Terdapat beberapa pengertian tentang arti restock yang perlu diketahui setiap pemilik usaha. Penjelasan tentang arti restock dapat dibedakan berdasarkan jenis restock yang dilakukan maupun jenis usaha yang dijalankan. Selain itu, pemahaman terhadap apa saja pentingnya restock juga harus dipelajari. Karena restock merupakan salah satu bagian penting dalam suatu proses bisnis yang tidak bisa dilewatkan.

Proses restock juga memiliki detail rinci dan memerlukan informasi data akurat dari aktivitas usaha. Karena proses restock tersebut memerlukan data akurat, prosesnya juga tidak bisa sembarangan dilakukan. Mulai dari data yang diperlukan untuk restock hingga perhitungan restock juga harus dilaporkan agar usaha bisa berjalan lancar. 

Di artikel berikut kamu akan mendapatkan informasi seputar arti restock dan apa saja pentingnya restock dalam suatu usaha. 

Baca Juga: Apa Saja yang Diperlukan untuk Manajemen Warehouse

 

Pengertian Restock dalam Suatu Usaha

Arti Restock

Arti restock adalah proses pengisian stok untuk kebutuhan usaha. Stok yang dimaksud bisa berbeda untuk setiap jenis usaha. Misalnya untuk usaha jual beli produk, arti restock adalah proses pengisian stok barang yang sudah habis baik karena terjual maupun karena rusak. 

Arti restock bisa berbeda lagi untuk usaha yang memberikan layanan jasa kepada pelanggan. Restock dalam perusahaan jasa bisa diartikan sebagai proses pengisian stok inventaris yang diperlukan untuk proses pelayanan jasa. Misalnya untuk usaha cuci sofa, restock yang diperlukan adalah barang yang diperlukan untuk proses cuci seperti sabun, pengharum, filter vacuum dan sebagainya. 

Begitu juga untuk jenis usaha yang memerlukan proses perakitan barang sebelum produksi. Arti restock untuk jenis usaha tersebut adalah proses pengisian stok bahan yang telah habis. Bahan tersebut selanjutnya akan diolah menjadi produk jadi yang bisa dijual secara langsung kepada pembeli. Contohnya adalah perusahaan mobil yang mengimpor bahan belum jadi yang kemudian dirakit menjadi mobil dan dijual kepada pelanggan. Kebutuhan bahan yang perlu direstock juga bervariasi untuk masing-masing usaha.

Baca Juga 
Jelang Idul Adha, Prospek Bisnis ini Sangat Menjanjikan!

Arti restock di atas perlu diketahui untuk memudahkanmu menjalankan proses usaha dengan lancar dan tidak terjadi kesalahan selama proses restock sesuai dengan jenis usaha yang kamu jalankan. Dengan pemahaman seputar restock yang tepat, kamu dapat menentukan mana yang termasuk pembelian restock untuk usaha dan mana yang bukan.

 

Pentingnya Restock untuk Kelancaran Proses Usaha

Arti Restock

Setelah mengetahui arti restock, kamu juga perlu mengetahui alasan mengapa restock sangat penting bagi kelancaran usaha. Restock adalah salah satu proses penting yang berhubungan langsung dengan transaksi jual beli. Jika proses restock bermasalah, maka proses jual beli juga akan terganggu. 

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa penting sekali proses restock dalam suatu usaha:

  • Memastikan Stok Barang yang akan Dijual

Transaksi jual beli dalam suatu usaha sangat bergantung pada jumlah stok barang yang akan dijual. Proses restock sangat diperlukan secara rutin agar stok barang tersebut tetap tersedia selama proses jual beli. Restock juga akan membantu memudahkan proses jual beli tersebut karena penjualan bisa dengan cepat dilakukan. 

  • Mengurangi Tantangan Jual Beli kepada Pelanggan

Adanya proses restock yang teratur akan mengurangi permasalahan dan tantangan yang mungkin akan muncul selama proses jual beli kepada pelanggan. Tantangan yang mungkin muncul tersebut misalnya adalah kekecewaan pelanggan karena produk tidak tersedia atau pelanggan harus menunggu lama untuk mendapatkan produk yang mereka beli. Jika proses restock dilakukan secara rutin, maka permasalahan tersebut tidak akan dirasakan oleh pelanggan dan bisnis bisa berjalan dengan lebih mudah. 

  • Pendapatan Usaha Menjadi Lebih Lancar

Arti Restock

Karena restock berhubungan langsung dengan proses jual beli dalam setiap transaksi usaha, maka restock juga mempengaruhi jumlah pendapatan yang masuk pada usaha. Restock yang dilakukan secara rutin dan teratur akan mempermudah proses transaksi jual beli sehingga pendapatan usaha juga akan lebih lancar didapatkan. Pendapatan lancar juga merupakan salah satu kunci agar usaha menjadi lebih sukses. 

