Tidak terasa bulan Ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menghadapi bulan Ramadhan, salah satunya yaitu dengan mendapatkan penghasilan tambahan agar dapat digunakan untuk hal yang bermanfaat. Nah, mendirikan usaha rumahan di bulan Ramadhan ini merupakan salah satu cara yang cocok untuk dapat penghasilan tambahan. 

Bulan Ramadhan adalah sebaik-baiknya bulan untuk melakukan ibadah karena pahala yang ditawarkan sangat besar. Mendirikan usaha rumahan di bulan Ramadhan juga merupakan salah satu ibadah yang dapat kamu lakukan jika diniatkan dengan baik. Mengapa demikian? Karena ini merupakan salah satu effort yang dapat dilakukan untuk mendapatkan rezeki yang halal.

Selain itu, membuka usaha rumahan di bulan Ramadhan juga sangat cocok untuk mengisi waktu luang selama berpuasa. Daripada tidur, mending melakukan hal yang bermanfaat, kan? Pada artikel ini, akan dijelaskan mengenai apa saja usaha rumahan di bulan Ramadhan yang dapat kamu coba sebagai referensi jualan. Yuk, scroll sampai habis, ya! 

Usaha di Bulan Ramadhan

Mau Tau Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan yang Dapat Kamu Coba? Ini Penjelasannya

Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk kamu yang ingin mencoba peruntungan dalam berjualan. Mengapa demikian? Karena selama bulan Ramadhan, permintaan akan kebutuhan tertentu pasti meningkat. Jadi, banyak ide usaha rumahan di bulan Ramadhan yang dapat kamu coba. Mau tau apa saja? Berikut penjelasannya.

Usaha di Bulan Ramadhan

  • Usaha Gorengan Rumahan

Tidak afdol rasanya jika berbuka puasa tanpa gorengan. Yap! Ide usaha rumahan di bulan Ramadhan pertama yang dapat kamu coba yaitu dengan menjual gorengan buatan sendiri. Saat bulan Ramadhan, gorengan adalah makanan yang selalu laris diburu oleh pembeli, terutama saat waktu ngabuburit menjelang buka puasa.

Modal yang dibutuhkan untuk menjual gorengan pun bisa dibilang tidak mahal. Kamu bisa menentukan terlebih dahulu jenis gorengan apa yang mau kamu jual. Setelah itu, kamu bisa membuka stand kecil-kecilan untuk menjualnya. Hal yang perlu diperhatikan, jangan lupa untuk melakukan promosi untuk menarik pelanggan. Kamu bisa menawarkannya ke tetangga atau teman dekat terlebih dahulu. 

Baca Juga 
12 Aplikasi Penunjang Aktivitas Bisnis UKM dan Startup yang Bisa Dipakai Gratis!

Sebagai salah satu usaha rumahan di bulan Ramadhan, menjual gorengan punya peluang laris yang sangat besar. Selain diburu banyak orang untuk santapan berbuka puasa, gorengan biasanya juga dibeli dalam jumlah yang banyak untuk disumbangkan sebagai takjil ke masjid. Jadi, menjual gorengan sangat cocok sebagai usaha rumahan di bulan Ramadhan yang dapat kamu coba.

  • Jasa Jahit

Ide usaha rumahan di bulan Ramadhan yang kedua yaitu dengan membuka jasa jahit. Meski terlihat remeh, tapi jasa jahit saat bulan Ramadhan biasanya dibutuhkan oleh banyak orang, lho! Mulai dari sekedar menjahit baju atau celana yang berlubang, menjahit kancing baju, sampai membuat pesanan baju muslim untuk persiapan hari raya. 

Hal yang perlu diperhatikan ketika membuka jasa jahit, kamu harus benar-benar mahir dalam melakukannya, ya! Kamu harus memperhatikan permintaan dari pelanggan dengan benar agar tidak melakukan kesalahan yang dapat membuat mereka kecewa. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan kualitas dari jahitan yang dibuat. 

Usaha di Bulan Ramadhan

  • Jasa Hampers Lebaran

Bulan Ramadhan juga identik dengan hampers, terutama saat mendekati hari raya. Tujuan dari adanya hampers yaitu untuk diberikan kepada keluarga dan teman terdekat sebagai tanda untuk mempererat tali persaudaraan. Jadi, membuka jasa hampers lebaran adalah salah satu usaha rumahan di bulan Ramadhan selanjutnya yang patut untuk dicoba. 

