Kwitansi online dapat menjadi alternatif yang dapat lebih menghemat waktu sekaligus praktis dalam pencatatan transaksi jual beli dengan cara tradisional, seperti menggunakan kwitansi tulis.

Pasalnya, kwitansi adalah hal yang esensial dalam keberlangsungan sebuah bisnis karena kwitansi berfungsi sebagai bukti pembayaran yang sah untuk transaksi jual beli yang terjadi di dalamnya. Namun, pada jalannya sebuah bisnis, pasti ada banyak transaksi yang terjadi, baik itu dengan pelanggan, supplier, hingga distributor.

Kwitansi online dapat menjadi solusi untuk bisnis dalam pembuatan kwitansi untuk mencatat transaksi yang begitu banyak, apalagi jika kamu adalah pemain tunggal yang mengatur segalanya sendiri di bisnis online-mu.

Di Internet, ada beberapa situs web yang menyediakan layanan untuk pembuatan kwitansi online. Nah, berikut dalam artikel ini kami rangkum situs yang dapat membantumu dalam mencatat transaksi dengan menggunakan kwitansi online. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Mengenal Apa Itu Kwitansi Online

Kwitansi online atau kwitansi digital adalah alternatif untuk para pelaku bisnis yang ingin beralih dari kwitansi kertas yang umumnya memakan anggaran tersendiri sekaligus untuk berkontribusi dalam mengurangi sampah kertas atau menjadi paperless.

Sebagai pemilik bisnis online, menjadi praktis adalah jalan ninja yang dapat meringankan pekerjaan kita. Tentu akan merepotkan bukan kalau terdapat banyak transaksi yang harus kita catat dengan kertas, begitu pula dengan menyimpannya. Nah, dengan adanya kwitansi online yang paperless, masalah penyimpanan bisa teratasi dengan adanya penyimpanan cloud.

Kwitansi online dapat dengan mudah kita akses dan terlindungi dari kerusakan dan keusangan segala catatan transaksi, terutama yang penting. Jadi, akan jauh lebih aman jika pencatatan transaksi dilakukan oleh kwitansi online. Bagaimana dengan fitur yang ada pada kwitansi online?

Seiring dengan berkembangnya teknologi, jug tergantung dari situs web penyedianya, terdapat beberapa fitur menarik yang dimiliki oleh kwitansi online. Di antaranya adalah fitur tanda tangan digital, penomoran otomatis, penghitungan otomatis, fitur berbagi ke berbagai platform seperti email, WhatsApp, dan lainnya.

Kelebihan Menggunakan Kwitansi Online

Selain beberapa keunggulan yang ditawarkan melalui fitur-fitur dari kwitansi online di atas, ada kelebihan lain yang bisa jadi bahan pertimbangan jika kamu ingin menggunakan kwitansi online untuk bisnis online-mu!

1. Kemudahan dalam melacak aktivitas bisnis

Dalam suatu bisnis, transaksi yang berjalan tidak hanya transaksi jual beli yang terjadi dengan pelanggan. Pada sehari-harinya, usahamu pasti juga mengeluarkan pengeluaran untuk operasional bisnis dan juga produksi barang. Bisnismu pasti akan bertransaksi dengan pihak ketiga seperti distributor atau pun pemasok bahan baku misalnya.

Arus biaya pengeluaran dan pemasukan ini perlu dicatat, dan menggunakan kwitansi online mampu membantumu dalam membuat berbagai tagihan dan tanda terima tanpa perlu secara effortless. Dengan penyimpanan cloud, kamu bisa dengan mudah memverifikasi dan menganalisis untuk berbagai kebutuhan yang berkaitan dengan keuangan bisnismu.

2. Meminimalisir human error

Bayangkan dalam satu hari ada beribu-ribu transaksi yang terjadi dalam bisnismu dan kamu harus mencatatnya secara manual dengan kwitansi kertas. Tentu, kamu harus ekstra hati-hati dalam menulis catatan transaksi tersebut secara satu per satu dan melakukan pengecekan untuk menghindari kesalahan pencatatan. Wah, butuh effort yang banyak bukan?

