Apakah kamu pernah penasaran dengan stock opname itu apa? Di dalam operasional bisnis, mungkin sebagian besar pemilik bisnis pernah mendengar istilah yang satu ini. Kegiatan ini disebut-sebut dilakukan secara rutin dan sifatnya wajib ada dalam bisnis. Mengapa demikian?

Selain itu, kegiatan stock opname juga dikatakan memerlukan suatu usaha yang besar, terutama kalau pencatatan stok barang dalam bisnismu masih dilakukan secara tradisional atau manual. Terlebih lagi, kegiatan ini penting dilakukan untuk usaha retail yang punya banyak stok barang.

Pasalnya, stock opname dapat membantumu dalam memastikan apakah akurasi jumlah stok barang dan juga kualitas layak jualnya.

Nah, untuk tahu opname itu apa artinya dalam manajemen stok barang, fungsi, dan cara untuk melakukannya, yuk baca selengkapnya di bawah ini!

Opname itu Apa

Stock Opname Itu Apa?

Mungkin bagi kamu yang baru berkecimpung dalam dunia bisnis masih belum tahu opname itu apa. Untuk menjawab pertanyaan, “Stock opname itu apa?”, berikut adalah pembahasan singkatnya.

Istilah ini erat hubungannya dengan stok barang. Sebagai pemilik bisnis yang menjual produk berbentuk barang, kamu tentu akan melakukan penyetokan barang dan menyimpannya di gudang penyimpanan dalam kuantitas tertentu sebelum akhirnya didistribusikan untuk dijual atau dipasarkan.

Nah, ada kalanya kamu perlu menghitung jumlah stok barang tersebut yang ada pada gudang secara rutin. Kegiatan tersebut pada dasarnya disebut dengan stock opname.

Aktivitas ini perlu untuk dilakukan secara rutin dengan teliti guna menghindari kesalahan perhitungan dan pencatatan barang yang masuk keluar dari gudang. Diperlukan upaya yang cukup menguras tenaga dan waktu untuk melakukannya, apalagi kalau produk yang kamu punya bervariasi dan ada dalam kuantitas yang banyak.

Jadi, sudah terjawab kan pertanyaan stock opname itu apa? Untuk melakukan kegiatan perhitungan stok barang di gudang ini, kini bisa lebih mudah dengan adanya aplikasi stok barang kok. Kamu pun bisa memanfaatkan penggunaan aplikasi stok barang untuk stock opname yang lebih cepat dan akurat.

Baca Juga 
Kiat-kiat Sukses Menjadi Reseller, Modal Kecil Keuntungan Stabil!

Tonton Juga: #SellerStory Batik Bayong : Kisah Sukses Bisnis Hijab Fashion Designer

 

Opname itu Apa

 

Fungsi Stock Opname Bagi Bisnis

Setelah mengetahui opname itu apa, kita tahu bahwa kegiatan ini penting untuk dilakukan. Tapi, fungsi lain dari stock opname itu apa saja? Berikut adalah beberapa di antaranya.

 

  • Mengecek Kuantitas Stok Barang Secara Aktual

Tentu jawaban pertama dari pertanyaan fungsi opname itu apa adalah pemilik bisnis bisa mengetahui berapa banyak jumlah stok barang yang dimilikinya dari waktu ke waktu. Hal ini berguna kalau suatu saat kamu menjumpai perbedaan jumlah stok barang yang ada di gudang dan di catatan.

Kejadian tersebut wajar sekali terjadi, sehingga stock opname perlu untuk kamu lakukan secara berkala. Jika ada stok barang lebih, terdapat kemungkinan bahwa ada kesalahan pencatatan dari barang yang keluar. Jika ada stok barang yang kurang, kamu bisa melakukan penyesuaian dan pencarian solusi terhadap kekurangan tersebut.

Dengan mampu mengecek kuantitas stok barang ini, kamu juga mampu menilai performa penjualan bisnis untuk periode tertentu lho.

Baca Juga: Deskripsi Pekerjaan dan Tugas Staff Gudang dalam Bisnis

 

  • Meminimalisir Risiko Kecurangan atau Fraud Terkait Stok Barang

Tidak dapat dipungkiri bahwa kecurangan oleh pihak-pihak tertentu mungkin sekali terjadi dalam jalannya bisnis. Salah satunya yang berkaitan dengan stok barang di gudang. 

Bisa saja ada kekurangan stok barang yang terjadi karena penyebab-penyebab, seperti kesalahan hitung atau pada prosedur inbound atau outbound. Atau bisa saja terjadi tindakan fraud yang sengaja dilakukan untuk mengambil stok barangmu.