  • Mengelola Keuangan Usaha

Melakukan proses restock secara rutin bisa mempermudah proses pengelolaan keuangan usaha. Kamu bisa mengetahui apa saja stok yang perlu dibeli dan berapa banyak stok barang yang harus disediakan. Proses restock yang dilakukan secara rutin juga akan menghindarkan usaha dari kerugian. Dengan menghitung berapa banyak stok yang perlu ditambah, usaha akan terhindar dari kelebihan stok yang bisa merugikan bisnis. 

Baca Juga 
Picking adalah Proses Penting dalam Manajemen Stok, Pahami Selengkapnya di Sini!

Tonton Juga: #SellerStory Bolalicious yang Mengembangkan Usaha Merchandise Sepak Bola

Proses Restock yang Perlu Diperhatikan

Arti Restock

Sama seperti setiap proses bisnis, restock juga memiliki proses yang perlu diperhatikan oleh setiap pemilik usaha. Proses restock memerlukan ketelitian agar tidak terjadi kesalahan yang bisa merugikan usaha. Sebenarnya proses dari restock tersebut juga tidak terlalu rumit. Selama proses dijalankan sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan yang diperlukan jenis bisnis tersebut, maka akan lebih mudah dijalankan.

Berdasarkan arti restock yang telah disebutkan dalam penjelasan di atas, proses restock dapat dilakukan pada waktu yang rutin dan sudah terjadwal atau pada saat tertentu seperti ketika stok barang sudah hampir habis karena permintaan pelanggan yang tinggi. Berikut ini adalah proses restock yang perlu diperhatikan:

  • Perencanaan dan Prediksi Usaha di Masa Mendatang

Melakukan proses restock tidak bisa asal dilakukan. Proses restock memerlukan perencanaan dan prediksi usaha agar bisa mengetahui berapa banyak barang yang perlu dibeli untuk stok barang. Tanpa adanya perencanaan dan prediksi, kesalahan stok barang bisa terjadi. Misalnya seperti kesalahan jumlah stok yang terlalu sedikit atau terlalu banyak. Stok barang yang kurang dapat menghambat proses penjualan. Sedangkan stok barang yang terlalu banyak bisa merugikan usaha karena tidak terjual dengan cepat. 

  • Melacak Inventaris Usaha

Proses restock yang dilakukan secara detail dan terdata dengan akurat akan memudahkan pelacakan inventaris usaha. Ini akan sangat bermanfaat untuk mengurangi kejadian hilangnya barang yang ada dalam inventaris. Hal tersebut dapat dicegah dengan proses restock yang detail dan akurat. 

  • Menghitung Kapasitas Kebutuhan Gudang

Arti Restock

Proses restock yang tidak bisa dilupakan adalah menghitung kapasitas gudang yang diperlukan untuk menyimpan stok yang ada. Pastikan gudang yang dimiliki mencukupi untuk seluruh stok barang dan pastikan juga stok barang tidak berlebihan yang bisa melebihi kapasitas gudang. 

  • Keamanan Stok Barang

Memperhatikan keamanan stok barang juga merupakan salah satu proses yang harus diperhatikan. Sesuai dengan arti restock yang telah dijelaskan di atas, menjaga keamanan stok barang juga perlu diperhatikan. Mulai dari menjaga kualitas hingga memastikan keamanan setiap stok barang. Proses ini akan menghindarkan usaha dari kerugian yang muncul karena stok barang yang rusak.

Baca Juga 
Retur Penjualan adalah: Arti dan Tips Mengelolanya

Pemahaman seputar restock dan juga proses restock akan membuat setiap pemilik usaha menyadari bahwa stok barang sangat penting untuk proses transaksi jual beli. Jika proses restock sudah dilaksanakan dengan tepat, selanjutnya proses transaksi jual beli bisa dilakukan dengan lancar juga. Terlebih, kalau kamu memanfaatkan teknologi untuk mengelola setiap pesanan pada usahamu. 

Otomasi pada sistem pesanan bisa dilakukan lewat SmartSeller yang memiliki fitur Order Management. Sehingga setiap pesanan yang masuk akan secara otomatis dikelola dan kamu bisa menyesuaikan dengan stok barang yang kamu miliki. Dengan menggunakan SmartSeller tentunya akan memudahkan proses usaha kedepannya. Jadi kamu bisa langsung saja coba pakai SmartSeller sekarang!