Jika kamu mampu untuk membuat dan menghias hampers sendiri, itu akan jauh lebih baik karena keuntungan yang didapat akan lebih banyak. Namun, jika belum bisa, kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper dari jasa pembuatan hampers. Buatlah hampers dengan unik dan bagus agar menarik minat pelanggan. Kamu juga harus mengutamakan kualitas dari barang serta bingkisan pada hampers agar tidak membuat pelanggan kecewa. 

Baca Juga 
Cost Control adalah: Penjelasan dan Panduan untuk UMKM

Baca juga: Mau Jadi Reseller Tanpa Modal Banyak? Ikuti 4 Tips ini!

Usaha di Bulan Ramadhan

  • Jasa Penitipan Hewan Peliharaan

Ide usaha rumahan di bulan Ramadhan selanjutnya yang dapat kamu buka yaitu jasa penitipan hewan peliharaan. Untuk kamu yang memiliki lahan atau bangunan yang mumpuni, jasa penitipan hewan peliharaan ini patut kamu pertimbangkan. Jasa penitipan hewan peliharaan memiliki peminat yang sangat tinggi, apalagi jika sudah mendekati hari raya karena biasanya beberapa orang tidak bisa membawa hewan peliharaan mereka ketika mudik karena beberapa alasan. 

Saat kamu memutuskan untuk membuka jasa penitipan hewan, kamu wajib punya komitmen dan tanggung jawab yang besar untuk membantu merawat hewan peliharaan. Kamu bisa mempromosikan jasa ini melalui social media agar dikenal oleh banyak orang. Salah satu usaha rumahan di bulan Ramadhan yang menjanjikan ini pelan-pelan bisa kamu tekuni, sehingga nantinya di luar bulan Ramadhan bisa lebih berkembang lagi.

  • Usaha Toples Kue

Ide usaha rumahan di bulan Ramadhan yang terakhir yaitu dengan menjual toples kue. Toples kue merupakan salah satu perlengkapan yang paling banyak dicari selama bulan Ramadhan, terutama oleh pengusaha kue kering. 

Biasanya, toples kue berbentuk lingkaran atau persegi panjang. Jadi, kamu bisa mencari variasi toples kue lain yang sekiranya menarik perhatian pelanggan. Jangan lupa untuk menjual toples kue mulai dari ukuran kecil hingga besar. Selain itu, kamu juga bisa menjual pouch untuk kue sebagai pilihan yang lain. 

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 3 Cara Mencari Supplier Tangan Pertama!

Hal yang perlu diperhatikan saat kamu memutuskan untuk menjual toples kue, carilah supplier dengan harga murah namun kualitasnya tetap baik dan layak untuk digunakan. Kamu juga bisa mengawali berjualan toples kue dengan menjadi reseller atau dropshipper terlebih dahulu, lalu kamu bisa menawarkannya lewat social media atau membuka online shop sendiri di marketplace

Baca Juga 
Tidak Perlu Takut, Ini yang dimaksud MLM dan Keuntungannya

Nah, itu tadi lima ide usaha rumahan di bulan Ramadhan yang dapat kamu coba sebagai salah satu cara untuk mengisi waktu luang yang bermanfaat selama menjalankan ibadah puasa. Pilihlah usaha rumahan yang sekiranya cocok dengan passionmu agar dapat menjalaninya dengan enjoy. Selain itu, jangan lupa juga untuk menentukan siapa target market yang ingin kamu tuju agar usaha rumahan di bulan Ramadhan yang kamu jalankan bisa lebih maksimal terutama dari segi penghasilan yang didapat. 

Setelah usaha rumahan yang kamu dirikan sudah berjalan, jangan lupa untuk menerapkan pengelolaan bisnis dengan baik agar bisa berjalan lancar. Bagaimana caranya? Kamu bisa menggunakan SmartSeller! Jika kamu baru mengetahui SmartSeller dan ingin menggunakannya untuk pertama kali, kamu bisa mendapat diskon langganan, lho! Pastinya ini akan sangat menguntungkan untuk bisnismu karena pengelolaan bisnis akan jadi lebih mudah dan praktis.

Dengan SmartSeller, kamu dapat mengatur transaksi, update harga dan stok barang, serta mengatur pengiriman bisa dilakukan sekaligus hanya dengan satu dashboard saja. Jadi, kamu tidak perlu ribet untuk pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya untuk mengatur banyak hal. Selain itu, banyak kemudahan lainnya jika kamu menggunakan SmartSeller untuk bisnis. Yuk, cobain SmartSeller sekarang juga!