Ketika merintis sebuah usaha, banyak tantangan yang harus dilewati agar usaha yang ingin kamu dirikan nantinya bisa terwujud. Salah satu tantangan ketika hendak merintis usaha adalah melihat peluang yang ada. Oleh karena itu, kamu harus bisa melihat peluang usaha yang jarang tapi dibutuhkan oleh masyarakat atau target market yang ingin kamu tuju. 

Mendirikan usaha yang jarang tapi dibutuhkan oleh masyarakat adalah sebuah strategi yang harus dipikirkan matang-matang. Sebagai pelaku usaha, tentunya kamu ingin memiliki pesaing yang sedikit agar mendapat income lebih banyak. Jadi, usaha yang jarang tapi dibutuhkan biasanya merupakan bisnis yang memiliki sedikit pesaing, tapi tetap harus memiliki suatu keunikan agar membedakan bisnismu dengan kompetitor lain. 

Di sisi lain, tujuan dari mendirikan usaha yang jarang tapi dibutuhkan masyarakat adalah agar terhindar dari persaingan bisnis yang ketat sehingga menyebabkan kebangkrutan. Oleh karena itu, kamu harus jeli dalam melihat peluang usaha agar bisnismu bisa terus berjalan dan sukses. Lalu, apa saja ide usaha yang jarang tapi dibutuhkan oleh masyarakat? Kamu berada di artikel yang tepat! Scroll sampai bawah, ya! 

Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan

Contoh Beberapa Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan

Untuk kamu yang baru mau merintis sebuah usaha, kamu harus riset terlebih dahulu kira-kira usaha yang jarang tapi dibutuhkan oleh masyarakat itu apa saja agar usaha yang kamu dirikan bisa laris dibeli pelanggan. Berikut beberapa contoh usaha yang masih jarang yang bisa kamu coba.

Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan

  • Jual Makanan Jadul

Ide usaha yang jarang tapi dibutuhkan pertama adalah kamu bisa mencoba peruntungan dalam menjual makanan jadul (jaman dulu). Biasanya, makanan jadul punya target market tersendiri, yaitu para orang tua. Menjual makanan jadul juga dapat membuat target market baru, lho! Kok bisa? Ditengah gempuran makanan kekinian yang ditawarkan, kamu bisa menjual makanan jadul agar anak jaman sekarang atau orang yang tinggal di kota besar dapat merasakannya.

Baca Juga 
Tips & Trik Memulai Bisnis Distributor Makanan Kucing

Makanan jadul biasanya identik dengan makanan yang dijual di daerah pedesaan, pelosok, atau daerah yang bukan terletak di kota besar, sehingga belum banyak orang yang pernah mencobanya. Selain itu, makanan jadul juga identik dengan makanan yang dimakan oleh orang tua kita di jaman dulu, sehingga kebanyakan orang tua jika menemukan makanan jadul, mereka pasti akan membelinya.

Baca juga: Ini Dia 5 Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

Contoh makanan jadul yang bisa kamu jual seperti dadar gulung, kue rangin, jagung kelapa, gulali, kue lupis, dan beberapa jajanan jadul lainnya. Menjual makanan jadul sebagai usaha yang jarang tapi dibutuhkan dapat menjadi usaha yang menjanjikan kedepannya karena rasa yang ditawarkan juga tidak kalah enak dengan makanan zaman now

Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan

  • Jasa Kebersihan

Ide usaha yang jarang tapi dibutuhkan selanjutnya adalah usaha jasa kebersihan. Jasa kebersihan pun bisa bermacam-macam, seperti jasa bersih-bersih rumah, kebun, mobil, dan beberapa hal rumit yang butuh dibersihkan secara teratur. Bahkan, jasa kebersihan hewan peliharaan, seperti grooming, bersih-bersih kandang, dan penitipan hewan juga dibutuhkan saat ini.

Kamu bisa menentukan target terlebih dulu, kira-kira mau fokus di bidang jasa kebersihan apa. Income yang didapat dari membuka usaha jasa kebersihan ini lumayan besar. Dengan membuka usaha jasa kebersihan, kamu akan membangun hubungan baik dengan pelanggan, sehingga usaha yang kamu jalankan bisa berkembang melalui promosi dari mulut ke mulut. 

  • Jasa Pengiriman Bahan Makanan

Jasa pengiriman bahan makanan bisa menjadi salah satu ide usaha yang jarang tapi dibutuhkan, terutama untuk para ibu yang tidak punya waktu untuk berbelanja langsung ke pasar atau supermarket. Jasa pengiriman mungkin adalah hal yang sudah banyak dilakukan orang, tapi jasa pengiriman bahan makanan adalah hal yang berbeda karena bahan makanan merupakan bahan yang harus dikirimkan saat itu juga agar tidak rusak.

