual. Baju-baju ini harganya akan jauh lebih mahal apabila dibeli dalam kondisi baru. Dengan begitu, inilah yang menjadi alasan kenapa baju bekas ini banyak diminati oleh kaum milenial. Hal ini karena berasal dari merek ternama, tapi dijual dengan harga yang jauh lebih murah.

Produk Thrift shop yang Bisa Dijual

Link foto: https://images.pexels.com/photos/6069544/pexels-photo-6069544.jpeg?auto=compress&cs=tinysrgb&dpr=2&h=650&w=940

Produk yang dapat dijual di supplier thrift shop tidak hanya menjual baju saja, tetapi juga ada beberapa produk lainnya yang juga bisa dijual, di antaranya sebagai berikut.

  • Baju

Produk yang paling banyak dijual dan diincar di supplier thrift shop adalah baju. Sudah tidak heran karena baju adalah salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi. Berbagai jenis baju yang bisa dijual, yaitu blouse, cardigan, hoodie, outer, jaket, kemeja, celana bahan, celana jeans, sweater, dan lain sebagainya.

  • Sepatu

Ada sepatu bekas tapi masih bagus dan bermerek? Dijual aja! Sepatu juga banyak diincar di supplier thrift shop, apalagi kalau sepatunya yang limited edition.

  • Tas

Selain sepatu branded, tas juga salah satu produk supplier thrift shop yang banyak diincar oleh pecinta tas, terutama kaum hawa. Beberapa merek tas branded yang bisa dijual, yaitu Charles and Keith, Channel, Gucci, Louis Vuitton, dan lainnya.

  • Perlengkapan Rumah

Produk supplier thrift shop yang sering diincar tidak melulu tentang fashion, tapi kamu juga bisa menjual produk antik dari perlengkapan rumah. Mulai dari, piring, sendok, gelas, garpu, vas, dan perlengkapan rumah lainnya.

Keuntungan Menjadi Supplier thrift shop

Salah satu langkah awal untuk menjadi supplier thrift shop, yaitu kamu perlu tahu keuntungan apa saja yang akan kamu dapatkan dibandingkan dengan jualan kaos grosiran. Menjadi supplier thrift shop mempunyai beberapa keuntungan yang dapat kamu raih.

  • Mendapatkan Keuntungan yang Besar

Produk baju bekas import yang biasanya bertengger di supplier thrift shop dijual dengan harga mulai dari Rp15.000 hingga Rp150.000 paling mahal. Kamu akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar apabila langsung membeli dalam jumlah satu karung baju import yang dijual dengan harga sekitar Rp500 ribu sampai Rp5 juta. Dalam satu karung berisi 50 hingga 100 baju bekas impor yang memiliki berbagai model dan merek yang berbeda-beda.

Sebagai contoh, kamu membeli satu karung berisi 50 baju dengan harga Rp1 juta, lalu kamu menjual kembali ke reseller thrift shop dengan harga satu karung sebesar Rp2,5 juta. Dengan begitu, kamu bisa mendapat keuntungan bersih sebesar Rp1,5 juta hanya dengan menjual satu karung baju. Bahkan, kamu bisa menjual dengan harga yang relatif tinggi apabila banyak produk yang branded.

  • Banyak Diincar oleh Anak Muda

Rata-rata yang membeli produk thrift shop adalah anak-anak muda yang menuju dewasa. Di usia produktif ini anak muda memiliki tingkat konsumtif yang tinggi di bidang fashion. Nah, untuk itu ini menjadi peluang bisnis yang besar untuk menjadi supplier thrift shop karena masih banyak diincar dan dapat bertahan dalam jangka panjang. Hal ini juga dipengaruhi oleh bagaimana cara kamu bisa mengejar target pasar dan tren yang suka berubah-ubah.

  • Memiliki Target Pasar yang Mudah

Keuntungan menjadi supplier thrift shop adalah memiliki target pasar yang mudah untuk diraih. Salah satu contoh target pasarnya adalah mahasiswa yang menyukai produk murah dengan harga terjangkau, tapi masih layak untuk dipakai.

Cara Menjadi Supplier Thrift Shop

Setelah mengetahui produk apa saja yang bisa dijual di thrift shop, maka kamu bisa mencoba cara menjadi supplier thrift shop di bawah ini.

  • Cari Distributor yang Menjual Harga Murah di Marketplace

Cara menjadi supplier thrift shop paling pertama adalah dengan cara mencari distributor di marketplace yang menjual thrift shop dengan harga yang murah. Marketplace sudah banyak distributor second hand yang menjual barang impor berkualitas.

Baca juga: Tips Belanja Aman di Marketplace, Bebas Membeli Tanpa Takut Tertipu

  • Beli Produk thrift di Pasar

Selain di marketplace, kamu juga bisa mencari distributor thrift shop di pasar. Contohnya, seperti Pasar Tanah Abang yang terkenal ada banyak barang murah dengan kisaran harga mulai dari Rp5.000 sampai Rp25.000. Dengan ini, kamu bisa menjualnya kembali ke reseller dan tetap mendapatkan untung yang besar. Kamu bisa memilih baju yang sedang hits dan banyak diincar oleh anak muda milenial.

  • Cari Distributor Thrift dari Luar Negeri

Cara lain untuk menjadi supplier thrift shop adalah kamu bisa mencoba dengan mencari distributor thrift dari luar negeri di beberapa situs distributor. Pastikan produk yang dijual dengan distributor tersebut sesuai dengan produk yang kamu cari.

  • Ikut Komunitas Produk Impor

Trik cara menjadi supplier thrift shop satu ini adalah jalan cepat untuk mendapatkan distributor dalam jangka waktu yang cepat. Sudah banyak komunitas produk impor yang bisa kamu cari di internet. Coba tanyalah ke mereka untuk mendapatkan kontak distributor dari luar negeri.

  • Jaga Kebersihan dari Produk

Sesuai dengan artinya produk thrift shop adalah produk bekas dan biasanya dikirim dari luar negeri. Walaupun kualitasnya masih bagus, kamu tetap perlu untuk menjaga kebersihan dari produk, seperti harus dicuci dan disetrika terlebih dahulu. Hal ini penting dilakukan agar menjaga kebersihan produk dan dapat menarik perhatian konsumen.

Apakah kamu tertarik untuk menjadi supplier thrift shop? Cara buat toko online sangat mudah, kamu cukup mendaftar di marketplace lalu sudah bisa mulai bisnis online. Jangan lupa gunakan Smartseller untuk membantu memantau dan mengelola orderan kamu di manapun dan kapanpun.