Stock opname adalah salah satu kegiatan yang sangat penting dalam bisnis, terutama bisnis di bidang retail dan manufaktur. Mengapa demikian? Karena stock opname adalah kegiatan yang sangat erat kaitannya dengan ketersediaan barang yang ada di dalam toko atau gudang. Dengan stock opname, pembelian barang bisa lebih terkontrol dengan baik.

Dengan adanya aktivitas stock opname, sebuah bisnis diharapkan dapat mengeluarkan budget operasional dengan bijak yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, stock opname adalah kegiatan yang dapat membuat laporan pembukuan menjadi lebih mudah dan akurat.

Jadi, stock opname adalah kegiatan yang seperti apa? Untuk mengetahuinya, kamu sudah ada di laman yang tepat! Di artikel ini juga akan membahas tentang manfaat dari stock opname dan bagaimana cara melakukannya. Yuk, baca sampai habis, ya!

Stock Opname adalah

Stock Opname adalah?

Apa pengertian dari stock opname? Stock opname adalah suatu aktivitas dalam bisnis di mana perhitungan persediaan barang yang ada di dalam toko ataupun gudang dilakukan. Karena ada hubungannya dengan penghitungan stok barang, stock opname adalah kegiatan yang memakan waktu cukup lama karena dibutuhkan ketelitian yang tinggi agar tidak salah menuliskan data.

Alasan lain mengapa kegiatan stock opname memerlukan ketelitian yang tinggi dalam pengerjaannya yaitu karena hal ini nantinya akan berhubungan langsung dengan stok barang yang akan dijual. 

Baca juga: Yuk, Cari Tahu Arti Restock dan Apa Pentingnya untuk Usaha

Seiring dengan berkembangnya teknologi, aktivitas stock opname sekarang sudah menjadi lebih mudah. Saat ini, sudah terdapat sistem barcode yang akan memudahkan dalam penghitungan barang. Jadi, kegiatan penghitungan jadi lebih cepat dan efisien jika dibandingkan dengan cara yang manual. Dengan bantuan barcode, kesalahan pencatatan juga bisa diminimalisir. 

Stock Opname adalah

Tujuan dari Aktivitas Stock Opname

Terdapat beberapa tujuan dari aktivitas stock opname dalam sebuah bisnis. Berikut ini penjelasannya.

Baca Juga 
Ini Dia Cara Mencari Laba Kotor yang Mudah untuk Bisnis

Stock Opname adalah

1. Memberi Informasi Stok Barang yang Benar

Tujuan pertama dari stock opname adalah memberikan informasi produk yang benar dan valid. Karena barang yang dijual terletak di dua tempat, yaitu di etalase toko dan di gudang, maka penghitungan barang harus diperhatikan. Dengan stock opname yang rutin, kamu tidak perlu khawatir akan update an mengenai stok barang. 

2. Sebagai Pembanding Persediaan Barang

Tujuan kedua dari stock opname adalah sebagai pembanding persediaan barang yang ada. Masih berhubungan dengan tujuan nomor satu, stock opname dapat membantumu dalam memperkirakan stok barang. Jadi, kamu akan tau kapan waktunya untuk membeli stok barang lagi untuk dijual tanpa harus kekurangan atau bahkan kelebihan barang.

3. Sebagai Upaya untuk Kontrol Barang

Tujuan ketiga dari stock opname adalah sebagai salah satu usaha untuk mengontrol stok barang. Karena stock opname merupakan aktivitas penghitungan dan pendataan barang, maka kamu bisa melihat, kira-kira barang tersebut mengalami kerusakan atau tidak, masih layak untuk dijual atau tidak, dan lain sebagainya.

Manfaat dari Aktivitas Stock Opname

Setelah mengetahui stock opname adalah aktivitas yang seperti apa dan tujuannya, sekarang saatnya kamu tahu manfaat dari stock opname. Berikut penjelasannya.

1. Dapat Terhindar dari Kekurangan atau Kelebihan Barang

Manfaat pertama dari aktivitas stock opname adalah agar terhindar dari kekurangan atau kelebihan stok barang. Dengan stock opname, kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan stok barang. 

Kehabisan stok barang di tengah permintaan yang tinggi dapat menjadi kerugian tersendiri, sama hal nya dengan kelebihan barang. Jika barang berlebih namun peminat sedikit, maka akan membuang anggaran yang seharusnya bisa dialokasikan untuk hal lain. Maka dari itu, stock opname adalah aktivitas yang wajib untuk dilakukan. 

Stock Opname adalah

2. Membantu Bisnis dalam Pengambilan Keputusan

Manfaat selanjutnya dari aktivitas stock opname adalah dapat membantu bisnis untuk mengambil keputusan yang terkait dengan stok barang. Ketika kamu berhubungan dengan barang yang dijual dalam bisnis, banyak hal yang harus bisa kamu putuskan dengan cepat dan tepat. 

