Bisnis reseller frozen food tanpa modal adalah salah satu ide usaha yang memiliki peluang besar untuk mendapatkan pendapatan yang tinggi. Hal ini disebabkan makanan adalah kebutuhan utama manusia yang harus dipenuhi. Oleh sebab itu, reseller frozen food tanpa modal menjadi salah satu bisnis makanan yang sedang ramai diincar dan memiliki peluang bisnis yang menguntungkan.

Frozen food merupakan makanan yang dibekukan dengan tujuan untuk mengawetkan makanan hingga siap dimakan. Pembekuan ini dapat memperlambat dekomposisi dengan cara mengubah kadar air yang tersisa menjadi es sehingga dapat menghambat pertumbuhan banyak jenis bakteri. Makanan yang dibikin dalam bentuk frozen bisa saja makanan yang belum matang dan juga bisa dalam bentuk makanan siap saji sehingga tinggal dipanaskan saja.

reseller frozen food

Di era modern ini, hampir semua makanan dikemas dalam bentuk frozen food. Hal ini dikarenakan banyak orang yang mencari bahan masakan yang tidak memerlukan waktu persiapan yang lama. Oleh karena itu, frozen food merupakan salah satu alternatif yang tepat untuk konsumen yang mencari kepraktisan sehingga dapat menyetok banyak di dalam kulkas. 

Oleh karena itu, bisnis reseller frozen food tanpa modal menjadi ide menarik bagi kamu yang mau memulai bisnis. Namun, sebelum menjalankannya, kamu perlu tau cara menjadi reseller frozen food tanpa modal terlebih dahulu.

Baca juga: Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga yang Dijamin Untung Terus

 

Cara Menjadi Reseller Frozen Food tanpa modal

reseller frozen food

Menjadi reseller frozen food tanpa modal sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan produk frozen food dan kualitas dari produk itu sendiri. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara menjadi reseller frozen food tanpa modal yang harus kamu lakukan.

 

  • Tentukan Jenis Frozen Food yang Akan Dijual

Sebelum kamu memulai jadi reseller frozen food tanpa modal, sebaiknya kamu tentukan terlebih dahulu jenis frozen food apa yang akan kamu jual. Dalam menentukan jenis frozen food ini, kamu harus mengikuti pasaran yang sedang banyak diincar oleh para pembeli. Kamu bisa menanyakan kepada produsen kira-kira aneka frozen food apa saja yang laku di pasaran.

 

  • Pilih Produsen yang Terpercaya

Dalam menjadi reseller frozen food tanpa modal, ada baiknya kamu mencari produsen frozen food yang terpercaya. Jangan sembarangan membeli frozen food di produsen yang sembarangan dan tidak jelas latar belakang bisnisnya. Hal ini dapat merugikan kamu apabila nanti ada masalah yang ditimbulkan dari produsen. Selain itu, produsen yang terpercaya pastinya menyediakan frozen food dengan kualitas yang baik dan sudah BPOM.

Tidak cuma itu, kamu juga perlu mencari produsen yang mempunyai kerja sama bisnis yang baik. Kamu bisa melakukan pertemuan secara langsung dan tanyakan sistem kerja samanya, seperti harga grosir produk, cara penyimpanan, product knowledge, bantuan after sales, dan lain-lain.

 

  • Legalitas Produk

Legalitas produk menjadi salah satu poin penting untuk diperhatikan dalam menjadi reseller frozen food tanpa modal. Bisnis makanan tidak sama dengan bisnis baju atau produk lain yang tidak memerlukan legalitas. Bisnis makanan, termasuk bisnis frozen food harus memenuhi legalitas tertentu, seperti izin BPOM, PIRT, dan izin halal MUI.

Apabila produk frozen food yang kamu jual tidak ada tercantum legalitas, maka dapat membuat konsumen ragu untuk membeli produk kamu. Oleh karena itu, pada saat memulai jadi reseller frozen food tanpa modal, kamu harus mencari produsen yang sudah memenuhi persyaratan legalitas tersebut.

