Di tengah kondisi pandemi yang masih berlangsung saat ini bisa jadi berat untuk bisnis, termasuk usaha di rumah. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir sebab ada banyak sekali ide usaha di rumah yang dapat dilakukan agar kamu tetap produktif. Semua kalangan bisa merintis usaha di rumah ini secara online, bahkan tanpa kamu harus meninggalkan pekerjaan utama. Jadi bisa diibaratkan, kalau ini sudah seperti usaha samping kamu setelah pulang bekerja. Berikut ini beberapa rekomendasi usaha di rumah yang menguntungkan dan layak kamu coba. 

Ide Usaha di Rumah

Supaya tidak penasaran, berikut ini kami rekomendasikan beberapa usaha rumahan modal kecil untung besar. Pastinya ini sedang asyik-asyiknya diperbincangkan. Berikut pilihan usaha di rumah untuk kamu.

1. Agen frozen food

Frozen food jadi makanan alternatif saat orang-orang tidak sempat lagi untuk memasak di rumah. Apalagi jika pekerjaan sudah sangat menumpuk, untuk istirahat saja susah, apalagi memasak. Maka dari itu, makanan beku atau frozen food merupakan hal yang paling banyak dicari-cari oleh orang.  Usaha ini juga gampang sekali dilakukan, oleh karena itulah ini termasuk usaha yang cocok untuk pemula.

2. Jual baju thrift

Baju yang tidak terpakai lagi mungkin lebih baik untuk kamu jual saja ketimbang hanya memenuhi lemari kamu saja. Akan tetapi, pastikan dulu kalau barang yang dijual masih layak pakai dan cacatnya tidak membuat baju tersebut menjadi jelek dikenakan. Pastikan juga saat memotret produk, gambar nya sangat jelas dan enak dilihat. Supaya orang-orang pun juga tertarik untuk membelinya.

3. Jasa membuat situs

Kebanyakan orang yang terjun dalam jasa pembuatan situs ini adalah seorang freelancer. Cukup bermodalkan koneksi internet saja sudah memperoleh keuntungan yang besar. Ini pastinya akan menjadi bisnis yang laku setiap hari, sebab setiap harinya selalu ada orang yang terjun ke dunia bisnis dan ingin dibuatkan website toko online.

4. Menyediakan layanan subscription dan voucher game

Layanan digital sampai sekarang masih menjadi hal yang paling digemari oleh masyarakat dan berlaku di semua kalangan. Tentu saja, ini akan jadi usaha rumahan modal kecil yang sangat menarik sekali dan memberikan prospek yang bagus untuk usaha kamu. Di samping itu, kamu juga tidak perlu untuk membangun etalase offline untuk berjualan voucher game dan layanan subscription tersebut, sebab segalanya bisa dilakukan secara online, contohnya menjual di marketplace seperti Bukalapak.

5. Jual pulsa elektrik dan paket internet

Telepon genggam kini hampir jadi komoditas utama yang sekarang ini tak bisa dipisahkan dari kebutuhan manusia. Dengan situasi seperti ini, tentu peluang untuk menjual pulsa elektrik serta paket internet menjadi ide usaha di rumah yang menarik sekali. Kamu bahkan hanya bermodalkan telepon genggam saja untuk mengirimkan pembeli paket internet dan pulsa elektrik. Sebelum memulainya, kamu bisa cari dulu agen distributor pulsa serta paket internet yang terpercaya dan dapat ditemukan secara online.

6. Jual skincare

Skincare merupakan keperluan yang sangat vital rasanya bagi kaum perempuan. Oleh sebab itu, permintaan skincare setiap harinya pun selalu banyak. Ini karena orang cenderung lebih suka memperhatikan penampilannya kemana pun mereka pergi. Oleh sebab itu, ini akan jadi kebutuhan setiap saat bagi mereka. Akan tetapi, saat menjual skincare secara online pastikan kamu membeli langsung dari toko resmi nya supaya lebih terpercaya dan kualitasnya pun sudah dijamin oleh BPOM.

7. Jual aksesoris handphone

Ide usaha yang tidak kalah populer untuk saat ini yaitu jualan aksesoris handphone. printilan seperti ini terbilang cukup laris di pasaran. Pasalnya, setiap orang sangat membutuhkan benda tersebut. Di samping itu, tipe dan merek handphone pun juga sudah banyak sekali yang dirilis setiap tahunnya. Jadi, tidak ada alasan bagi mereka untuk tidak melengkapi smartphone barunya dengan berbagai aksesoris.