Baca Juga 
Apa itu Katalog? Ini Penjelasan dan Fungsinya di Bisnis

Baca juga: Estimasi Pengiriman adalah: Faktor, dan Cara Ketahuinya

  • Jasa Persewaan Tempat

Jika kamu punya lahan pribadi dan belum tau mau digunakan untuk apa, jasa persewaan tempat adalah ide usaha yang jarang tapi dibutuhkan oleh masyarakat yang dapat kamu dirikan. Persewaan tempat ini bisa bermacam-macam, seperti persewaan tempat parkir kendaraan, lapangan bulutangkis, dan lain sebagainya. Kamu harus riset terlebih dulu kira-kira tempat persewaan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar.

Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan

  • Jasa Katering Makanan Sehat

Jika kamu punya hobi memasak, jasa katering makanan sehat merupakan salah satu ide usaha yang jarang tapi dibutuhkan oleh beberapa orang. Memang sudah banyak layanan katering makanan sehat diluar sana, tapi kamu bisa merubah target market yang dituju. 

Misal, katering makanan sehat di luar sana kebanyakan target marketnya adalah orang yang lagi diet. Kamu bisa mengganti target marketnya menjadi rumah sakit. Mengapa rumah sakit? Karena semua rumah sakit pasti butuh makanan sehat untuk pasiennya. Namun, tidak semua rumah sakit punya orang yang langsung memasak makanan sehat tersebut. Oleh sebab itu, kebanyakan rumah sakit mencari jasa katering makanan sehat.

Dari contoh di atas, kamu bisa mengambil peluang usaha yang jarang tapi dibutuhkan tersebut dengan membuka jasa katering makanan sehat. Selain rumah sakit, kamu juga tetap bisa menarget jasa katering makanan sehat ke orang yang sedang diet.

  • Tanaman Hidroponik

Ide usaha yang jarang tapi dibutuhkan terakhir yaitu usaha tanaman hidroponik. Bagi kamu yang punya keahlian dalam bidang agribisnis, usaha tanaman hidroponik adalah peluang yang dapat kamu coba. Tanaman hidroponik biasanya punya target market sendiri, seperti para kolektor tanaman atau orang tua yang suka dengan tanaman.

Baca Juga 
Lakukan 7 Hal Ini Agar Merasa Tenang Ketika Mudik Lebaran

Usaha tanaman hidroponik ini tidak membutuhkan tanah yang khusus, sehingga kamu dapat membuat kebun di pekarangan rumah. Kamu bisa memulai dengan mempelajari tentang cara pembibitan dan merawat tanaman. Selain itu, mulailah dulu dari hal kecil yang bisa dilakukan dan utamakan kualitas tanaman hidroponiknya agar tidak mengecewakan calon pelanggan. 

Nah, itu tadi beberapa contoh peluang usaha yang jarang tapi dibutuhkan oleh masyarakat yang dapat kamu dirikan untuk bisnismu. Hal yang perlu diingat, mengetahui peluang usaha sebelum kamu mendirikannya merupakan langkah yang sangat penting agar usahamu bisa semakin berkembang kedepannya.

Jika kamu sudah memutuskan mau fokus pada usaha apa dan berhasil mendirikannya, jangan lupa untuk mengelolanya dengan tepat. Dengan pengelolaan bisnis yang tepat, kamu dapat mengembangkan bisnis lebih besar lagi sehingga dapat mempunyai reseller yang membantu untuk menjual serta mempromosikan produk mu.

Di SmartSeller, terdapat fitur Private Order yang dapat memudahkan reseller, lho! Dengan fitur ini, reseller mendapat akses untuk melihat katalog produk usaha yang kamu jual. Selain itu, reseller juga bisa melihat stok produk mu secara langsung, sehingga mereka dapat memperkirakan mau mengambil barang apa dan berapa banyak. Di fitur ini juga menyediakan pilihan pembayaran langsung. Nggak ribet kan?

Dengan menggunakan SmartSeller, kamu bisa memantau dan mengelola pesanan dari mana saja. Di SmartSeller, kamu juga bisa mengatur stok barang dagangan dan sudah tersambung dengan banyak kurir agar pengiriman barang ke pelanggan semakin mudah dan lancar. Mudah bukan? Yuk, cek SmartSeller sekarang juga dan rasakan praktisnya pengelolaan usahamu!