Baca Juga 
Mudah, Begini Cara Daftar Jualan di Lazada dan Tipsnya!

Selain itu, stock opname juga berhubungan dengan pembukuan bisnis, di mana dari pembukuan tersebut, akan tercatat informasi untung rugi sebuah bisnis. Dengan stock opname, keputusan terkait perkembangan bisnis dan stok barang dapat dibuat dengan tepat berdasarkan data yang ada.

3. Dapat Mengetahui Keluar Masuknya Barang

Manfaat terakhir dari aktivitas stock opname adalah dapat mengontrol proses keluar masuknya barang. Dengan stock opname, kamu dapat memastikan proses keluar masuk barang berjalan dengan baik dan jumlahnya juga sesuai. Hal ini dilakukan agar terhindar dari kerugian dan kecurangan.

Baca juga: Minim Risiko, Apa Itu Grosir: Pengertian dan Jenis

Beberapa Cara Melakukan Stock Opname

Terdapat beberapa cara untuk melakukan stock opname dalam sebuah bisnis. Berikut penjelasannya.

1. Tahap Awal

Tahapan awal dalam aktivitas stock opname ini lebih ke persiapan sebelum benar-benar melakukan stock opname. Biasanya, tahap ini dilakukan satu minggu sebelum aktivitas penghitungan barang dan melakukan komunikasi intens dengan tim gudang. 

Beberapa persiapan yang harus dilakukan pada tahap awal ini meliputi mengkoordinasikan dengan bagian gudang agar barang bisa dipersiapkan dan diletakkan dengan rapi agar proses jadi lebih mudah, memberitahu bagian gudang agar barang bisa dilengkapi dengan barcode agar mudah dalam penghitungan, dan memberitahu bagian gudang untuk persiapan lainnya.

2. Tahap Persiapan

Tahap persiapan merupakan tahapan mendekati aktivitas stock opname dimulai. Beberapa kegiatan yang dilakukan pada tahap persiapan meliputi mengumpulkan semua tim untuk persiapan stock opname agar mengetahui tugas serta tanggung jawab masing-masing, menginstruksikan bagian gudang agar segera melengkapi data input barang dan menutupnya sampai aktivitas stock opname selesai.

3. Tahap Aktivitas Stock Opname

Tahap stock opname yaitu tahap di mana aktivitas stock opname benar-benar dilakukan. Biasanya, kegiatan dalam stock opname yang dilakukan meliputi memastikan semua data transaksi stok barang sudah di input dengan benar ke dalam program. Setelah itu, data transaksi stok barang dicetak dan dibagikan kepada akuntan yang melakukan proses stock opname sebagai dasar untuk acuan stok barang.

Baca Juga 
10 Ide Cerdas Untuk Menarik Perhatian Pembaca Pada Website Bisnis Anda

Tonton juga : #SellerStory Uno Shop : Memanfaatkan Era Digital untuk Mengembangkan Bisnis

Dalam proses stock opname, hasil lembaran yang sudah diisi oleh akuntan terkait laporan stock opname kemudian diserahkan ke tim input agar bisa disalin ke Ms Excel. Dalam penyalinannya, format Ms Excel harus melihatkan perbandingan antara program dengan stock opname tersebut.

Saat proses stock opname telah selesai, maka akan dilakukan double check terhadap persediaan barang yang terdapat selisih. Setelah itu, semua hasil perhitungan akan diserahkan ke bagian akuntan agar bisa disesuaikan ke dalam program.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai stock opname adalah aktivitas yang seperti apa, tujuan, manfaat, dan cara melakukannya. Jika bisnismu melibatkan barang, baik dengan kuantitas kecil ataupun besar, stock opname adalah hal yang perlu kamu lakukan agar stok barang aman dan bisnis bisa berjalan dengan lancar.

Dalam menjalankan bisnis, pengelolaan bisnis merupakan hal yang harus kamu perhatikan agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Bagaimana cara mengelola bisnis agar berjalan dengan lancar? Yaitu dengan menggunakan SmartSeller!

Di SmartSeller, terdapat fitur inventory management yang akan memudahkan kamu untuk melacak inventory kapanpun dan dimanapun kamu berada. Jadi, kamu tidak perlu repot lagi melacak secara manual. Selain itu, jika kamu ingin mencoba bisnis baru dengan menjadi reseller, SmartSeller adalah platform yang tepat untuk kamu coba karena SmartSeller menyediakan partner reseller yang berkualitas dan terpercaya. Yuk, cobain SmartSeller sekarang juga!