8. Aksesoris paper flower

Untuk kamu yang merasa tertarik dengan dekorasi serta mempunyai kemampuan di bidang ini, usaha aksesoris paper flower mungkin bisa jadi peluang usaha untuk kamu. Cukup dengan relasi dan modal yang tidak banyak sudah bisa membuat kamu untuk segera menjalankan usaha ini.

Di samping itu, usaha aksesoris paper flower pun biasanya akan banjir orderan disaat ada acara-acara seperti ulang tahun, lamaran, khitanan, syukuran, dan acara formal lainnya.

Tips sukses memulai usaha di rumah

Khawatir dengan bisnis usaha kamu yang mungkin bisa jatuh kapan saja? kamu tidak perlu pusing-pusing, cukup ikuti saja tips sukses memulai usaha di rumah berikut ini.

1. Menyusun strategi pemasaran online

Pemasaran produk yang baik tentu saja akan mendatangkan konsumen lebih banyak bagi kamu. Jika kamu memasang strategi pemasaran yang tepat, pastinya keuntungan yang besar bisa didapatkan. Dengan strategi pemasaran yang patang, maka bisnis kamu juga akan lebih banyak dikenal dan diketahui masyarakat. Maka dari itu, secara tidak langsung identitas bisnis kamu pun dibangun.

2. Membuat rencana bisnis yang matang

Meskipun kamu masih membangun usaha hanya di rumah saja, perencanaan bisnis pun tetap harus dibuat sematang mungkin. Bukan tanpa alasan, bisnis yang dimulai dengan perencanaan bisnis tentu saja akan mendatangkan manfaat yang sangat besar bagi kelangsungan bisnis kamu. Mulailah dengan menentukan visi dan misi dari bisnis kamu, tentukan dengan matang mau dibawa kemana bisnis kamu ini.

Dengan mempunyai target yang seperti itu, pastinya tujuan yang akan dicapai dapat berjalan lancar, sehingga bisnis kamu bisa terus berkembang. Apabila kamu melewatkan hal penting ini, mungkin kecil kemungkinan untuk kamu meraih kesuksesan. Ini karena kamu tidak tahu apa yang akan dilakukan.

3. Berfokus pada konsumen

Konsumen adalah raja, mungkin kata-kata ini selalu ditanamkan saat kamu mulai membangun bisnis, meskipun usaha yang dirintis hanya di rumah saja. Kamu bisa memulainya dengan mencari tahu apa saja target pasar yang sedang dicari-cari saat ini. Setelah itu, barulah kamu bisa mencari tahu apa saja produk yang paling banyak diminati oleh masyarakat saat ini.

Di samping itu, feedback dari konsumen usai membeli produk kamu mungkin juga akan sangat dibutuhkan sekali. Bagaimanapun juga, ini akan menjadi catatan penting untuk perjalanan bisnis kamu ke depannya.

4. Mengatur keuangan bisnis dengan baik

Walaupun kamu membangun usaha modal kecil-kecilan, ternyata tidak ada salahnya kamu mempelajari hal dasar mengenai pengelolaan keuangan bisnis kamu dengan baik. Hal terpenting yang harus diingat dan diperhatikan yaitu, jangan pernah mencampur keuangan pribadi kamu dengan bisnis. Kamu bisa pisahkan cara pengelolaan kedua hal tersebut.

Dengan pengelolaan keuangan bisnis yang teratur, maka juga akan mempermudah kelangsungan usaha di rumah yang sedang dijalani setiap ini. Bermodalkan pondasi yang kuat seperti ini, pastinya bisnis kamu tidak akan mudah jatuh dan berjalan dengan lancar.

Kira-kira sudah mantapkah kamu untuk memulai usaha di rumah dengan ide dan tips sukses di atas?  Agar lebih mudah dalam mengelola dan memantau orderan kamu di mana pun berada, maka kamu bisa membuatnya jadi satu kesatuan sistem lewat SmartSeller.

Adanya Smart Seller pastinya akan memberikanmu sistem manajemen yang terbaik. Di samping itu, ketersediaan produk pun juga bisa dilihat secara langsung. Pastinya akan semakin sukses usaha di rumah kamu jika menggunakan SmartSeller ini.