Nah, stock opname dapat membantumu untuk mengidentifikasi hilangnya atau kurangnya stok barang yang disebabkan oleh penyimpangan tersebut, mulai dari barang apa saja yang hilang, berapa jumlahnya, hingga langkah-langkah selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mencegah hal tersebut bisa terjadi lagi.

  • Sebagai Bahan Evaluasi Bisnis

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, fungsi dari opname itu apa adalah mampu membantumu dalam menilai performa penjualan bisnis untuk periode tertentu. Data yang didapatkan dari berapa banyak barang yang masuk dan keluar dari gudang dan berapa banyak stok barang yang dipunya dapat membantu proses evaluasi bisnis.

Baca Juga 
Cara Mengelola Database Pelanggan yang Efektif dan Efisien

Data tersebut dapat menjadi bahan evaluasi apakah bisnis sudah melakukan penjualan seperti yang sudah ditargetkan. Selain itu, data dari stock opname juga dapat menjadi tolak ukur berkembangnya bisnismu dari waktu ke waktu, misalnya untuk membandingkan penjualan tahun ini dan sebelumnya.

Dari sini, kamu pun bisa menggunakannya sebagai tolak ukur target penjualan untuk periode waktu yang berikutnya.

  • Menjadi Upaya Pengawasan Stok Barang dan Kualitasnya

Fungsi dari opname itu apa lagi? Dengan secara rutin menghitung dan mengecek stok barang, tentu akan lebih memudahkanmu dalam memonitori arus keluar dan masuknya stok barang di gudang dengan memiliki data kredibel yang mampu dipertanggungjawabkan.

Nah, stock opname ini juga mampu berfungsi sebagai upaya dalam penjagaan kualitas stok barang yang ada di dalam gudang lho. Rutin datang ke gudang untuk melakukan pengecekan stok barang berarti kamu bisa mengontrol barang mana yang tidak layak jual atau barang mana yang perlu untuk dibeli kembali.

Opname itu Apa

 

Cara untuk Melakukan Stock Opname

Setelah mengetahui fungsinya, langkah-langkah dalam stock opname itu apa saja? Terdapat dua tahapan umum yang dilakukan oleh pebisnis-pebisnis dalam aktivitas pengecekan inventori ini. Berikut adalah penjelasan singkatnya.

  • Langkah Awal/Persiapan

Jika kamu memiliki staf yang bertanggung jawab atas stok barang di gudang, maka komunikasikan persiapan ini sekiranya beberapa minggu sebelum pelaksanaan. Pada langkah ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yaitu:

  1. Menggolongkan stok barang yang sudah dihitung dan yang belum dengan memberikan label yang berbeda.
  2. Memastikan semua stok barang di gudang sudah diberi label/tanda.
  3. Terdapat opsi untuk memberikan label berupa barcode, jika kamu akan menggunakan aplikasi stok barang.

Opname itu Apa

  • Langkah Pelaksanaan

Dalam melaksanakan opname itu apa saja yang perlu dilakukan? Berikut adalah beberapa hal-hal yang bisa dilakukan.

  1. Menginput segala transaksi pada periode tertentu yang ingin kamu cek, misalnya dalam kurun waktu mingguan atau bulanan. Hasil input data transaksi akan menjadi acuan dari stock opname.
  2. Lakukan stock opname dengan mengecek dan menghitung stok barang sesuai label atau tandanya.
  3. Lakukan double check antara hasil input data transaksi tadi dengan hasil stock opname yang dilakukan. 
  4. Jika ada ketidaksesuaian antara jumlah stok barang pada kedua data tersebut, kamu bisa menindaklanjuti sesuai dengan kebijakan bisnis.
Baca Juga 
Mudah dan Gratis, Ini 5 Cara Membuat Barcode Online!

Baca Juga: 6 Keuntungan Pakai Aplikasi Stok Barang SmartSeller!

Demikian, itulah pembahasan singkat mengenai opname itu apa. Kini, kamu bisa melakukannya dengan mengetahui langkah-langkah yang ada di opname itu apa saja. Stock opname penting untuk dilakukan agar bisnis mampu mendapatkan fungsi-fungsi di atas.

Kalau kamu ingin menggunakan aplikasi yang dapat membantu cek stok barang mu di channel penjualan online, pakai aja SmartSeller! Selain itu, di SmartSeller ada banyak Seller berkualitas jika kamu tertarik menjadi reseller. Yuk, download SmartSeller sekarang!