 

  • Gunakan Sistem Pre Order (PO)

Dikarenakan kamu menjadi reseller frozen food tanpa modal, maka kamu dapat menggunakan sistem pre order atau yang sering disebut dengan PO. Pre order adalah sistem pembelian produk yang dilakukan para penjual sebelum stok produk tersedia. Sistem ini biasanya dilakukan di mana konsumen memesan dan membayar produk di awal, kemudian akan dikirim atau tersedia di estimasi waktu yang telah diinfokan dan disepakati.

Oleh karena itu, kamu hanya memesan produk ke produsen sesuai dengan jumlah orderan. Kamu tidak perlu mengeluarkan modal untuk menyetok produk karena konsumen sudah melakukan pembayaran di awal pada saat memesan produk.

 

  • Promosikan Bisnis Frozen Food di Media Sosial

Agar bisnis reseller frozen food tanpa modal kamu dapat diketahui banyak orang dan mencapai target pembeli yang lebih luas lagi, kamu perlu untuk mempromosikan di media sosial, seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, dan lainnya. Buatlah akun khusus untuk bisnis reseller frozen food tanpa modal kamu dan gunakan fitur-fitur yang disediakan oleh media sosial secara maksimal. Hal ini dapat membantu meningkatkan engagement dan tampilan media sosial terlihat bagus. Oleh karena itu, bisnis reseller frozen food tanpa modal ini dapat menarik perhatian orang untuk membelinya.

 

  • Gunakan Ecommerce

Tidak hanya menggunakan media sosial, kamu juga perlu menggunakan ecommerce agar dapat menjangkau lebih banyak orang tanpa terbatas oleh area geografis. Penggunaan ecommerce dapat menghemat biaya karena kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa toko fisik. Selain itu, penggunaan ecommerce juga memudahkan kamu dalam proses penjualan dan pembelian, serta mempermudah dalam metode pembayaran. Kamu juga tidak perlu memikirkan label pengiriman paket karena sudah otomatis disediakan oleh ecommerce.

 

  • Perhatikan Tanggal Kadaluwarsa Produk

Walaupun produk frozen food dapat disimpan dalam waktu yang lama, tetapi frozen food tetap memiliki tanggal kadaluwarsa. Dengan begitu, sebelum membeli ke produsen, pastikan bahwa setiap produk frozen food memiliki tanggal kadaluwarsa yang masih panjang.

 

  • Menggunakan Jasa Kirim Instan

Dikarenakan kamu menjalankan bisnis reseller frozen food tanpa modal, maka kamu perlu untuk menggunakan jasa pengiriman atau ekspedisi yang instan agar makanan dapat sampai dengan kualitas yang baik.

 

  • Mengelola Keuangan Bisnis Reseller frozen food tanpa modal dengan Bijak

Kalau dilihat dari luar, tampaknya bisnis reseller frozen food tanpa modal ini mudah untuk dijalankan. Meskipun begitu, kamu tetap harus mengelola keuangan bisnis reseller frozen food tanpa modal ini dengan bijak. Mulai dari mengelola keuangan untuk biaya operasional, biaya kemasan, dan sebagainya. Bisnis dapat berkembang lebih besar dan omzet penjualan akan terlihat lebih jelas apabila pengelolaan keuangan sudah benar.

 

  • Mempelajari Kompetitor

Di dunia bisnis pastinya akan ada persaingan dengan kompetitor, apalagi kalau produk yang dijual sama. Daripada menghindari kompetitor, kamu bisa banget loh untuk belajar dari mereka untuk meningkatkan kualitas dari bisnis kamu. Namun, perlu diingat bahwa kamu boleh terinspirasi dari kompetitor kamu, bukan menjiplak secara utuh ya.

Itu dia 10 cara menjadi reseller frozen food tanpa modal yang dapat kamu lakukan. Bagi kamu yang baru pertama kali menjalankan bisnis, pastinya hal ini akan susah untuk dilakukan, mulai dari mengelola orderan, memesan produk, sampai melakukan proses pengiriman produk ke konsumen. Oleh karena itu, kamu dapat menggunakan Smartseller untuk membantu kamu mengelola semua orderan kamu dalam satu paket.