Human error juga mungkin akan lebih sering terjadi jika menggunakan kwitansi kertas karena dibutuhkan fokus yang lebih ketika menulisnya. Kesalahan sedikit saja bisa mempengaruhi perhitungan transaksi tersebut. Nah, kwitansi online menawarkan solusi atas masalah tersebut karena dengan sistem yang canggih dapat melakukan perhitungan otomatis. Jika terjadi kesalahan pun, kamu hanya perlu mengeditnya dengan mudah.

3. Praktis dan ekonomis

Menggunakan kwitansi kertas berarti kamu harus memiliki anggaran tersendiri untuk membeli buku kwitansi dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan. Dari segi ekonomis, menggunakan kwitansi online pun lebih murah karena kamu hanya perlu melakukan sekali beli atau bahkan gratis, tergantung situs web mana yang kamu gunakan.

Kalau dilihat dari segi penyimpanan dan kemudahan untuk mengaksesnya, kwitansi online otomatis lebih unggul daripada kwitansi kertas karena penyimpanannya berbasis cloud dan untuk mengaksesnya hanya butuh koneksi internet. Selain itu, untuk mencari kwitansi transaksi yang spesifik pun dapat dilakukan dengan cepat jika dibandingkan dengan cara manual.

5 Website atau Aplikasi Kwitansi Online yang Bisa Kamu Coba

  1. Krishand Kwitansi

Krishand Kwitansi adalah aplikasi pembuatan kwitansi digital yang dirancang oleh Krishand Software untuk memudahkan para pelaku bisnis untuk mencatat transaksi pembayaran apa pun. Aplikasi besutan Krishand ini menawarkan fitur di mana kamu bisa menggunakan logo perusahaan sendiri, menambah profil perusahaan, hingga footer kwitansi yang bisa berisi keterangan perusahaan.

Selain itu, aplikasi ini juga memberikan laporan internal untuk kebutuhan analisis data dari transaksi pembayaran. Laporan internal tersebut terdiri dari kwitansi, daftar pelanggan, dan daftar kwitansi berdasarkan nomor/periode/tahun.

  1. Odoo

Odoo juga merupakan aplikasi berbayar pembuat kwitansi online selanjutnya yang bisa kamu coba. Odoo akan membuat tagihan secara otomatis berdasarkan pesanan penjualan, pesanan pengiriman, kontrak penjualan, atau periode transaksi.

Fitur yang ditawarkan Odoo yaitu pembuatan tagihan yang bisa dikirim kepada klien dalam bentuk PDF atau email, desain yang profesional, hingga otomasi penagihan follow-up kepada klien.

  1. Invoice Generator

Beralih ke situs web, Invoice Generator adalah salah satu situs web pembuat kwitansi online secara gratis! Kwitansi yang dihasilkan dari situs ini memiliki tampilan yang simpel, begitu pula dengan cara pembuatannya.

Kamu hanya perlu mengisi data-data yang ingin ditampilkan pada kwitansi dan kemudian kamu bisa mengunduh dalam bentuk pdf atau mengirimnya ke email langsung.

  1. Zoho

Situs web pembuat kwitansi digital lainnya adalah Zoho. Cukup dengan mengakses situs web Zoho, isi data yang ingin kamu tampilkan, kwitansi digital untuk transaksi jual beli apa pun bisa dengan mudah kamu dapatkan. Menariknya, pembuatan kwitansi di Zoho tidak dipungut biaya apa pun, alias gratis!

  1. Paper.id

Paper.id adalah pembuat kwitansi online berbasis aplikasi berbayar yang bisa kamu unduh  melalui situs webnya. Aplikasi ini menawarkan tagihan menjadi EDC digital dengan bermacam-macam pilihan pembayaran seperti QRIS, Virtual Account, dan lainnya.

Selain itu, kwitansi Paper.id dapat dibuat dan dikirim secara cepat selama 2 menit ke WhatsApp, email, dan juga SMS. Nah, itulah beberapa alternatif situs web dan aplikasi pembuat kwitansi online yang bisa kamu coba untuk mencatat dan menagih dalam transaksi jual beli di bisnis online-mu! Kwitansi online menawarkan solusi yang lebih praktis dan ekonomis dibandingkan dengan pencatatan transaksi secara manual dengan kwitansi kertas.

Selain kwitansi digital, kamu juga bisa memanfaatkan platform online manajemen pesanan yang mampu membantu jalannya bisnismu lebih lancar, praktis, dan efisien seperti fitur order management dari SmartSeller!